Datsun Go adalah salah satu mobil yang sempat absen dari dunia otomotif dikarenakan oleh beberapa hal. Namun, absennya dari dunia otomotif menjadi satu hal yang ternyata membawa keberuntungan. Kini, Datsun Go telah diakui menjadi salah satu mobil yang memiliki harga yang sangat ekonomis. Jadi, sangat cocok buat kalangan muda yang ingin punya kendaraan dengan harga yang buat kantong tidak jebol.

Harga ekonomis memang menjadi salah satu kelebihan Datsun Go. Di balik itu, ternyata Datsun Go juga memiliki kekurangan. Untuk lebih jelasnya, berikut kelebihan dan kekurangan Datsun Go.

Kelebihan Datsun Go

1. Kabin yang Lumayan Luas

Meskipun tidak tergolong mobil keluarga, namun luas kabin Datsun Go bisa diacungi jempol. Salah satu tipe Datsun yaitu Panca memiliki ukuran kabin yang luas. Maka tidak heran kalau seri Panca menjadi salah satu mobil yang paling banyak diincar masyarakat.

2. Bagasi yang Luas

Bagasi Datsun Go bisa dibilang cukup luas untuk mobil di range harga yang ekonomis. Bagasinya sendiri memiliki kapasitas 265 liter, sehingga cocok dijadikan mobil saat hendak bepergian jauh.

3. Aman untuk Dikendarai

Untuk menjamin keselamatan penumpang, Datsun Go juga sudah dilengkapi dengan seatbelt di jok belakang. Seatbelt ini tentu sangat berguna jika Anda memiliki penumpang anak-anak. Sehingga, Anda tidak perlu kerepotan untuk menjaga anak tersebut karena sudah ada seatbelt yang akan membatasi gerakan si anak.

4. Fitur Follow Me Home Headlamp

Fitur ini berfungsi untuk menyalakan lampu utama meski mesin mobil sudah dimatikan beberapa detik sebelumnya. Dengan fitur follow me up, maka mobil akan mendapat sedikit penerangan saat pengemudi hendak masuk atau keluar dari bagasi rumah. Sehingga pengemudi tidak perlu menyalakan lampu tambahan apabila fitur ini sudah diaktifkan.

5. Biaya Servis yang Murah

Bahan atau komponen yang digunakan pada Datsun Go bukanlah bahan yang memiliki kualitas yang paling oke. Sebagian bahan atau komponennya pun cepat rusak. Namun, biaya untuk memperbaiki komponen yang rusak tadi masih tergolong murah kalau dibandingkan dengan mobil lainnya. Sehingga pemilik tidak perlu pusing memikirkan biaya servis karena memang biaya servisnya murah.

Kelemahan Datsun Go

1. Jok yang Terlalu Tipis

Meski harga datsun Go relatif murah, tapi jok yang dipasang untuk mobil ini kelewat murahan. Sebab, joknya sangat tipis. Ketika pengemudi atau penumpang bersandar, maka sandaran busa yang ada di jok pun langsung mengempis. Lama-kelamaan, sandaran ini pun semakin tipis, sehingga pemilik serasa bersandar pada dinding, bukan lagi pada busa.

2. Fiturnya Masih Standard

Harga memang sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Wajar kalau semisal fitur yang ada di Datsun Go masih terlalu standard untuk mobil sejenisnya. Sebab, harga satu unit mobil ini pun tidak sampai Rp 150 juta.

Meski sudah dilengkapi dengan seatbelt di jok belakang, namun Datsun Go belum memiliki fitur airbag untuk menjamin keselamatan penumpang dan pengemudi. Kalau oarang yang mementingkan keselamatan, pasti akan berpikir tujuh kali saat hendak membeli mobil hatchback ini.

3. Penutup Bagasi yang Terlalu Tinggi

Bagasi yang luas juga dibarengi dengan penutup bagasi yang kelewat tinggi. Hal ini tentu akan menyusahkan si pemilik saat hendak menutup bagasi. Selain itu, penutup bagasinya juga agak berat. Jadi kurang efektif dan efisien saat sedang membuka dan menutup bagasi.

4. Suara Mesin yang Berisik

Saat Datsun Go dinyalakan, akan terdengar suara berisik yang datang dari mesin mobil. Suara ini sedikit mengganggu, apalagi bagi pengguna yang mendambakan ketenangan selama berkendara.

Booking Service5. Kondisi Kabin yang Apa Adanya

Fitur-fitur yang ada pada kabin juga sangat diminimalisir untuk memotong biaya produksi. Dari semua fitur yang ada pada mobil pada umumnya, Datsun Go hanya mengadopsi beberapa fitur saja. Sebut saja AC mobil, radion, dan tempat penyimpanan di kabin yang kelewat kecil. Sangkin kecilnya, penyimpanan kabin pun tidak terlalu efisien kalau digunakan. Lebih baik membawa ransel dan menyimpan sebagian barang di dalam ransel.

Demikian kelebihan dan kekurangan Datsun Go. Dari artikel ini, setidaknya kita bisa menyimpulkan kalau harga memang sangat berpengaruh pada kualitas dan fitur barang. Meski dengan sejumlah kekurangan yang ada, setidaknya Datsun Go masih memiliki kelebihan yang mampu menutupi beberapa kekurangan tersebut.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.