rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Nyetir di Perbukitan? Gausah takut lagi.

Salam #MasBro #MbakBro

Pernah ga sih kita panik pas nyetir di perbukitan dan sedang macet-macetnya? Pikiran-pikiran negatif yang gak gak pasti muncul langsung nih. Apalagi mobil yang kita setir itu transmisi manual. Aduhh ampunnn dehh !!!.

Tapi tenang aja #MasBro #MbakBro. Buat kita yang masih pemula. Ada nih hal yang perlu kita perhatikan saat nyetir di perbukitan agar ga merosot. Jadi, gausah takut lagi nih untuk nyetir mobil di perbukitan. Let’s go!!!

Cara Pertama: Penggunaan Pedal

Apa nih hal yang wajib kita ketahui saat nyetir mobil? Ya, letak pedal itu wajib banget untuk kita ketahui loh #MasBro #MbakBro. Pedal sebelah kiri itu untuk kopling. Gunanya untuk mindahin tenaga dari mesin ke roda. Saat kopling ditekan maka roda ga bisa berputar, karena tenaga dari mesin ditahan oleh kopling. Begitupun sebaliknya, melepaskan kopling sepenuhnya maka akan mentransfer semua tenaga dari mesin ke roda. Kemudian yang di tengah itu rem. Gunanya ya untuk ngerem dong hehe. Dan pedal itu ada di sebelah kiri. Gunanya sih untuk akselerator/gas biar bisa maju ke depan mobilnya. Jangan sampe lupa deh kalo ini, bisa bahaya.

Kemudian Posisikan kaki kanan pada pedal rem dan kaki kiri pada pedal kopling. Lalu injak keduanya secara bersamaan. Tahan dulu ya #MasBro #MbakBro.

Jangan lupa nyalain mobil kita dulu nih. Kemudian geser persneling dari netral ke gigi 1. Mobil kita akan mundur sedikit kemudian berhenti, jadi jangan khawatir dulu. Tahan dulu posisi kaki yang tadi ya.

Ketika sudah siap untuk bergerak, tarik rem tangan ke bawah. Kemudian angkat kaki kanan dari rem ke pedal gas dengan cepat. Lepas kopling pada saat yang bersamaan dengan menginjak pedal gas untuk mulai jalan. Kalo bisa dan harus bisa seimbangkan antara nglepas kopling sama nginjak pedalnya ya.

Tips: Lakuin ini secepat mungkin agar mobil gak mundur dan nabrak mobil dibelakang ya.

Injak pedal gas dan lepas kopling sesuai dengan kecepatan. Karna kalo gasnya terlalu besar dan kopling masih belum diangkat maka akan nimbulin suara yang kasar loh. Dan kalo ngangkat koplingnya terlalu cepat maka mesin akan mati. Jadi, kita harus sabar nih kalo mau pro nyetir.

Kalo #MasBro #MbakBro ngerasain adanya tendangan dari kopling jangan panik, itu normal. Hal itu tanda kalo kopling siap dilepas dan gas siap diinjak.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah 31-scaled.jpg

Cara Kedua: Penggunaan Rem Tangan

Tau kan apa yang paling penting saat nyetir? Ya, betul rem. Nah, rem ini ada dua rem tangan dan rem kaki yang ada di bawah. Rem tangan itu yang biasanya disebut rem parkir kan? Ya, betul. Terus gunanya buat apa sih? Gunanya ialah untuk nahan supaya mobil ga bergerak dalam posisi kemiringan jalan yang miring, apalagi jalan tanjakan ato turunan yang curam.

Gini nih cara gunainnya. Pertama, tarik rem tangan ke atas sambil injak kopling dengan kaki kiri. Tekan tombol di bagian atas rem tangan untuk lepasin rem. Kemudian tarik rem tangan sepenuhnya ke posisi vertikal. Tetap injak pedal kopling saat melakukan ini. Metode ini hampir sama dengan metode pertama cuma bedanya kita lebih menggunakan rem tangan ketimbang rem kaki.

Jangan lupa untuk nyalain mobil dan geser persneling ke gigi 1. Gunakan rem saat melakukan ini. Kemudian injak gas dengan kaki kanan bersamaan dengan melepas kopling. Apabila kopling bergetar, maka artinya mobil sedang mulai maju kedepan.

Tips: Kalo mobilnya mau diberhentiin, tarik rem tangan ke posisi vertikal untuk menahan mobil agar diam di tempat.

Langkah selanjutnya, lepas rem tangan bersamaan dengan menginjak kopling. Setelah kopling terasa menendang, tekan tombol pada rem tangan ke bawah agar rem lepas. Pada intinya, lepaskan rem tangan dan kopling pada saat yang sama.

Kedua cara tadi adalah untuk nyetir saat di tanjakan nih #MasBro #MbakBro. Nah, langkah selanjutnya kita bahas bagaimana nyetir di jalan yang menurun.

#SahabatRotary pelanggan bengkel Bogor

Cara Ketiga: Jalan Menurun

Kalo #MasBro #MbakBro nyetir di perbukitan dan jalannya itu turunan maka mulailah dengan injak kopling dan rem kaki dengan kedua kaki. Jaga agar kopling dan rem tetap tertahan. Atur rem tangan pada posisi vertikal saat lakuin ini.

Nyalain mobil dan pindah perseneling ke gigi 1. Jangan pindahin kaki dulu ya #MasBro #MbakBro. Lepasin rem tangan secara perlahan dan pegang kemudi. Letakkan satu tangan di setir dan gunakan tangan yang lain untuk menekan tombol pada rem tangan. Lepasin rem tangan secara perlahan untuk melepaskan roda mobil dari posisi terkunci.

Mobil akan perlahan-lahan bergerak ke depan saat rem tangan dilepas, jadi lakuin ini secara perlahan untuk memantau kecepatan ya #MasBro #MbakBro. Lepasin rem kaki dan kopling secara bersamaan dan perlahan. Setelah rem tangan lepas, angkat kaki perlahan-lahan dari rem kaki dan kopling.

Mobil akan mulai bergerak ke depan menuruni bukit. Gunakan tangan untuk nyetir mobil menuruni bukit. Setelah terbiasa melakukan ini, #MasBro #MbakBro bisa melepaskan kopling, rem kaki, dan rem tangan secara bersamaan.

Tips: Jika mengalami masalah dengan mobil atau mulai mogok, #MasBro #MbakBro bisa netralin dulu dan perlahan menepi.

Injak pedal gas dan atur kecepatan sambil lepas kopling dan rem. Ingat, pelan-pelan saja ya #MasBro #MbakBro.

Nahh, begitu caranya untuk nyetir mobil di perbukitan. Jadi #MasBro #MbakBro ga perlu takut lagi nih untuk nyetir di perbukitan yang jalannya menurun dan menanjak.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

 

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...