Mobil Baru Selesai Dicuci Terus Kena Hujan? Bagaimana Tips Menghindarinya

Tips Mengatasi Mobil Baru Selesai Dicuci Terus Kena Hujan

Share :

Musim hujan seringkali menjadi keluhan banyak orang. Seringkali intensitas hujan yang tinggi menjadi penyebab terjadinya banjir. Hujan juga menyebabkan masalah pada kendaraan yang anda miliki. Tentu saja kendaraan akan mudah kotor. Nah, apakah iya, sehabis kena hujan, kita harus mencuci mobil? Mobil baru selesai dicuci terus kena hujan? Bagaimana tips mengatasinya?

Tips Mengatasi Mobil Baru Selesai Dicuci Terus Kena Hujan

1. Cek cuaca sebelum bepergian

Cuaca memang bisa berubah kapanpun. Cuaca seringkali tidak bisa diprediksi. Namun setidaknya, cuaca masih bisa diperkirakan dengan melihat prakiraan cuaca pada hari itu menggunakan aplikasi Weather di smartphone Anda. Jika berpotensi hujan dan Anda tidak ingin mengambil risiko jika di jalan bahkan kejebak banjir, Anda mungkin dapat menggunakan transportasi lain. Hal ini dapat dilakukan untuk mengatasi masalah mobil baru selesai dicuci terus kena hujan.

2. Perawatan sederhana

Jika dengan terpaksa mobil Anda kena hujan, bilas saja dulu dengan air biasa, lakukan penyemprotan dengan tekanan yang lebih untuk merontokkan kotoran. Nah, setelah yakin kotoran rontok, biarkan setengah kering, lalu segera lap dengan kain mikrofiber atau lap lembut, karena saat basah, kondisi cat biasanya lebih lunak dan mudah tergores. Perawatan sederhana ini dapat dilakukan untuk mengatasi mobil baru selesai dicuci terus kena hujan.

Anda dapat mencuci mobil dengan sabun rutin dalam tiga hari sekali atau seminggu sekali. Perlu Anda ketahui, mencuci tanpa sabun atau sampo tak bisa membersihkan kotoran dengan sempurna. Ketika basah, kotoran seringkali tak terlihat pada body mobil, atau bagian lainnya. Namun setelah air hilang alias mengering, maka barulah terlihat bahwa mobil kita seolah barusaja ikut ajang off-road atau bahkan turun ke sawah. Beberapa tips harus Anda lakukan jka mobil baru selesai dicuci terus kena hujan.

Baca Juga :  Ga Sempat ke Bengkel Karena Sibuk? Pakai Jasa Home Service Sekarang Juga!

Tak dipungkiri, hal sepele ini sering dipandang sebelah mata dan dianggap tak berbahaya. Dampaknya memang tak bisa dirasakan sekarang, tapi bagaimana jika dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama? Akan terjadi kerusakan yang dapat merugikan Anda, misalnya karat pada body, kerusakan pada suspensi dan juga gangguan sistem pengereman.

Untuk menjaga dan merawat mobil Anda, Anda harus bersikap bijak dalam masalah yang terjadi. Anda dapat meluangkan waktu sejenak untuk memberikan perawatan pada mobil Anda, yang selalu setia menemani aktivitas Anda sehari-hari, setelah Anda pakai di bawah guyuran air hujan.

3. Lakukan Perawatan yang Tepat Jika Terpaksa Kena Hujan

Jika terpaksa mobil baru selesai dicuci terus kena hujan, langkah pertama adalah cuci kendaraan hingga bersih, dan jika perlu Anda bisa memoles body-nya juga. Ini sangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah ataupun dengan menggunakan jasa pencucian kendaraan bermotor. Ketahuilah, perawatan seperti ini tentunya tak perlu Anda lakukan setiap hari, tapi cukup beberapa hari sekali.

Jika Anda baru saja melakukan cuci besar pada mobil Anda, lalu jika nantinya mobil terguyur hujan lagi saat Anda pakai, Anda hanya perlu mengguyurnya dengan air bersih, lalukan terutama pada bagian-bagian yang terkena air hujan. Selanjutnya bilas mobil Anda mulai dari body hingga sektor kaki-kaki sampai bersih. Kemudian setelah kendaraan Anda sudah dipoles, maka proses pembilasan akan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Jika sudah dibilas, jangan lupa dikeringkan dengan lap khusus yang banyak dijual di toko maupun bengkel.

Nah itu tadi tips mudah untuk menghindari dan mengatasi mobil baru selesai dicuci terus kena hujan yang dapat dipraktekkan agar kendaraan Anda tetap terawat. Secara khusus, Anda harus meluangkan waktu untuk sekadar membasahi dan mengelap mobil 15 menit setelah kehujanan. Anda dapat memilih shampo yang busanya tidak terlalu banyak karena busa yang banyak justru berdampak buruk untuk warna cat mobil Anda.

Baca Juga :  Mobil Kena Rendam Banjir Jangan Dinyalakan, Hal Buruk Ini Bisa Terjadi

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?