Kelebihan dan Kekurangan Suzuki All New Ertiga


Share :

Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil keluarga yang paling banyak dicari di sektor low MPV. Wajar saja, soalnya mobil ini memiliki kapasitas kabin yang lebar disertai dengan fitur-fitur canggih di dalamnya. Diantara mobil-mobil yang diproduksi oleh Suzuki, Ertiga telah sukses meningkatkan angka penjuakan Suzuki sejak dirilis tahun 2012 silam.

Melihat kondisi ini, perusahaan Suzuki pun kembali meluncurkan mobil terbarunya bernama Suzuki All New Ertiga. Mobil tipe ini sudah dibekali dengan mesin K14B DOHC 4 silinder dan kapasitas 1.400 cc yang tahan banting dan lebih irit bahan bakar. Selain itu, Suzuki New Ertiga juga sudah dilengkapi dengan double airbags untuk mendukung keamanan pengemudi saat berkendara. Informasi selengkapnya mengenai New Ertiga akan dibahas di artikel kelebihan dan kekurangan Suzuki All new Ertiga berikut ini.

Kelebihan Suzuki All New Ertiga

1. Desain Interior yang Berkelas

Dari sisi interior, tidak ada perbedaan yang mencolok antara tipe Ertiga lama dengan tipe All New Ertiga. Meskipun hampir sama, tapi ada sedikit perbedaan yang bisa kita lihat. Seperti penambahan new pattern fabric pada jok mobil, warna karpet lebih bervariasi, dan desain audio dengan panel model terbaru. Interior yang menarik seperti ini membuat All New Ertiga lebih berkelas dan semakin nyaman dikendarai oleh pemiliknya.

2. Desain Eksterior yang Kokoh

Suzuki All New Ertiga didesain dengan bodi yang cukup kokoh, sehingga mobil ini terlihat lebih berkelas dibandingkan tipe Ertiga lama. Untuk memberikan penerangan ekstra, All New Ertiga sudah dilengkapi dengan lampu berukuran besar. Sehingga mobil ini tidak akan menemui hambatan saat dikendarai saat kondisi jalanan gelap.

Di sektor body lainnya, front grill mobil didesain lebih minimalis, tapi tetap tampak elegan karena sudah dilapisi dengan full chrome. Perusahaan Suzuki juga tidak lupa menyematkan lampu fog tambahan yang menggunakan reflektor dilengkapi dengan bazel warna hitam untuk menambah kesan elegan, klasik, sekaligus sporty.

3. Kapasitas Bagasi yang Luas

Kalau dibandingkan dengan mobil low MPV sekelasnya, All New Ertiga memiliki ukuran bagasi yang cukup luas, jadi sangat pas untuk dijadikan teman saat mudik nanti. Kapasitas bagasi yang luas membuat Anda bernapas lega, karena Anda bisa menaruh barang bawaan yang lebih banyak tanpa khawatir kekurangan space.

4. Fitur Keamanan yang Lengkap

All New Ertiga dilengkapi dengan fitur keamanan yang sudah lengkap, seperti double airbags, immobilizer, dan tipe audio yang berkualitas. Untuk menambah kenyamanan saat berkendara, mobil ini juga sudah memiliki armrest di bagian belakang.

5. Material Kursi yang Berkualitas

Kursi yang disematkan di dalam interior All New Ertiga ternyata dirancang dengan persisi tinggi dan menggunakan bahan-bahan berkualitas sehingga kursinya terasa sangat empuk saat diduduki. Nah, kalau dibandingkan dengan para pesaingnya (seperti Toyota Avanza dan Honda Mobilio), kursi Suzuki All New Ertiga tetap menjadi yang terbaik.

6. Bahan Bakar Irit

Seperti yang sudah disinggung di atas, Suzuki All New Ertiga sudah dibekali dengan mesin K14B DOHC 4 silinder dan kapasitas 1.400 cc. Mesin ini membuat All New Ertiga sangat irit dalam urusan bahan bakar. Saat dibawa bepergian sejauh 100 km, mobil ini hanya menghabiskan kira-kira 11 liter bensin saja. Sebab pemakaian satu liter bensin bisa digunakan untuk menempuh jarak sejauh 12 – 18 km.

Kekurangan Suzuki All New Ertiga

1. Kualitas Ban Mobil Rendah

Ban memiliki peran yang sangat penting pada sebuah mobil. Tapi apa daya, kualitas ban Suzuki All New Ertiga sangat rendah. Saat dibawa melintasi jalanan yang tidak rata, kabin akan terasa seperti bergoncang karena efek dari ban mobilnya. Untuk menghindari hal semacam ini, pemilik mobil All New Ertiga harus rutin mengganti ban mobil kalau jarak yang ditempuh sudah mencapai 40.000 km.

2. Jok Mobil Tidak Bisa Dilipat

Jok baris ketiga pada mobil tipe MPV atau keluarga biasanya bisa dilipat untuk memperbesar kapasitas bagasi. Sayangnya, jok baris ketiga New Ertiga tidak bisa dilipat sehingga jumlah muatan yang bisa ditampung oleh bagasi mobil jadi lebih terbatas. Hal ini juga akan menjadi kerugian tersendiri kalau ternyata jumlah penumpang hanya 4 orang karena jok bagian belakang tidak bisa dilipat, mau tidak mau jok tersebut jadi tidak terpakai.

3. “Berbau Sangit”

Mengendarai Suzuki All New Ertiga harus penuh dengan kehati-hatian. Mengemudi dengan kecepatan tinggi akan membuat ban mobil bergoyang. Selain itu, tercium “bau sangit” yang berasal dari mesin dan merembes ke bagian kabin. Hal ini disebabkan karena kecepatan mobil sudah lebih dari 100 km / jam sehingga suhu mesin mobil berkali-kali lipat lebih panas dari biasanya.  Mau tidak mau, pemilik All New Ertiga harus lebih bersabar saat berkendara.

Demikianlah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Suzuki All New Ertiga. Informasi selengkapnya mengenai dunia otomotif dan spareparts otomotif akan dibahas di artikel berikutnya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Sumber Artikel

https://carusermagz.com/kelebihan-kekurangan-suzuki-all-new-ertiga-2018-generasi-kedua/

https://showroommobil.co.id/info-mobil/kelebihan-dan-kekurangan-mobil-ertiga/

http://kelebihanmotor.com/kelebihan-suzuki-new-ertiga/#x

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?