Hampir setiap harinya, pengendara mobil selalu menggunakan AC mobil. Karena sering digunakan inilah membuat AC mobil mengalami masa aus. Apalagi jika setiap harinya kita selalu terkena polusi dan melewati jalan berdebu. Sehingga di dalam filter AC mobil ini penuh dengan debu yang menghambat kinerja AC mobil.

Untuk mengatasi hal ini, melakukan service AC mobil sangatlah penting untuk dilakukan secara rutin. Namun, karena berbagai kesibukan seringkali banyak orang yang lupa ataupun telat untuk melakukan service AC mobil. Tentu hal ini tidak boleh dibiarkan, telat service AC mobil bisa memberikan dampak yang buruk pada AC mobil.

 

Kerusakan apa yang Terjadi Kalau Telat Service AC Mobil?

  1. AC Tidak Dingin

Kerusakan akibat telat service AC mobil yang pertama adalah AC tidak dingin. Saat telat servis AC mobil tentunya kita kurang mengetahui apakah ada komponen yang rusak ataupun tidak. AC yang tidak dingin ini disebabkan oleh freon yang sudah aus dan tidak segera diganti. Tidak hanya itu, AC mobil tidak dingin juga disebabkan oleh pendingin kondesor AC yang kurang maksimal dan kotornya filter udara akibat debu. Jika tidak segera ditangani maka kerusakan akan semakin parah. Sehingga, AC mobil pun mengalami kerusakan.

  1. Suara AC Berisik

Suara AC yang berisik tentunya seringkali dialamiΒ  oleh sebagian besar orang. Suara AC berisik ini disebabkan oleh beberapa mesin yang sudah aus ataupun berkarat. Jika kita rutin untuk melakukan servis, maka kamu bisa segera mengganti mesin yang sudah aus tadi. Namun, jika kita melakukan telat servis maka kita tidak akan mengetahui bagian mana yang mengalami kerusakan. Sehingga mesin pun tidak segera diganti dan suara AC akan berisik secara terus menerus. Tentunya hal ini sangat mengganggu sekali bukan ?

  1. AC yang Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Telat servis AC mobil juga bisa menyebabkan AC mengeluarkan bau yang tidak sedap. Penyebab utama dari bau yang tidak sedap pada AC mobil ini karena filter udara AC mobil yang sangat kotor dan terdapat debu-debu yang menumpuk. Lebih fatalnya didalam filter AC mobil ini bisa menimbulkanΒ  tumbuhnya jamur. Saat melakukan perawatan di bengkel AC mobil, maka filter AC mibil akan dibersihkan dengan alat-alat khusus. Sehingga AC mobil tampak bersih dan menghasilkan udara yang sangat segar. Namun jika telat melakukan servis di bengkel spesialis AC mobil maka debu akan semakin menumpuk dan semakin menimbulkan bau menyengat.

  1. AC Tidak Dapat Dihidupkan

AC mobil yang tidak dapat dihidupkan merupakan akibat yang paling fatal karena telat servis AC mobil. AC yang tidak dapat dihidupkan disebabkan oleh beberapa faktor seperti motor cooling fan tidak dapat bekerja, kompresor dalam AC tidak dapat bekerja, sekring AC yang putus dan berbagai faktor lainnya. Jika telat menangani tentunya kan berakibat fatal dan menyebabkan kerusakan yang lainnya. Oleh karena itu, rutinlah untuk melakukan servis AC mobil agar AC mobil selalu bekerja dengan performa terbaik dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Itulah berbagai kerusakan yang terjadi akibat telat servis AC mobil. Jika tidak ingin mengalami kerusakan tersebut, maka rutinlah untuk melakukan servis AC mobil. Untuk melakukan servis AC mobil, pastikanlah melakukan servis di bengkel AC mobil khusus atau bengkel spesialis AC mobil. Di bengkel AC mobil khusus tentunya kamu akan dibantu teknisi yang sangat kompeten untuk membantu merawat AC mobil kamu dengan baik. AC mobil pun dapat bekerja dengan performa terbaik.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.