Service Berkala yang Dilakukan untuk Mobil Tetap Prima

Hai #SahabatRotary,

Punya kendaraan roda empat dewasa ini bukanlah menjadi hal yang mewah lagi. Mengingat cuaca kota-kota besar di Indonesia, misalnya Jakarta kerap kali sangat terik dan kondisi jalanannya yang macet. Sebagian warganya memutuskan memiliki kendaraan roda empat ketimbang roda dua. Sebagian ada pula yang lebih memilih transportasi umum seperti bus, kereta atau yang lagi ngehits dan baru diresmikan MRT Jakarta.

Terfokus mengejar target untuk bisa membeli mobil, terkadang sebagian melupakan bahwa memiliki mobil layaknya memiliki pasangan. Setelah menjadi milik kita, perlu dirawat, dijaga diperlakukan dengan baik. Mau beli merk apa? Atau type yang seperti apa? Di Indonesia ada banyak merk mobil yang beredar mulai dari mobil-mobil Jepang seperti Toyota, Daihatsu, Nissan, Mitsubishi. Hingga merk-merk mobil mewah asal amerika atau Eropa pun bertebaran. Sebut saja Audi, Mercedess Benz, BMW. Sesuaikan merk incaran dengan budget. Selain itu perhatikan pula biaya-biaya rutin yang muncul saat melakukan service berkala.

Lalu, service berkala apa saja yang sebaiknya dijalankan untuk membuat mobil tetap prima? Dan kapan saatnya?

  1. Penggantian Oli Mesin

Mesin tanpa adanya oli sebagai pelumas komponen-komponen mekanisnya tentu tidak akan bekerja secara maksimal. Oli juga mendinginkan mesin. Fungsinya sangat vital, bahkan kesalahan penggantian oli bisa mengakibatkan mobil mogok hingga turun mesin.

Jika Anda membeli mobil baru, gantilah oli pada pemakaian 1.000 km pertama. Berikutnya anda wajib mengganti oli mesin secara berkala setiap 5.000 s.d 10.000 km tergantung rutinitas pemakaian, jenis dan tahun kendaraan serta jenis olinya.

  1. Penggantian Filter-filter

Mengganti filter-filter pada mobil rata-rata dilakukan pada saat service medium. Anda bisa mengganti filter oli setiap 10.000 km akan lebih baik lagi bila anda menggantinya setiap kali melakukan penggantian oli mobil. Filter udara mesin sebaiknya diganti setelah menempuh jarak sekitar 20.000 km. Ada pula filter udara AC mobil atau kerap disebut filter blower, diganti setiap 10.000 km.

  1. Service Rem

Pada saat service 20.000 km, montir akan melakukan pembongkaran kampas rem baik depan maupun belakang. Jikalau masih memungkinkan untuk dipakai maka komponen-komponen rem seperti kampas dan piringan rem hanya akan dibersihkan. Tetapi apabila ada indikasi kampas sudah tipis, menggantinya dengan kampas rem baru bisa menjadi pilihan yang bijak. Mengingat rem merupakan komponen vital untuk safety.

  1. Turun Kopling

Pada mobil bertransmisi manual, kampas koplinglah yang membantu menyalurkan tenaga mesin ke roda. Kebiasaan cara berkendara yang salah dan kondisi jalanan bisa menjadi penyebab kampas kopling lekas habis. Bingung kapan saat tepat mengganti kampas kopling? Umumnya kampas kopling diganti pada service 40.000 km tergantung pemakaian. Atau mintalah montir memeriksa setiap Anda melakukan service rutin.

  1. Penggantian Aki

Tanpa aki, mobil tidak bisa di starter. Itulah mengapa aki menjadi sangat vital. Masalah kelistrikan pada mobil bisa saja bersumber dari aki yang sudah lemah. Aki umumnya memiliki masa pakai sekitar 1-2 tahunan.

  1. Perawatan AC mobil

Bukan hanya mesin yang perlu mendapat perawatan rutin. Jika mobil anda terpasang system AC mobil, maka wajib merawatnya juga. Lakukan pengecekan setiap 10.000 km di bengkel specialist AC mobil. Tanyakan pada bengkel resmi tempat anda melakukan service apakah mereka memiliki mekanik khusus AC mobil. Karena sebagian besar bengkel umum hanya melayani perbaikan mesin.

Kunjungi Rotary Bintaro Cabang Puri, bengkel AC mobil Jakarta Barat yang merupakan bengkel rekomendasi khusus menangani perawatan dan perbaikan AC mobil.

Rotary Bintaro Cab. Puri

Jl. Kembang Kerep No. 6

RT. 2/ RW. 2, Meruya utara, Kembangan

Jakarta Barat – 11620

(Belakang Lippo Mall Puri)

WA : 0878 3344 5551

 

Jadi, jangan hanya beli mobil mahal-mahal tapi tidak dirawat ya #SahabatRotary. Jangan sampai permasalahan sepele malah jadi mengganggu keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

Terimakasih.

Semoga bermanfaat.

booking service

Tinggalkan komentar

Call Now Button