Mobil Klasik : Sebuah Panduan Singkat untuk Menjadi Kolektor

Mobil Antik

Share :

Salam #MasBro #MbakBro pengguna mobil klasik

Apa itu Mobil Klasik?

Mobil klasik adalah mobil yang sering disebut orang sebagai mobil antik.

Kalau denger kata mobil klasik, kira-kira kata apa yang terlintas di pikiran kita? Pasti tidak jauh-jauh dari kata tua, kuno, klasik dan lain sebagainya. Kira-kira, jawaban itu bener nggak ya? Hmm, nggak salah sih, tapi juga nggak bener juga.

Terus apa sih definisi dari mobil klasik? Dan mobil jenis apa yang bisa kita sebut sebagai mobil klasik?

Sejauh ini belum ada definisi yang pasti dari apa itu mobil klasik. Definisi tersebut berubah-ubah tergantung dari komunitas dan kolektor mobil klasik. Yang jelas, syarat utama dari mobil klasik adalah mobil yang paling tidak memiliki usia lebih dari 50 tahun. Tapi tidak hanya sampai disitu saja, selain tua, kita harus memahami sejarah produksi dari mobil itu. Apakah mobil itu dulu diproduksi secara massal? Atau mobil tersebut justru diproduksi secara terbatas? Sebutan utuk mobil antik hanya bisa diberikan kepada mobil-mobil yang diproduksi secara terbatas saja. Pada saat mobil tersebut diproduksi secara massal kita menyebutnya sebagai mobil tua saja.

Selain istilah mobil klasik, kita juga pasti mengenal istilah mobil dengan jenis vintage dan juga retro. Nah kalau itu istilah yang sama atau beda ya? Ternyata, untuk membedakan ketiga mobil tersebut dapat dilihat dari usia mobil tersebut. Sebutan untuk mobil klasik sendiri diperuntukan buat mobil-mobil yang minimal berusia 100 tahun. Kalau sebutan mobil vintage itu ditujukan terhadap mobil yang telah mencapai usia 40 tahun lebih dan untuk mobil retro sendiri diperuntukkan buat mobil yang minimal berusia 20 tahun.

Nah, dari sini kita bisa dapat definisinya kan? Jadi mobil klasik bisa kita artikan sebagai mobil yang diproduksi secara terbatas dengan minimal usia dari mobilnya adalah 100 tahun.

Kalau anda cukup tertarik buat memulai hobi sebagai pemilik mobil klasik atau bahkan kolektor mobil klasik, maka tulisan berikut ini bakal cocok untuk anda. Karena itu, mari posisikan diri senyaman-nyamannya dan mulai membaca tulisan ini dengan santai.

Tips Memulai Hobi Koleksi Mobil Klasik

1.Bertanya pada Diri Sendiri
Sebelum melakukan persiapan untuk membeli mobil klasik. Mari coba kita fokuskan diri dan bertanya pada diri sendiri dulu. Apa sih yang menjadi alasan buat kita untuk membeli sebuah mobil antik ini? Apakah hanya sekedar koleksi saja atau justru untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Jawaban dari pertanyaan ini akan berpengaruh besar terhadap bagaimana kita merawat mobil antik kita nanti.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah kita sanggup untuk menjalani hobi ini? Mengoleksi mobil klasik sendiri tentu gampang gampang susah. Perlu adanya dedikasi, ilmu dan juga keuangan yang mencukupi agar hasil yang kita dapat menjadi optimal.

2. Tentukan dulu mobil apa yang akan dikoleksi
Sebelum memulai mengoleksi mobil, coba tanyakan beberapa hal ke diri sendiri dulu. Mobil seperti apa yang akan dikoleksi? Sebaiknya kalau pengetahuan otomotif kita masih kurang, lebih baik bagi kita untuk mengoleksi mobil klasik yang sudah memiliki komunitas di kota kita. Hal ini memudahkan kita terutama dalam hal perawatan. Menentukan mobil yang akan dikoleksi juga akan berpengaruh pada saat kita menyiapkan garasi dan budget.

3. Riset, riset dan riset
Seperti yang kita ketahui ada beberapa mobil klasik yang justru harga jualnya malah naik daripada tahun saat mobil tersebut diproduksi. Apalagi bila mobil tersebut dirawat dengan baik. Karena itu sebaiknya lakukan riset di pasar mobil klasik sebelum kita mengeluarkan uang untuk membeli mobil antik tersebut.

Untuk risetnya sendiri bisa dilakukan dengan cara bertanya ke komunitas mobil klasik yang terdekat dengan kita. Jika tidak punya waktu karena aktivitas sehari-hari, kita bisa mencari forum mengenai mobil klasik di berbagai platform online.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Memperbaiki Evaporator AC Mobil Bermasalah?

Akan tetapi di zaman sekarang ini, sebagian besar komunitas mobil antik di Indonesia ini sudah memiliki sosial media seperti Facebook atau Instagram. Tentu hal ini akan mempermudah kita untuk mencari informasi langsung dari mereka yang sudah berpengalaman lebih dulu.

4. Pastikan Memiliki Budget yang Mencukupi
Setelah berhasil menentukan mobil yang akan dibeli dan mengerti harga pasarannya, hal selanjutnya yang harus kita pikirkan adalah budget kita. Apakah kita sudah memiliki cukup uang untuk membeli mobil tersebut dan merawatnya?
Hal yang perlu kita pikirkan disini tidak hanya harga beli mobil itu saja. Tapi justru hal yang harus kita pertimbangkan adalah biaya perawatan untuk kedepannya. Semakin langka mobil yang akan kita beli, semakin mahal juga biaya perawatan dan komponen mobilnya.

Bila ternyata budget yang kita punya tidak dapat mencukupi biaya mobil klasik yang akan kita beli, maka alangkah baiknya untuk kembali ke langkah awal dan mencari merk mobil antik yang lebih sesuai dengan budget kita ya.

5. Persiapkan tempat untuk menyimpan mobil klasik kita
Pada saat #SahabatRotary akan membeli mobil klasik, kita pun juga harus menyiapkan tempat untuk menyimpan mobil antik kita. Oleh karena itu garasi kita harus cukup luas untuk mengoleksi mobil antik kita. Jika garasi rumah sendiri sudah tidak mencukupi, maka kita bisa menyewa tempat untuk menyimpan mobil kita.

Selain itu kita dapat mengakali membeli garasi yang terlalu luas dengan membangun garasi dengan atap yang tinggi. Kita bisa memarkirkan mobil-mobil klasik kita secara vertikal dengan menggunakan hidrolik mobil.
Untuk tempat penyimpanan, tempat yang tidak lembab adalah tempat yang baik untuk mobil klasik kita. Hal ini untuk mencegah komponen mobil yang menjadi berkarat. Tentu kita tidak ingin hal ini terjadi karena dapat merusak penampilan mobil klasik kita dan mengganggu performanya.

Mobil Klasik - Sebuah Panduan Singkat untuk Menjadi Kolektor karya falco negenman

6. Pastikan Orisinalitas Komponen Mobil Klasik
Kenapa kita harus memastikan orisinalitas komponen mobil klasik yang akan #SahabatRotary beli? Karena komponen asli cenderung memberikan performa yang baik ke mobil kita. Selain itu kalau pada saat kita menggunakan komponen yang tidak asli bisa saja menimbulkan dampak buruk bagi mobil antik kita.
Yang kita takutkan adalah, penggunaan komponen yang tidak asli justru membuat pengeluaran kita membengkak. Harga belinya memang jauh lebih murah, tapi sangat mungkin terjadi justru pengeluaran kita membengkak di perawatan. Hal itu karena komponen yang digunakan tidak tahan lama atau justru menyebabkan kerusakan pada mesin.

7. Melakukan Test Drive
Tidak jarang kita menemukan mobil yang telah dipoles dengan baik tapi ternyata tidak dapat berjalan dengan baik. Ini. Hal ini tentu saja merugikan kita sebagai pembeli baru. Untuk apa membeli mobil yang ternyata hanya bisa berjalan beberapa kilometer saja?

Karena itu, untuk menghindari hal-hal seperti ini, usahakan untuk bertemu langsung dengan penjual sebelum membeli mobil antik. Mintalah izin kepada penjual untuk melakukan test drive, sebelum sepakat untuk membeli mobil tersebut.

Keuntungan lain pada saat kita melakukan test drive pada mobil antik yang akan kita beli adalah kita bisa mengetahui performa dan masalah yang dimiliki mobil antik kita. Jadi kita akan lebih mengetahui apakah mobil antik kita masih memiliki performa yang sempurna. Dengan melakukan test drive, maka kita dapat menemukan kekurangan yang ada pada mobil tersebut sehingga kemudian hari kita dapat memodifikasinya.

8. Bergabunglah dengan Komunitas Mobil Antik yang Ada di Sekitar Kita
Selain bisa mengoleksi mobil antik yang kita sukai, hal yang menyenangkan dari mengoleksi mobil antik adalah bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dengan kita. Selain itu, kita juga dapat memperoleh banyak informasi dari komunitas tersebut, seperti contohnya tips untuk merawat mobil antik, hingga informasi komponen mobil antik yang kadang sulit untuk dicari.

Baca Juga :  Jasa Service AC mobil Berkualitas : Cara Agar AC Mobil Berumur Panjang

9. Cobalah Untuk Mencari Metode Perawatan yang Cocok dengan Mobil Antik Kita
Kita semua tentu tahu bahwa mobil antik yang kita miliki adalah mobil yang sudah berumur bahkan bisa saja sangat tua. Untuk dapat mengembalikan mobil antik kita ke kondisi yang lebih prima tentu saja akan membutuhkan banyak perhatian. Apalagi kalau mobil antik kita biasanya digunakan buat kegiatan sehari-hari.
Idealnya, setiap beberapa kilometer, bawa mobil antik ke bengkel untuk melakukan perawatan rutin. Dari situ kita dapat berkonsultasi untuk mencari tahu perawatan rutin seperti apa yang cocok dengan mobil kita.
Tidak lupa juga, perhatikan jenis mesin mobil antik yang kita beli. Jenis mobil yang memiliki kapasitas hingga 12 silinder akan memakan biaya perawatan yang cukup tinggi. Hal ini tentu saja akan berbeda jauh kalau mobil antik kita hanya mempunyai kapasitas 4 silinder saja.

10. Mengajak Mobil Kita untuk Rajin Bepergian
Dengan kita membiarkan mobil antik kita diam saja di sudut rumah merupakan salah satu hal terburuk pada saat kita mengoleksi mobil antik. Sebaiknya, pada saat kita telah mempunyai sebuah mobil antik, ajaklah mobil tersebut untuk bepergian. Tidak harus rutin setiap hari, tapi setidaknya seminggu sekali. Tentu saja hal ini juga bagus buat mobil antik kita kalau dinyalakan secara rutin.

Setelah kita membahas tentang tips yang bisa kita pakai sebelum memulai hobi koleksi mobil antik, berikut beberapa keuntungan bagi #SahabatRotary yang akan mengoleksi mobil antik.

1. Menambah Relasi
Pada tips sebelumnya kita sudah membahas kalau kita harus tergabung dengan komunitas-komunitas mobil antik di Indonesia. Karena hal ini akan memudahkan kita untuk mencari informasi mengenai mobil yang kita miliki.
Selain itu, kita dapat berkenalan dengan orang-orang baru yang memiliki hobi yang sama dengan kita. Tidak sedikit pula yang menjual mobil antiknya dengan harga miring hanya pada teman satu komunitasnya. Tentu hal ini akan menguntungkan kita sebagai kolektor mobil antik.

2. Dapat Menjadi Ladang Investasi
Hal yang harus kita ketahui adalah berbeda dengan harga jual mobil zaman sekarang yang terus turun, harga jual mobil antik justru bisa naik setiap tahunnya. Tapi kita juga harus ingat bahwa tidak semua mobil antik bisa meningkat harga jualnya.
Harga jual mobil antik sendiri tergantung pada kelangkaan mobil dan merek mobil. Merek mobil seperti Rolls Royce dan Mercedes yang tipe langka bisa mendapatkan harga jual yang tinggi di Indonesia.
Selain kedua hal itu, orisinalitas dan keadaan komponen mobil juga menjadi faktor penentu harga jual mobil antik. Kalau komponen mobilnya masih asli dengan keadaan yang baik, pastinya harga jual dari si mobil antik kita akan semakin tinggi.

3. Mengurangi Tekanan dan Stres
Mengoleksi mobil antik merupakan sebuah hobi. Hobi sendiri sering dikaitkan dengan dampak positif untuk kesehatan badan dan mental.
Merawat dan membersihkan mobil antik tentu akan menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk kita. Berdasarkan pendekatan psikologi positif, melakukan aktivitas yang menyenangkan dapat memberikan perasaan relaksasi pada kita serta membuat kita lepas dari kejenuhan karena aktivitas sehari-hari.
Selain itu, dengan mengoleksi mobil antik dapat memberikan kesempatan bagi kita untuk melakukan interaksi sosial dengan orang lain. Dengan mengikuti berbagai komunitas, kita bisa menemukan social support. Selain itu, berbicara dengan orang yang memiliki hobi yang sama dengan kita dapat menimbulkan perasaan yang lebih nyaman dan rileks.

Nah seperti yang disebutkan sebelumnya, lebih baik kita bergabung dengan komunitas mobil antik. Di Indonesia sendiri, kehadiran komunitas-komunitas ini pasang surut. Terkadang muncul dan tidak sedikit juga yang akhirnya bubar-bubar sendiri. Walaupun begitu, masih ada saja yang tetap loyal dengan komunitasnya. Sehingga komunitas tersebut masih tetap berdiri hingga saat ini. Berikut adalah beberapa komunitas mobil antik di Indonesia

Baca Juga :  Saat Musim Hujan Balapan Mobil Punya Ban Khusus

Volvo Freaks Indonesia
Komunitas yang berdomisili di Jakarta ini sering menyebut diri mereka sebagai penggila Volvo di Indonesia. Berbeda dengan komunitas pada umumnya, komunitas ini cukup ketat dalam menyeleksi anggota-anggota baru. Tidak hanya sekedar melihat seberapa jauh kecintaan anggotanya pada Volvo tapi juga bagaimana kepribadian anggota barunya. Karena bagi mereka Volvo Freaks Indonesia ini bukan hanya sekedar tempat diskusi tapi juga sebuah keluarga yang baru.
Komunitas yang berdiri pada tanggal 10 Juli 2010 ini sering mengadakan diskusi bareng untuk membahas kebutuhan volvo mereka. Tempat mereka berdiskusi sendiri seringnya di Bengkel Enrico Jaya Motor.

Djadoelers Indonesia 1.Volvo Freaks Indonesia
Berdirinya komunitas ini berawal dari jejaring media sosial, Facebook. Pada waktu itu, ada seorang yang bernama Bintoro Sapto Samudro yang sering sharing pengetahuannya tentang mobil antik melalui akun Facebooknya yang memiliki nama “Djadoelers”. Beliau sendiri tidak menyangka kalau ternyata banyak yang mencari informasi mengenai mobil-mobil kuno.

Akhirnya Bintoro pun membuat komunitas yang awalnya hanya beranggotakan sepuluh orang saja. Komunitas ini akhirnya secara resmi berdiri pada tanggal 4 Desember 2010. Tapi lama-lama Djadoelers Indonesia terus bertumbuh dan kini memiliki 1000 anggota lebih. Walaupun yang tercatat aktif di komunitas tersebut sekitar 100 – 200 anggota.

Komunitas ini sekarang ini tidak hanya berfokus seputar mobil antik saja lho. Tapi juga aktif melestarikan makanan-makanan jadul di Indonesia serta acara TV yang legendaris di Indonesia. Untuk #SahabatRotary yang ingin tahu tentang komunitas ini, Djadoelers Indonesia sendiri bisa di temui di berbagai acara otomotif di Indonesia.

Indonesia Mazda Auto Club 
Dari namanya saja kita sudah tahu kalau komunitas yang satu ini berfokus pada Mazda. Berbeda dari komunitas sebelumnya, komunitas ini berdiri karena kekecewaan anggotanya akibat sulitnya mencari informasi mengenai spare part Mazda di Indonesia. Komunitas ini bisa dibilang cukup besar di Indonesia. Berdiri pada tanggal 22 Mei 2004, dengan 500 anggotanya yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk bisa bergabung dengan komunitas ini #SahabatRotary hanya cukup membayarkan biaya keanggotaan ruti setiap bulannya dan tentu saja memiliki mobil Mazda.

Classic Car Coupe
Classic Car Coupe atau yang biasa disebut sebagai Triple C (3C) telah berdiri sejak 16 Juni 2012. Komunitas yang satu ini telah menjadi wadah bagi pemilik mobil coupe di Indonesia. Apa itu mobil coupe? Mobil coupe sendiri merupakan mobil klasik yang hanya mempunyai dua pintu. Pada mulanya komunitas ini berdiri dikarenakan disaat itu belum ada wadah bagi pemilik mobil coupe di Indonesia.

W124 Mercedes-Benz Boxer Club Indonesia
Komunitas yang satu ini bisa dibilang cukup lama di Indonesia karena sudah berdiri sejak 12 April 2003. Hebatnya dari komunitas ini adalah pengesahan yang dilakukan secara langsung oleh pihak Mercedes-Benz pada tanggal 23 April 2005. Bahkan komunitas ini diakui sebagai anggota Mercedes Benz Classic Car Club International Ltd di Jerman.
Tidak seperti komunitas mobil sebelumnya yang terpaku pada satu merek atau bahkan tidak terpaku pada satu merek, komunitas yang satu ini hanya terdiri dari satu tipe Mercedes Benz saja. Tipe yang dimaksud adalah W124 Mercedes Benz atau yang biasa kita sebut sebagai “BOXER.”

Semoga artikel ini bisa memantik ketertarikan #SahabatRotary untuk mulai mengoleksi mobil klasik. Mengoleksi mobil klasik tentu memang gampang gampang susah, karena itu sebelum memulai pastikan kita sendiri memang sudah siap untuk terjun dalam hobi yang mengasyikkan ini.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?