fbpx

Komponen AC mobil dan cara kerjanya


Seperti yang bisa Anda baca di artikel Bahaya Gas Freon pada AC Mobil Bocor, dimana AC yang rusak bisa berbahaya bagi kita, tentu alangkah baiknya kini kita harus mengerti lebih dalam akan cara kerja pada AC mobil tersebut untuk mencegah kerusakan, atau bahkan kebocoran Freon. Salah satu caranya adalah dengan mengenal lebih dalam akan komponen AC mobil yang berada di dalamnya. Hal ini dilakukan agar bahaya akan kebocoran Freon pada AC mobil secara berlebihan tidak terjadi pada Anda. Dalam artikel ini, akan ada sedikit penjelasan tentang komponen-komponen AC mobil dan juga cara kerja gas Freon yang berada di dalamnya.

 

  1. Kompresor
    Komponen paling pertama yang harus Anda ketahui adalah kompresor. Kompresor adalah pusat kerja pada komponen-komponen AC mobil lainnya. Kompresor bekerja sebagai layaknya jantung pada manusia. Komponen ini memiliki tugas untuk menghisap gas dan mengeluarkannya kembali. Saluran hisap pada kompresor dihubungkan dengan komponen lainnya, yaitu evaporator, sedangkan saluran buang dihubungkan dengan komponen lainnya juga, yaitu kondensor. Saluran hisap yang terjadi pada kompresor adalah gas dengan tekanan rendah dan sebaliknya, saluran buang bertugas untuk membuang gas bertekanan tinggi. Sistem kerja yang terjadi pada kompresor adalah dengan menghirup gas dingin dan mengeluarkan gas panas, dan hal ini lah yang menyebabkan biasanya kompresor memiliki sisi yang panas apabila disentuh.
  1. Kondensor
    Komponen lainnya adalah kondensor. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kondensor bertugas menerima gas bertekanan tinggi atau panas dari kompresor. Dengan teknologi kipas di dalamnya, kondensor ini bisa merubah gas panas menjadi gas yang lebih dingin atau apabila pada AC mobil biasanya bekerja untuk menghancurkan gas Freon yang panas menjadi bentuk cair.

Baca Juga : Penyebab Kondensor AC Mobil Panas

  1. Dryer Filter
    Komponen AC selanjutnya adalah Dryer Filter. Sebagai komponen lanjutan dari kondensor, Dryer Filter ini memiliki tugas sebagai penampung gas Freon yang sudah dicairkan di komponen sebelumnya atau kondensor. Selain itu Dryer Filter pun memiliki fungsi sebagai penyaring kotoran dan juga uap air.
  1. Ekspansi Valve
    Setelah ditampung dan di saring oleh Dryer Filter, cairan gas Freon tersebut akan berlanjut ke komponen selanjutnya, yaitu katup ekspansi. Salah satu tugas penting dari katup ekspansi adalah untuk merubah cairan gas Freon yang sudah disaring di Dryer Filter menjadi bentuk gas seutuhnya. Hal ini agar dapat lebih mudah diproses pada komponen terakhir, yaitu evaporator.
  1. Evaporator
    Komponen AC yang terakhir adalah evaporator. Berkebalikan dengan kondensor, evaporator menyerap hawa panas untuk dirubahnya menjadi hawa dingin. Evaporator memiliki sirip-sirip pendingin, dimana gas yang melalui sirip-sirip tersebut akan berubah menjadi gas yang lebih dingin dan sejuk. Komponen ini pun merupakan komponen terluar yang nantinya akan mengeluarkan udara sejuk dan aman untuk dihirup di dalam kabin mobil Anda.

5-Komponen-AC-Mobil-yang-Perlu-Anda-Ketahui-(2)

Demikianlah beberapa komponen AC beserta fungsinya yang harus Anda ketahui.

Baca juga : AC Mobil Bau Dan Tidak Dingin

Dengan mengenal lebih baik akan komponen-komponen itu sendiri, mungkin akan muncul rasa lebih peduli untuk selalu mengecek kerja dari AC mobil Anda secara berkala, terlebih lagi sebelum Anda berpergian jauh.

 

Seputar AC Mobil

cara kerja gas freondryer filterekspansi valveevaporatorkomponen ac mobilkompresorkondensor

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?