Rotary Bintaro

Rotary Bintaro

Pengertian Relay Blower AC Otomotif

Pengertian Relay Blower AC Otomotif
Pengertian Relay Blower AC Otomotif

Apakah anda tahu apa itu relay blower AC mobil ? Setiap mobil pasti memiliki AC. Fitur ini sangat penting untuk menjaga udara dan suhu di dalam mobil tetap sejuk. Apalagi jika Anda sedang melewati kemacetan lalu lintas dan ditambah cuaca panas. Jadi sangat penting untuk menghidupkan fungsi AC ini. Ada berbagai komponen dalam sistem pendingin udara mobil. Inilah mengapa perawatan mobil secara rutin sangat dianjurkan, terutama AC, agar tidak merusak apapun. Salah satu komponen AC yang sangat penting adalah relay. Jika komponen ini rusak, pasti akan mengganggu kinerjanya. Tanpa basa – basi lagi, mari kita lihat relay blower AC otomotif melalui Service AC Mobil Rotary Bintaro.

Apa itu Relai Blower AC Otomotif ?

Pengertian Relay Blower AC Otomotif
Pengertian Relay Blower AC Otomotif

Seperti yang kita ketahui bersama, sistem AC mobil sangat bergantung pada daya listrik mobil. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengatur putaran AC mobil Anda agar lebih sejuk. Relai sekarang bertindak sebagai sakelar elektronik yang menghubungkan sumber arus baterai untuk mengarahkannya ke unit kopling magnet aktif. Letak relai ini berada di dalam kompresor. Tujuan lain dari pemasangan relai adalah untuk menjaga agar sakelar yang menghidupkan kopling elektromagnetik tidak terlalu berat. Seperti yang kita ketahui bersama, sistem memang membutuhkan arus yang cukup besar.

Selain itu, relai ini penting untuk mengalirkan arus ke beberapa komponen dalam sistem AC otomotif. Seperti kopling magnet dan motor blower. Melihat pentingnya komponen ini, maka diperlukan relai pengaman untuk mencegah kerusakan pada kunci kontak. Listrik juga tidak langsung mengalir ke kopling elektromagnetik dan motor blower, karena akan membuat titik pengapian aus atau cepat habis. Cara kerja relay AC otomotif ini sebenarnya cukup sederhana. Dengan hanya sedikit arus yang mengalir, daya yang cukup dapat disuplai langsung dari baterai ke kopling magnet atau motor blower.

Jangan merusak relai!

Pengertian Relay Blower AC Otomotif
Pengertian Relay Blower AC Otomotif

Pernahkah Anda merasakan AC mobil Anda tiba – tiba menjadi dingin ? Hati – hati, bisa jadi karena relay AC mobil rusak. Relai bisa gagal karena berbagai alasan. Contohnya adalah sekring putus. Sulit untuk memastikan bahwa arus tidak mengalir ke kompresor. Maka freon tidak akan bersirkulasi dan kinerja AC tidak akan maksimal. Ketika masalah AC mobil tidak dingin, banyak yang mengira itu disebabkan oleh kehabisan Freon atau part lainnya. Tidak banyak orang yang mengira ada masalah kelistrikan karena AC masih bisa menyala.

Jika hal ini terjadi, Anda harus segera membawa mobil ke Service AC Mobil Rotary Bintaro. Jangan biarkan terlalu lama, karena AC tidak dingin dan bepergian dengan mobil pasti tidak nyaman. Minta teknisi untuk memeriksa seluruh sistem pendingin udara mobil sehingga mereka dapat mengidentifikasi masalahnya. Ini bisa jadi karena relay AC mobil rusak. Ingat, memilih bengkel mobil tidak boleh sembarangan. Anda harus memastikan bahwa bengkel mobil yang Anda kunjungi bekerja secara profesional dan dapat memperbaiki mobil dengan cara terbaik. Itu sebabnya Anda harus memilih Rotary Bintaro.

Penyebab Blower AC Mobil Mati Wajib Anda Ketahui

Cuaca di Indonesia cenderung panas dan tentunya membuat kita sangat panas di dalam mobil, sehingga kita harus menyalakan AC. Saat dihidupkan, AC mobil malah akan mati karena blower tidak berfungsi. Saat itu, anda harus tahu apa yang menyebabkan blower AC mobil mati sebelum bisa diperbaiki. Blower AC adalah komponen yang digunakan untuk meniupkan udara dari evaporator ke dalam mobil, sehingga mobil terasa lebih sejuk. Udara yang keluar dari lubang horizontal AC mobil berasal dari blower, sehingga bisa dikatakan bagian ini sangat penting dan dianggap paling penting. Blower AC juga tidak mengalirkan udara dengan baik saat dimatikan, jadi Anda harus membuka jendela agar angin masuk. Tentu tidak nyaman jika udara di luar mobil juga panas bukan ?

Baca Juga : Tips Kenyamanan Mobil Untuk Perjalanan Jauh

Melihat alasan kerusakan blower AC mobil dari komponen

Pengertian Relay Blower AC Otomotif
Pengertian Relay Blower AC Otomotif

Jika diperhatikan, blower AC mobil mati karena komponen rusak atau terputus. Secara umum, ada lima alasan umum mengapa blower AC mobil membeku, dan semuanya berkaitan dengan kerusakan pada komponen yang mendukungnya.

  1. Sekering blower rusak

anda harus tahu bahwa AC mobil bisa menyala karena daya yang diberikan oleh baterai dan genset. Jika sekering blower rusak, berarti kabel terputus dan tidak dapat menerima daya. Sama seperti fungsi sekring di rumah, sekring pada AC mobil juga berperan sebagai pengaman arus. Jadi, saat AC dihidupkan, sekring blower yang putus menandakan korsleting. Jika masalah ini terjadi, yang terbaik adalah membawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki. Selain itu, perbaikan oleh teknisi yang terampil akan meminimalkan risiko yang terjadi, seperti kerusakan kerusakan.

  1. Relai peniup rusak

Komponen blower AC lainnya adalah relay yang berfungsi untuk memisahkan penggunaan arus berdaya tinggi dengan penggunaan arus berdaya rendah. Arus ini mengalir dari blower ke saklar AC. Relay ini dipasang agar blower tidak bekerja terlalu keras atau bahkan rusak karena harus membawa arus yang banyak. Jika rusak, arus tidak dapat mengalir dari baterai ke blower, sehingga blower mati dan tidak dapat berjalan.

  1. Resistensi blower rusak

Sebuah resistor adalah perangkat resistif yang disesuaikan untuk mempengaruhi kecepatan rotasi blower. Jika resistor putus, tidak ada arus yang mengalir melalui blower, sehingga AC tidak dapat dihidupkan. Saat arus mengalir melalui resistor besar, motor blower akan berputar perlahan. Begitu pula sebaliknya, motor blower berputar lebih cepat saat melewati hambatan yang lebih kecil.

  1. Motor blower rusak

Motor atau mesin blower yang rusak ini bisa menjadi penyebab utama kerusakan AC mobil Anda. Motor adalah generator yang berputar ketika diberi energi. Bagian tersebut juga memiliki beberapa komponen yang mendukung pergerakannya, seperti kumparan, magnet, dan sikat karbon. Kemudian dua dari tiga bagian di atas, koil dan sikat karbon sering rusak, yang berarti motor blower AC mati. Jika rusak, biasanya motor blower diganti seluruhnya.

  1. Sakelar blower rusak

Komponen terakhir yang jarang putus adalah saklar blower. Sakelar atau sakelar ini biasanya terletak di konsol AC dengan ikon kipas. Sakelar memiliki beberapa titik putaran untuk menambah atau mengurangi kecepatan blower. Meski jarang rusak, potensi ini terjadi sehingga arus tidak mengalir ke blower AC.

Pengertian Relay Blower AC Otomotif
Pengertian Relay Blower AC Otomotif

Ini adalah lima alasan Anda dapat menemukan blower AC mobil Anda mati. Pada dasarnya, ketika blower AC mati, berarti ada komponen yang rusak atau rusak di dalamnya. Sebaiknya bawa ke bengkel Rotary Bintaro terdekat untuk diperbaiki dengan memesan jadwal di Service AC Mobil Rotary Bintaro Digiroom. Kunjungi dealer Mobil Anda hari ini untuk mendapatkan promosi dealer Mobil terbaru di berbagai layanan aftermarket Rotary Bintaro. Anda dapat mengatur kunjungan di sini.

https://youtu.be/yhS8J4Ssgo4

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...