Penasarankah Kenapa Plat Mobil Kendaraan Umum Harus dikasih Warna Kuning?


Share :

Di Indonesia, Sudah diatur perbedaan jenis kendaraan berdasarkan fungsinya. Perbedaan fungsi inilah yang menyebabkan perbedaan pada plat kendaraan. Salah satunya ialah plat kuning yang diperuntukkan bagi kendaraan umum. Namun tahukah Anda, kenapa plat mobil kendaraan umum harus dikasih warna kuning?

Kendaraan umum yakni setiap kendaraan bermotor yang disediakan untuk dipergunakan oleh umum dengan dipungut bayaran. Yang termasuk jenis kendaraan umum diantaranya adalah mobil angkutan, taxi, bus, dan sejenisnya. Semua jenis kendaraan ini digunakan secara umum untuk kepentingan masyarakat.

Plat Mobil Kendaraan Umum Harus Dikasih Warna Kuning

Pada kendaraan, plat menempel pada bagian depan dan belakang. Plat nomor ini adalah unik dan tidak akan pernah mungkin nomer plat ini akan double atau dimiliki oleh lebih dari satu kendaraan. Sama halnya dengan plat pada kendaraan umum, jika ada plat nomer yang digunakan lebih dari satu kendaraan sudah pastilah salah satunya adalah palsu. Termasuk mengapa plat mobil kendaraan umum harus dikasih warna kuning, ada ketentuannya.

Setiap plat nomor yang dikeluarkan merupakan lisensi resmi dari kepolisian. Plat nomor ini terhubung dengan begitu banyak informasi dari jenis kendaraan, warna kendaraan, asal daerah kendaraan, fungsi dari kendaraan, nama pemilik hingga alamat pemilik kendaraan semua terangkum dalam plat nomor ini. Informasi yang terkandung didalamnya sangat penting, maka akan ada hukum yang berat jika berani menduplikasi nomor plat kendaraan ini.

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis warna plat nomor, warna ini mewakili kepentingan yang berbeda. Warna plat tergantung pada fungsinya masing-masing. Misalnya warna plat kuning diperuntukkan untuk kendaraan umum. Ini mutlak karena sudah peraturan yang berlaku di Inonesia. Termasuk mengapa plat mobil kendaraan umum harus dikasih warna kuning, ada ketentuannya.

Bagi anda yang pernah naik bis umum atau angkot, anda dapat melihat ke plat nomornya, baik angkot atau bis umum memiliki jenis plat dengan jenis warna dasar kuning dengan tulisan hitam, warna plat ini dikhususkan untuk Angkutan Umum. Jika ditanya mengapa harus kuning? Jawabannya karena memang aturan yang berlaku demikian.

Lebih dari itu, kendaraan dengan plat kuning ini bisa digunakan untuk angkutan orang maupun barang. Umumnya jenis plat ini digunakan untuk usaha-usaha yang berbadan hukum. Perlu diketahui bahwa plat kuning ini bebas pajak. Pihak pajak menegaskan bahwa bisnis jasa angkutan umum di jalan raya yang menggunakan armada berplat kuning dibebaskan dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Terkait Pembebasan PPN tersebut, hanya diberlakukan untuk kendaraan angkutan bertanda nomor kendaraaan dengan warna dasar kuning dan tulisan hitam, meskipun itu armada charter atau sewa. Penentuan kriteria bebas PPN dari penyerahan jasa oleh angkutan umum di jalan ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum bagi penyedia jasa angkutan umum tersebut dan juga bagi petugas pajak jadi tidak akan terjadi lagi perbedaan penafsiran. Itulah mengapa plat mobil kendaraan umum harus dikasih warna kuning, ada aturan yang berlaku.

Selain itu, berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2016, setiap kendaraan roda empat atau mobil yang menggunakan plat kuning harus memiliki badan hukum atau bernaung di wadah minimal koperasi. Jika Anda memiliki mobil jenis ini, Anda harus memastikan dan memahami badan hukum yang diberlakukan untuk mobil Anda. Direkomendasikan bagi pemilik kendaraan roda empat yang menggunakan plat kuning untuk bergabung wadah yang memiliki badan hukum.

Penentuan plat mobil kendaraan umum harus dikasih warna kuning ini sudah peraturan yang berlaku di Indonesia. Pemindahan atau bergantian warna juga ada aturannya. Semua jenis warna plat nomor memiliki fungsi yang berbeda, yang diatur dengan ketentuan yang berbeda pula. Misalnya mengenai pajak kendaraan yang diwajibkan.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?