rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Anda Wajib Tahu! Ini 7 Komponen Kaki Mobil Yang Perlu Anda Pahami!

Komponen kaki mobil adalah salah satu bagian penting dari sebuah kendaraan yang berfungsi untuk menopang beban mobil, meredam guncangan, mengatur arah gerak roda, dan memberikan kenyamanan dan kestabilan saat berkendara.

Kaki kaki mobil terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan dan bekerja secara harmonis, seperti ban, shockbreaker, tie rod, ball joint, bushing, bearing, dan lain-lain. Setiap Komponen kaki mobil memiliki fungsi dan manfaat tersendiri yang perlu diketahui oleh pemilik mobil.

Selain itu, perawatan kaki kaki mobil juga sangat penting untuk dilakukan secara rutin di bengkel kaki kaki mobil atauoun bengkel onderstel terdekat agar kinerja dan umur komponen tetap optimal dan terhindar dari kerusakan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang manfaat, alasan, dan akibat dari perawatan kaki kaki mobil.

Pertanyaan Seputar Komponen Kaki Mobil

Beberapa komponen utama meliputi per, shock absorber, per kejut, per mobil, batang stabil, lengan kontrol, dan bantalan roda
Tanda-tanda umum masalah melibatkan suara berdecit, getaran yang tidak biasa, atau ketidakstabilan saat berkendara. Jika Anda mengalami gejala ini, disarankan untuk segera memeriksakan mobil ke bengkel.
Penggantian komponen kaki mobil sebaiknya dilakukan sesuai dengan panduan pemeliharaan produsen kendaraan atau jika terdapat tanda-tanda keausan atau kerusakan.
Faktor seperti kondisi jalan, gaya mengemudi, dan pemeliharaan berkala dapat memengaruhi umur pakai komponen kaki mobil.

Komponen Kaki Mobil Dan Fungsinya

komponen kaki mobil

Seperti yang telah kita pahami bersama, kaki kaki mobil terdiri dari berbagai macam komponen dengan fungsinya tersendiri yang saling terhubung antar yang satu dengan yang lainnya. Komponen kaki mobil tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. Ban Mobil

Komponen kaki mobil pertama yang perlu Anda pahami adalah ban mobil. Ban mobil ini sendiri merupakan komponen kaki mobil yang paling mudah dilihat dan paling sering bersentuhan dengan permukaan jalan. Ban berfungsi untuk menahan beban mobil, meredam guncangan, mengimbangi gerak mobil, dan memberikan traksi atau cengkeraman saat mobil bergerak.

Ban mobil yang baik harus memiliki ukuran, tekanan, dan pola tapak yang sesuai dengan spesifikasi mobil dan kondisi jalan. Selain itu, ban yang baik juga harus diganti secara berkala sesuai dengan usia dan kondisi pemakaian.

2. Shockbreaker Mobil

Shockbreaker mobil atau suspensi mobil adalah komponen kaki mobil yang berfungsi untuk meredam guncangan yang ditimbulkan oleh permukaan jalan yang tidak rata atau berlubang. Shockbreaker juga berperan untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan mobil saat berbelok, berakselerasi, atau berhenti.

Dan Shockbreaker yang baik harus memiliki kekuatan, kekakuan, dan kehalusan yang sesuai dengan karakteristik mobil dan gaya berkendara. Selain itu, shockbreaker yang baik juga harus dicek secara rutin untuk menghindari kebocoran, keretakan, atau keausan.

3. Tie Rod Mobil

Tie rod mobil adalah komponen kaki mobil yang berfungsi untuk menghubungkan antara rack steer dengan knuckle atau rumah roda. Tie rod berperan untuk mengatur arah gerak roda sesuai dengan putaran setir. Tie rod yang baik harus memiliki kekuatan, ketepatan, dan kelenturan yang sesuai dengan beban dan sudut roda. Tie rod yang baik juga harus dicek secara rutin untuk menghindari keausan, kelonggaran, atau kerusakan.

4. Ball Joint Mobil

Ball joint mobil adalah komponen kaki mobil yang berfungsi untuk menghubungkan antara lower arm dengan knuckle atau rumah roda. Ball joint berperan untuk memberikan fleksibilitas dan gerakan bebas pada roda saat mobil berjalan di permukaan jalan yang tidak rata atau berlubang.

Ball joint yang baik harus memiliki kekuatan, keawetan, dan kehalusan yang sesuai dengan beban dan sudut roda. Ball joint yang baik juga harus dicek secara rutin untuk menghindari keausan, kelonggaran, atau kerusakan.

5. Bearing Mobil

Bearing mobil juga dikenal banyak orang sebagai laher mobil. Fungsinya sangatlah berpengaruh dalam kenyamanan dan keamanan Anda ketika berkendara, dimana bearing mobil inilah yang berfungsi untuk membuat roda memiliki kelancaran perputaran yang lebih baik.

6. Bushing Mobil

Dalam komponen kaki mobil, bushing memiliki 2 fungsi, yakni untuk meminimalisir getaran yang terjadi saat mobil melaju yang dilakukan oleh bushing swing arm dan juga untuk memberikan keseimbangan pada suspensi baik itu sebelah kiri maupun kanan serta juga mengikat chasis yang dilakukan oleh bushing stabilizer.

7. Brake / Rem

Brake ataupun sistem rem merupakan bagian komponen kaki mobil yang tentunya paling familiar ditelinga banyak orang. Komponen kaki mobil yang satu ini jelas sangat berperan penting dalam keselamatan Anda ketika berkendara. Komponen inilah yang memperkecil sekaligus menghentikan laju kendaraan. Tanpa fungsi yang maksimal dari rem mobil, Anda tentu tidak berani menjalankan mobil kesayangan Anda dalam kondisi rem mobil yang rusak bukan?

Alasan Wajib Cek dan Service Komponen Kaki Mobil

komponen kaki mobil

Mengingat fungsinya yang begitu penting dalam keselamatan berkendara, maka perawatan dan service pada komponen kaki mobil. Menjaga komponen kaki mobil sama dengan menjaga keselamatan Anda dalam berkendara. Lebih detailnya lagi, alasan penting cek dan service komponen kaki mobil dapat Anda lihat di bawah ini, diantaranya adalah :

1. Meningkatkan Kinerja dan Umur Komponen

Salah satu alasan wajib cek dan service komponen kaki mobil adalah untuk meningkatkan kinerja dan umur komponen tersebut. Dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan secara rutin, kita dapat mengetahui kondisi dan performa dari setiap komponen kaki mobil.

Jika ada komponen yang mengalami kerusakan, aus, atau kelonggaran, kita dapat segera mengganti atau memperbaikinya sebelum menimbulkan masalah yang lebih besar. Dengan demikian, kita dapat menjaga kinerja dan umur komponen kaki mobil tetap optimal dan tahan lama.

2. Meningkatkan Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

Alasan lain wajib cek dan service komponen kaki mobil adalah untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara. Kaki kaki mobil yang sehat dan prima akan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman bagi pengemudi dan penumpang.

Kita dapat merasakan perbedaan antara berkendara dengan kaki kaki mobil yang bermasalah dan yang tidak. Kaki kaki mobil yang bermasalah akan menimbulkan gejala seperti guncangan, suara berisik, getaran, goyang, oleng, atau miring. Kondisi ini tentu akan mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara, bahkan dapat menyebabkan kecelakaan.

3. Menghemat Biaya Perawatan dan Perbaikan

Alasan lain wajib cek dan service komponen kaki mobil adalah untuk menghemat biaya perawatan dan perbaikan. Kaki kaki mobil yang tidak dirawat secara rutin akan berpotensi mengalami kerusakan yang parah dan membutuhkan biaya yang besar untuk memperbaikinya.

Selain itu, kerusakan pada satu komponen kaki mobil juga dapat berdampak pada komponen lainnya, sehingga biaya perbaikan akan semakin membengkak. Oleh karena itu, lebih baik mencegah daripada mengobati. Dengan melakukan cek dan service komponen kaki mobil secara rutin, kita dapat menghemat biaya perawatan dan perbaikan di masa depan.

Baca Juga : Cara Mengecek Kaki Kaki Mobil Anti Salah dan Dijamin Benar!

Akibat Lalai Tidak Melakukan Perawatan Komponen Kaki Mobil

komponen kaki mobil

Menjaga komponen kaki mobil berfungsi dengan maksimal dapat membawa manfaat yang sangat menguntungkan diri Anda seperti yang telah disebutkan di atas. Sebaliknya, bila Anda lalai dalam menjaganya maka hal ini akan membawa akibat yang sangat merugikan diri Anda. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Komponen Kaki Mobil Menjadi Rentan Rusak

Akibat lalai tidak melakukan perawatan komponen kaki mobil adalah menurunkan kinerja dan umur komponen tersebut. Kaki kaki mobil yang tidak dirawat secara rutin akan mengalami penurunan kualitas dan fungsi dari setiap komponennya.

Komponen kaki mobil yang rusak, aus, atau longgar akan mengurangi kemampuan kaki kaki mobil untuk menopang beban, meredam guncangan, mengatur arah gerak roda, dan memberikan kenyamanan dan kestabilan saat berkendara. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kinerja dan umur komponen kaki mobil itu sendiri.

2. Mengancam Keselamatan Berkendara

Akibat lain lalai tidak melakukan perawatan komponen kaki mobil adalah menurunkan kenyamanan dan keamanan berkendara. Kaki kaki mobil yang bermasalah akan menimbulkan gejala yang mengganggu pengemudi dan penumpang, seperti guncangan, suara berisik, getaran, goyang, oleng, atau miring. Gejala ini tidak hanya mengurangi kenyamanan berkendara, tetapi juga dapat membahayakan keselamatan berkendara.

Baca Juga : Jangan Sampai Lupa! Balancing Mobil Juga Penting Untuk Anda Lakukan Secara Rutin!

3. Meningkatkan Biaya Perawatan dan Perbaikan

Akibat lain lalai tidak melakukan perawatan komponen kaki mobil adalah meningkatkan biaya perawatan dan perbaikan. Kaki kaki mobil yang tidak dirawat secara rutin akan berisiko mengalami kerusakan yang parah dan membutuhkan biaya yang besar untuk memperbaikinya.

Selain itu, kerusakan pada satu komponen kaki mobil juga dapat menimbulkan kerusakan pada komponen lainnya, sehingga biaya perbaikan akan semakin membengkak. Hal ini tentu akan merugikan pemilik mobil dari segi finansial.

Banner Website Shaking Machine 1

Gunakan Shaking Machine Untuk Perawatan Dan Service Komponen Kaki Mobil Hanya Di Rotary Bintaro!

komponen kaki mobil

Setelah mengetahui manfaat, alasan, dan akibat dari perawatan komponen kaki mobil, tentu Anda tidak ingin menunda-nunda lagi untuk melakukan cek dan service kaki kaki mobil Anda. Namun, Anda juga harus memilih tempat service kaki kaki mobil yang terpercaya dan berkualitas, salah satunya adalah Rotary Bintaro.

Rotary Bintaro adalah bengkel spesialis kaki kaki mobil yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam melayani pelanggan.  Tingginya pengalaman tersebut tentu membuat Rotary Bintaro memiliki fasilitas dan peralatan yang canggih dan modern, contohnya shaking machine kaki kaki mobil yang dapat mendeteksi dan menganalisa kondisi kaki kaki mobil dengan lebih akurat dan cepat sehingga hasil cek kaki kaki mobil bukan hasil tebakan semata.

Lebih kerennya lagi, Rotary Bintaro menjadi bengkel mobil pertama yang menyediakan shaking machine lho! Jadi bila Anda ingin hasil cek kaki kaki mobil dengan hasil yang lebih akurat dan cepat dan bukan hasil tebakan semata, maka Rotary Bintaro adalah satu-satunya jawaban untuk Anda!

Rotary Bintaro juga memiliki mekanik yang profesional dan berpengalaman, yang dapat menangani berbagai masalah kaki kaki mobil dengan baik dan tepat. Pengalaman yang tinggi, alat yang canggih lalu dikombinasikan dengan mekanik yang handal, tentu akan menciptakan hasil pengerjaan yang sangat memuaskan. Hal inilah yang akhirnya membuat Rotary Bintaro memiliki reputasi positif yang begitu tinggi di mata masyarakat.

Rotary Bintaro juga menawarkan harga yang terjangkau dan bersaing, serta memberikan garansi untuk setiap layanan yang diberikan. Lebih dari itu, yang paling penting adalah Rotary Bintaro menyediakan harga yang transparan, dimana Anda dapat menikmati konsultasi GRATIS!

Iya Anda tidak salah dengar, Anda dapat berkonsultasi secara gratis untuk dianalisa dimana letak masalahnya lalu solusi terbaik apa yang dapat diambil untuk masalah tersebut serta bagaimana kisaran biaya yang akan Anda bayarkan. Ini membuat Anda dapat terhindar dari biaya service yang tidak jelas seperti di bengkel umumnya, karena Rotary Bintaro menyediakan biaya yang sangat transparan.

Lebih dari itu, Rotary Bintaro juga memberikan pelayanan yang ramah dan responsif, serta memberikan konsultasi dan saran yang bermanfaat bagi pelanggan sekaligus juga memiliki berbagai macam cabang dengan lokasi yang strategis dan mudah dijangkau.

Sangat lengkap bukan? Bila Anda memiliki masalah pada kaki mobil atau bagaian lainnya, jangan pernah ragu untuk membawanya ke Rotary Bintaro ya! Kunjungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis ataupun paket layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan, edukasi dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya.

Jangan lupa pula untuk melakukan reservasi melalui customer service dari Rotary Bintaro dengan cara klik disini. Atasi seluruh permasalahan pada mobil kesayangan Anda hanya di Rotary Bintaro! Kami tunggu kehadiran Anda ya!

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...