Keunggulan Denso Dibanding Merek AC Mobil Lainnya

Hai #SahabatRotary

AC mobil mu bermasalah?

Tinggal dimana?

Jakarta Utara, Barat, Timur, Selatan, atau Pusat? Mungkin nun jauh Bekasi atau Tangerang?

Dimanapun kita tinggal tidak perlu harus ke ke bengkel resmi denso loh kalau mau perbaikan. Ibarat orang sakit, kalau mencari dokter AC mobil sekarang tidak sulit kok. Sudah banyak montir Indonesia yang bengalaman untuk service AC mobil mu.

Sebelum bahas terlalu jauh. Kita mulai dengan membahas sistem AC mobil dulu ya.

Seperti hal sebuah mesin atau alat pada umumnya. Sistem AC mobil juga punya batas waktu untuk bisa bekerja dengan baik. Ketika AC mobil kita sudah bekerja beberapa tahun, dapat dipastikan harus ada penggantian komponen.

Minimal ketika service rutin setahun sekali, Receiver Dryer pasti harus diganti. Hal ini dilakukan agar kita masih bisa mendapatkan kesejukan saat berkendara karena sistem AC mobil berjalan dengan baik.

Ada kalanya, untuk bisa mendapatkan kesejukan di dalam kabin, tidak hanya satu atau dua komponen AC mobil saja yang diganti. Melainkan meliputi seluruh komponen yang ada. Mulai dari Kompresor, Kondensor, Receiver Dryer, Expansion Valve, sampe Evaporator.

Ada sejumlah merek pabrikan yang membuat komponen-komponen AC mobil. Lalu, merek apa saja yang banyak dipakai dan dipercaya para pemilik mobil di Indonesia?

Kita bahas dibagian paling bawah ya.

Baca Juga : Tips Memilih Bengkel AC Mobil Resmi yang Bagus dan Berkualitas

kompresor-toyota-corolla-twincam-denso

Komponen Mekanikal dan Komponen Elektrikal

Hai #SahabatRotary

Kita lanjut lagi ya?

Apa merk mobil mu?

Nissan, Honda, Suzuki, marcedez Benz, Toyota, atau Daihatsu?

Mungkin BMW, Mitsubishi, atau Chevrolet?

Apapun merk mobilmu, ilmu soal komponen mekanikal dan elektrikal AC mobil ini penting loh.

Ada baiknya kita mengenal apa saja komponen-komponen yang terkait langsung dengan sistem pendingin ini. Secara umum, komponen AC mobil terbagi dalam dua bagian. Komponen Mekanikal dan Komponen Elektrikal. Buat Anda yang mau berkarir menjadi montir Indonesia. Ini ilmu penting.

Dari sebutannya bisa dilihat perbedaan dalam sistem kerja komponen yang ada. Komponen Mekanikal bisa dibilang sebagai komponen dasar dari sistem AC mobil. Komponen yang utama dari Komponen Mekanikal antara lain Kompressor, kondenser, Receiver Dryer, High Pressure Switch dan Low Pressure Switch, Expansion Valve, Evaporator, pipa dan selang.

Keseluruhan bagian yang ada dalam Komponen Mekanikal dihubungkan oleh rangkaian pipa dan selang. Susunannya sebagai berikut:

1.Selang 5/8 inchi menghubungkan Evaporator dan Kompresor.
2.Selang 1/2 inchi menghubungkan Kompresor dengan Kondensor.
3.Selang 3/8 inchi menghubungkan Kondensor dengan Receiver Dryer.
4.Selang 3/8 inchi menghubungkan Receiver Dryer dengan Expansion Valve dan Evaporator.

Sementara itu, Komponen Elektrikal merupakan benda-benda yang terkait langsung dengan kelistrikan yang berfungsi untuk mendukung kerja Komponen Mekanikal. Bagian utama dari Komponen Elektrikal antara lain Selector Switch (saklar), Magnetic Clucth (kopling magnet), Thermoswitch, Thermistor (saklar pengatur suhu elektronik), Pressure Switch, Relay, dan Amplifier.

Masing-masing komponen punya peran dan fungsi yang berbeda. Semuanya bekerja sama untuk menciptakan sistem kerja AC mobil yang optimal. Dengan catatan, kondisi tiap komponen masih baik dan layak pakai. Kalau sudah ada yang rusak harus segera diperbaiki dan bahkan dilakukan penggantian.

Itulah keseluruhan komponen yang menjalankan sistem pendingin mobil. Saat harus melakukan pergantian AC mobil jangan lupa untuk perhatian setiap komponen yang ada. Siapa tahu ada beberapa komponen yang masih bisa dipakai, sehingga bisa mengirit uang yang harus Anda keluarkan.

Baca Juga :

Bengkel AC Mobil Rekomendasi Kompas TV Otodrive

kompresor-toyota-grand-new-avanza-2016-only-denso3

Keunggulan Denso Dibanding Merek AC Mobil Lainnya

Di sisi lain, saat harus dilakukan penggantian, harga service AC mobil baru dipastikan akan menguras kantong. Terutama jika kita ingin menggantinya persis seperti bawaan pabrik. Dapat dipastikan komponen-komponen AC mobil tersebut butuh dana yang cukup besar. Belum termasuk biaya atau harga pasang AC mobil yang juga tidak kalah besar karena membongkar dan memasang seluruh komponen AC mobil.

Agar dana yang Anda keluarkan tidak membuat dompet menipis, boleh menengok ke merek-merek lain selain bawaan pabrik. Mempertimbangkan komponen AC mobil aftermarket akan menjadi solusi bagi Anda yang ingin tetap mendapat performa AC mobil yang bagus.

Di antara sejumlah merek AC mobil. Nama Denso tampaknya bisa dibilang sebagai yang paling banyak dipilih oleh pemilik mobil di Indonesia. Dengan kualitas yang termasuk mumpuni, harga AC mobil Denso memang termasuk yang merakyat. Bisa masuk ke semua kalangan pemilik mobil di negeri ini. Selain spare partsnya bengkel resmi denso juga selalu menjadi pilihan.

Selain Denso, ada satu merek lain yang juga tak kalah popular yaitu Sanden. Dari segi harga, Sanden umumnya lebih murah dibanding Denso. Tapi dari segi kualitas relatif tidak jauh berbeda. Terlebih jika kita bisa mendapatkan komponen yang orisinal, bukan KW alias palsu.

Satu bukti nyatanya adalah, permintaan memasang AC mobil merek Denso dan Sanden tergolong tinggi di wilayah Aceh. Harga satu set AC mobil Denso bisa mencapai 6,5 juta rupiah sementara Sanden di angka 3 juta rupiah. Catatan, itu adalah harga yang berlaku pada 2011, saat ini harga tersebut diperkirakan bisa mencapai 2 kali lipat.

Kebetulan kedua merek itu sama-sama buatan Jepang. Baik Denso maupun Sanden punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelebihan AC mobil Denso adalah punya double side Kompresor, sehingga mampu menghasilkan tekanan yang lebih kuat dibanding AC mobil Sanden. Tapi, AC mobil Sanden juga punya kelebihan yaitu pada kekuatan materialnya. Kelebihan yang dimiliki kedua merek itulah yang membuat keduanya cukup laku, meski punya penggemar yang berbeda.

Selain itu, keduanya punya kelebihan dalam hal ketersediaan suku cadang dibanding merek-merek AC mobil buatan Korea, Thailand, atau Tiongkok. Saat ada masalah pada salah satu komponen AC mobil baik Denso maupun Sanden, pemilik mobil tidak sulit menemukan suku cadang yang dibutuhkan. tidak perlu harus langsung membeli yang baru.

Tapi, jika dibandingkan langsung antara Denso dengan Sanden dalam hal kemudahan mendapatkan suku cadang. Maka AC Denso lebih unggul. Dapat dipastikan setiap bengkel AC mobil akan selalu menyimpan stok suku cadang AC mobil merek Denso. Sehingga ketika harus ada pergantian suku cadang tidak butuh waktu lama karena harus memesan ke distributor lebih dahulu.

Selain itu, keunggulan Denso lainnya adalah tersedianya banyak produk yang ditawarkan. Dari mulai Kompresor hingga Evaporator telah diproduksi oleh Denso. Inilah yang membuat konsumen cepat melirik Denso karena tidak harus repot memikirkan merek lain saat mencari komponen yang dibutuhkan untuk memperbaiki AC mobil mereka.

Kualitas produk komponen AC buatan Denso pun dipercaya termasuk yang paling bagus di antara sesama merek komponen AC mobil. Komponen AC mobil Denso cenderung lebih awet dan kinerjanya pun tetap optimal dan stabil meski sering digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Memang dari segi harga, AC mobil Denso relatif lebih mahal dari merek-merek AC mobil yang lain yang sama-sama aftermarket. Tapi harga yang Anda keluarkan untuk membeli AC mobil Denso tersebut akan terbayar dengan kepuasan dari kualitas produk yang memang bagus. Jadi mau kemanapun kita menjadi bengkel resmi, merk ini selalu jadi rekomendasi.

Tapi, sebagus dan sehebat apa pun sebuah merek AC mobil, semuanya tetap tergantung kepada cara dan perilaku pemilik mobil sendiri. Jika masih saja salah memperlakukan AC mobil, dapat dipastikan komponen AC yang ada di dalam mobil tidak akan bisa awet.

Kebiasaan buruk seperti membuka jendela saat AC mobil menyala atau mematikan mesin tanpa mematikan AC mobil lebih dulu akan membuat masa kerja komponen lebih cepat berakhir. Jadi, merek dan komponen berkualitas baru bisa optimal ketika pemilik mobil tahu cara memperlakukan dan merawat AC mobil sebagaimana mestinya.

Inilah Perbandingan Kualitas dan Harga AC Mobil Denso dengan AC Mobil Lainnya

Merek-Merek Lain Pesaing Denso

Selain komponen AC mobil buatan Jepang seperti Denso dan Sanden, beberapa merek mobil yang ada di Indonesia memakai merek AC mobil yang lain. Seperti Valeo, Calsonic, dan Seiko Seiki. Merek-merek tersebut punya kualitas sebagus Denso. Tapi sayangnya, di Indonesia tidak banyak mobil yang memakainya.

AC mobil Valeo lebih banyak digunakan oleh kendaraan produksi Eropa. Tapi ada juga mobil-mobil Jepang yang menggunakan Valeo sebagai sistem AC kendaraan produksi mereka. Bisa dilihat di sejumlah tipe Mitsubishi dan Nissan.

Valeo termasuk merek AC yang punya varian produk cukup banyak. Dari mulai Kompresor, Kondensor, Expansion Valve, Evaporator, sampe urusan switch juga mereka produksi. Harganya pun relatif bersahabat, tergantung tipe dan jenis kendaraannya tentu saja. Bahkan komponen AC mobil buatan Thailand ini ada yang memiliki harga di bawah Denso.

Sebagai contoh, mari kita bandingkan harga Evaporator untuk Mitsubishi Pajero Sport. Untuk merek Denso, harga satu Evaporator berada di kisaran harga 1-2 jutaan rupiah. Sementara merek Valeo kisaran harga 1-2 jutaan. Kualitas pun relatif tidak terlalu jauh. Dengan perawatan rutin dan teratur, Evaporator Valeo bisa bertahan hingga lebih dari 5 tahun.

Akan tetapi, untuk harga Kompresor, merek Denso justru lebih murah dibanding Valeo. Harga Kompresor AC mobil Valeo rata-rata dilepas dengan kisaran harga 3-4 jutaan rupiah. Bandingkan dengan Kompresor Denso yang cukup dibawa pulang dengan kisaran harga 3-4 jutaan saja. Itu salah satu alasan merk ini selalu menjadi rekomendasi di bengkel resmi manapun

Merek lain yang juga punya kualitas mumpuni untuk komponen AC mobil adalah Seiko Seiki. Merek ini cukup sering ditemui pada mobil-mobil built-up Jepang. Tapi ada juga yang mobil built-in di Indonesia yang menggunakan merek AC mobil Seiko Seiki. Salah satunya adalah varian dari Suzuki.

Seperti Suzuki SX 4, Escudo, atau Splash umumnya menggunakan AC mobil merek Seiko Seiki. Kualitasnya tidak perlu diragukan karena buatan Jepang. Sayang, urusan harga, Seiko Seiki tidak bisa bersaing dengan Denso karena lebih mahal. Selain itu ketersediaan suku cadang pun tidak sebanyak Denso.

Sebagai perbandingan harga Kompresor Suzuki Escudo 2.0 merek Seiko Seiki dibanderol pada kisaran kisaran harga 4-5 jutaan rupiah. Padahal, jika Anda membeli Kompresor yang sama buatan Denso hanya butuh kisaran harga 2-3 jutaan rupiah saja. Cukup banyak selisihnya bukan?

Itulah yang menjadi salah satu faktor kenapa Denso begitu diminati para pemilik mobil ketika ingin memperbaiki AC mobil mereka. Selain kualitas yang mumpuni dan harga yang bersaing, ketersediaan suku cadang yang begitu banyak membuat Denso menjadi merek favorit untuk AC mobil di Indonesia. Itu kenapa banyak montir Indonesia dan dokter AC mobil yang memakainya.

Ini dia Perbandingan Kualitas dan Harga AC Mobil Denso dengan AC Mobil Lainnya 2

Perbandingan Harga Komponen AC Mobil

Berikut adalah gambaran harga-harga komponen AC Mobil merek Denso yang disediakan bengkel-bengkel AC mobil. Kemudian dibandingkan dengan komponen serupa dari tipe KW. Sebagai perbandingan harga yang sebaiknya Anda ketahui sebelum menentukan merek apa yang akan digunakan untuk mengganti AC baru mobil Anda.

Mohon diingat, ini merupakan kisaran harga saja. Harga didaerah Jakarta Utara, Barat, Timur, Selatan, atau Pusat, mungkin nun jauh Bekasi atau Tangerang perbedaannya akan sedikit saja. Tapi harga akan sangat berbeda di setiap bengkel AC mobil di daerah.

Perbandingan Kualitas dan Harga AC Mobil Denso dengan AC Mobil Lainnya 3

Kompresor

Daihatsu Xenia/avanza DENSO orisinal harganya kisaran 1-2 jutaan.
Daihatsu Zebra DENSO orisinal harganya kisaran 2-3 jutaan.
Daihatsu Terios DENSO orisinal harganya kisaran 1-2 jutaan.
Toyota Innova DENSO orisinal harganya kisaran 2-3 jutaan.
Isuzu Panther/kijang 15C DENSO orisinal harganya kisaran 2-3 jutaan.
Isuzu Panther touring/twincam 15A DENSO orisinal harganya kisaran 2-3 jutaan.
Suzuki Carry Futura Denso orisinal harganya kisaran 2-3 jutaan.
Sanden 505 KW harganya kisaran 1-2 jutaan.
Sanden 505 ori harganya kisaran 2-3 jutaan.
Sanden 507 KW harganya kisaran 1-2 jutaan.
Sanden 507 orisinal harganya kisaran 2-3 jutaan.
Sanden TR (Honda City,CRV,Jazz,Stream) orisinal harganya kisaran 3-4 jutaan.

Kondensor

Toyota Terios DENSO orisinal harganya kisaran 1-2 jutaan.
Daihatsu Xenia/Avanza DENSO orisinal harganya kisaran 1-2 jutaan.
Universal ukuran 14/21 inchi harganya kisaran 1-2 jutaan. KW (carry, espass, panther)
Isuzu Panther DENSO orisinal harganya kisaran 1-2 jutaan.
Toyota Kijang DENSO orisinal harganya kisaran 1-2 jutaan.

Evaporator

Daihatsu Xenia/Avanza DENSO orisinal harganya kisaran 1-2 jutaan.
Daihatsu Xenia/Avanza DENSO KW harganya kisaran 1-2 jutaan.
Daihatsu Taruna DENSO orisinal harganya kisaran 1-2 jutaan.
Suzuki AERIO DENSO orisinal harganya kisaran 1-2 jutaan.

Lain-lain

Double blower APV/Xenia/Avanza KW/Fujicool harganya kisaran 2-3 jutaan.
Double blower APV/Xenia/Avanza orisinal harganya kisaran 3-4 jutaan.
Pipa alumunium 3/8 inchi harganya kisaran 50-100 ribuan.
Pipa tembaga (pipa kuning) 3/8 inchi kisaran 50-100 ribuan.
Ekspansi Toyota Alphard kisaran 400-600 ribuan.
Filter kabin kisaran 50-100 ribuan.
Filter kabin + boks untuk Daihatsu Avanza/Xenia kisaran 200-400 ribuan.
Magnet Clutch (master piece,pulley,magnet/spull) harganya kisaran 1-2 jutaan.

Berikut kisaran harga satu set AC mobil, sudah termasuk ongkos pasang. Konsumen tinggal duduk manis dan terima beres. Catatan, harga tidak tetap, tergantung jenis dan tipe kendaraan.

Unit AC termasuk Kompresor Sanden KW harganya kisaran 4-5 jutaan.

Unit AC termasuk Kompresor Sanden orisinal harganya kisaran 5-6 jutaan.

Seluruh suku cadang DENSO orisinal harganya kisaran 8-9 jutaan.

Membedakan Kompresor Orisinal dengan KW

Sebagai merek yang paling rekomendasi dalam urusan AC mobil, Denso sudah tentu juga jadi favorit untuk dipalsukan. Bengkel-bengkel AC mobil juga umumnya menyimpan stok komponen AC mobil Denso baik yang orisinal maupun KW. Saat Anda membeli sebuah komponen AC mobil pastikan bahwa yang Anda beli adalah barang asli atau palsu (KW).

Melakukan survei harga sebelum membeli komponen AC mobil adalah salah satu cara preventif agar kita tidak salah membeli barang KW. Karena biasanya harga komponen KW akan lebih murah dibanding yang orisinal. Bisa terpaut antara ratusan ribu sampai lebih dari satu juta untuk satu komponen.

Cara yang kedua adalah dengan mengenali ciri-ciri komponen orisinal. Untuk Kompresor orisinal Denso akan terdapat ceplokan kombinasi huruf dan angka. Kombinasi ini terletak stiker di belakang bodi Kompresor. Tulisan harus diperhatikan dengan seksama karena agak samar.

Sementara Kompresor merek Sanden yang orisinal punya ciri yang lain. Komponen Sanden yang orisinal akan terdapat tulisan timbul SANDEN pada bagian belakang dan samping Kompresor. Sementara yang KW tidak ada tulisan pada bodi Kompresor.

Meski demikian, tidak semua merek-merek non orisinal tidak punya kualitas bagus. Ada juga beberapa merek komponen AC mobil KW yang bisa dijadikan alternatif pengganti. Terutama saat uang di kantong belum mencukupi untuk membeli yang orisinal.

Merek-merek komponen AC lain yang layak dipertimbangkan adalah:

1.Paco

Produk yang cukup dikenal dari merk Paco adalah Kondensor dan Evaporator. Kedua komponen produksi Paco tersebut cukup baik untuk dijadikan alternatif dengan harga lebih terjangkau.

2.Formula

Evaporator menjadi produk unggulan dari merek Formula. Kualitas yang tidak kalah dari merek orisinal tapi punya harga yang cukup bersahabat dengan kantong.

3.Yaruki

Yaruki memproduksi kondensor dan Evaporator. Kualitas selang buatan Yaruki cukup bisa dipercaya. Setidaknya bisa menjadi pengganti sementara sampe Anda memiliki uang cukup untuk membeli komponen orisinalnya.

4.Pokka

Evaporator, Kondensor, dan Magnetic Clutch merupakan produk unggulan dari Pokka. Komponen produksi Pokka punya kualitas yang cukup bagus  dan sangat pas dijadkan alternatif yang harganya terjangkau saat harus mengganti Kondensor dan Evaporator mobil.

5.Fujicool

Komponen produksi merek Fujicool antara lain Kompresor, Extra Fan, dan Double Blower. Selain Kompresor, Double Blower merek Fujicool cukup mumpuni ketika Anda ingin meng-upgrade AC mobil dari single blower menjadi double blower.

Semuanya kini terserah Anda, apakah anggaran yang Anda miliki mencukupi untuk membeli AC mobil baru merek Denso orisinal? atau hanya cukup untuk membeli komponen KW saja? Percuma dong mendapatkan perawatan terbaik dari dokter AC mobil. Kalau spare parts tidak asli.

Ingat, apapun merek AC mobil yang Anda gunakan selama dirawat dengan baik maka masa kerjanya pun bisa cukup lama.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.