Apa Saja Jenis Service AC Mobil?

Hai #SahabatRotary

AC mobil memiliki peran yang cukup besar dalam proses berkendara. Meski peranan AC mobil masih dibawah mesin mobil. Keberadaannya AC mobil sangat berpengaruh untuk kenyamanan semua penumpang. Jika AC mobil tidak dirawat dengan baik. Maka kinerja AC mobil bisa turun bahkan bisa sampai rusak. Jika sudah begitu maka Anda harus lebih memperhatikan AC mobil daripada mesinnya. Lakukan segera service rutin ya.

Lihat Juga : Begini Jadinya Kalau YOUTUBER Main ke Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro : #ServiceACMobil Agya

Sebisa mungkin lakukan service rutin agar tidak terjadi kerusakan yang terlanjur parah. Saat kerusakan tidak diketahui dan mobil tetap digunakan seperti sedia kala maka akan ada kemungkinan kerusakan bisa menyebar ke bagian mobil yang lain. Jika hal ini sudah terjadi maka biaya yang akan dikeluarkan menjadi lebih banyak dan waktu perbaikan bisa lebih lama dari biasanya.
Jika berbicara tentang service AC mobil maka harus diketahui jika terdapat beberapa jenis service, diantaranya:

Apa Saja Perbedaan Service Kecil, Medium dan Besar?

SERVICE KECIL

1. Kisaran Harga

Jika melakukan service kecil maka biaya yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
a. Jika Anda akan melakukan service mobil Eropa maka lebih disarankan minimum service endoscopy dan kisaran harganya bisa lebih dari 1,5 juta.
b. City Car harganya sekitar 300.000 hingga 500.000
c. MPV/SUV harganya sekitar 350.000 hingga 450.000

2. Estimasi Waktu

Waktu pengerjaan yang dibutuhkan untuk service kecil ini kurang lebih antara 15 – 30 menit.

3. Pelayanan Meliputi

Ketika melakukan service kecil, tindakan yang dilakukan meliputi pembersihan evaporator, pengisian freon R134, service blower, service condensor TANPA BONGKAR, serta penggantian filter kabin. Atau bisa juga pembersihan evaporator dengan endoscopy, service blower dan condensor. Namun harus diingat jika jasa yang dilakukan bisa berbeda-beda pada tiap mobil.

SERVICE MEDIUM

1. Kisaran Harga

a. Untuk mobil Eropa, biaya yang dibutuhkan bisa lebih dari 1,5 juta.
b. City Car harganya sekitar 700.000 hingga 800.000
c. MPV/SUV harganya sekitar 800.000 hingga 900.000

2. Estimasi Waktu

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan service medium kurang lebih antara 45 – 60 menit.

3. Pelayanan Meliputi

Ketika memilih service medium maka pelayanan yang didapatkan meliputi service evaporator with endoscopy, service blower, service condensor, ganti dryer filter, ganti filter kabin, vacum oli kompresor, dan pengisian freon/refrigerant R134.

SERVICE BESAR

Service besar merupakan jenis service terakhir yang tentunya akan memakan waktu lebih lama daripada jenis yang lain, begitu juga dengan kisaran harganya, yaitu:

1. Kisaran Harga

a. Untuk mobil Eropa, biaya yang dibutuhkan bisa lebih dari 2,5 juta.
b. City Car harganya sekitar 1 juta hingga 1,5 juta
c. MPV/SUV harganya sekitar 1,5 juta hingga 2 juta

2. Estimasi Waktu

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan service besar pada mobil Jepang kurang lebih 3 hingga 4 jam. Berbeda dengan mobil Eropa, Amerika, Korea, CBU yang membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1 hingga 2 hari.

3. Pelayanan Meliputi

Ketika melakukan service besar maka pelayanan yang dilakukan meliputi service evaporator, service blower, service condensor, ganti dryer filter, ganti expansion valve, ganti filter kabin, flushing system saluran ac, vacum oli kompresor, pengisian Freon/refrigerant R134.

Baca juga : Tidak Cuma Mesin Mobil yang Perlu di Service Rutin AC Mobil Juga

Itulah sedikit ulasan tentang service AC mobil : apa saja perbedaan service kecil, medium, dan besar. Dan dari ulasan tersebut sangat terlihat jelas jika semakin besar service yang dilakukan maka waktu pengerjaan akan semakin lama dan biaya yang dibutuhkan juga semakin mahal.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat

booking service