fbpx

Jasa Service AC mobil Berkualitas : Cara Agar AC Mobil Berumur Panjang

Bengkel yang Menyediakan Jasa Service AC mobil Berkualitas karya arisa chattasa

Hai #SahabatRotary

Tulisan ini khusus dibuat untuk #SahabatRotary Bengkel yang Menyediakan Jasa Service AC mobil atau perwatan AC mobil.

Jasa service AC mobil atau perwatan AC mobil sangat lah banyak, hal itu tergantung pada seberapa Anda tahu tentang bengkel dan bagaimana Anda mencari informasinya, tentu saja Anda juga harus tahu bagaimana faktor-faktor pendukung bengkel yang menyediakan jasa service AC berkualitas atau perwatan AC mobil.

Berikut Penyebab Sirkulasi AC Mobil Jadi Kotor dan Cara Mengatasinya

Pandemi virus corona (Covid-19) sedang melanda berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, menjaga AC mobil tetap bersih menjadi salah satu langkah yang penting untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Sayangnya, masih banyak pengguna yang tidak memperhatikan kebersihan AC mobilnya. Bahkan, beberapa dari mereka tidak menyadari kondisi AC mobilnya sudah kotor atau tidak sehat.

Penyebab Sirkulasi AC Mobil Jadi Kotor

1. Pemakaian AC Mobil

Karena pemakaian, debu di kabin, debu di karpet. Seperti AC rumah saja pasti kotor.

2. Asap Rokok

Penyebab kedua sirkulasi AC mobil menjadi kotor adalah asap rokok.

“Jangan heran kalau AC mobil lama-kelamaan beraroma rokok. Terutama saat baru dinyalakan. Ini juga bisa bikin enggak nyaman penumpang mobil,” ujar Kelvin.

Di sisi lain, kebiasaan membuka kaca mobil saat AC menyala dapat menyebabkan usia filter AC menjadi lebih pendek. Ini dikarenakan partikel debu dari luar mobil bisa masuk ke sirkulasi AC dengan mudah. Jika terus dibiarkan, ini dapat merusak komponen AC seperti kodensor, blower, dan evaporator.

Adapun beberapa penyebab lainnya yang membuat sirkulasi AC mobil menjadi kotor yang dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut.

3. Tempat Parkir

Lingkungan sekitar mobil seperti area parkir ternyata turut mempengaruhi sirkulasi udara pada AC mobil. Ini dikarenakan lingkungan parkir yang penuh sampah dan kotor bisa menimbulkan bau tidak sedap. Sehingga, sirkulasi AC mobil juga ikut kotor dan berbau tidak sedap.

4. Kabin Mobil

Kabin mobil pun menjadi hal yang harus diperhatikan oleh setiap pengguna mobil. Kabin mobil yang kotor dapat menyebabkan berbagai bakteri dan virus di dalam mobil termasuk AC menjadi mudah menetap. Tidak hanya membuat sirkulasi AC mobilnya menjadi kotor, tetapi juga dapat menjadi sarang penyakit.

5. Komponen AC Mobil Kurang Diperhatikan

Masih banyak pengguna mobil yang kurang memperhatikan kebersihan komponen pada AC mobilnya, seperti kondesor, evaporator, blower dan filter. Sehingga, menyebabkan sirkulasi AC-nya menjadi kotor. Disarankan untuk selalu memperhatikan kondisi komponen-komponen tersebut, serta pastikan semuanya dalam kondisi bersih dan layak.

Sistem pendingin udara (Air Conditioner/AC) pada mobil memiliki peranan penting dalam menunjang kenyamanan penumpang dalam kabin. Tak hanya itu, AC juga bisa menjaga kebersihan udara di dalam mobil. AC yang kotor menyebabkan sirkulasi udara di dalam mobil bisa jadi tidak sehat.

Service AC Mobil Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mobil dan Kita

Untuk mengatasi AC mobil bermasalah, perlu dilakukan servis mobil secara rutin.

“Lakukan servis rutin per 10 ribu, 20 ribu, 40 ribu, dan 80 ribu km.

  • Servis Berkala 10.000 Km

Servis berkala 10 ribu km atau masa pakai 6 bulan ini, pemeriksaan mobil dilakukan sedikit lebih banyak. Pada umumnya, pengecekan yang dilakukan lebih detai mengenai komponen pada mobil, termasuk AC mobil.

Di sisi lain, pihak bengkel juga melakukan pengecekan dan pembersihan pada rem mobilnya. Serta, mengganti oli mesin dan oli transmisinya. Selain itu, dilakukan rotasi ban menyilang, balancing, dan spooring.

Untuk biaya servis ini sendiri, setiap merek dan diler tentunya memberikan harga servis yang berbeda satu sama lain. Sebagai informasi, model kendaraan berpengaruh pada biaya servisnya.

  • Servis Berkala 20.000 Km

Jika mobil sudah mencapai satu tahun penggunaan, pemiliknya wajib melakukan servis berkala. Pada servis berkala 20.000 km ini, terbilang cukup besar dan pastinya membutuhkan waktu cukup lama.

Dibandingkan dengan servis 10 ribu km, komponen mobil yang dilakukan pengecekan dan pembersihan pada servis berkala 20 ribu km lebih banyak.

SERVICE AC MOBIL BERDASARKAN JENISNYA

Harus Anda  diketahui jika service AC mobil berdasarkan pengerjaannya terbagi ke dalam 2 yaitu  jenis yaitu basic service dan advance service.

  • Basic service

Service tipe ini biasanya akan dilakukan ketika mobil telah menempuh jarak kurang lebih 10.000 Km hingga 20.000 Km. Apabila pengguna mobil sering melewati jalan-jalan perkotaan yang mempunyai folusi yang lebih banyak maka setelah mobil Anda menempuh jarak 10.000 km Anda harus melakukan service di bengkel karena mobil yang melewati daerah perkotaan maka AC mobil akan bekerja lebih berat dari pada biasanya.

  • Advance service

Biasanya advance service biasanya akan baru dilakukan setelah mobil sudah menempuh jarak 20.000 Km. Bagian yang harus diservice juga biasanya akan lebih banyak dari dibandingkan dengan basic service. Yang harus dilakukan adalah service  pada beberapa bagian seperti kompresor, kondensor, dan juga evapator AC.  Anda juga harus melakukan penggantian Expansion Valve, Receiver Dryer, dan Filter Kabin pada AC mobil yang merupakan komponen penunjang.

Proses pengerjaan pada advance service ini biasanya perlu waktu yang lebih lama. Mungkin bisa sekitar 4 jam atau lebih untuk menyelesaikannya. Service yang akan dikerjakan antara lain service pada Evaporator, pembersihan pada blower dan juga pembersihan pada kondensor. Waktu pengerjaan kira-kira sekitar 2 jam. Seluruh komponen akan dicek satu persatu lalu disservice pada bagian yang tidak berfungsi dengan baik.

MASALAH YANG SERING TERJADI PADA AC MOBIL

  • Biasanya AC Terasa Tidak Dingin

Selain untuk mengeluarkan udara yang lebih bersih fungsi AC juga adalah sebagai pendingin ruangan yang berada di dalam mobil. Kerusakan AC mobil yang sering terjadi di dalam mobil adalah AC menjadi tidak dingin, jika AC terasa tidak dingin biasanya dapat disebabkan karena Freon yang terasa cepat habis. Freon yang cepat habis disebabkan karena adanya kebocoran.

  • Fan Belt yang Terputus

Fan belt merupakan benda seperti karet yang memiliki fungsi yakni sebagai komponen penghubung putaran yang dilakukan pada mesin kompresor AC mobil, jika fan belt terputus maka kompresor tidak akan berputar secara maksimal atau yang paling parah kompresor pada AC tidak dapat berputar.

  • Masalah pada Kondensor dan Radiaotor

Kondensor adalah salah satu komponen AC yang memiliki fungsi membuang udara panas dari Freon yang berasal dari kompresor AC. Apabila ada penyumbatan yang terjadi akibat kondensor karena kotor maka akan menghambat kerja pada kondensor.

  • AC Mobil mengeluarkan Bau yang Tidak Sedap Ketika mobil sedang digunakan

Yang sering terjadi pada AC adalah AC mobil sering mengeluarkan bau tidak sedap dan membuat pengendara menjadi tidak nyaman ketika berkendara. Penyebabnya dapat bermacam-macam. Apabila Anda membawa ketempat service maka akan dilakukan pengecekan seacara menyeluruh hingga didapatkan penyebabnya. Penyebab AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap adalah evapator sudah kotor, Freon yang sudah berkurang.

  • Kebocoran pada Freon

Jika Freon pada AC mobil Anda terasa lebih cepat habis padahal Anda baru saja melakukan pengisian dapat dipastikan adanya kebcoran pada bagian ini. Dapat terjadi karena komponen-komponen di dalamnya tidak dirawat dengan baik.

  • Putusnya gulungan spul pada bagian magnetic clutch

Magnetic clutch itu merupakan komponen yang terdapat pada kompresor AC. Masalah yang terjadi pada magnetic clutch  biasanya akan disebabkan oleh putusnya gulungan spul. Pada beberapa AC mobil mempunyai sensor temperature dan secara otomatis akan menonaktifkan  kerja kompresor jika panas sudah melibihi batas maksimum.

  • AC tidak menyala atau sudah mati total

Ada beberapa peyebab AC mobil mati total, diantaranya : sekring AC yang terputus, bagian relay putus, fan belt terputus, motor fan tidak bekerja dan matinya kompresor AC. Sekrin pada AC yang putus bisa disebabkan karena korslet, komponen ini sudah harus diganti. Jika pada bagian relay yang bermasalah maka hal ini akan menyebabkan tidak adanya suplai arus listrik dalam sistem AC.

CARA AGAR AC MOBIL ANDA BERUMUR PANJANG

  • Melakukan pemanaskan AC mobil secara rutin

Tentu saja sama seperti mesin mobil, mesin pada AC pun harus dipanaskansecara rutin walaupun sedang tidak digunakan. Pada saat Anda sedang memanaskan mesin mobil, sebaiknya AC mobil juga ikut dinyalakan. Hal ini karena jika kompresor AC mobil jarang digunakan makan oli pelumas yang terdapat di dalam kompresor akan mengalami perubahan. Keadaan oli yang jarang Anda pakai akan mempengaruhi keadaan oli menjadi kurang baik akibatnya bagian-bagian yang berada di dalam material akan mengalami gesekan. Ini akan menjadikan kompresor menjadi tidak akan bertahan lama.

  • Jangan menyalakan AC ketika RPM sedang diatas rata-rata

RPM di atas rata-rata adalah diatas 4.000. Jika sering menyalakan AC ketika mobil melaju kencang seperti itu maka Anda harus memperhatikan kondisi kompresor AC mobil Anda, meskipun mobil melaju pada jalan tol, seharunya RPM hanya menyantuh angka sekitar 3.000 saja. ketika kecepatan mesin sedang dalam keadaan tinggi maka perputaran yang terjadi pada kompresor menjadi ikut tinggi. Masalahnya terjadi ketika kompresor dalam keadaan mati atau menyala maka secara otomatis akan mengukur suhu yang ada di alam kabin mobil. Ketika putaran pada mesin sedang tinggi dan kompresor sedang menyala atau pun mati itu  akan menjadikan kompresor cepat rusak.

  • Jangan menyalakan AC ketika mobil masih panas

Jika kondisi kabin sedang panas karena Anda memarkirkan mobil ditempat yang panas biasanya Anda mobil akan langsung menyalakan AC saat masuk kedalam mobil atau akan pergi lagi, tujuan AC lnagsung dinyalakan pasti agar suhu di dalam kabin mobil bisa cepat dingin dan terasa sejuk kembali. Jika AC dinyalakan ketiak kabin sedang panas maka akan membuat kompresor AC menjadi cepat rusak.

  • Melakukan perawatan AC mobil secara berkala

Cara paling ampuh agar AC mobil Anda bisa bertahan lama adalah dengan melakukan perawatan yang rutin dan berkala. Waktu yang tepat untuk service AC mobil yaitu setiap 10.000 Km atau maksimalnya pada 20.000 Km. Dengan perawaratan dan juga pembersihan pada seluruh bagian AC mobil maka akan meringankan kerja dari kompresor AC. Dan memperpanjang usia komponen AC.

  • Mengganti komponen pada kompresor AC

Ketika Anda mendengar suara kompresor lebih kasar dari pada biasanya, lepas dan bongkar bagian kompresor AC. Bunyi kasar ini bisa karena kebocoran oli yang terjadi.

  • Ganti lah kompresor AC mobil Jika di perlukan

Cara ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan dalam perawatan AC mobil agar AC mobil bisa bekerja dengan baik. Sumber bunyi kasar pada kompresor AC yaitu karena kondisi piston kompresor yang sudah mulai aus. Perhatikan juga kondisi bagian lain seperti dinding silinder dan klep pada AC. Jika dinding silinder seperti tergores dan terlihat ada baret amaka kompresor harus segara diganti agar masalah pada AC tidak bertambah.

BENGKEL YANG MENYEDIAKAN JASA SERVICE AC BERKUALITAS

Bengkel yang menyediakan jasa service AC mobil atau perwatan AC mobil.

Service atau  perbaikan adalah usaha yang dilakukan untuk mengembalikan fungsi dari suatu barang yang bermasalah atau rusak. Pada proses ini tidak ada tuntutan agar persis seperti kondisi awal tetapi yang diutamakan adalah kegunaan alat atau barang yang diperbaiki bisa berfungsi dengan normal. Terkadang dipasaran sudah tidak menyediakan sparepart yang akan diganti, biasanya mekanis akan memilih dengan sparepart yang mempunyai fungsi yang sama walaupun  tidak sama pesis seperti spaepart awal.setiap perbaikan memerlukan waktu yang berbeda-beda tergantung kesulitannya. Jasa service AC mobil mencangkupi pengecekan awal, pembersihan komponen,  mencuci komponen, mengganti oli, mengisi Freon, memperbaiki kabel atau pipa yang bocor, jasa bongkar pasang. Pada jaman sekarang biasanya pengguna mobil akan mencari jasa service AC mobil di web. Berikut ini ciri ciri bengkel yang menyediakan jasa service AC mobil berkualitas

  • Mengecek harga yang di tawarkan

Tentu saja jika Anda akan membeli suatu barang atau akan memakai jasa Anda harus mengecek harga yang ditawarkan terlebih dahulu, hal ini dilakukan agar Anda bisa menyiapkan estimasi biaya yang perlu Anda keluarkan tanpa khawatir kekurangan biaya. Biasanya di web akan tersedia lengkap harga dari mulai jasa, pengecekan, perbaikan dan penggangtian sparepart.

  • Cek kondisi layanan

Jasa service professional dan terpercaya biasanya mempunyai beberapa kriteria yaitu layanan yang cepat tanggap. Anda bisa langsung menelpon layanan yang tersedia pada web, tanyakan jasa apa saja yang mereka sediakan, ceritakan permasalahn Anda. Disini akan terlihat dari bagaimana mereka akan merespon Anda.

  • Bergaransi atau tidak

Garansi adalah cara untuk mengantisipasi jika AC Anda masih bermasalah ketika telah di service, garansi pada setiap bengke berbeda-beda. Biasanya sekitar 1 hingga 3 bulan garansi.

  • Mekanis yang jujur

Hal yang satu ini sangatlah sulit ditemukan tetapi jangan khawatir, Anda bisa melihat jika mekanis yang menanganis service AC mobil Anda selalu bertanya dan meminta izin terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan atau penggantian sparepart maka sudah dipastikan para mekanis disana jujur dan transparan.

Sekian beberapa cara penanganan dan cara untuk mengatahui bengkel yang menyediakan jasa service AC mobil berkualitas.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Blog

Jasa Service AC Mobil

Leave a Reply