Rekomendasi Bengkel AC Mobil : Bagaimana Cara Mencegah AC Mobil Bau?

Rekomendasi Bengkel AC Mobil - Bagaimana Cara Mencegah AC Mobil Bau

Share :

Saat mengendarai mobil, tentu kamu ingin berkendara dengan nyaman. Agar berkendara semakin nyaman, maka menyalakan AC adalah solusinya. Dengan AC mobil ruangan didalam mobil akan terasa sejuk dan segar. Kamu pun akan merasa betah berkendara dan tidak mengalami kepanasan karena hawa yang panas.

Namun, seringkali AC mobil kita mengalami masalah. Salah satu masalahnya yaitu AC mobil mengeluarkan bau yang tidak sedap. Karena bau yang tidak sedap inilah membuat kita tidak nyaman untuk berkendara. Bagaimana sih cara agar bau tidak sedap AC mobil bisa hilang ? tentu kamu harus melakukan pencegahan. Berikut adalah cara mencegah AC mobil yang bau.

Rekomendasi Bengkel AC Mobil - Bagaimana Cara Mencegah AC Mobil Bau

Rekomendasi Bengkel AC Mobil : Bagaimana Cara Mencegah AC Mobil Bau?

  1. Membersihkan Saluran-Saluran yang Terdapat di AC

Tempat saluran udara dingin memang rentan terkena bakteri setiap kali pemakaian. Karena sering digunakan debu dan bakteri inilah semakin lama semakin menumpuk di saluran AC mobil. Sehingga kinerja AC Mobil pun akan terganggu.

Kenapa bisa?

Karena efek debu yang terlalu menumpuk akan menimbulkan bau AC mobil yang tidak sedap. Kumpulan dari debu-debu entah bagaimana prosesnya secara biologis. Tetapi yang jelas ada dampak yang tidak terlihat tapi bisa tercium. Maka untuk melakukan pencegahan kita sebagai pemilik mobil perlu rutin bersihkan saluran-saluran yang terdapat di dalam AC.

Setiap hari atau dalam waktu rutin mingguan kita bisa bersihkan sendiri. Tetapi biar hasilnya lebih maksimal ditangan ahlinya. Dalam membersihkan saluran-saluran ini sebaiknya membawanya ke bengkel AC mobil.

  1. Membersihkan Evaporator

Evaporator merupakan tempat yang paling lembab. Karena merupakan tempat yang paling lembab inilah bakteri dan jamur akan semakin mudah untuk berkembang biak. Karena perkembangbiakan bakteri dan jamur inilah yang membuat AC mobil memiliki bau yang tidak sedap. Cara mencegahnya adalah membersihkan evaporator mobil. Sama seperti membersihkan saluran AC mobil, membersihkan evaporator mobil bisa mennggunakan bantuan teknisi bengkel AC mobil.

Baca Juga :  Freon AC Mobil Habis, Kenapa dan Cara Mengatasinya

Untuk lebih rinci masalah membersihkan evaporator mobil ini. Kita pernah membahas 10 langkah mudah membersihkan evaporator AC mobil.

  1. Gantilah Parfum Mobil

Apapun merk dan rasa bau yang kita sukai. Menggunakan parfum mobil sangatlah penting untuk dilakukan. Meski ada saja anomali pada pemilik mobil tertentu. Kalau ada parfum mobil justru merasa mual. Tetapi pengharum mobil itu disarankan.

Parfum mobil akan memberikan aroma yang segar didalam mobil. Namun, jika kamu menggunakan parfum mobil dengan kualitas rendah hal ini justru membuat Ac mobil mengeluarkan bau yang tidak enak. Karena parfum mobil dengan kualitas rendah memiliki kandungan alkohol yang sangat tinggi dan membuatnya pun tidak memenuhi standart kelayakan. Sehingga hal ini lama-kelamaan akan menimbulkan bau tidak sedap pada mobil.

  1. Membersihkan Kabin Mobil

AC yang mengeluarkan bau tak sedap bisa disebabkan karena kotornya kabin mobil. Kabin mobil ini meliputi karpet dasar, jok dan bagian-bagian lainnya yang rentan terkena kotoran. Kabin kendaraan yang kotor pasti terdapat debu yang sangat menumpuk. Debu yang sangat menumpuk inilah menyababkan bau yang tidak sedap. Pada saat membersihkan kabin mobin disarankan untuk menggunaka vacum cleaner. Karena menggunakan vacum cleaner membuat kotoran tersedot dengan bersih. Sehingga tidak ada debu yang menumpuk.

Itulah cara mencegah bau AC mobil yang tentunya sangat mengganggu. Cara diatas, kamu bisa melakukannya sendiri atau menggunakan bantuan teknisi bengkel AC mobil. Lakukan pencegahan secepat mungkin agar tidak terjadi kerusakan pada AC mobil.

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Share :

No comment

Leave a Reply