Daihatsu Xenia merupakan salah satu mobil keluarga yang masuk dalam list mobil favorit di Indonesia. Mobil ini memiliki bagian interior yang luas dan desain yang elegan. Sebelum membeli mobil ini, kalian harus mengetahui kelebihan dan kekurangan Daihatsu Xenia terlebih dulu sebelum penyesalan muncul ketika mobil ini sudah ada di genggaman Anda.

Kelebihan Daihatsu Xenia

1. Desain

Dari desain eksterior secara keseluruhan, Xenia memiliki desain yang cukup apik, modern, dan terlihat sporty. Xenia telah berulang kali merombak mobilnya supaya terlihat lebih menarik. Perombakan terakhir bisa dilihat di bagian bumper dan lampu utama yang sekarang terlihat lebih sporty. Selain itu, pemasangan DRL atau Daytime Running Light yang terdapat di bagian fog lamp menjadikan mobil ini cocok untuk Anda miliki secepatnya.

Hal yang sama juga bisa kita temukan pada desain interior. Model kabin yang dirancang pada Daihatsu Xenia terbaru terlihat lebih modern, elegan, dan juga luas. Selain itu, pemasangan double blower tentu akan membuat penumpang lebih nyaman saat berada di perjalanan. Sebab, angin yang dihembuskan oleh AC mobil lebih dingin. Untuk bagian steer, Xenia juga sudah mengadopsi steer tipe terbaru sehingga pengemudi merasa lebih nyaman saat mengemudi, terutama saat menempuh perjalanan panjang.

2. Harga

Agar tidak kalah bersaing dengan mobil lainnya, Xenia membandrol harga mobil yang masuk dalam kategori harga standard. Harga termurah Daihatsu Xenia dibanderol seharga Rp 180 jutaan, sedangkan harga termahal dibanderol seharga Rp 215 jutaan.

3. Fitur

Sama seperti mobil tipe lain. Daihatsu Xenia juga sudah memiliki fitur keamanan yang sangat baik untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang yang ada di dalamnya. Hal ini dibuktikan dnegan pemasangan Dual SRS airbag dilengkapi dengan kunci immobilizer, alarm, dan corner sensor sehingga pengemudi jadi lebih mudah saat hendak memarkirkan mobil.

Untuk memudahkan selama berkendara, Daihatsu Xenia juga sudah menyediakan layanan GPS online. GPS ini bisa dinyalakan kapanpun dan dimanapun untuk mengetahui posisi kendaraan yang sesungguhnya. Dengan adanya layanan GPS ini, pengemudi akan lebih mudah untuk sampai ke lokasi tujuan.

4. Bahan Bakar

Penggunaan mesin tipe EJ-VE DOHC VVT-I dilengkapi dengan injeksi berteknologi EFI membuat mobil ini sangat efektif dan efisien dalam konsumsi bahan bakar. Faktor inilah yang menjadi salah satu daya tarik Xenia. Meski dalam perjalanan yang jauh sekalipun, Daihatsu Xenia bisa dijadikan teman perjalanan yang pas karena mampu menekan pengeluaran.

Kekurangan Daihatsu Xenia

1. Fitur yang Masih Terlalu Umum

Meski sudah dilengkapi dengan headlamp, steer yang nyaman, dan corner sensor, seluruh fitur yang ada dirasa masih terlalu umum alias standard. Sebab, semua mobil juga sudah mengadopsi fitur yang sama. Hal inilah yang terkadang menjadi bahan pertimbangan bagi masyarakat. Apalagi di era sekarang, semua masyarakat berlomba-lomba untuk mendapat fitur yang paling bagus dan modern.

2. Bodi yang Terlalu Tipis

Meski desain interior dan eksterior sudah elegan, modern, dan sporty, namun ketebalan bodi Daihatsu Xenia masih terlalu tipis jika dibandingkan dengan tipe mobil sekelasnya. Maka tidak heran kalau mobil ini terasa goyang saat dikendarai dengan kecepatan maksimum.

3. Kalah Pamor dengan Toyota Avanza

Meski sudah mengalami perombakan di setiap seri, namun pamor Daihatsu Xenia masih kalah jauh dari Toyota Avanza. Hal ini bisa dilihat langsung dari angka penjualan kedua mobil, dimana Avanza masih memiliki persentase yang lebih tinggi dibandingkan Xenia. Kondisi yang bisa dimaklumi, mengingat merk Toyota yang sudah dikenal hampir di seluruh dunia.

4. Harga Sangat Anjlok Saat Dijual KembaliBooking Service

Menjual Xenia bekas menjadi bahan pertimbangan yang cukup matang bagi si pemilik. Sebab, harga jual kembali Xenia sangat anjlok kalau dibandingkan dengan Avanza. Semisal Anda membeli Xenia seharga Rp 190 juta, ketika lima tahun kemudian, harganya bisa turun drastis menjadi Rp 100 juta saja atau bahkan lebih rendah. Mau tidak mau, Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak saat ingin mengupgrade mobil Xenia ke tipe mobil yang lebih bagus.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.