AC mobil merupakan hal yang sangat penting untuk diberikan perawatan dan juga penggantian sparepart jika mengalami gangguan atau bahkan kerusakan. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin bisa menimbulkan bau yang tidak diinginkan. Setiap bau yang ada juga merupakan pertanda adanya bagian dari mobil yang mengalami kerusakan. Bau tidak sedap yang dikeluarkan biasanya akan mudah tercium dan bisa dilakukan pencegahan sebelum terlambat. Yuk simak berikut ini masalah bau apa saja yang bisa terjadi sama AC mobil.

Masalah Bau Apa Saja yang Bisa terjadi Sama AC Mobil?

Berikut ini adalah Masalah Bau Apa Saja yang Bisa terjadi Sama AC Mobil, antara lain:

1. Bau Freon

Terdapat banyak hal penyebab AC mobil bau freon, salah satunya adalah karena adanya kebocoran pada kompresor AC mobil, selang freon, kondensor AC mobil dan juga komponen lainnya pada AC mobil. Biasanya kebocoran bisa terjadi karena kurangnya perawatan dan juga pengecekan freon, oli dan kompresor di dalamnya yang tidak teratur dilakukan.

Maka dari itu, pastikan untuk mengganti oli kompresor agar bau gosong yang ditimbulkan pada AC mobil bisa perlahan-lahan menghilang. Usahakan untuk menggantinya pula dengan barang yang berkualitas baik untuk kesehatan dan juga keterawatan AC mobil kesayangan Anda.

2. Evaporator bau busuk

Masalah bau selanjutnya adalah evaporator bau busuk, dimana bau busuk tersebut disebabkan karena proses penyaluran udara yang terhambat dan menyebabkan kabin menjadi panas. Hal tersebut kemudian diperparah dengan evaporator yang dihinggapi jamur dan lumut, sehingga udara yang dihasilkan AC tidak lagi segar melainkan udara berbau busuk.

Untuk itulah sangat penting untuk menjaga kebersihan evaporator, seperti dengan cara melepaskan evaporator dari dashboard perlahan-lahan agar tidak merusak komponen yang ada, mencuci seluruh bagian komponen yang dihinggapi debu dan kotoran, hingga diamkan evaporator yang sudah bersih selama beberapa menit untuk kemudian dipasang kembali ke asalnya. Dijamin bau busuk tidak akan kembali lagi.

3. Bau Pesing

Beberapa kebiasaan yang tidak baik seperti meletakkan sisa makanan di dalam mobil, atau bahkan bangkai binatang seperti kecoak bisa menjadi penyebab dari masalah bau pesing pada AC mobil. Bisa pula hal tersebut disebabkan oleh karpet yang sudah berdebu dan menjadi lembab. Sehingga menyebabkan komponen yang berasal dari aluminium berkarat dan menyebabkan kebocoran.

Untuk mengatasinya, maka sering-seringlah untuk membersihkan karpet minimal seminggu sekali dan hindari meletakkan parfum di dekatnya. Jika dibiarkan terus-menerus maka bisa menyebabkan AC mobil menjadi bau pesing atau tidak sedap.

4. Bau Asam

Masalah bau asam pada AC mobil bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti adanya jamur yang menempel di evaporator dan menimbulkan bau yang asam atau tidak sedap. Jika dibiarkan maka akan menimbulkan kerusakan pada komponen lain yang ada pada sparepart mobil, gangguan kesehatan penumpang hingga risiko terjadinya kecelakaan.

Maka pastikan untuk selalu membersihkan seluruh bagian dalam mobil termasuk AC. Anda bisa menggunakan bantuan dari vacuum cleaner untuk membersihkan debu yang menempel di dalamnya. Pastikan bahwa seluruh komponen bersih dari debu, sehingga bisa membuat udara dalam mobil menjadi lebih segar.

Itulah ulasan mengenai Masalah Bau Apa Saja yang Bisa terjadi Sama AC Mobil. Jika dirasa mobil Anda bermasalah, maka ada baiknya untuk membawanya ke bengkel spesialis AC mobil terdekat. Jika Anda berada di sekitar Jakarta, makaΒ Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro cabang Veteran, Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro cabang Ciledug atau Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro cabang Kedoya bisa jadi pilihan yang tepat..

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.