rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

7 Penyebab AC Mobil Bau Asam Yang Bikin Mual

Sistem AC mobil merupakan bagian penting yang sangat menentukan kenyamanan Anda di sepanjang perjalan. Namun, tidak jarang sistem AC mobil ini mengalami masalah karena memang rentan untuk mengalami masalah, baik dari penggunaannya  berlebih, adanya komponen yang aus hingga kotoran yang ikut terhisap masuk ke dalam sistem AC mobil tersebut.

Salah satu masalah AC mobil yang paling sering ditemui adalah masalah AC mobil bau asam yang membuat tubuh kita menjadi mual. Masalah AC mobil bau asam ini jika dibiarkan terus maka tentunya akan dapat mempengaruhi kesehatan kita, khususnya dalam hal pernafasan. Terlebih bila Anda memiliki alergi tertentu, maka AC mobil bau asam ini jelas akan menjadi masalah serius pada diri Anda.

Maka dari itu, sebagai pemilik mobil yang cerdas, Anda perlu memahami apa saja penyebab AC mobil bau asam ini, mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya. Dengan begitu, Anda dapat melakukan tindakan penanganan yang tepat bilamana Anda mengalami masalah AC mobil bau asam ini. Simak artikel ini untuk mendapatkan penjelasan soal AC mobil bau asam ini. Seperti apa ya? Yuk kita bahas bersama!

Pertanyaan Seputar AC Mobil Bau Asam

Jika AC pada kendaraan Anda mengeluarkan udara yang bau, langkah-langkah berikut bisa Anda lakukan: - Periksa Filter AC: Gantilah filter AC yang kotor atau tersumbat. - Bersihkan Evaporator: Evaporator yang kotor dapat menjadi sumber bau. Gunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkan evaporator. - Periksa Saluran Drainase: Pastikan saluran pembuangan air kondensasi tidak tersumbat, karena bisa menyebabkan penumpukan air dan pertumbuhan jamur. - Gunakan Anti-bacterial Spray: Semprotkan cairan anti-bacterial ke dalam sistem ventilasi AC untuk membunuh bakteri dan jamur yang mungkin menyebabkan bau.
Ciri-ciri freon bocor pada sistem AC mobil antara lain: - AC Tidak Dingin: Udara yang keluar dari AC tidak sejuk seperti biasanya. - Terdengar Bunyi Mendesis: Kebocoran freon sering kali disertai dengan bunyi mendesis di sekitar kompresor atau pipa AC. - Terlihat Minyak di Sekitar Sambungan: Freon yang bocor biasanya membawa serta sedikit pelumas, sehingga Anda mungkin melihat noda minyak di sekitar sambungan pipa atau komponen AC. - Tekanan Rendah: Saat diukur menggunakan alat pengukur tekanan, tekanan freon di dalam sistem akan lebih rendah dari normal.
Jika kompresor AC mobil rusak, beberapa masalah yang mungkin terjadi adalah: - AC Tidak Dingin: Kompresor yang rusak tidak mampu mengalirkan freon dengan baik, sehingga AC tidak menghasilkan udara dingin. - Bunyi Berisik: Kompresor yang rusak dapat menghasilkan bunyi berisik atau mengganggu. - Overheating: Kompresor yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan mesin overheat karena tidak adanya sirkulasi udara dingin yang cukup. - Sistem AC Mati Total: Dalam kasus terburuk, AC mobil Anda bisa mati total dan tidak bekerja sama sekali.
Sebaiknya service AC mobil dilakukan secara berkala setiap 6 hingga 12 bulan sekali, tergantung pada penggunaan dan kondisi lingkungan tempat mobil sering digunakan. Servis rutin meliputi pengecekan freon, pembersihan evaporator, pengecekan kompresor, dan penggantian filter AC. Dengan servis yang teratur, Anda dapat mencegah kerusakan serius dan memastikan AC mobil berfungsi optimal.

Penyebab AC Mobil Bau Asam Dan Cara Mengatasinya

AC mobil bau asam

Terdapat berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab AC mobil bau asam. Berbeda penyebab, maka tentu berbeda pula cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa penyebab AC mobil bau asam dan cara mengatasinya :

1. Kelembapan dan Kondensasi

Kelembapan dan kondensasi pada AC mobil dapat menjadi penyebab AC mobil bau asam yang paling utama. Bagaimana bisa? Ini dikarenakan ketika kondisi yang lembap, jamur dan bakteri memiliki lingkungan yang ideal untuk tumbuh dan berkembang biak di dalam AC mobil. Bakteri ini, ketika berkembang mobil kesayangan Anda, masuk ke dalam sistem AC mobil lalu pada akhirnya timbulah masalah AC mobil bau asam tersebut.

Jika penyebab AC mobil bau asam berasal dari kelembapan dan kondensasi ini, maka membersihkan AC mobil secara teratur sangat penting. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membersihkan AC mobil Anda dan menghilangkan bau asam :

  1. Buka kompartemen AC mobil dan periksa apakah terdapat tanda-tanda kelembapan atau pertumbuhan jamur. Jika ada, berarti AC mobil perlu dibersihkan.
  2. Bersihkan filter udara AC dengan menggunakan sikat lembut dan sabun cuci piring. Pastikan untuk membersihkannya secara menyeluruh dan biarkan kering sebelum memasangnya kembali.
  3. Gunakan cairan pembersih khusus AC mobil untuk membersihkan evaporator dan kondensor. Semprotkan cairan pembersih pada bagian-bagian tersebut dan biarkan selama beberapa menit agar cairan dapat membunuh bakteri dan jamur.
  4. Setelah itu, bilas bagian-bagian tersebut dengan air bersih untuk menghilangkan residu cairan pembersih.
  5. Terakhir, biarkan AC mobil Anda kering dengan memberikan sirkulasi udara yang cukup. Pastikan untuk meninggalkan kompartemen AC terbuka agar udara bisa masuk dan membantu proses pengeringan.

Membersihkan AC mobil secara rutin akan membantu mencegah timbulnya bau asam serta menjaga kesehatan dan kenyamanan penumpang. Jangan lupa untuk melakukan perawatan teratur agar AC mobil tetap dalam kondisi baik dan tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap.

2. Penyumbatan Saluran Pembuangan

Penyebab AC mobil bau asam yang kedua adalah karena saluran pembuangan yang tersumbat. Ketika saluran pembuangan tidak berfungsi dengan baik, air yang terkondensasi tidak dapat keluar dari sistem dengan lancar. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan air di dalam unit AC, yang pada akhirnya akan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Jika penyebab AC mobil bau asam yang Anda alami ternyata berasal dari tersumbatnya saluran pembuangan, maka beberapa hal yang dapat Anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Membersihkan Saluran Pembuangan Secara Teratur : Saluran pembuangan AC mobil rentan terhadap kotoran, debu, dan kotoran lainnya yang dapat menyumbat aliran air. Pastikan untuk membersihkan saluran pembuangan secara teratur dengan menggunakan alat seperti selang kecil atau penghisap debu. Dengan membersihkan saluran pembuangan secara rutin, Anda dapat mencegah penumpukan air dan bau asam yang tidak diinginkan.
  2. Cek Keberadaan Hewan Atau Serangga : Terkadang, hewan atau serangga kecil dapat masuk ke dalam saluran pembuangan AC mobil dan menyumbat aliran air. Cek saluran pembuangan secara seksama dan pastikan tidak ada hewan atau serangga yang menghalangi aliran air. Jika ada, bersihkan dengan hati-hati atau minta bantuan profesional jika diperlukan.
  3. Pengaturan Termostat Yang Tidak Tepat : Pengaturan termostat yang tidak tepat saat mematikan mobil dapat menyebabkan kondensasi berlebihan di dalam unit AC. Ini dapat menyebabkan penumpukan air yang berpotensi menyebabkan masalah penyumbatan saluran pembuangan. Pastikan untuk mengatur termostat AC mobil Anda sesuai dengan kondisi cuaca dan iklim sekitar.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengatasi masalah penyumbatan saluran pembuangan dan mencegah bau asam yang tidak sedap pada AC mobil Anda. Jika masalah masih berlanjut, segera konsultasikan dengan teknisi AC mobil terpercaya untuk solusi yang lebih lanjut.

3. Kebocoran Freon AC Mobil

Selanjutnya, penyebab AC mobil bau asam yang ketiga adalah kebocoran freon AC mobil. Ketika ada kebocoran, gas freon yang seharusnya tertutup dalam sistem akan bocor keluar dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Selain itu, kebocoran freon AC mobil juga dapat mengganggu kinerja AC mobil dan mengurangi efisiensi pendinginan.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kebocoran freon, seperti komponen yang aus, kegagalan seal, atau kerusakan pada pipa dan selang. Jika Anda mengalami masalah bau asam pada AC mobil Anda, penting untuk memeriksa apakah ada kebocoran refrigeran. Jika iya, segera tindak lanjuti untuk mengatasi masalah ini.

Jika penyebab AC mobil bau asam berasal dari kebocoran freon, maka sangat disarankan untuk membawa mobil Anda ke bengkel AC yang terpercaya. Ahli AC akan dapat mendeteksi sumber kebocoran, memperbaikinya, dan mengisi ulang refrigeran yang hilang. Selain itu, mereka juga akan melakukan pengecekan menyeluruh pada sistem AC untuk memastikan tidak ada masalah lain yang dapat menyebabkan bau asam pada masa mendatang.

Baca Juga : Isi Freon AC Mobil Harus Berapa Lama Sekali Sih?

4. Bakteri dan Jamur di Sistem AC

Berikutnya, bakteri dan jamur dalam sistem AC mobil tentunya dapat menyebabkan AC mobil bau asam yang mengganggu kenyamanan bahkan kesahatan Anda. Bakteri dan jamur ini dapat berkembang biak di pendingin udara yang lembab dan kotor. Ketika AC mobil digunakan, bakteri dan jamur bisa terhisap dan menyebar ke dalam kabin, menyebabkan bau asam yang tidak sedap.

Untuk mengatasi masalah AC mobil bau asam yang berasal dari bakteri dan jamur, ada beberapa cara membersihkan AC mobil dari bakteri dan jamur serta menjaga agar AC mobil tidak mengeluarkan bau asam:

  1. Pertama, lakukan pembersihan rutin pada sistem AC mobil. Gunakan cairan pembersih khusus AC yang mengandung bahan antibakteri dan antijamur. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.
  2. Selain itu, perhatikan kebersihan dan kelembapan dalam mobil. Hindari meninggalkan makanan atau minuman di dalam mobil yang bisa menjadi sarang bakteri dan jamur. Sirkulasi udara yang baik juga penting untuk menghindari kelembapan berlebih yang memicu pertumbuhan bakteri dan jamur.
  3. Periksa dan ganti filter AC secara teratur. Filter AC yang kotor dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri dan jamur. Pastikan untuk membersihkan atau mengganti filter AC sesuai dengan jadwal yang disarankan oleh produsen mobil.
  4. Jika bau asam masih tetap ada setelah melakukan pembersihan dan perawatan, sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel spesialis AC mobil. Mereka dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah bau asam pada AC mobil Anda.

Dengan membersihkan AC mobil dari bakteri dan jamur serta menjaga kebersihan sistem AC secara rutin, Anda dapat menghindari bau asam yang tidak nyaman dan menjaga kualitas udara dalam mobil tetap segar.

Baca Juga : Panduan Mudah Troubleshooting AC Mobil

5. Kondisi Filter AC yang Tidak Sehat

Selain itu, kondisi filter AC kotor dan tidak sehat pada mobil Anda juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan masalah AC mobil bau asam. Filter AC mobil berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mobil, tetapi jika filter ini kotor atau tidak bekerja dengan baik, kualitas udara dalam mobil dapat terganggu.

Apabila masalah AC mobil bau asam yang Anda alami berasal dari kondisi filter AC mobil yang tidak sehat, langkah penanganan yang dapat Anda ambil diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Matikan AC mobil dan pastikan mesin dalam keadaan dingin sebelum memulai proses pembersihan.
  2. Buka kotak filter AC yang terletak di sekitar dashboard mobil Anda.
  3. Periksa kondisi filter. Jika filter terlihat kotor atau berdebu, lepaskan filter dari kotak.
  4. Basahi filter dengan air bersih. Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih khusus yang dapat Anda dapatkan di toko suku cadang mobil.
  5. Gosok lembut filter dengan sikat berbulu lembut untuk menghilangkan kotoran yang menempel.
  6. Bilas filter dengan air bersih hingga bersih dari sisa-sisa pembersih atau kotoran.
  7. Tunggu filter kering secara alami atau gunakan kipas atau sinar matahari untuk merangsang proses pengeringan.
  8.  Setelah filter kering, pasang kembali filter ke dalam kotak dengan benar.
  9. Nyalakan kembali AC mobil dan periksa apakah ada perubahan dalam kualitas udara yang masuk ke dalam mobil.

Dengan membersihkan filter AC mobil secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa udara yang masuk ke dalam mobil bersih dan segar. Ini akan membantu menghindari bau asam yang tidak menyenangkan dan menjaga kesehatan Anda saat berkendara.

6. Kebocoran pada Sistem AC

Berikutnya, kebocoran pada sistem AC mobil bisa menjadi penyebab lain mengapa AC mobil bau asam. Biasanya, kebocoran ini disebabkan oleh komponen-komponen dalam sistem AC yang sudah aus atau retak. Kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang bagaimana kebocoran pada sistem AC mobil dapat menyebabkan bau asam yang tidak menyenangkan. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana cara mengatasi masalah ini.

  1. Periksa kondisi selang dan pipa AC mobil secara berkala. Pastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan pada selang dan pipa tersebut.
  2. Cari sumber kebocoran dan pastikan untuk segera mengatasinya. Anda bisa melakukan pemeriksaan visual, atau jika perlu, membawa mobil ke bengkel spesialis AC untuk mendapatkan pengecekan lebih lanjut.
  3. Ganti komponen AC yang rusak atau aus. Jika ada komponen seperti O-ring atau selang yang sudah aus, sebaiknya segera diganti untuk menghindari kebocoran yang dapat menyebabkan bau asam.
  4. Perhatikan juga kondisi karet di sekitar komponen AC. Jika ada karet yang sudah retak atau aus, segera ganti untuk mencegah kebocoran.
    Dengan melakukan perawatan rutin dan mengatasi kebocoran pada sistem AC mobil, Anda dapat menghindari bau asam yang tidak menyenangkan dan menjaga kualitas udara di dalam mobil tetap baik.

7. Minimnya Service AC Mobil

Terakhir, masalah AC mobil bau asam dapat berasal dari kurangnya perawatan ataupun service AC mobil. Seperti yang dikatakan di awal, sistem AC mobil merupakan bagian mobil yang rentan untuk mengalami kerusakan. Tanpa perawatan ataupun service rutin, maka AC mobil akan mengalami masalah, salah satunya adalah masalah AC mobil bau asam. Jika masalah AC mobil bau asam berasal dari kurangnya service ataupun perawatan, maka beberapa langkah yang dapat Anda ambil adalah :

  1. Membersihkan Filter Udara AC : Salah satu langkah terpenting dalam merawat AC mobil adalah membersihkan filter udara secara teratur. Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat menghasilkan bau tidak sedap. Pastikan untuk membersihkan atau mengganti filter udara AC sesuai dengan rekomendasi pabrik.
  2. Mengecek Kondisi Kabel dan Kontak Listrik : Periksa secara berkala kondisi kabel dan kontak listrik pada AC mobil Anda. Kabel yang rusak atau kontak yang tidak baik dapat mengganggu kinerja AC dan menyebabkan bau asam. Jika ditemukan masalah, segera perbaiki atau ganti komponen yang rusak.
  3. Memastikan Kondisi Kompresor AC : Kompresor AC merupakan komponen yang berperan penting dalam pengoperasian AC mobil. Pastikan bahwa kondisi kompresor AC mobil Anda baik dan berfungsi dengan baik. Jika terdapat kerusakan atau masalah pada kompresor, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.
  4. Menggunakan Penghilang Bau Mobil :Jika Anda sudah merawat AC mobil dengan baik namun masih ada bau asam yang tidak hilang, Anda dapat menggunakan penghilang bau mobil yang tersedia di pasaran. Pastikan untuk memilih produk penghilang bau yang aman dan sesuai dengan jenis AC mobil Anda.

Cegah Dan Atasi Berbagai Masalah Pada Sistem AC Mobil Hanya Di Rotary Bintaro!

AC mobil bau asam

Melakukan service AC mobil secara rutin untuk mengatasi sekaligus mencegah masalah AC mobil bau asam. Tidak hanya sekedar bau asam, tapi berbagai masalah lain pada AC mobil seperti AC mobil bunyi, kadang dingin kadang tidak hingga mati total dapat diatasi dan dicegah dengan melakukan service AC mobil secara rutin.

Pertanyaannya adalah di mana sih bengkel AC mobil yang dapat diandalkan? Satu bengkel AC mobil yang dapat sangat diandalkan adalah Rotary Bintaro. Bengkel AC mobil yang satu ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lho! Tingginya jam terbang yang dimiliki Rotary Bintaro tentu membuatnya memiliki berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi berbagai masalah pada sistem AC mobil.

Tingginya jam terbang yang dimiliki Rotary Bintaro ini juga diikuti dengan tingginya reputasi positif yang berhasil dibangun Rotary Bintaro. Ini dapat terlihat dari tingginya ulasan positif yang diberikan oleh para pelangganya kepada Rotary Bintaro sebagai bentuk kepuasan mereka melakukan service AC mobil disana.

Sebagai bengkel AC mobil dengan reputasi positif selama lebih dari 20 tahun, Rotary Bintaro tentunya menyediakan berbagai mekanik handal, alat yang canggih hingga fasilitas yang lengkap demi menunjang kenyamanan dan kepuasan para pelanggannya ketika melakukan service AC mobil disana. Cabangnya juga telah tersebar luas diberbagai wilayah mulai dari Jakarta, Depok, Tangerang hingga Bekasi lho!

Kunjungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...