fbpx

Ini dia 20 Mobil Terlaris di Tahun 2019.

xpander

Hai #SahabatRotary

Lalu lintas semakin padat, itu artinya penjualan kendaraan bermotor semakin meningkat. Udah  pada tau daftar mobil terlaris di tahun 2019?

Mobil Terlaris Tahun 2019

Jumlah penjualan mobil pada 2019 mencapai 1.026.921 unit, sedangkan pada 2018 jumlahpenjualan mobil menembus 1.151.413 unit.  Di tahun 2019 penjualan mobil di Indonesia mengalami penurunan 10,81% dari total penjualan di tahun 2018.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi bilang kalo penurunan penjualan mobil itu wajar karna tahun 2019 adalah tahun politik, disamping adanya perang dagang Amerika Serikat  hingga Cina, suku bunga, penurunan harga komoditas, serta nilai mata uang. Namun, pencapaian itu menurutnya udah sesuai target.

Yuk, kita lihat daftar mobil terlaris tahun 2019. Sapa tau bisa jadi referensimu beli mobil.

  1. 1. Toyota Avanza (termasuk Transmover): 86.374 unit.

Soal mobil terlaris, Toyota Avanza belum terusik oleh kehadiran pesaing-pesaingnya. Toyota Avanza masih menjadi raja penjualan mobil di tahun 2019. Total sebanyak 86.374 unit Avanza terjual tahun lalu.

Toyota Avanza adalah mobil yang diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu, yang dipasarkan dalam dua merek dan nama yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Generasi pertama mobil ini diluncurkan saat berlangsungnya kegiatan Gaikindo Auto Expo 2003 dan terjual sebesar 100.000 unit pada tahun tersebut.[1] Nama “Avanza” berasal dari bahasa Italia avanzato, yang berarti peningkatan.

  1. Honda Brio (Satya dan RS): 70.344 unit.

Kolaborasi Honda Brio RS dan Honda Brio Satya mengisi posisi kedua penjualan mobil terlaris Indonesia. Di bawah Avanza, Honda Brio RS dan Brio Satya terjual sebanyak 70.344 unit.

Honda Brio adalah mobil berjenis hatchback subkompak 5 pintu yang diproduksi oleh Honda di Indonesia dan Thailand. Mobil ini diperkenalkan pada Maret 2011.

Honda Brio diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2012, dengan harga ketika peluncuran berkisar antara 149 – 170 juta rupiah. Pada Agustus 2013, Brio mulai dirakit di Indonesia dengan kehadiran versi LGCC bernama Brio Satya.

  1. Mitsubishi Xpander: 62.666 unit.

Mitsubishi Xpander ada di posisi ketiga deretan mobil terlaris di tahun 2019. Mobil yang termasuk Xpander Cross ini pada 2019 terjual sebanyak 62.666 unit.

Mitsubishi Xpander adalah sebuah MPV 7 penumpang yang dirancang dan diproduksi di Indonesia oleh Mitsubishi Motors. Mobil ini pertama kali dimunculkan di situs web Mitsubishi Motors pada 17 Juli 2017. Mobil ini diperkenalkankan pada 24 Juli 2017 di Jakarta dan diluncurkan pada 10 Agustus 2017 di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition BSD, Tangerang Selatan. Mitsubishi Zpander ini mulai diluncurkan ke psaran pada 3 Oktober 2017. Mobil ini didasarkan dari atau ditampilkan oleh XM Concept yang pertama kali ditampilkan di acara yang sama sebelumnya pada ajang GIIAS tahun 2016. Mobil ini tersedia dalam lima pilihan tipe, yaitu GLX Manual, GLS Manual or Automatic, Exceed Manual or Automatic, Sport Manual or Automatic, dan varian tertinggi yaitu Ultimate. Dari semua tipe ini ada juga beberapa varian  yang disediakan menggunakan Body Kit resmi Mitsubishi Xpander, kecuali GLX. Versi crossover SUV dari Xpander yang bernama Xpander Cross diluncurkan pada tanggal 12 November 2019. Versi facelift dari Xpander diluncurkan pada tanggal 21 Februari 2020 di Central Park Jakarta.

  1. Toyota Rush: 61.569 unit.

Daihatsu Terios adalah sebuah mobil SUV produksi Daihatsu yang menggantikan Daihatsu Taruna untuk pasar Indonesia. Pembuatan mobil ini dilakukan oleh Daihatsu berkolaborasi dengan Toyota, sehingga terdapat versi Toyota-nya yaitu Toyota Rush. Daihatsu atas persetujuan Toyota menggunakan basis Toyota RAV4 generasi kedua untuk model ini.

Menurut filosofi, Toyota Rush melanjutkan Toyota Kijang short wheelbase tipe Rangga yang telah discontinued karena Toyota Rush sendiri memiliki mesin yang sama seperti Toyota Avanza 1.5 sedangkan Avanza sendiri adalah kelanjutan dari Toyota Kijang short wheelbase.

Namun untuk Toyota Rush setelah facelift (peningkatan model) dipasangkan fitur-fitur tersebut kecuali sistem penggerak 4WD.

Bagi pasar ekspor (dengan nama Toyota Rush untuk pasar Malaysia dan tetap Daihatsu Terios untuk pasar Singapura), memiliki fitur-fitur yang sama dengan Toyota Rush versi Indonesia setelah facelift.

  1. Toyota Calya: 54.549 unit.

Toyota Calya atau  Daihatsu Sigra adalah sebuah mobil jenis MPV yang dirancang oleh Daihatsu dan diproduksi bersama oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota-Astra Motor di Indonesia sejak 2016. Mobil ini didasarkan dari mobil konsep UFC-3 dari Daihatsu yang dipresentasikan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di Jakarta dan berbagi platform dengan Agya dan Ayla. Mobil ini menggunakan mesin 1,2 liter dengan kode 3NR-VE yang sama seperti Etios Valco dan mesin 1 liter dengan kode 1KR-VE yang digunakan juga di Agya dan Ayla (digunakan di Sigra saja). Kode kedua mesin ini menggunakan akhiran -VE, bukan -FE karena kedua mesin ini dikembangkan secara khusus oleh Daihatsu dan juga digunakan di mobil produksinya yang lain, seperti Avanza dan Xenia tahun 2015.[2] Mobil ini diposisikan di bawah Avanza dan Xenia dan bersaing dengan Datsun Go+. Mobil ini diperkenalkan pada 2 Agustus 2016 dan diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 pada tanggal 11 Agustus 2016. Calya punya banyak tipe. Pilihan tipe 1.2 E dan 1.2 G. Kalo Sigra tersedia dalam pilihan tipe 1.0 D, 1.0 M, 1.2 X dan 1.2 R. Versi facelift dari Calya dan Sigra diluncurkan pada 16 September 2019.

Nama “Calya” diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti “sempurna”, sedangkan “Sigra” berarti “respons cepat”.[3]

  1. Toyota Kijang Innova: 52.981 unit.

Toyota Kijang Innova adalah sebuah MPV buatan Toyota Motor Corporation yang diproduksi di Indonesia oleh Toyota-Astra Motor sejak tahun 2004. Kijang Innova merupakan penerus dari Toyota Kijang generasi ke-4 (Kijang Kapsul) minibus. Kijang Innova adalah salah satu dari tiga produk Toyota yang memakai platform IMV (lainnya adalah Toyota Hilux dan Toyota Fortuner). Di negara lain, mobil ini hanya disebut Toyota Innova. Nama Kijang diambil dari Bahasa Sansekerta yang artinya adalah Harina.

Innova juga dijual di India (menggantikan Toyota Qualis), Malaysia dan Singapura (menggantikan Unser), Filipina (menggantikan Toyota Revo), Taiwan (menggantikan Toyota Zace Surf), Vietnam (menggantikan Toyota Zace) dan Thailand. Mobil ini juga tersedia di pasar Brunei DarussalamArab Saudi dan Uni Emirat Arab.

  1. Suzuki Carry Pick-up: 52.694 unit.

Suzuki Carry adalah truk mini yang diproduksi oleh Suzuki. Versi microvan awalnya disebut Carry van sampai 1982 dinamai Suzuki Every (Jepangスズキ・エブリイ). Di Jepang, Carry dan Every adalah mobil kei, tetapi ada juga Suzuki Every Landy yang ukurannya lebih besar, dengan mesin 1.3-liter 4 silinder. Mobil ini dijual dengan beberapa nama di banyak negara, juga satu-satunya mobil yang punya nama berbeda untuk merek Chevrolet dan Ford.[1]

  1. Daihatsu Sigra: 52.283 unit.

Toyota Calya (juga disebut Daihatsu Sigra) adalah sebuah mobil jenis MPV yang dirancang oleh Daihatsu dan diproduksi bersama oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota-Astra Motor di Indonesia sejak tahun 2016.

  1. Daihatsu Gran Max Pick-up: 35.926 unit

Posisi Toyota Agya pada data penjualan mobil terlaris tahun 2019 berada di bawah Daihatsu Ayla. Penjualan Toyota Agya mencapai 16.200 unit. Kisaran harga mobil ini lebih mahal dibanding Daihatsu Ayla yaitu berkisar Rp 143,8 – Rp 163,7 Juta.

  1. Mitsubishi L-300: 28.429 unit

Mitsubishi Colt L300 (Delica Gen-2) merupakan model pickup dari Mitsubishi Motors yang diperkenalkan di Jepang pada 1979. 1 tahun kemudian L300 masuk ke Indonesia. Di Indonesia, mobil ini menggantikan kiprah Colt Diesel Gen-1 yang berganti menjadi model engkel (kepala kuning). L300 adalah mobil paling klasik yang masih dijual di pasaran  tanpa perubahan apapun. L300 adalah mobil legendaris hingga saat ini.

  1. Toyota Agya: 25.082 unit

Toyota Agya adalah mobil kota (city car) yang dirancang oleh Daihatsu dengan “basic platform” “Daihatsu Mira e:s” dan “Toyota Pixis Epoch” (Jepang) pada September 2011 kemudian dikembangkan kembali dan diproduksi di Indonesia untuk pasar domestik. Daihatsu merancang dan memproduksi mobil ini, yang kemudian dijual sebagai Daihatsu Ayla dan Toyota Agya.

  1. Suzuki Ertiga: 24.549 unit

Suzuki diproduksi oleh perusahaan asal Jepang. Mobil Suzuki berhasil memasarkan beberapa model, yakni  3 MPV (Suzuki Ertiga, XL7, Carry), 1 SUV (Suzuki Jimny), 1 Crossover (Suzuki SX4 S Cross), 5 Hatchback (Suzuki Ignis, Baleno, Karimun Wagon R, Karimun Wagon R GS, Baleno 2020), 2 Minivans (Suzuki APV Luxury, APV Arena).

Dari data penjualan mobil terlaris Gaikindo, Suzuki ertiga berada di bawah Wuling. Penjualan Suzuki Ertiga tahun 2019 mencapai sebanyak 16.868 unit. Di Indonesia Suzuki ertiga dijual dengan harga Rp 205 – Rp 260,5 Juta.

  1. Daihatsu Terios: 22.960 unit

Posisi ketiga belas adalah Daihatsu Terios. Daihatsu Terios adalah sebuah mobil SUV produksi Daihatsu yang menggantikan Daihatsu Taruna untuk pasar Indonesia. Pembuatan mobil ini dilakukan oleh Daihatsu berkolaborasi dengan Toyota, sehingga terdapat versi Toyota-nya yaitu Toyota Rush. Daihatsu atas persetujuan Toyota menggunakan basis Toyota RAV4 generasi kedua untuk model ini.

Daihatsu Terios generasi kedua diperkenalkan pertama kali di pasar Eropa pada tahun 2006, setelah Jepang, dengan nama Daihatsu Be‣go berjenis short wheelbase.

  1. Toyota Agya : 22.108 unit

Deretan keempat belas adalah Toyota Agya. Mobil kota (city car) yang dirancang oleh Daihatsu dengan “basic platform” “Daihatsu Mira e:s” dan “Toyota Pixis Epoch” (Jepang) pada September 2011 kemudian dikembangkan kembali dan diproduksi di Indonesia untuk pasar domestik. Daihatsu merancang dan memproduksi mobil ini, yang kemudian dijual sebagai Daihatsu Ayla dan Toyota Agya.

  1. Honda HR-V: 21.980 unit

Honda HR-V adalah sebuah mobil SUV mini yang diproduksi oleh Honda pada tahun 1998 sampai 2006 lalu dari tahun 2014 sampai sekarang. Generasi pertama HR-V berbasis dari Logo dan dijual di Jepang dan beberapa negara di Asia-Pasifik dari tahun 1998 sampai 2006. Generasi kedua HR-V berbasis dari Fit/Jazz generasi ketiga dan mulai dijual di Amerika SerikatBrasilAustralia, dan beberapa negara di Asia sejak tahun 2015. Generasi kedua HR-V hampir identik dengan Vezel yang hanya dijual di Jepang sejak akhir tahun 2013.

  1. Daihatsu Xenia: 21.674 unit

Daihatsu Xenia adalah nama mobil jenis MPV yang dirancang dan diproduksi bersama oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota-Astra Motor. Mobil ini dipasarkan dengan 2 merek: Daihatsu Xenia dipasarkan oleh Astra Daihatsu Motor sedangkan Toyota Astra Motor memasarkannya dengan merek Toyota Avanza.

Untuk suspensi depan, Xenia menggunakan MacPherson strut. Sedangkan pada varian 1.3 dan 1.5 telah ditambahkan stabilizer.

  1. Mitsubishi Pajero Sport: 18.238 unit

Mitsubishi Challenger atau Mitsubishi Pajero Sport adalah sebuah kendaraan yang dibuat oleh Mitsubishi Motors.

Mulai diproduksi di Jepang tahun 1996, dan mulai diekspor keluar tahun 1997. Di beberapa negara, mobil ini dinamai berbeda, seperti Nativa (Amerika Tengah), Montero Sport (Amerika Utara), Shogun Sport (Inggris), dan G-Wagon (Thailand). Semakin meningkatnya popularitas mobil ini, maka Mitsubishi membuat pabrik perakitan di China tahun 2003.

Generasi kedua mobil ini mengambil platform yang sama dengan Mitsubishi Triton.

  1. Toyota Fortuner: 17.208 unit

Toyota Fortuner adalah mobil SUV dari produsen asal Jepang, Toyota. Mobil ini telah dipasarkan sejak tahun 2005 di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. Mobil ini dibuat berdasarkan platform IMV yang terdiri dari Toyota Hilux atau disebut juga dengan Toyota Hilux Vigo di Thailand, dan Toyota Kijang Innova di Indonesia. Pada awalnya mobil ini dirakit di Thailand dan diimpor utuh (Completely Built Up) oleh Toyota-Astra Motor (TAM), namun pada awal tahun 2007, Toyota Fortuner sudah dirakit dalam bentuk terurai (Completely Knock-Down) di Indonesia dan terhitung sejak tahun 2010 menyusul ditutupnya salah satu pabrik perakitan Toyota di Bangkok maka proses perakitan Fortuner versi mesin bensin dialihkan ke Toyota Indonesia. Di Amerika Selatan, Fortuner dijual dengan nama Hilux SW4.

  1. Honda Mobilio: 15.318

Honda Mobilio adalah sebuah MPV mini dengan tujuh tempat duduk yang diproduksi oleh produsen mobil Jepang Honda. Generasi pertama Mobilio yang diproduksi pada 2001-2008, adalah seri kedua di Honda Small Max. Mobil ini mengambil konsep Honda’s Global Small Platform dengan mesin i-DSI. Lalu, pada Mei 2008, Honda Freed diperkenalkan, menggantikan Mobilio.

  1. Honda Jazz: 12.168 unit.

Honda Jazz adalah mobil hatchback 5 pintu produksi pabrikan otomotif Jepang Honda Motor Company. Mobil Honda Jazz resmi diluncurkan kepsaran pada tahun 2001. Mobil ini banyak  digunakan di Eropa, Asia, Oceania, Australia, Timur Tengah, dan Afrika. Di Jepang, China, dan Amerika, mobil ini dinamai Honda Fit. Tahun 2007, Honda Jazz telah terjual 2 juta unit Honda Jazz di seluruh dunia.

Nah, Itu dia daftar mobil terlaris ditahun 2019.  Sudah ada bayangan mau beli mobil apa?

Hormat dari kami untuk #SahabatRotary.

 

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

 

Blog

mobilmobil terlaris 2019Mobil Terlaris di Indonesiasahabar rotaryToyota

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?