rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Roda Belakang Bunyi Ngik Ngik? Hati-Hati! Ini Akibatnya!

Kaki kaki mobil memegang peranan yang begitu penting dalam kenyamanan dan keamanan Anda dalam berkendara, mulai dari guncangan yang diserap dengan sangat halus, kemiringan yang stabil ketika berbelok, rem mobil yang responsif hingga putaran roda yang lancar dan seimbang merupakan hasil dari kinerja kaki kaki mobil yang berjalan dengan maksimal.

Namun sayangnya, kaki kaki mobil ini begitu sering untuk mengalami masalah. Ini tidaklah mengherankan karena kaki kaki mobil berhubungan langsung dengan guncangan yang ada di sepanjang jalan. Salah satu masalah pada kaki kaki mobil yang sangat sering terjadi dan dialami oleh banyak pemilik mobil adalah masalah roda belakang bunyi ngik ngik pada mobil.

Masalah roda belakang bunyi ngik ngik ini tidak boleh Anda remehkan karena dapat menjadi pertanda adanya masalah pada komponen kaki kaki mobil. Jika dibiarkan, kerusakan lebih serius akan terjadi dan dapat mengancam kenyamanan bahkan keamanan Anda ketika berkendara. Untuk itulah, dalam artikel kali ini kita akan bahas secara mendalam soal masalah roda belakang bunyi ngik ngik ini. Seperti apa ya kira-kira? Mari kita bahas bersama!

Pertanyaan Seputar Roda Belakang Bunyi Ngik Ngik

Anda dapat mengidentifikasi sumber bunyi tersebut dengan mendengarkan secara seksama saat kendaraan bergerak, mencoba menentukan apakah bunyi tersebut berasal dari salah satu roda belakang atau dari bagian lainnya. Selain itu, perhatikan juga apakah bunyi tersebut muncul saat kendaraan berakselerasi, melambat, atau saat berbelok.
Meskipun bunyi tersebut tidak selalu menunjukkan adanya bahaya langsung, namun dapat menjadi tanda adanya masalah yang perlu segera diperbaiki. Jika dibiarkan terus-menerus, masalah pada roda belakang dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut dan bahkan mengancam keselamatan berkendara.
Solusi tergantung pada penyebabnya. Jika masalahnya adalah keausan pada bearing, biasanya perlu dilakukan penggantian. Untuk masalah suspensi atau pengereman, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mungkin penggantian komponen yang rusak. Penting untuk menghubungi bengkel atau mekanik terpercaya untuk melakukan perbaikan yang tepat.
Jika Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup, serta peralatan yang sesuai, Anda mungkin bisa melakukan beberapa perawatan atau perbaikan sederhana sendiri. Namun, untuk masalah yang kompleks atau jika Anda tidak yakin, sebaiknya serahkan kepada profesional untuk menghindari risiko lebih lanjut.

Penyebab Roda Belakang Bunyi Ngik Ngik

Roda Belakang Bunyi Ngik Ngik

Roda belakang bunyi ngik ngik pada mobil seringkali menjadi indikasi adanya masalah yang perlu segera ditangani. Beberapa penyebab umumnya mungkin terlihat sepele, namun sebaiknya tidak diabaikan. Mengetahui penyebab roda belakang bunyi ngik ngik dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah lebih awal dan mencegah kerusakan yang lebih serius pada kendaraan Anda. Berikut ini adalah beberapa penyebab roda belakang bunyi ngik ngik :

Baut Ataupun Mur Kendor

Salah satu penyebab umum roda belakang bunyi ngik ngik adalah baut atau mur yang kendor. Kondisi ini dapat terjadi akibat getaran saat berkendara atau karena kurangnya perawatan. Baut atau mur yang kendor dapat menyebabkan komponen-komponen roda tidak terpasang dengan sempurna, sehingga menyebabkan gesekan yang menghasilkan suara tersebut.

Pelepasan Pelatuk Rem Yang Tidak Sempurna

Kedua, pelepasan pelatuk rem yang tidak sempurna juga dapat menjadi penyebab roda belakang bunyi ngik ngik. Pelatuk rem yang tidak dilepas sepenuhnya saat Anda melepaskan pedal rem dapat menyebabkan gesekan yang tidak diinginkan antara komponen-komponen rem dan roda. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem rem dan mengurangi efisiensi pengereman.

Kurangnya Pelumas

Kurangnya pelumas pada komponen komponen roda belakang juga dapat menyebabkan roda belakang bunyi ngik ngik yang tidak diinginkan. Gesekan yang berlebihan akibat kurangnya pelumas dapat menghasilkan suara berdecit atau berderit saat roda berputar. Pastikan untuk secara teratur memeriksa dan melumasi komponen-komponen roda belakang, seperti bearing dan persendian, untuk menjaga agar roda berputar dengan lancar dan mengurangi gesekan yang tidak perlu.

Sudut Roda Tidak Selaras

Sudut roda yang tidak selaras atau tidak tepat juga dapat menyebabkan roda belakang bunyi ngik ngik pada mobil kesayangan Anda. Sudut roda yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrik dapat menghasilkan gesekan yang berlebihan pada bagian-bagian roda, seperti bearing dan suspensi. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen tersebut serta mengurangi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Baca Juga : Spooring Adalah Perawatan Penting? Benarkah Demikian?

Compound Ban Terlalu Lunak

Pemilihan compound ban yang terlalu lunak juga bisa menjadi penyebab roda belakang bunyi ngik ngik. Compound ban yang terlalu lunak cenderung lebih cepat aus dan rentan terhadap deformasi saat digunakan. Hal ini dapat menghasilkan gesekan yang tidak normal antara ban dan permukaan jalan, menghasilkan suara ngik ngik yang tidak diinginkan.

Akibat Membiarkan Roda Belakang Bunyi Ngik Ngik

Roda Belakang Bunyi Ngik Ngik

Membiarkan masalah roda belakang bunyi ngik ngik tanpa penanganan yang tepat dapat mengakibatkan beberapa konsekuensi negatif yang berdampak pada kinerja dan keamanan kendaraan Anda.

Pertama, masalah pada roda belakang dapat menyebabkan ketidakstabilan saat berkendara. Suara “ngik ngik” biasanya disebabkan oleh gesekan yang tidak normal antara komponen-komponen roda. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan kendaraan dan membuatnya sulit untuk dikendalikan, terutama saat berbelok atau melakukan manuver lainnya. Ketidakstabilan ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan, terutama pada kecepatan tinggi atau dalam kondisi jalan yang buruk.

Kedua, membiarkan masalah pada roda belakang tidak diatasi dapat memperburuk kerusakan. Suara “ngik ngik” sering kali menjadi indikasi adanya masalah pada komponen-komponen roda, seperti baut yang kendor atau bearing yang aus. Jika masalah ini dibiarkan terus-menerus, kerusakan pada komponen-komponen tersebut dapat bertambah parah. Akibatnya, biaya perbaikan yang diperlukan pun akan semakin besar, dan kendaraan Anda akan mengalami downtime yang lebih lama.

Ketiga, masalah pada roda belakang dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Suara “ngik ngik” yang terus-menerus dapat mengganggu pengemudi dan penumpang, membuat pengalaman berkendara menjadi tidak menyenangkan. Selain itu, ketidaknyamanan ini juga dapat mengindikasikan adanya masalah pada suspensi atau sistem roda lainnya yang dapat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

Terakhir, membiarkan roda belakang mengeluarkan suara “ngik ngik” dapat mengurangi umur pakai komponen-komponen roda. Gesekan yang berlebihan akibat masalah pada roda dapat menyebabkan ausnya komponen-komponen seperti bearing, per, atau bagian suspensi lainnya. Penggunaan kendaraan dengan komponen yang aus dapat meningkatkan risiko kerusakan serius dan bahkan kegagalan komponen saat berkendara, yang dapat membahayakan keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk segera menangani masalah pada roda belakang yang mengeluarkan suara “ngik ngik” untuk mencegah terjadinya akibat negatif yang lebih serius. melakukan pemeriksaan berkala pada komponen-komponen roda dan melakukan perbaikan atau penggantian yang diperlukan sesuai dengan rekomendasi mekanik atau teknisi otomotif yang terpercaya.

WhatsApp Image 2024 02 03 at 11.31.45 AM

Solusi Mengatasi Roda Belakang Bunyi Ngik Ngik

Roda Belakang Bunyi Ngik Ngik

Untuk mengatasi masalah roda belakang bunyi ngik ngik pada mobil kesayangan Anda, berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan :

  1. Periksa dan Kencangkan Baut dan Mur : Mulailah dengan memeriksa kekencangan baut dan mur pada roda belakang. Pastikan bahwa semua baut dan mur terpasang dengan benar dan kencang. Jika ditemukan baut atau mur yang kendor, segera kencangkan dengan alat yang sesuai.
  2. Periksa dan Bersihkan Komponen Rem : Periksa pelatuk rem dan pastikan bahwa mereka terpasang dengan sempurna. Bersihkan dan periksa apakah ada kotoran atau debris yang mengganggu fungsi pelatuk rem. Pastikan juga sistem rem bekerja dengan baik dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika diperlukan.
  3. Lumasi Komponen-Komponen : Berikan pelumas pada komponen-komponen roda belakang yang mungkin mengalami gesekan berlebihan, seperti bearing, per, dan persendian. Pastikan untuk menggunakan pelumas yang sesuai dengan jenis material komponen dan ikuti petunjuk penggunaan yang disarankan.
  4. Periksa dan Setel Ulang Sudut Roda : Pastikan bahwa sudut roda pada roda belakang sudah sesuai dengan spesifikasi pabrik. Jika diperlukan, lakukan penyetelan ulang sudut roda agar sesuai dengan rekomendasi produsen. Ini akan membantu mengurangi gesekan yang tidak normal dan memastikan keseimbangan serta stabilitas kendaraan saat berkendara.
  5. Pertimbangkan Penggantian Ban : Jika suara “ngik ngik” disebabkan oleh compound ban yang terlalu lunak atau ban yang aus secara tidak merata, pertimbangkan untuk mengganti ban dengan yang baru. Pilih ban dengan compound yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi penggunaan kendaraan Anda untuk menghindari masalah serupa di masa depan.
  6. Konsultasikan dengan Mekanik : Jika Anda tidak yakin atau tidak mampu menangani masalah ini sendiri, sebaiknya konsultasikan dengan mekanik atau bengkel terpercaya. Mekanik yang terlatih akan dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan solusi yang tepat sesuai dengan kondisi kendaraan Anda.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas secara berkala dan rutin, Anda dapat mengatasi masalah roda belakang bunyi ngik ngik sekaligus memaksimalkan peformanya.

Oh iya, jangan lupa untuk melakukan service kaki kaki mobil secara berkala ya! Ini menjadi langkah paling efektif untuk mencegah berbagai masalah pada kaki kaki mobil, termasuk masalah roda belakang bunyi ngik ngik. Pertanyaannya adalah dimana sih bengkel kaki kaki mobil yang dapat diandalkan? Satu bengkel yang sangat kami rekomendasikan adalah Rotary Bintaro. Dengan pengalaman selama lebih dari 20 tahun, Rotary Bintaro memiliki berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi masalah pada kaki kaki mobil.

Lebih dari itu, Rotary Bintaro juga merupakan bengkel pertama di Indonesia yang menyediakan Kyoto Shaking Machine lho! Hadirnya teknologi canggih ini tentu membuat service kaki kaki mobil memiliki hasil yang lebih cepat, tepat dan akurat! Bagaimana bisa? Ini dikarenakan Kyoto Shaking Machine memanfaatkan guncangan hidrolik yang mampu untuk memberikan simulasi guncangan pada mobil Anda, tanpa feeling dan tanpa dibawa keliling!

Kunjungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...