AC merupakan salah satu fitur andalan pada sebuah mobil yang selalu digunakan para pemilik mobil untuk mendapatkan kenyamanan saat berkendara. Hal tersebut sangat bermanfaat mengingat cuaca di Indonesia yang cukup panas ini. Dengan begitu, ada baiknya untuk selalu merawat AC agar bisa bekerja maksimal dan membuat komponennya lebih awet. Sehingga AC mobil yang ada tetap dingin dan tidak mengalami kerusakan.

Perawatan intensif atau secara berkala untuk perangkat penting tersebut tentunya bisa dilakukan di bengkel spesialis AC mobil. Jika Anda tinggal di kawasan Jakarta, Bengkel AC mobil Kedoya dan juga Bengkel AC Mobil Ciledug bisa jadi pilihan yang tepat. AC mobil yang bermasalah dan cukup mengganggu tentunya bisa terselesaikan dengan baik. Selain itu, berikut adalah 11 cara perawatan AC mobil berkala agar tetap dingin yang bisa Anda lakukan.

11 Cara Perawatan AC Mobil Berkala Agar Tetap Dingin

1. Jaga Kebersihan karpet

Cara perawatan AC mobil berkala agar tetap dingin yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan karpet. Jika tidak sempat untuk mengunjungi bengkel spesialis AC mobil untuk melakukan perawatan, Anda bisa menjaga kebersihan lantai mobil dan menjadikan udara di dalam kabin mobil juga ikut bersih. Sehingga filter AC tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring kotoran yang masuk dan membuatnya tetap dingin.

2. Buka Kap Mesin saat Mencuci Mobil

Jangan lupa untuk membuka kap mesin saat mencuci mobil, serta semprotkan air yang kencang agar kotoran tidak menempel. Jika dibiarkan maka akan mengakibatkan korosi dan kebocoran pada kondensor.

3. Matikan AC beberapa saat

Hal ini sangat penting untuk dilakukan, yaitu usahakan untuk mematikan AC beberapa saat ketika menempuh perjalanan jauh. Sehingga AC tidak bekerja terus-terusan dan menghindari pembekuan pada saluran AC.

4. Memilih Tempat Parkir yang Teduh

Usahakan untuk memilih tempat parkir yang teduh jika ingin meninggalkan mobil dalam waktu yang lama. Hal tersebut dimaksudkan agar ketika pengemudi masuk, maka ruang dalam tidak cukup panas dan mengurangi beban pendinginan pada AC.

5. Pastikan Extrafan Kipas selalu Hidup

Extrafan yang mati biasanya akan beresiko merusak kompresor dan mengakibatkan selang kompresor meledak. Sehingga usahakan untuk selalu menghidupkannya ketika AC dalam kondisi hidup. Dengan begitu AC akan tetap dingin dan membuat pengemudi semakin nyaman.

6. Jangan Merokok dalam Mobil

Merokok memang dilakukan agar pengemudi tidak mengantuk. Namun jangan lakukan di dalam mobil, hal tersebut menyebabkan evaporator menjadi kotor dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

7. Pastikan AC dalam Kondisi Mati saat Mesin Hidup

Pastikan untuk selalu mengecek AC, yaitu matikan AC pada saat menghidupkan mesin mobil. Begitu pula sebaliknya matikan AC sebelum mesin mobil akan dimatikan.

8. Memasang Filter Kabin

Usahakan untuk memasang filter kabin pada mobil agar bisa menyaring debu dan kotoran yang melewati evaporator AC mobil. Hal tersebut berfungsi untuk membersihkan udara yang ada dan menjaganya agar tetap dingin.

9. Jangan Menurunkan Temperatur Penyejuk Udara

Jangan pernah menurunkan temperatur penyejuk udara di saat berkendara dalam kecepatan tinggi. Tentunya hal tersebut tidak baik untuk mesin dan juga AC mobil Anda.

10. Gunakan Pengharum Mobil Berkualitas

Pastikan untuk menggunakan pengharum mobil yang berkualitas. Pengharum mobil yang abal-abal akan membuat bau pada mobil sulit dibersihkan dan membuat pengendara tidak nyaman nantinya.

11. Lakukan Perawatan AC secara berkala

Jika Anda tinggal di daerah Jakarta Barat, pastikan untuk melakukan perawatan AC secara berkala di bengkel AC Mobil Kedoya. Mulai dari kompresor, kondensor, Evaporator, hingga Freon.

Itulah 11 Cara Perawatan AC Mobil Berkala Agar Tetap Dingin yang bisa Anda lakukan. Jika Anda berada di sekitar Jakarta, maka Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro cabang Veteran, Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro cabang Ciledug atau Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro cabang Kedoya bisa jadi pilihan yang tepat. Pilih bengkel spesialis AC mobil yang terdekat dengan tempat tinggalmu.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.