rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Rem Mobil Berdecit Tidak Boleh Anda Sepelekan! Ini Bahayanya!

Rem mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk menghentikan atau mengurangi kecepatan kendaraan. Rem mobil yang baik harus dapat bekerja dengan efektif, aman, dan nyaman. Namun, terkadang kita mengalami masalah dengan rem mobil, seperti rem mobil berdecit.

Rem mobil berdecit adalah kondisi di mana rem mengeluarkan suara yang tidak normal saat ditekan. Suara ini bisa berupa suara kasar, srek, geseran, gesekan hingga bunyi mengganggu lainnya. Rem mobil berdecit tentu sangat mengganggu kenyamanan berkendara, apalagi jika suaranya keras dan terus-menerus.

Selain itu, rem mobil berdecit juga bisa menandakan adanya kerusakan atau keausan pada rem yang bisa membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui penyebab, pencegahan, dan bahaya dari rem berdecit, serta bagaimana cara mengatasinya.

Pertanyaan Seputar Rem Mobil Berdecit

Meskipun suara decit pada rem tidak selalu menunjukkan masalah serius, tetapi sebaiknya tidak diabaikan. Pemeriksaan dan perbaikan yang cepat dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem rem.
Rem mobil dapat menghasilkan suara decit karena beberapa alasan, seperti gesekan antara kampas rem dan cakram, ausnya komponen rem, atau adanya kotoran di antara komponen-komponen tersebut
.Tidak selalu. Kadang-kadang, pembersihan atau perbaikan mungkin sudah cukup. Namun, jika ada kerusakan serius atau komponen rem sudah terlalu aus, penggantian mungkin diperlukan.
Anda dapat melakukan pemeriksaan visual pada komponen rem, termasuk kampas rem dan cakram, untuk melihat apakah ada tanda-tanda keausan atau kotoran. Selain itu, perhatikan apakah suara decit muncul saat rem digunakan atau tidak.

Bahaya Rem Mobil Berdecit

rem mobil berdecit

 

Masalah rem mobil berdecit sangatlah mengancam keselamatan Anda ketika berkendara. Ada beberapa bahaya dari rem mobil berdecit, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menurunkan Efektivitas Pengereman

Bahaya pertama yang ditimbulkan dari masalah rem mobil berdecit adalah bisa menurunkan efektivitas pengereman, karena gesekan antara kampas rem dan cakram rem tidak optimal. Hal ini bisa menyebabkan jarak pengereman menjadi lebih panjang, waktu pengereman menjadi lebih lama, dan daya pengereman menjadi lebih lemah. Akibatnya, risiko terjadinya kecelakaan menjadi lebih tinggi, terutama saat berkendara di jalan yang licin, berlubang, atau menanjak.

2. Meningkatkan Panas Pada Rem

Selain itu, rem mobil berdecit juga bisa meningkatkan panas pada rem, karena gesekan antara kampas rem dan cakram rem menjadi lebih besar. Hal ini bisa menyebabkan rem menjadi panas berlebih, yang bisa merusak komponen rem lainnya, seperti seal, piston, atau selang rem. Akibatnya, rem bisa mengalami kebocoran, macet, atau bahkan meledak.

3. Mengurangi Kenyamanan Berkendara

Rem mobil berdecit juga bisa mengurangi kenyamanan berkendara, karena suara berdecit yang mengganggu telinga dan pikiran. Hal ini bisa menyebabkan stres, kelelahan, atau kurang konsentrasi saat berkendara. Akibatnya, kualitas berkendara menjadi menurun, dan risiko terjadinya kesalahan menjadi lebih besar.

Penyebab Rem Mobil Berdecit

rem mobil berdecit

Seperti yang Anda baru saja baca dan pahami, masalah rem mobil berdecit ini sangatlah mengancam keselamatan Anda dalam berkendara. Pertanyaan berikutnya adalah apa saja yang dapat menjadi faktor penyebab dari masalah rem mobil berdecit? Ada beberapa penyebab timbulnya masalah rem mobil berdecit, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kotoran atau Debu Pada Rem

Kotoran atau debu yang menempel pada rem bisa menyebabkan gesekan antara kampas rem dan cakram rem, sehingga menghasilkan suara berdecit. Kotoran atau debu ini bisa berasal dari lingkungan sekitar, seperti tanah, pasir, lumpur, atau air. Dan kotoran atau debu ini bisa dibersihkan dengan cara menyemprotkan air bertekanan tinggi pada rem atau membersihkannya dengan kain lap.

2. Keausan Pada Kampas Rem

Kampas rem adalah bagian dari rem yang berfungsi untuk memberikan tekanan pada cakram rem saat rem ditekan. Kampas rem yang sudah aus atau tipis akan mengurangi efektivitas pengereman dan menimbulkan suara berdecit.
Lalu, keausan pada kampas rem bisa disebabkan oleh penggunaan rem yang terlalu sering, terlalu keras, atau tidak merata. Kampas rem yang sudah aus atau tipis harus segera diganti dengan yang baru.

3. Ketidaksesuaian antara Kampas Rem dan Cakram Rem

Kemudian, ketidaksesuaian antara kampas rem dan cakram rem bisa terjadi karena kualitas, ukuran, atau jenis kampas rem dan cakram rem yang tidak cocok. Ketidaksesuaian ini bisa menyebabkan gesekan yang tidak optimal antara kampas rem dan cakram rem, sehingga menghasilkan suara berdecit. Ketidaksesuaian ini bisa dihindari dengan memilih kampas rem dan cakram rem yang sesuai dengan spesifikasi dan merek mobil.

4. Kerusakan Pada Cakram Rem

Cakram rem adalah bagian dari rem yang berbentuk piringan logam yang berputar bersama roda. Cakram rem yang rusak, bengkok, retak, atau bergelombang bisa menyebabkan gesekan yang tidak merata antara kampas rem dan cakram rem, sehingga menghasilkan suara berdecit. Kerusakan pada cakram rem bisa disebabkan oleh benturan, panas berlebih, atau keausan. Cakram rem yang rusak harus segera diperbaiki atau diganti dengan yang baru.

5. Kurangnya pelumas pada rem

Pelumas pada rem berfungsi untuk mengurangi gesekan dan panas antara kampas rem dan cakram rem, sehingga menghindari suara berdecit. Pelumas pada rem bisa berupa grease, oli, atau pasta rem. Pelumas pada rem harus rutin diperiksa dan diganti jika sudah kering atau habis. Pelumas pada rem harus sesuai dengan jenis dan spesifikasi rem.

Baca Juga : Rem Blong dan 8 Penyebab Yang Penting Anda Ketahui

Pencegahan Rem Mobil Berdecit

rem mobil berdecit

Agar Anda tidak mengalami bahaya dari rem mobil berdecit, maka Anda perlu melakukan upaya pencegahan. Dalam hal ini terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Melakukan Perawatan Rutin Pada Rem

Perawatan rutin pada rem adalah cara terbaik untuk mencegah rem berdecit. Perawatan rutin pada rem meliputi pemeriksaan, pembersihan, pelumasan, penyetelan, dan penggantian komponen rem yang sudah aus atau rusak. Perawatan rutin pada rem harus dilakukan secara berkala, sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh produsen mobil atau bengkel resmi.

2. Menggunakan Rem Dengan Bijak

Menggunakan rem dengan bijak adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi keausan dan kerusakan pada rem, sehingga mencegah rem berdecit. Menggunakan rem dengan bijak meliputi menghindari pengereman mendadak, mengurangi kecepatan sebelum berhenti, mengatur jarak aman dengan kendaraan di depan, dan menghindari pengereman terus-menerus saat menuruni bukit atau tanjakan.

3. Memilih Kampas Dan Cakram Rem Yang Berkualitas

Memilih kampas rem dan cakram rem yang berkualitas adalah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja dan ketahanan rem, sehingga mencegah rem berdecit. Dan memilih kampas rem dan cakram rem yang berkualitas meliputi memilih kampas rem dan cakram rem yang sesuai dengan spesifikasi dan merek mobil, memilih kampas rem dan cakram rem yang memiliki sertifikat standar mutu, dan membeli kampas rem dan cakram rem di toko atau bengkel resmi.

Baca Juga : Mau Ganti Kampas Rem? Ini 12 Merk Kampas Rem Terbaik Untuk Mobil Anda

Banner Website Shaking Machine 1

Segera Atasi Rem Mobil Berdecit Dengan Rutin Melakukan Perawatan Dan Perbaikan di Rotary Bintaro! Ada Shaking Machine Lho!

rem mobil berdecit

Rem mobil berdecit adalah masalah yang harus segera diatasi, karena bisa membahayakan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Jika Anda mengalami rem berdecit, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengandalkan Rotary Bintaro sebagai solusinya.

Rotary Bintaro merupakan bengkel mobil dengan sepak terjang yang begitu panjang di Indonesia. Bengkel ini sendiri telah berdiri selama lebih dari 20 tahun! Tingginya jam terbang yang dimiliki Rotary Bintaro tentu membuatnya memiliki berbagai macam pengetahuan dan kemampuan dalam penanganan berbagai macam masalah mobil, termasuk masalah rem mobil berdecit.

Tingginya jam terbang tersebut juga dibarengi dengan tingginya reputasi positif yang dimiliki oleh Rotary Bintaro. Ini terbukti dari banyaknya orang yang menjadi pelanggan setia di Rotary Bintaro karena merasa puas dengan hasil pelayanan dan pengerjaan di Rotary Bintaro. Reputasi positif tersebut juga tercermin dari berbagai komentar dan ulasan positif yang diterima oleh Rotary Bintaro.

Lebih kerennya lagi, sebagai bengkel yang memiliki reputasi positif selama lebih dari 20 tahun, Rotary Bintaro menyediakan teknologi yang begitu canggih. Teknologi terbaru yang ada di Rotary Bintaro adalah shaking machine! Bahkan, Rotary Bintaro menjadi bengkel pertama di Indonesia yang memiliki teknologi shaking machine kaki kaki mobil lho!

Apa itu shaking machine kaki kaki mobil? Teknologi shaking machine kaki kaki mobil ini merupakan teknologi terbaru dalam dunia otomotif yang dapat memberikan analisa cepat dan akurat untuk masalah kaki kaki mobil termasuk masalah pada rem mobil. Shaking machine kaki kaki mobil ini memanfaatkan guncangan hidrolik yang dapat memberikan simulasi guncangan pada kaki kaki mobil seolah sedang melewati jalan yang bergelombang dan tidak rata.

Dari hasil simulasi guncangan tersebut barulah nanti akan ditemukan apa masalahnya hingga sumber masalahnya dengan jauh lebih cepat dan akurat. Ketika analisa masalahnya tepat maka tentu solusi yang diambil juga jauh lebih tepat. Anda dipastikan tidak akan mengalami pergantian komponen yang tidak perlu, karena analisanya bukanlah tebakan semata melainkan hasil dari analisa mesin yang canggih.

Lebih dari itu, Anda juga tidak perlu khawatir soal harga. Melakukan service di Rotary Bintaro akan membuat Anda terhindar dari biasa tidak pasti yang biasa ditemukan di bengkel umumnya. Bagaimana bisa? Ini dikarenakan Rotary Bintaro menyediakan layanan konsultasi GRATIS lho!

Iya… GRATIS! Sebelum melakukan service, Anda dapat terlebih dahulu melakukan konsultasi untuk mendapat pemahaman apa masalah pada mobil Anda, seberapa jauh kerusakannya, solusi apa yang dapat diambil serta bagaimana kisaran biaya yang akan Anda bayarkan. Ini tentu membuat harga yang ada di Rotary Bintaro menjadi jauh lebih transparan karena segalanya dengan jelas dipaparkan diawal.

Kunjungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...