fbpx

Cara Menjaga Kebersihan Mobil Idaman tanpa ke salon mobil


Salam #SahabatRotary, Tulisan ini Khusus dibuat untuk #SahabatRotary untuk mencari salon mobil idaman.

Umumnya kita sepakat, kebersihan mobil mencerminkan kepribadian pemiliknya. Kesan tertentu terhadap pemilik dapat diawali dari kendaraannya.
Boleh dikata, kepemilikan mobil idaman  di negri ini secara umum dilandasi oleh dua perkara; kebutuhan dan gaya hidup. Atas dasar ini, banyak orang yang melakukan perawatan serius untuk mobil mereka.
Dalam masyarakat urban di kota-kota besar, perawatan mobil idaman pribadi, baik eksterior, mesin maupun interior bisa jadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan secara rutin dan berkala.
Tidak jarang mereka sengaja membentuk atau bergabung dengan satu komunitas agar mendapat pengetahuan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kendaraan mereka secara mudah dan murah.
Memiliki, merawat dan bergabung dalam sebuah komunitas otomotif telah menjadi gaya hidup bagi kalangan ini.
Mobil idaman  dengan demikian bukan saja menjadi alat kebutuhan yang mendukung mobilitas kesehariannya, namun lebih dari sebuah prestise yang dianggap dapat meningkatkan status sosialnya di masyarakat.

Kebersihan selalu hal yang diperhatikan banyak orang. Termasuk juga oleh para pemilik mobil. Melihat kondisi mobil yang kotor tentu bikin tak nyaman, bukan?

Ladies, kebersihan mobil dapat berpengaruh pada psikologismu saat berkendara, lho. Jika mobilmu bersih, kamu pasti nyaman menyetir.

Menjaga kebersihan mobil sudah menjadi semacam kewajiban bagi para para pemilik kendaraan. Kamu bisa kok membuat mobilmu tetap bersih tanpa harus minta bantuan tukang cuci.

Dikutip dari Fimela, Kamis 11 Oktober 2018, berikut delapan cara yang bisa kamu terapkan agar mobilmu tetap bersih dan nyaman.

1. Harus Rajin Cuci Mobil

Mencuci mobil adalah langkah dasar untuk menjaga kebersihan mobil, terutama untuk bagian luar (eksterior). Untuk mobil rental, idealnya adalah mencuci mobil setiap kali habis digunakan oleh penyewa. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan mobil, menyingkirkan kotoran yang menempel di body kendaraan, apalagi bila #SahabatRotary  melewati jalanan banjir atau berlumpur. Dan yang paling utama, untuk memberi kenyamanan maksimal berkendara.

a. Rutin Mencuci Mobil

Cuci mobi idaman l ini jadi langkah yang paling mudah untuk menjaga kebersihan kendaraan. Kamu tentu perlu lap untuk mencuci dan mengeringkan bodi mobil idaman serta air bersih.

b. Bersihkan Dashboard

Dashboard adalah bagian interior yang paling sering terkena sinar matahari. Jaga kebersihan dashboard dari debu menggunakan pembersih khusus dashboard dan lap kain yang lembut. Tujuannya untuk melindungi bahan pelapis dashboard supaya tidak cepat rusak.

Merawat tampilan interior mobil, bagian dashboard memang tidak bisa terabaikan. Ibarat meja kerja, bagian ini akan terasa nyaman jika terlihat rapi dan bersih.

Melansir laman resmi pressroomtoyotaastra.com, Senin (8/1/2017), ada beberapa cara mudah untuk merawat dashboard. Mari kita bahas satu persatu:

Permukaan dashboard merupakan bagian yang mudah kusam dan retak, bila terlalu sering kena sinar matahari langsung. Terlebih, jika dashboard tidak diberi lapisan pelindung. Tidak heran, jika usia dashboard ditentukan, salah satunya tergantung dari pengaruh sinar matahari.

Dashboard yang kotor, bukan hanya tidak nyaman dipandang mata, tapi juga dapat memperpendek usia. Retak-retak dan kusam merupakan ciri dashboard yang mulai rusak. Padahal, untuk merawat dashboard tidak terlalu sulit dan tidak banyak menghabiskan waktu, biaya, dan tenaga.

Langkah pertama yang harus diperhatikan, bersihkan dashboard dari semua benda. Baik itu rubber pad, pewangi kabin, dompet, atau benda lainnya.

Kedua, gunakan cairan pembersih khusus interior untuk membersihkan dashboard. Ingat, jangan pernah gunakan cairan pembersih rumah tangga, karena bisa menyebabkan kabut dan merusak panel dashboard.

Ketiga, untuk proses membersihkan, jangan langsung semprot ke permukaan dashboard. Sebaiknya semprotkan cairan ke lap bersih atau spons, dan lap secara merata ke seluruh bagian dashboard. Setelah itu, biarkan beberapa menit agar cairan meresap ke pori-pori dashboard.

Keempat, untuk mengangkat kotoran dari permukaan dashboard, gunakan sikat halus dengan menyikatnya secara perlahan agar tidak merusak pori-pori dashboard.

Langkah terakhir, menyeka ulang dengan kain bersih dan kering. Ulangi proses tersebut hingga dashboard terlihat bersih.

Perlu diingat, hindari perekat atau cairan lem untuk menempelkan benda ke dashboard. Lem yang terlalu kuat bisa meninggalkan noda permanen atau menyebabkan permukaan dashboard rusak.

c. Cegah Jamur pada Lapisan Kaca atau Cat

Komponen bagian luar (eksterior) yang perlu kita perhatikan kebersihannya adalah kaca. Kebersihan kaca sangat penting karena sangat terkait dengan visibilitas bagi pengemudi. Umumnya, kaca menjadi kotor karena jamur atau water spot. Untuk membersihkannya, gunakan pembersih kaca dan lap kering.

Kalau jamur sudah terlanjur membercak di lapisan cat atau kaca, kamu sulit membersihkannya. Segah sedari awal dengan cara menjaga mobil selalu dalam keadaan kering setelah kehujanan.

Hindari juga penggunaan sarung mobil. Aksesoris tersebut bakal membuat mobil semakin lembab.

d. Bersihkan Jok Mobil Secara Merata

Jok mobil idaman  yang terbuat dari berbagai bahan membutuhkan perawatan. Apapun jenis bahan yang dipakai. Tetapi, jangan terlalu sering.

Zat kimia yang terkandung dalam cairan pembersih bisa membuat serat pada bahan jok mudah rusak. Bersihkan jok cukup dengan kain kering, interior cleaner, sikat nilon hingga vacuum cleaner.

Pilih bahan yang sesuai dengan bahan jok yang digunakan. Karena penggunaan bahan kimia yang tidak sesuai akan mengakibatkan jok tersebut rusak. Lakukan dengan rutin, minimal 1 kali dalam sehari terutama setelah pemakaian.

Karpet mobil juga selalu dibersihkan, karena kotoran dari alas kaki yang kita gunakan akan berpindah secara langsung ke karpet tersebut.

e. Bersihkan Door Trim Mobil

Door trim memang cenderung mudah kotor. Tuas pegangan pintu ini biasanya dilapisi dengan plastik, karet, kulit sintetik sampai kain. Bagian ini cenderung cepat kotor karena selalu bersentuhan dengan tangan. Kamu bisa membersihkannya pelan-pelan seperti menangani jok.

f. Mencegah timbulnya jamur pada body mobil

Menghindari timbunya jamur adalah dengan cara selalu membuat mobil dalam keadaan kering setelah terkena hujan. Jamur akan tumbuh karena kondisi yang lembab. Hindari penggunaan sarung mobil, karena akan membuat mobil semakin lembab dan cepat menyebabkan jamur berkembang.

g. Rapikan bagasi

Bagasi adalah tempat menyimpan barang bawaan. Selalu rapikan kondisi bagasi setelah pemakaian.  Karena sering kali masuk dan keluar nya barang bawaan, menyebabkan kotoran yang tidak terlihat oleh mata menempel di bagian bagasi mobil. Gunakan penyedot debu agar lebih mudah membersihkan sampai k

2. Jangan Lupakan Ruang Mesin dan Spatbor

a. Menjaga Kebersihan Kaca

Kebersihan kaca sangat penting karena berhubungan langsung dengan daya pandang pengemudi. Umumnya, kaca menjadi kotor karena jamur atau water spot. Untuk membersihkannya, gunakan pembersih kaca dan lap kering. Mudah, bukan?

b. Jangan Lupakan Kebersihan Mesin

Kebersihan ruang mesin sangat penting karena bisa menghindarkan kendaraan dari insiden. Tetapi, kamu perlu berhati-hati. Jangan sampai ada komponen yang tercabut, tersenggol, atau terlepas. Untuk kotoran yang susah kuat menempel, gunakan engine degreaser.

Area ini juga perlu diperhatikan saat membersihkan mobil. Walaupun mesin berada di bagian yang terlindung, tetap saja perlu dibersihkan secara berkala agar tetap optimal dan terpantau. Selain itu juga dapat menghindarkan kendaraan dari insiden akibat deteksi dini saat melakukan pembersihan. Namun berhati-hatilah saat membersihkannya agar tidak ada komponen yang tersenggol, tercabut, bahkan terlepas yang dapat menimbulkan kerusakan.

c. Bersihkan Bagasi

Fungsi bagasi ini sudah tentu untuk menyimpan barang. Sayangnya, bagasi jadi bagian mobil yang hampir selalu luput dari perhatian. Dengan menjaga kebersihan bagasi, mobil terhindar dari timbulnya jamur atau karat.

d. Kolong Spatbor

Selain membersihkan ban dan velg, jagalah kebersihan spatbor dari potensi berkarat. Ketika membersihkannya, kamu harus memeriksa kondisi kaki-kaki mobil. Pastikan tidak ada rembesan oli dari shockbreaker.

Gampang, kan?

Kolong mobil merupakan area yang paling kotor dari sebuah mobil. Terutama disaat hujan dan melewati jalan yang berlumpur. Untuk menjaga kebersihan mobil secara maksimal, maka kita harus membersihkan kolong mobil secara berkala. Terlebih lagi untuk mencegah mobil dari potensi terkena karat, yang diakibatkan oleh kotoran mobil yang masih menempel.


Cara Membersihkan Mobil tanpa Harus ke Salon Mobil

Namun, #SahabatRotary juga dapat melakukan pembersihan sendiri di rumah tanpa harus membawa mobil kesayangannya ke salon mobil. Nggak percaya? Kami akan memberikan sedikit tips untuk membersihkan eksterior dan interior mobil tanpa harus membawanya ke salon mobil. Semuanya dilakukan sendiri di rumah bisa kok.

1. Bodi

Sebelum #SahabatRotary melakukan pencucian, pastikan mobil anda berada di tempat yang teduh. Hindari pencucian ketika permukaan mobilnya masih dalam keadaan panas. Tunggu hingga permukaannya sejuk termasuk pada ban juga.

Sambil menunggu suhu permukaan mobil turun, #SahabatRotary bisa menyiapkan alat- alat yang akan anda gunakan. Anda sebaiknya menggunakan handuk serat mikro dengan bulu tebal.

Bahan tersebut akan bisa mengangkat kotoran dan tidak membuatnya masuk ke dalam permukaan mobil lainnya. Sediakan juga sabun pembersih mobil, bukan deterjen pencuci piring.

  • Saat melakukan pencucian sediakan dua ember. Satu dengan pembersih yang berbusa, satu lagi hanya berisi air. Kedua ember ini memiliki fungsi masing- masing. Setelah #SahabatRotary mencelupkan kain ke dalam air berbusa dan membersihkan mobilnya, kemudian kain yang menjadi berbusa dan kotor dicelupkan ke dalam ember yang berisi air. Hal ini untuk menjaga kain tetap bersih untuk mengambil busa pembersih lagi setelahnya dan tentu tidak mengotori ember pembersih.
  • Sebelumnya telah disebutkan bahwa hindari penggunaan deterjen pencuci piring. Deterjen pembersih tersebut dapat mengupas polimer dari lapisan cat mobil #SahabatRotary. Efek lainnya adalah dapat mempercepat proses oksidasi juga.
  • Lakukan penyemprotan terlebih dahulu dengan air bersih ke seluruh permukaan bodi mobil. Penyemprotan ini untuk mengangkat kotoran, jamur atau lemak yang menempel di mobil #SahabatRotary. Pada bagian- bagian tertentu seperti kolong mobil akan lebih baik disemprot dengan air bertekanan lebih tinggi.
  • Mulailah mencuci mobil dari bagian atas lalu ke bawah. Gunakan sabun dengan PH rendah dan gunakan spons untuk memberi sabun pada bodi mobilnya. Mulailah mencuci dan memberi sabun dari bagian atap mobil, kemudian langsung bilas dengan air bersih sebelum sabun mengering. Lakukan dan ulangi pada bagian lain setelah bagian tadi sudah bersih.
  • Untuk meminimalisir bercak- bercak lakukan penyemprotan dengan air bersih pada bilasan akhir di seluruh bodi. Lalu keringkan dengan handuk. Perlu perhatian, jangan biarkan angin atau panas matahari mengeringkannya. Jika itu terjadi maka akan timbul bercak- bercak sabun.

2. Bagian Roda

Lanjutkan pembersihan ke bagian ban. Bersihkan pelek terlebih dahulu, karena pada bagian ini memang banyak sekali kotoran seperti debu dan minyak yang berkumpul.

Dalam proses pembersihan anda disarankan untuk membiarkan sejenak sabun berada di pelek tersebut agar menyerap selama 1 atau 2 menit sebelum kemudian disikat dan dibilas.

Adapun yang perlu diingat, yaitu:

  • Pembersih berbasis asam hanya boleh untuk digunakan pada roda alloy bertekstur kasar.
  • Roda chrome bisa dibuat mengkilap dengan menggunakan semir logam atau pembersih kaca.

Selain membersihkan dengan cara seperti biasa, berikut adalah beberapa pilihan sebagai tips untuk membersihkan ban mobil #SahabatRotary.

Menggunakan Minuman Bersoda

  1. Cuci ban mobil #SahabatRotary seperti biasanya. Gunakan sabun yang biasa digunakan untuk menghilangkan bekas noda seperti minyak, percikan oli atau kotoran lainnya yang serupa.
  2. Keringkan ban setelah dicuci. Keringkan dengan mengelap untuk mempercepat proses pengeringan tersebut.
  3. Gunakan air minuman bersoda untuk mengusap ban. Dengan bantuan kain yang bersih, usapkanlah air soda tersebut secara merata ke seluruh bagian ban mobil anda. Tunggu hingga kering dan lihat hasilnya.

Menggunakan Silikon Cair

Secara penggunaan tidak ada yang berbeda dengan penggunaan semir ban pabrikan pada umumnya. Namun, bahan dasar semir ban pabrikan tersebut adalah silikon cair ini sendiri. Tapi karena harga silikon cair yang tinggi, maka pabrikan mencampurnya dengan bahan lain.

Jadi, secara singkat, penggunaan 100% silikon cair untuk melapisi ban mobil anda adalah penggunaan semir ban mobil berkualitas super.

Untuk membuat semir ban cair sendiri yang lebih terjangkau, silikon bisa dicampur dengan bahan lain yaitu turpentine cair. Perbandingannya adalah 70% turpentine dan 30% silikon.

Cara kerja larutan ini pada dasarnya adalah untuk melapisi ban secara tipis, kuat dan tahan air sehingga akan membuat ban tampak mengkilap dan seperti baru.

Menggunakan Produk Semir Pabrikan

Penggunaan semir ban pabrikan adalah cara yang biasa. Untuk tahu bahan dasarnya sudah dijelaskan di poin sebelumnya. Biasanya penggunaan semir pabrikan ini digunakan oleh mereka yang ingin sesuatu yang praktis dan siap pakai.

Kaca Mobil

Untuk urusan membersihkan kaca mobil dari kotoran yang membandel, anda bisa menggunakan kain serat mikro ketika mencucinya dan mengelapnya. Jika anda tidak memiliki serat mikro bisa menggunakan kain bersih yang bebas serat.

Anda tentu tidak mau meninggalkan sisa- sisa serat di dalam mobil idaman  setelah membersihkannya.

Pada bagian kaca luar, harus tampak mengkilap dan memantulkan cahaya, bukan kusam dan kotor.

Berhati- hatilah dengan jendela yang berwarna. Pewarna pabrik sudah melekat pada kaca tersebut, dan dapat terurai ataupun rusak oleh pembersih yang mengandung amonia dan atau cuka. Maka dari itu, periksalah pembersih anda sebelum menggunakannya ke jendela berwarna mobil anda.

Interior

  • Keluarkan karpet lantai dan sedot debu yang ada pada karpet tersebut, alas, bagasi, jok, rak bagasi dan dashboard. Jangan sampai ada yang terlewatkan, satu debu bisa memicu debu yang lain datang. Mulailah dari bagian atas, lalu ke bawah. Debu atau kotoran yang terkumpul di atas bisa jatuh ke bawah. Hal ini menjadi lebih efisien dalam membersihkannya.
  • Gunakan busa pembersih dan gosok dengan kain atau spons basah untuk membersihkan noda karpet atau jok. Sebelum diseka dengan handuk biarkan beberapa menit. Ulangi jika noda belum juga hilang. Untuk langkah akhir, cuci bagian yang dibersihkan dengan spons basah dan seka lagi. Pastikan juga untuk mengeringkan bagian yang basah dengan pasti, karena kelembapan bisa menyebabkan tumbuhnya jamur.
  • Lap permukaan interior yang keras dengan pembersih serbaguna yang lembut. Gunakan pelapis interior untuk sentuhan akhirnya.
  • Berikan perhatian juga pada lubang AC untuk detailing. Semprotkan sedikit vinyl pada kisi- kisi lubang AC untuk membuatnya terlihat mengkilap dan bersih.
  • Pada jok mobil idaman penting untuk membuat detail yang bagus. Tapi bahan jok yang berbeda tentu akan memiliki cara pembersihan yang berbeda juga. #SahabatRotary  mungkin akan perlu menyedot debu jok atau area di sekitarnya.
  • Pada jok atau komponen interior mobil idaman yang terbuat dari bahan kulit bisa menggunakan kondisioner jika diperlukan. Penggunaan kondisioner ini agar komponen yang terbuat dari kulit tersebut akan terlihat menarik dan selalu lembap sehingga tidak mengering dan mengelupas.

Demikian tips dan beberapa ulasan tentang pembersihan eksterior dan interior mobil anda sebelum anda jual. Namun diluar topik tersebut, pembersihan dan perawatan ini (detailing) hendaknya dilakukan minimal sebulan sekali untuk menjaga kebersihan dan kondisi material mobil idaman anda agar tetap prima dan cemerlang.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?mobil idaman
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

BlogTutorial

mobil idaman

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?