fbpx

Service AC Mobil Mahal? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini!

Cegah Corona dengan Bengkel Service AC Mobil Terdekat di Jakarta 2

Hai #SahabatRotary

Service AC Mobil mahal?

Yakin?

Service pada AC mobil memang membutuhkan biaya yang cukup tinggi, tetapi Anda bisa menyiasatinya, mari simak semua penjelasan berikut!

AC atau air conditioner merupakan bagian dari mobil yang berfungsi sebagai penyejuk dan pembersih udara merupakan komponen yang pada saat ini sudah menjadi kebutuhan pada kendaraan beroda empat. AC pun memerlukan perawatan yang khusus seperti pada mesin lainnya atau sering disebut dengan service berkala agar AC bisa bekerja dengan baik. Perawatan AC itu sendiri harus lah sangat diperhatikan karena jika diabaikan dan menimbulkan masalah yang cukup serius makan biaya service yang dipelukan akan lebih besar dan terjadi pemborosan.

AC atau air conditioner pada mobil ini memiliki banyak komponen tetapi komponen yang sering bermasalah dan diservice adalah pada bagian kompresor. Jika AC pada mobil disservice secara berkala, maka kompresor yang digunakan akan lebih awet dan umurnya bisa lebih lama dan bisa berpengaruh pada anggaran yang dikeluarkan karena harus mengganti komponen yang rusak.

Kompresor pada AC mobilpun mempunyai komponen komponen lain misalnya piston. Piston pada komponen kompresor AC mobil ini memiliki pelumas didalamnya untuk membantu kinerja yang dilakukan. Jika kompresor AC mobil luput dari perawatan maka akan mengakibatkan pelumas didalam piston akan cepat habis dan kering. Pelumas berfungsi sebagai pelindung ketidak gesekan terjadi ketika kerja mesin sedang berlangsung dan akan emngakibatkan mesin kompresor berumur pendek atau cepat rusak. Jika kompresor rusak makan akan mempengaruhi performa mesin AC pada mobil menjadi kurang baik dan AC mbilpun akan menjadi terasa kurang dingin atau masalah paling parah adalah AC tidak akan berfungsi sama sekali. Adapun tanda-tanda AC moil yang rusak karena kurangnya perawatan adalah keluarnya suara bising seperrti suara dengkuran tetapi udara yang dikeluarkan kurang terasa.

Didalam AC mobil sebenarnya memiliki 2 komponen penting yakni komponen utama dan komponen penunjang yang sering juga disebur dengan sparepart kecil. Komponen komponen itu meiliputi kompresor, evapator, kondensor, valve (out dan in) dan receiver dried. Komponen komponen tersebut akan berfungsi sebagai penunjang kinerja pada AC mobil dan jika ada salah satu komponen tersebut yang memiliki masalah maka akan berpengaruh pada performa menjadi kurang optimal.

Lalu akan muncul pertanyaan kapan #SahabatRotary yang mengeluh Service AC Mobil mahal harus mengecek kondisi AC pada mobil?

Mari kita lihat semua permasalahan-permasalahn yang terjadi dan solusinya.

Service AC yang dilakukan pada bagian mobil ini terdiri dari dua jenis pengerjaan, yaitu ada basic service dan juga advance service. Basic servie sendiri dilakukan jika mobil Anda sudah menempuk jarak sejauh 10.000 km – 20.000 km atau jika sudah berusia sekitar 1 tahun. Jika anda berada diperkotaan dan sering bepergian menggunakan mobil itu dan memiliki tingkat polusi yang cukup tinggi maka jika mobil Anda sudah menepuh 10.000 km maka diwajibkan untuk segera melakukan service pada AC mobil Anda karena polusi akan menjadikan mesin pada AC mobil cepat kotor dan berdebu.

Pada perbaikan AC tipe basic servie yang sempat disinggung tadi, biasanya bengkel AC mobil akan memeriksa terlebih dahulu lalu akan dilakukan perawatan pada bagian kompresor seperti misalnya mengganti oli dan akan dilakukan juga permbersihan kotoran kotoran yang menempel pada bagian tersebut. Sesudah pembersihan dilakukan, kemudian bagian receiver dryer dan filter pada kabin akan diganti karena bagian tersebut merupakan komponen sekali pakai.

Selain tipe basic service seperti yang sudah disebutkan ada juga tipe perbaikan advance service biasanya rutin dilakukan sekitar 2 tahun sekali. Pada tipe advance service ini perbaikan komponen yang dilakukan lebih banyak. Contohnya perawatan yang dilakukan pada bagian kompresor, evapator dan pada bagian kondensor. Kemudain ada komponen lainnya seperti expansion valve, receiver dryer dan filter pada kabin yang akan diganti. Karena komponen yang diperiksa pada tipe ini lebih banyak maka durasi pengerjaan tipe ini akan lebih lama dibandingkan tipe basic service, tergantung pada kesulitan komponen AC yang ada pada mobil #SahabatRotary yang mengeluh Service AC Mobil mahal.


BERAPA PERKIRAAN BIAYA SERVICE AC MOBIL?

Service AC mobil biasanya sering dilakukan pada interval 10.000 KM atau 20.000 tergantung pada kondisi tempat dan jalan yang Anda lalui setiap hari, apakah dilingkungan perkotaan yang tingkat folusi dan kemacetannya lebih lebih tinggi atau tempat dan jalan yang Anda lalui termasuk lingkungan desa yang memiliki tingakat folusi dan kemacetan yang lebih sedikit? Itupun mempengaruhi waktu atau interval perawatan yang harus dilakukan pada AC mobil Anda.
Item yang biasanya dicek ketika dilakukan perawatan atau servie AC mobil meliputi ;

a. Flushing sistem pada AC

Flushing adalah proses perawatan yang dilakukan pada sistem komponen AC mobil. Perawatan ini diantaranya meliputi pembersihan saluran bagian dalam AC mobil dari berbagai kotoran yang masuk dan menempel. Kegunaan pembersihan saluran ini supaya sistem pada AC mobil terbebas dari semua kotoran misalnya oli pelumas yang kotor dan menjadikan performa AC mbil menjadi optimal. Cara kerja dengan menggunakan mesin flushing sudah menggunakan sistem yang modern sehingga banyak yang bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Penggunaan dengan menggunakan sistem flshing juga dapat meminimalisir pengeluaran biaya yang dibutuhkan untuk perawatan dan service AC mobil. Selain meminimalisir biaya yang akan dikeluarkan,sistem ini juga mempunyai manfaat lainnya yaitu waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat, pemakaian menjadi lebih fleksibel.

Mengapa waktu yang dibutuhkan menjadi lebih sebentar? Karena cara kerja pada sistem flushing ini sudah modern, membuat para mekanik tidak perlu membuang waktu untuk membongkar semua komponen-komponen yang ada didalam AC mobil.

Perlu diketahui jika mesin flushing itu snediri bisa dibawa kemana saja, service memakai sistem ini juga bisa meminta pihak bengkel untuk perawatan AC mobil dengan panggilan, jika Anda sangat sibuk dan tidak ada waktu untuk pergi kebengkel maka mekanis bisa datang ketempat Anda berada.

b. Pengecekan dan pembersihan blower 

BAGAIMANA CARA MEMBERSIHKAN BLOWER PADA AC MOBIL
Sebenarnya membersihkan blower pada AC bisa dilakukan sendiri tetapi jika Anda kurang faham tentang mesih yang ada didalam AC mobil lebih baik menyerahkan kepada ahlinya. Berikut adalah tahapan pembersihan blower pada AC mobil :

Membuka bagian kapmesin mobil terlebih dahulu

Langkah paling awal yang bisa Ana lakukan ketika membersihkan blower tentu saja membuka kap mesin mobil. Namun perlu Anda ketahui bahwa mebuka kap mesin tidak bisa asal-asalan karena apabila Anda tidak memahami cara membukanya maka akan terjadi kerusakan pada bagian lain.

– Mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan
Peralatan sebagai penunjak pembersihan blower sangatlah diperlukan. Apa saja peralatan penunjang yang dibutuhkan? Diantaranya Anda harus menyiapkan wadah untuk menampung cairan yang ada didalam komponen AC mobil

– Menempatkan wadah yang sudah disiapkan pada selang saluran pembuangan

Tahap selanjutnya adalah meletakkan wadah kecil pada bagian saluran pembuangan. Posisinya berada di bagian sebelah kanan mesin. Untuk detail Anda bisa melihat di bagian depan dari dashboard mobil Anda.

– Membuka bagian laci di bagian dashboard mobil
Laci blower AC mobil harus dilepaskan terlebih dahulu, lepaskan secara perlahan agar tidak terjadi kerusukan pada bagian blower maupun bagian lain AC. Setelah lacinya dilepaskan, bersihkan hingga dirasa cukup bersih dan keluarkan barang yang tidak seharusnya berada disana karena jika bobotnya terlalu berat makan akan mengakibatkan rusaknya laci dan komponen lain yang berada didalam AC mobil Anda.

– Pasangkan selang pada ujung semprotan AC cleaner
Proses pemasangan selang ini bertujuan unruk menghubungkan antara kedua sisi dan nantinya akan memudahkan ketika sedang dilakukan pembersihan. Mebuat lebih efektif dan efisien.

– Hidupkan mesin mobil dan AC mobil
Sebelum menyemprotkan cairan AC cleaner Anda harus menyalakan mesin mobil terlebih dahulu. Mengapa demikian? Agar mesin AC pada mobil menyala jikat tidak, proses penyemprotan tidak akan bekerja.

– Cara menyemprotkan AC cleaner

Setelah Anda menyalakan mobil dan AC, sebaikan tidak langsung menyemprotkan tetapi tunggu beberapa saat agar mobil bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu, setelah dirasa cukup tunggu sekitar 5 menit lalu semprotkan cairan AC cleaner jangan lupa untuk menyimpan wadah di bawah selang blower untuk menampung Ciaran. Semprotkan Ciaran dengan perlahan hingga benar-benar habis, tutupi jok mobil dengan kertas atau koran. Setelah cairan AC cleaner habis, biarkan AC mobil tetap menyala selama kurang lebih 15 menit hingga blower AC bersih. Setelah blower bersih pasangkan semua bagian pada tempat semula sesuai pekerjaan Anda ketika melepasnya.

• Ganti oli pada kompresor : Rp. 700.000
• Penggantian receiver dryer : mulai dari Rp. 90.000
• Permbersihan pada filter kabin : Rp.100.000 – Rp. 130.000
• Penggantian freon pada AC (jika perlu) : Rp. 350.000

Untuk biaya jasa sendiri berbeda di tiap bengkel AC. Tipe mobil yang digunaanpun mempengaruhi harga yang harus dikeluarkan misalnya harga service pada AC untuk jenis mobil keluaran jeoang bisa lebih murah yaitu sekitar Rp.300.000 sementara jika mobil Anda keluaran Eropa bisa mencapai Rp. 1.200.000 hal ini dikarenakan sistem sirkulasi yang lebih kompleks dan ruang service biasanya lebih sempit hingga diperlukan alat yang lebih banyak dan detail dan juga perlu dilakukan pembongkaran yang lebih banyak pada komponen dalam artian tenaga dan waktu yang dibutuhkan akan lebih banyak.
Jika ada sparepart yang memang harus diganti seperti misalnya menggantik receiver dryer, oli kompresor atau mengganti Freon maka biaya tinggal dikalkulasikan saja.

– Mengganti oli pada kompresor
Kompresor AC memiliki pelumas untuk menunjuka kerja dari mesin kompresor akan tetapi oli pelumas pada bagian kompresor tidak seperti oli mesin, terlihat lebih bening aman saat menyatu dengan Freon. Apabila oli pelumas kurang maka akan menimbulkan suara yang lebih kasar seperti orang yang sedang mendengkur pada kompresor hingga kompresor bisa jebol.Harga penggantian oli kompresor : Rp. 700.000

– Mengganti komponen receiver dryer

APA ITU RECEIVER DRYER?
Reveiver dryer adalah sebuah filter yang berfungsi sebagai penyaring segala jenis kotoran yang berada didalam Freon dan berfungsi untuk menyerap air didalam Freon. Komponennya menggunakan bahan yang berjenis pasir silika dan dibungkus. Jika pembungkusnya amn maka AC mobil tidak ada kendala akan tetapi jika pembungkusnya jebol atau rusak maka pasir yang berfungsi sebagai penyari malah akan mengotori Freon.
Jika pasir silika ini masuk kedalam kompresor maka otomatis kompresor akan rusak. Dan apabila masuk ke bagian kondensor maka akan menjadi penyebab tersumbatnya komponen didala kondensor. Sehingga ketika advance service dilakukan maka komponen ini lebih baik diganti, tindakan ini untuk mencegah kerusakan dibagian kompresor dan kondensor.
Harga penggantian receiver dryer : Rp. 90.000 – Rp. 50.000

– Mengganti Freon lama
Penggangtian Freon bertujuan agar AC mobil bisa lebih dingin kembali dengan menggunakan Freon yang baru. Untuk penggantian Freon ini dilakukan dengan interval waktu sekitar 2 tahun bahkan lebih.
Harga penggantian Freon : Rp. 40.000 – Rp. 50.000
Harga pengisian Freon : Rp.200.000
Jadi, jika ditotalkan untuk biaya basic service AC mobil ini diperlukan sekitar Rp. 1.000.000 untuk AC mobil keluaran jepang dan untuk advance bisa mencapai Rp. 1.500.000. Untuk mobil keluaran eropa mungkin berkisar Rp.1.900.000 sampai Rp. 2.500.000.

Sudah dijelaskan sebelumnya bahawa perawatan atau service AC mobil bisa diminimalisir jika kita melakukan perawatan secara rutin dan berkala karena jika disepelekan dan diabaikan bukan hanya biaya service yang membengkak juga bisa menyebabkan kerusakan pada bagian mesin AC mobil Anda. Selain dengan pencegahan sedini mungkin, juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kerusakan yang fatah terhadap AC mobil. Berikut hal-hal yang sering dilakukan dan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen AC mobil : AC mobil yang terburu-buru dinyalakn ketika mobil baru saja dinyalakan, jendela yang belum ditutup ketika AC sudah dinyalakan, merorokok didalam mobil ketika AC menyala. Hal-hal seperti ini sangat jarang sekali diperhatikan membuat mesin AC cepat rusak yang sebenarnya bisa diatasi jika Anda lebih berhati-hati.

Service AC Mobil mahal

KENAPA AC MOBIL BISA RUSAK KARENA HAL-HAL SEPELE INI?
AC mobil bertugas untuk menghisap udara didalam kabin dan setelah mengalami proses pendinginan di Evapator akan dikluarkna lagi ke daalm ruang kabin yang artinya udara yang dikeluarkan AC mobil sebenarnya tidak berganti.

APAKAH BIAYA YANG DIKELUARKAN SESUAI DENGAN KUALITAS SERVICE?
Biaya service AC mobil selalu menjadi pertimbangan bagi para pemilik mobil hal ini dikarenakan oleh biaya service yang terkadang sangat tinggi, akan tetapi biaya service yang mahal tidak menentukan kualitas sparepart yang berkualitas baik dan sebaliknya biaya yang cukup murah tidak selalu membuat service AC menjadi lebih buruk itu semua tergangtung dengan bengkel mana Anda menyerahkan perawatan AC mobil. Bisa saja di bengkel yang biayanya terjangkau Anda bisa mendapatkan service AC yang berkualitas dan sebaliknya. Ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan ketika Anda merawat AC mobil di bengkel. Yang pertama Anda harus melihat bengkel tersebuat apakah sudah memiliki teknologi yang sudah bagus setelah itu Anda bisa melihat juga bagaimana keterampilan teknisi disana, tentu saja dengan teknologi modern dan teknisi yang terampil akan membuat Anda mengeluarkan biaya yang lumayan mahal akan tetapi AC mobil Anda setelah disservice di bengkel tersebut jadi mempunyai umur yang panjang hal ini dikarenakan bengkel yang berkualitas jadi Anda bisa menghemat pengeluaran biaya service ketimbang mendatangi bengkel yang biayanya lebih murah tetapi umur AC Anda tidak bertahan lama.

Dan dalam hal ini Anda bisa mencari bengkel-bengkel terpercaya dari teman-teman Anda, tentu saja orang terdekat akan memberikan referensi bengkel yang sudah mereka coba kualitasnya.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Blog

Flushing sistem pada AC mobilHarga service AC MobilMengganti komponen receiver dryerPengecekan dan pembersihan blowerservice ac mobilService AC Mobil mahal

Leave a Reply