Kelebihan Mobil yang Pakai Penggerak Belakang

Hai #SahabatRotary,

Bagi anda semua para pemilik dan pengguna kendaraan, tentunya sudah mengetahui dan paham ya mengenai sistem yang diterapkan pada bagian penggerak roda dalam kendaraan.

Sistem penggerak roda tersebut terbagi atas tiga jenis, yakni penggerak roda belakang (RWD), penggerak roda depan (FWD) dan juga penggerak semua roda yang kita kenal dengan nama 4WD. Ketiganya mempunyai peranan masing – masing yang saling mendukung antara satu dengan yang lain. Bisa dikatakan seperti halnya kerja tim.

Adapun pengaplikasian sistem penggerak roda tersebut sebenarnya dipilih berdasarkan alasan penggunaan kendaraan itu sendiri. Karena seperti kita ketahui bersama, kendaraan ini memiliki sifat yang fleksibel untuk penggunaan dalam dan juga luar kota.

Sebut saja pada saat menanjak, pada saat menurun, memiliki beban yang berat atau berbagai hal yang lain tentunya tidak akan terlepas dari sistem penggerak roda tersebut.

Berdasarkan ulasan di atas, maka kita sebagai pengendara harus memastikan bahwasannya sistem penggerak dalam mobil anda harus dalam kondisi yang stabil, sehingga tidak akan ada masalah yang ditimbulkannya pada saat anda berkendara.

Untuk memastikan kondisi penggerak roda mobil anda stabil dan bugar, tentunya dibutuhkan yang namanya perawatan secara rutin agar bisa memaksimalkan masing – masing fungsinya. Namun sangat disayangkan bagi anda yang seringkali melewatkan yang namanya perawatan rutin dengan berbagai alasan seperti halnya ingin menghemat biaya.

Sebenarnya anggapan seperti itu justru salah kaprah, dengan anda malas melakukan perawatan rutin, kedepannya anda yang akan jauh lebih rugi jika kerusakan sudah terjadi. Namanya otomotif kan semua komponennya punya masa kerja.

Saat masa kerjanya sudah usai dan tidak mampu lagi untuk bekerja, anda akan kuwalahan dalam mengeluarkan biaya perbaikan. Yang awalnya anda anggap sepele karena ingin menghemat pengeluaran, justru pada saat waktunya tiba pembengkakan biaya pun tidak bisa dihindari. Sekarang anda pilih mana, melakukan perawatan atau melakukan perbaikan?

Serahkan saja semua kebutuhan perawatan rutin AC mobil pada Rotary Bintaro yang merupakan bengkel rekomendasi dan bengkel resmi, kami akan membantu anda menangani segala macam masalah yang mungkin saja timbul pada AC mobil dengan bantuan para tenaga ahli dibidangnya.

Khusus pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan pembahasan mengenai salah satu dari penggerak roda tersebut, yakni mengenai penggerak roda belakang. Dan untuk pembahasan lengkapnya, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Fakta Seputar Penggerak Roda Belakang

Pada umumnya, design dari penggerak mobil dengan penggerak roda belakang sangatlah sederhana. Hal ini bisa kita lihat terutama dari design pada as rodanya yang sangat kokoh dan juga kuat.

Meski sering digunakan di daerah atau jalanan yang rusak, jika terjadi kerusakan maka biaya perbaikannya tidak akan sebesar biaya perbaikan pada penggerak roda depan.

Sebagai contoh jika anda sengaja melewati jalanan yang berlubang atau adanya polisi tidur dan anda menggunakan kecepatan tinggi, maka pada mobil penggerak roda belakang lebih sering tidak akan terjadi kerusakan.

Dan pada saat terjadi kerusakan sekalipun pada as roda misalnya, maka biaya perbaikan jauh lebih murah jika kita bandingkan dengan mobil penggerak roda belakang.

Hal ini dikarenakan mobil penggerak roda depan sangat rawan akan kerusakan as roda pada saat anda melewati jalanan rusak tersebut, apalagi ditambah dengan kecepatan yang tinggi.

Kelebihan Mobil yang Pakai Roda Penggerak Belakang

Sementara itu, keunggulan mobil penggerak roda belakang ini adalah tentunya mobil yang memiliki roda as lebih unggul. Hal ini bisa kita lihat terutama dari keseimbangan mobil pada saat akan berakselerasi dan juga pada saat mobil anda dikemudikan pada kecepatan tinggi.

Penyebabnya adalah berat kendaraan yang seimbang baik dari depan hingga ke bagian belakang, karena pada posisi ini terdapat as panjang ke roda belakang.

Oleh karena itulah sobat, sebagian besar mobil balap memakai sistem penggerak roda belakang ini untuk mengoptimalkan akselerasinya. Selain itu, mobil dengan sistem penggerak roda belakang, lebih mudah untuk dikendalikan saat mengangkut beban yang lumayan berat.

Namun meski memiliki kelebihan, bukan berarti sistem penggerak roda belakang ini tidak memiliki kelemahan. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, segala sesuatu tentunya ada kelebihan dan kekurangannya, begitu juga dengan roda penggerak belakang tersebut. Berikut ulasannya untuk anda mengenai kelemahan mobil yang pakai roda penggerak belakang yang bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Kelemahan Mobil yang Pakai Roda Penggerak Belakang

  • Sistem penggerak roda belakang kurang mendapat traksi pada saat mobil berada dalam kondisi jalan yang licin, karena hujan atau juga berpasir. Hal ini disebabkan karena adanya daya dorong mobil yang berada di roda belakang tersebut.
  • Mobil akan susah untuk dikendalikan saat kecepatan tinggi di jalan licin atau berpasir tersebut. Namun sekarang ini, untuk beberapa jenis mobil balap dan mobil mewah sudah dilengkapi dengan sistem kontrol traksi roda atau yang lebih dikenal dengan nama traction control system yang bertujuan untuk membantu pengendalian mobil saat dikemudikan di jalanan licin pada kecepatan tinggi.
  • Karena adanya penambahan as panjang pada mobil untuk menggerakkan roda belakang, maka berat mobil pun akan bertambah. Hal ini tentunya akan berujung pada pemborosan penggunaan bahan bakar. Selain itu, biaya produksi dari perakitan mobil dengan sistem penggerak roda belakang lebih mahal, yang berakibat kepada nilai jual dari mobil tersebut.

Kesimpulan

Dari ulasan dan pemaparan di atas, maka bisa diambil kesimpulan bahwasannya pilihan mobil dengan sistem penggerak roda belakang akan lebih tepat bagi anda dengan kategori :

  • Sering melewati kondisi jalanan yang tidak bagus.
  • Jalur yang anda lewati setiap harinya banyak jalanan yang menanjak.
  • Jumlah penumpang dalam mobil selalu penuh.

Untuk itu, anda sebagai calon pemilik dan pembeli mobil sebaiknya harus memperhatikan jenis mobil sesuai dengan kebutuhan anda. Dan memang kebanyakan orang menggunakan mobil dengan jenis roda penggerak belakang tersebut, karena jauh lebih tangguh dan biaya perawatan serta perbaikannya tidak terlalu mahal jika kita bandingkan dengan roda penggerak depan.

Mungkin sampai disini dulu ya ulasan yang bisa kami share untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Kami ingatkan kembali jangan lupa ya untuk melakukan perawatan pada komponen mobil anda secara berkala termasuk komponen AC mobil. Bengkel rekomendasi Rotary Bintaro yang merupakan bengkel resmi siap membantu anda kapan saja anda mau, tentunya dengan biaya service AC mobil yang tidak akan membuat kantong anda menjadi jebol. Tentu saja cabang kami tersebar di wilayah Jakarta, Tangerang dan Bekasi.

Terimakasih

Semoga bermanfaat

 

booking service

Tinggalkan komentar