Mobil matic memiliki berbagai macam keunggulan yang mampu menarik sebagian besar orang. Banyak orang yang pada saat ini beralih menggunakan mobil matic. Keunggulan mobil matic diantaranya yaitu mudah untuk dikendarai, saat berkendara membuat kita tidak mudah lelah serta mobil matic mampu memberikan kita kenyamanan saat berkendara.

Namun, dibalik berbagai kelebihan mobil matic yang ditawarkan juga terdapat berbagai kekurangan. Pengguna mobil matic pasti sering mengalami masalah yang satu ini yaitu mobil yang kurang bertenaga saat berada didalam tanjakan. Mobil matic yang kurang bertenaga ini, tentunya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Namun, masalah ini bisa kita atasi dengan cara berikut ini.

Mudah!!! Cara Atasi Penyebab Mobil Matic Kurang Tenaga di Tanjakan

  1. Memperkecil Diameter Roda

Roda pada mobil matic umumnya memiliki ukuran yang cukup besar. Ukuran yang cukup besar ini, membuat mobil matic memiliki performa yang bagus ketika berada dijalan yang lurus. Tidak hanya itu, ukuran ban yang besar ini membuat mobil matic tampak terlihat gagah. Namun sayangnya, roda mobil matic yang besar ini, sangat kurang performanya ketika berada didalam tanjakan. Roda yang besar ini membuat kurang bertenaga. Untuk mengatasi hal ini, perkecillah diameter ban pada mobil matic baik velg dan ban. Namun, saat mengganti ukuran ini harus diperhatikan dan harus dipikirkan jangka panjangnya.

  1. Mengurangi Kapasitas Dari Mobil

Mobil matic yang kurang bertenaga saat berada didalam tanjakan, bisa disebabkan oleh kapasitas mobil yang melebihi perbandingan torsi. Jika perbandingan torsi 1 : 10, maka kapasitas mobil maksimal adalah dengan berat tidak lebih dari 1000 kg. Semakin kecil berat beban yang ada didalam mobil, maka performa mobil matic akan semakin bertenaga saat berada didalam tanjakan. Agar bertenaga sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kapasitas didalam mobil. Jika kapasitas mobil terlalu penuh dan melebihi berat maksimal, maka kurangi beban kapasitas yang ada didalam mobil.

  1. Memeriksa dan Mengganti Mesin

Cara mengatasi mobil matic kurang bertenaga ditanjakan selanjutnya adalah dengan memeriksa dan mengganti mesin. Mesin merupakan faktor yang sangat penting dalam performa mobil. Jika mesin mobil matic ini bagus maka mobil matic akan lebih bertenaga walaupun berada didalam tanjakan. Namun, jika mesin mobil ini sudah aus, maka mobil matic akan memilki performa yang kurang bertenaga. Pastikan saat mengganti mesin konsultasilah terlebih dahulu dengan teknisi bengkel AC mobil, teknisi bengkel AC mobil tentu dapat membantu kamu untuk mengatasi masalah mobil matic.

  1. Mengganti Torsi

Torsi merupakan salah satu spesifikasi mobil yang sangat penting. Semakin kecil torsinya maka semakin bertenaga performa mobilnya. Nah pada umumnya torsi pada mobil matic memiliki ukuran yang cukup besar. Sehingga tak heran jika performa mobilnya kurang bertenaga saat berada didalam tanjakan. Untuk mengatasinya, mengganti torsi mobil bisa dilakukan. Namun, saat mengganti torsi mobil pastikan sesuai dengan kemampuan mobil itu sendiri. Penggantian torsi mobil juga diperlukan pertimbangan dalam jangka panjang. Karena mengganti torsi ini cukup sulit.

Tidak hanya keempat cara yang ada diatas, untuk mengatasi mobil yang kurang bertenaga adalah merawat AC mobilnya. Karena mobil matic yang kurang bertenanga bisa disebabkan karena filter udara dalam mobil yang buruk. Untuk merawat AC mobil, pastikan melakukan perawatan di bengkel spesialis AC mobil. Di bengkel AC mobil ini, kamu bisa dibantu oleh teknisi yang handal untung merawat AC mobil.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.