Ingin Mobil Tua Anda Terlihat Awet Muda? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini!

Ingin Mobil Tua Anda Terlihat Awet Muda? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini!

Share :

Hai #SahabatRotary

Siapa di sini yang hobby memanjakan mobil? Dan kalau kita perhatikan eyang-eyang jaman dulu sangat apik merawat mobil tua mereka. Itu karena semakin tua mobil tersebut akan semakin antik. Namun demikian, merawat mobil tua itu gampang-gampang susah lho! Mudah jika kita benar-benar mengerti mesin tetapi susah kalau kita malas untuk sekedar mencucinya apalagi merawatnya. Padahal, nilai mobil tua bisa jadi lebih tinggi dari mobil baru, lho!

Kenapa?

Sebab mobil tua itu langka dan juga punya nilai historis tersendiri, sesuatu yang membuat mobil ini jarang sekali dijual oleh pemiliknya. Namun ada beberapa risiko jika memiliki mobil dengan usia di atas 10 tahun seperti sering mogok di jalan, sering pecah ban, dan kendala lainnya.

Berikut ini akan kita bahas beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila ingin mobil jadul kita terlihat muda kembali. Yuk kita simak paparannya berikut ini!

Ingin Mobil Tua Anda Terlihat Awet Muda? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini!

Ini dia hal-hal yang menjadi kunci utama mobil antik kita tetap indah!

Bagaimana ya cara merawat mobil klasik yang sebenarnya sudah tua itu? Mobil tersebut sebetulnya memiliki keunikan masing-masing. Bagi para pecinta mobil, memiliki mobil klasik mungkin sesuatu yang membanggakan dan bernilai tinggi. Meski demikian, tidak perlu khawatir, dengan perawatan sederhana berikut ini kita sudah bisa meremajakan mobil tua kita lho! Yuk kepoin isi artikel ini sampai habis!

  • Rajin mengganti oli dan filter oli rutin

Bagi mobil yang sudah berusia sepuluh tahun ke atas, idealnya mengganti oli setiap 2.500 km, karena jika lupa mengganti oli rutin saja biasanya akan membuat mesin mobil tua kita bermasalah. Selain itu rajin-rajinlah untuk mengganti filter oli setiap kali ganti oli mesin, karena filter berperan penting untuk mencegah mesin mobil tersumbat debu dan kotoran. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan berkala di bengkel mobil resmi agar lebih terawat keasliannya. Selain itu, di bengkel resmi ada layanan reminder dari customer service yang membuat kita tidak ada alasan untuk lupa membawa mobil ke bengkel. 

  • Cek mesin mobil secara berkala

Kalau yang ini memang harus rajin dilakukan, untuk memastikan performa mesin tidak turun drastis. Terutama ketika kita akan mengajak si antik berjalan-jalan. Mobil tua belum tentu antik lho! tetapi kita bisa membuat mobil tua kita terlihat anti dengan perawatan yang baik. Selain itu penggantian komponen mesin yang sudah rusak atau juga merupakan suatu kewajiban dalam merawat mobil yang sudah berumur, jangan sampai menunda jika ada komponen mesin yang sudah tidak layak pakai.

  • Hindari paparan sinar matahari langsung

Suhu dalam mobil yang panas akan membuat interior dan cat mobil tua lebih cepat kusam bahkan rusak lho! Untuk mencegahnya, usahakan untuk parkir mobil tersebut selalu di garasi yang tertutup atau minimal yang beratap terutama saat bepergian, usahakan untuk parkir di tempat yang teduh atau di basement sekalian. Jika bagian luar panas, maka bagian dalam akan lebih panas dan berpengaruh terhadap kinerja mesin-mesin di dalam juga.

  • Perhatikan kondisi bagian luar mobil

Mobil tua akan semakin terlihat tua jika bagian luarnya kotor atau sangat jelek. Karena itu rajinlah mencuci mobil tersebut secara teratur. Jangan lupa service mobil di bengkel mobil resmi dan perhatikan cara perawatan kaca pintu, kaca depan dan kaca belakang mobil agar jangan sampai berjamur.

Akan lebih baik jika mencuci bagian eksterior mobil dengan sabun khusus mobil agar tidak merusak cat mobil. Atau jika tidak ada sabun khusus cukup dengan menggunakana air bersih saja dan jangan terlalu sering menggunakan sabun tersebut. Selain itu penggunaan sarung mobil juga disarankan jika ingin terhindar dari debu atau terkena panas yang berlebih.

  • Selain eksterior, bagian interior mobil juga harus dirawat dan dibersihkan secara teratur

Ada tips cara merawat bagian dalam mobil tua kita dengan vacum cleaner saja, itu sangat dianjurkan dibandingkan dengan mencuci bagian bagian mobil tersebut dengan air. Seperti bagian luar, bagian dalam mobil tua juga sebaiknya sudah diminimalisir untuk terkena berbagai jenis sabun atau shampo mobil terlalu sering. Selain itu, debu atau kotoran yang lama menempel pada mobil tua dikhawatirkan dapat berdampak pada karatan pada mobil tersebut jika tidak rajin divacum.

Selain itu, untuk bagian jok mobil disarankan untuk menggunakan cover jok. Cover tambahan ini niscaya dapat menambah rasa nyaman selain memberikan proteksi pada jok mobil tua kita. Pilihlah jok mobil yang terbuat dari bahan yang lembut dan nyaman agar lebih betah saat berkendara dengan mobil antik kesayangan kita.

  • Cek kabel, ring, dan karet-karet penyangga mobil

Semakin bertambahnya usia mobil maka komponen penunjang seperti kabel, ring, dan karet-karet penyangga akan rentan menjadi berkarat, melar dan putus, bahkan rusak. Nah, kita perlu memastikan kondisi komponen tersebut baik-baik saja dan masih sesuai dengan standar. Jika tidak, maka dapat menyebabkan terganggunya fungsi kendaraan seperti tidak bisa dinyalakan, atau parahnya dapat memicu kebakaran karena korsleting dari kabel yang terbuka.

  • Perhatikan kondisi velg dan ban mobil

Seperti yang kita ketahui, ban merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah kendaraan. Maka kita harus rajin untuk cek keadaan ban mobil secara berkala. Jika ban mobil sudah tipis pastinya dapat membahayakan bagi pengemudi bukan? Ganti atau angkatlah ban mobil agar mencegah karat karena terlalu lama menahan bobot mobil ketika sedang tidak dipakai.

Selain itu, jangan lupa pula untuk mengecek tekanan angin ban mobil, karena salah satu faktor penting keselamatan dalam berkendara yaitu tekanan angin ban. Meskipun biaya yang dikeluarkan mungkin tidak sedikit namun tidak sebanding apabila terjadi kerusakan-kerusakan parah di depan pada pengemudi.

  • Cek kondisi AC mobil

Biasanya AC mobil yang sudah berumur sudah tidak dingin atau sejuk lagi, namun demi kenyamanan berkendara, pastikan kondisi AC mobil masih prima dan terasa sejuk agar kondisi di dalam mobil tidak menjadi semakin panas. Jika sudah tidak menyala, maka bawalah ke bengkel mobil untuk diservice.

  • Cek saringan karburasi

Apa yang biasanya menyebabkan mesin menjadi sulit dihidupkan? Salah satunya diakibatkan oleh saringan karburasi yang kotor bahkan sampai berkerak. Maka jangan biarkan hal ini terjadi, bersihkan secara teratur saringan ini menggunakan sikat gig bersih serta hindari penggunaan hair dryer untuk mengeringkan karena akan merusak karburasi.

  • Cek kondisi kaki-kaki mobil

Mobil yang telah berusia tua juga terkadang memiliki kondisi yang tidak sekuat mobil baru biasanya. Maka dari itu jangan lupa untuk memperhatikan kekuatan kaki-kaki mobilnya. Apabila terdengar ada suara-suara yang mengganggu pada mobil, nah bisa jadi ini disebabkan besi-besi yang saling berhimpitan antara kaki-kaki mobil.

Mudah bukan untuk merawat mobil tua? Semoga informasi ini bermanfaat.

Senang berbagi

Pasti bermanfaat

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?