fbpx

Mobil Antik dan Panduan Singkat Menjadi Kolektor Sukses


Hai #SahabatRotary, kalau denger kata mobil antik, kira-kira kata apa yang terlintas di pikiran kita? Pasti nggak jauh-jauh dari kata tua, kuno, klasik dan lain sebagainya. Kira-kira, jawaban itu bener nggak ya? Hmm, nggak salah sih, tapi juga nggak bener juga. Penasaran? Kalau iya, ayo simak tulisan berikut.

Apa itu Mobil Antik?

Terus apa sih definisi dari mobil antik? Mobil semacam apa yang dapat kita sebut sebagai mobil antik?

Sejauh ini belum ada definisi yang pasti dari apa itu mobil antik. Definisi tersebut berubah-ubah tergantung dari komunitas dan kolektor mobil antik. Yang jelas, syarat utama dari mobil antik adalah mobil yang paling tidak memiliki usia lebih dari 50 tahun. Tapi tidak hanya sampai disitu saja, selain tua, kita harus memahami sejarah produksi dari mobil itu. Apakah mobil itu dulu diproduksi secara massal? Atau mobil tersebut justru diproduksi secara terbatas? Sebutan mobil antik sendiri hanya dapat diberikan pada mobil-mobil yang diproduksi secara terbatas saja. Ketika mobil itu diproduksi secara massal kita sebaiknya menyebut dengan mobil tersebut dengan mobil tua saja.

Tapi selain istilah mobil antik, kita juga mengenal istilah mobil vintage dan juga mobil retro. Nah kalau itu istilah yang sama atau beda ya? Ternyata, untuk membedakan ketiga jenis mobil tersebut dapat dilihat dari usia mobil tersebut. Mobil antik sendiri diperuntukan untuk mobil-mobil yang berusia minimal 100 tahun. Sedangkan mobil vintage sendiri ditujukan pada mobil yang telah berusia 40 tahun lebih dan untuk mobil retro sendiri diperuntukkan untuk mobil yang minimal berusia 20 tahun.

Nah, dari sini kita bisa dapat definisinya kan? Jadi mobil antik dapat kita definisikan sebagai mobil yang diproduksi secara terbatas dengan minimal usia mobil adalah 100 tahun.

Kalau kamu cukup tertarik untuk memulai hobi sebagai pemilik mobil antik atau bahkan kolektor. Maka tulisan berikut ini bakal cocok untuk kamu. Karena itu, mari posisikan diri senyaman-nyamannya dan mulai membaca tulisan ini dengan santai.

Strategi Koleksi Mobil Antik

Tips Memulai Hobi Koleksi Mobil Antik

Bertanya pada Diri Sendiri

Sebelum melakukan persiapan untuk membeli mobil antik, mari coba kita fokuskan diri dan bertanya pada diri sendiri Retro car parked on grass. Film effect filterdulu. Apa sih alasan kita untuk membeli mobil antik ini? Apakah hanya sekedar koleksi saja atau justru untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Jawaban dari pertanyaan ini akan berpengaruh besar terhadap bagaimana kita merawat mobil kita nanti.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah kita sanggup untuk menjalani hobi ini? Mengoleksi mobil antik sendiri tentu gampang gampang susah. Perlu adanya dedikasi, ilmu dan juga keuangan yang mencukupi agar hasil yang kita dapat menjadi optimal.

Tentukan Dulu Mobil Apa yang Akan Dikoleksi

Sebelum memulai mengoleksi mobil, coba tanyakan beberapa hal ke diri sendiri dulu. Mobil seperti apa yang akan dikoleksi? Sebaiknya bila pengetahuan otomotif kita masih kurang, mulailah dengan mengoleksi mobil yang sudah memiliki komunitasnya di kota kita atau diIndonesia. Hal ini memudahkan kita terutama dalam hal mencari informasi soal perawatan. Menentukan mobil yang akan dikoleksi juga akan berpengaruh pada saat kita menyiapkan garasi dan budget.

Riset, Riset dan Riset

Seperti yang kita ketahui ada beberapa mobil antik yang justru harga jualnya malah naik daripada tahun saat mobil tersebut diproduksi. Apalagi bila mobil tersebut dirawat dengan baik. Karena itu sebaiknya lakukan riset di pasar mobil klasik sebelum kita mengeluarkan uang untuk membeli mobil antik tersebut.

Risetnya sendiri dapat dilakukan dengan bertanya ke komunitas mobil antik yang terdekat dengan kita. Jika tidak punya waktu karena aktivitas sehari-hari, kita bisa mencari forum mengenai harga mobil di berbagai platform online.

Namun, di zaman sekarang ini, sebagian besar komunitas mobil antik di Indonesia sudah memiliki sosial media seperti Facebook atau Instagram. Tentu hal ini akan mempermudah kita untuk mencari informasi langsung dari mereka yang sudah berpengalaman lebih dulu.

Pastikan Memiliki Budget yang Mencukupi

Setelah berhasil menentukan mobil yang akan dibeli dan mengerti harga pasarannya, hal selanjutnya yang harus kita pikirkan adalah budget kita. Apakah kita sudah memiliki cukup uang untuk membeli mobil tersebut dan merawatnya?

Hal yang perlu kita pikirkan disini tidak hanya harga beli mobil itu saja. Tapi justru hal yang harus kita pertimbangkan adalah biaya perawatan untuk kedepannya. Semakin langka mobil yang akan kita beli, semakin mahal juga biaya perawatan dan komponen mobilnya.

Bila ternyata budget yang kita punya tidak dapat mencukupi biaya mobil antik yang akan kita beli. Maka sebaiknya kembalilah ke langkah awal dan mencari merek mobil antik yang lebih sesuai dengan budget.

Persiapkan Tempat untuk Menyimpan Mobil

Sebelum membeli mobil, kita pun juga harus menyiapkan tempat untuk menyimpan mobil antik kita. Pastikan garasi kita cukup untuk menaruh mobil nanti. Jika garasi rumah sendiri sudah tidak mencukupi, maka kita bisa menyewa tempat untuk menyimpan mobil.

Selain itu kita dapat mengakali membeli garasi yang terlalu luas dengan membangun garasi dengan atap yang tinggi. Kita dapat memarkir beberapa mobil kita secara vertikal dengan menggunakan sistem hidrolik.

Tempat penyimpanan yang baik untuk mobil antik kita adalah tempat yang tidak lembab. Hal ini untuk mencegah komponen mobil yang menjadi berkarat. Tentu kita tidak ingin hal ini terjadi karena dapat merusak penampilan mobil kita dan mengganggu performanya.

Pastikan Orisinalitas Komponen Mobil Antik

Mengapa kita memastikan orisinalitas komponen mobil antik yang akan kita beli? Karena komponen asli cenderung memberikan performa yang baik ke mobil kita. Selain itu penggunaan komponen yang tidak asli bisa saja memiliki dampak buruk bagi mobil.

Yang kita takutkan adalah, penggunaan komponen yang tidak asli justru membuat pengeluaran kita membengkak. Harga belinya memang jauh lebih murah, tapi sangat mungkin terjadi justru pengeluaran kita membengkak pada saat melakukan perawatan rutin. Hal itu karena komponen yang digunakan tidak tahan lama atau justru menyebabkan kerusakan pada mesin.

Melakukan Test Drive

Tidak jarang kita menemukan mobil yang telah dipoles dengan baik tapi ternyata tidak dapat berjalan dengan baik. Ini. Keadaan seperti ini akan merugikan kita sebagai pembeli mobil. Untuk apa membeli mobil yang ternyata hanya bisa berjalan beberapa kilometer saja?

Karena itu, untuk menghindari hal-hal seperti ini, usahakan untuk bertemu langsung dengan penjual sebelum membeli mobil. Mintalah izin kepada penjual untuk melakukan test drive, sebelum sepakat untuk membeli mobil tersebut.

Keuntungan lain dari melakukan test drive pada mobil yang akan kita beli adalah kita bisa mengetahui performa dan masalah yang dimiliki mobil. Karena kecil kemungkinannya mobil antik masih memiliki performa yang sempurna. Melalui test drive kita dapat menemukan kekurangan pada mobil dan bisa memodifikasinya atau memperbaikinya di kemudian hari.

Bergabung dengan Komunitas Mobil Antik di Sekitar Kita

Selain bisa mengoleksi mobil antik yang kita sukai, hal yang menyenangkan dari mengoleksi mobil antik adalah bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dengan kita. Selain itu, kita juga dapat memperoleh banyak informasi dari komunitas tersebut. Seperti tips merawat mobil antik, hingga komponen mobil antik yang kadang sulit untuk dicari.

Mencari Metode Perawatan yang Cocok dengan Mobil Antik Kita

Kita semua tentu tahu bahwa mobil antik yang kita miliki adalah mobil yang sudah berumur bahkan bisa saja sangat tua. Untuk mengembalikan mobil antik kita ke kondisi yang prima membutuhkan banyak perhatian. Apalagi jika mobil antik kita digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Idealnya, setiap beberapa kilometer, bawa mobil antik ke bengkel untuk melakukan perawatan rutin. Dari situ kita dapat berkonsultasi untuk mencari tahu perawatan rutin seperti apa yang cocok dengan mobil kita.

Tidak lupa juga, perhatikan jenis mesin mobil antik yang kita beli. Jenis mobil yang memiliki kapasitas hingga 12 silinder akan memakan biaya perawatan yang cukup tinggi. Hal ini tentu berbeda jauh jika mesin mobil kita hanya memiliki kapasitas 4 silinder saja. Biaya perawatan menjadi lebih murah.

Mengajak Mobil Kita untuk Rajin Bepergian

Salah satu hal terburuk dari mengoleksi mobil antik adalah membiarkan mobil tersebut berdiam diri saja. Sebaiknya, ketika kita sudah memilikinya, ajak mobil tersebut untuk bepergian. Tidak harus rutin setiap hari, tapi setidaknya seminggu sekali. Mobil kita pun akan menjadi lebih awet ketika dipakai secara rutin.

Keuntungan Punya Mobil Antik

Menambah Relasi

Dalam tips sebelumnya kita membahas bahwa kita harus tergabung dalam komunitas-komunitas mobil antik di Indonesia. Karena hal ini akan memudahkan kita untuk mencari informasi mengenai mobil yang kita miliki.

Selain itu, kita dapat berkenalan dengan orang-orang baru yang memiliki hobi yang sama dengan kita. Tidak sedikit pula ada anggota yang menjual mobilnya dengan harga miring hanya kepada teman satu komunitasnya. Tentu hal ini merupakan kesempatan yang menguntungkan bagi kita sebagai kolektor.

Dapat Menjadi Ladang Investasi

Hal yang harus kita ketahui adalah berbeda dengan harga jual mobil zaman sekarang yang terus turun, harga jual mobil antik justru bisa naik setiap tahunnya. Tapi kita juga harus ingat bahwa tidak semua mobil bisa meningkat harga jualnya.

Harga jual mobil antik sendiri tergantung pada kelangkaan mobil dan merek mobil. Merek mobil seperti Rolls Royce dan Mercedes yang tipe langka bisa mendapatkan harga jual yang tinggi di Indonesia.

Selain kedua hal itu, orisinalitas dan keadaan komponen mobil juga menjadi faktor penentu harga jual mobil antik. Jika komponen mobil masih asli dengan keadaan yang baik, tentu harga jual mobil kita akan semakin tinggi.

Mengurangi Tekanan dan Stres

Mengoleksi mobil antik merupakan sebuah hobi. Hobi sendiri sering dikaitkan dengan dampak positif untuk kesehatan badan dan mental.

Merawat dan membersihkan mobil tentu akan menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk kita. Berdasarkan pendekatan psikologi positif, melakukan aktivitas yang menyenangkan dapat memberikan perasaan relaksasi pada kita serta membuat kita lepas dari kejenuhan karena aktivitas sehari-hari.

Selain itu, dengan mengoleksi mobil antik dapat memberikan kesempatan bagi kita untuk melakukan interaksi sosial dengan orang lain. Dengan mengikuti berbagai komunitas, kita bisa menemukan social support. Manfaat lainnya adalah melakukan aktivitas berbicara dengan orang yang memiliki hobi atau ketertarikan yang sama dengan kita dapat menimbulkan perasaan yang lebih nyaman dan rileks seusai berbicara.

Komunitas Mobil Antik di Indonesia

Seperti yang disebutkan sebelumnya, lebih baik kita bergabung dengan komunitas mobil antik. Di Indonesia sendiri, kehadiran komunitas-komunitas ini pasang surut. Terkadang muncul dan tidak sedikit juga yang akhirnya bubar-bubar sendiri. Walaupun begitu, masih ada saja yang tetap loyal dengan komunitasnya sehingga komunitas tersebut tetap eksis. Berikut adalah beberapa komunitas yang aktif di Indonesia

Volvo Freaks Indonesia

Komunitas yang berdomisili di Jakarta ini sering menyebut diri mereka sebagai penggila Volvo di Indonesia. Berbeda dengan komunitas pada umumnya, komunitas ini cukup ketat dalam menyeleksi anggota-anggota baru. Tidak hanya sekedar melihat seberapa jauh kecintaan anggotanya pada Volvo tapi juga bagaimana kepribadian anggota barunya. Karena bagi mereka Volvo Freaks Indonesia ini bukan hanya sekedar tempat diskusi tapi juga sebuah keluarga yang baru.

Komunitas yang berdiri pada tanggal 10 Juli 2010 ini sering mengadakan diskusi bareng untuk membahas kebutuhan volvo mereka. Tempat mereka berdiskusi sendiri seringnya di Bengkel Enrico Jaya Motor.

Djadoelers Indonesia

Berdirinya komunitas ini berawal dari jejaring media sosial, Facebook. Saat itu, Bintoro Sapto Samudro sering membagikan pengetahuannya seputar mobil antik melalui akun Facebooknya “Djadoelers”. Beliau sendiri tidak menyangka kalau ternyata banyak yang mencari informasi mengenai mobil-mobil kuno.

Akhirnya Bintoro pun membuat komunitas yang awalnya hanya beranggotakan sepuluh orang saja. Komunitas ini akhirnya secara resmi berdiri pada tanggal 4 Desember 2010. Tapi lama-lama Djadoelers Indonesia terus bertumbuh dan kini memiliki 1000 anggota lebih. Walaupun yang tercatat aktif di komunitas tersebut sekitar 100 – 200 anggota.

Komunitas ini kini tidak hanya berfokus pada seputar mobil antik saja. Tapi juga aktif melestarikan makanan-makanan jadul di Indonesia serta acara TV yang legendaris di Indonesia. Djadoelers Indonesia sendiri dapat kita temui di berbagai acara otomotif di Indonesia.

Indonesia Mazda Auto Club

Dari namanya saja kita sudah tahu kalau komunitas yang satu ini berfokus pada Mazda. Berbeda dari komunitas sebelumnya, komunitas ini berdiri karena kekecewaan anggotanya akibat sulitnya mencari informasi mengenai spare part Mazda di Indonesia. Komunitas ini bisa dibilang cukup besar di Indonesia. Berdiri pada tanggal 22 Mei 2004, dengan 500 anggotanya yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk gabung ke dalam komunitas ini cukup dengan memiliki mobil Mazda dan rutin membayar biaya keanggotaan tiap bulan.

Classic Car Coupe

Classic Car Coupe atau yang biasa disebut sebagai Triple C (3C) telah berdiri sejak 16 Juni 2012. Komunitas ini menjadi wadah bagi pemilik mobil coupe di Indonesia. Apa itu mobil coupe? Mobil coupe adalah mobil yang hanya memiliki dua pintu. Komunitas ini berdiri karena saat itu belum ada wadah bagi pemilik mobil coupe di Indonesia.

W124 Mercedes-Benz Boxer Club Indonesia

Komunitas yang satu ini bisa dibilang cukup lama di Indonesia karena sudah berdiri sejak 12 April 2003. Hebatnya adalah komunitas ini disahkan langsung oleh Mercedes-Benz pada 23 April 2005. Bahkan komunitas ini diakui sebagai anggota Mercedes Benz Classic Car Club International Ltd di Jerman.

Tidak seperti komunitas mobil sebelumnya yang terpaku pada satu merek atau bahkan tidak terpaku pada satu merek, komunitas yang satu ini hanya terdiri dari satu tipe Mercedes Benz saja. Tipe yang dimaksud adalah W124 Mercedes Benz atau yang biasa kita sebut sebagai “BOXER.”

 

Nah begitulah panduan singkat seputar mobil antik dan bagaimana memulai mengoleksi mobil antik. Menjadi kolektor mobil antik tentu memang gampang-gampang susah, karena itu sebelum memulai, pastikan Anda memang sudah siap menekuni hobi yang mengasyikkan ini.

Senang bisa berbagi. Pasti bermanfaat.

 

Temukan informasi seputar mobil dan tips perawatan mobil di sini.

Blog

kolektor mobil antikkomunitas mobil antikmobil antikmobil kunomobil retromobil vintagestrategi mobil antiktips merawat mobil antikVolvo

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?