fbpx

Pandemi Corona : Service Kondensor dan Evapator AC mobil

Service Kondensor dan Evapator AC mobil

Hai #SahabatRotary pelanggan Service kondensor dan evapator AC mobil.

Saat masa-masa #dirumahaja ini, apakah kondisi ekonomi Anda bagus?

Ada kepikiran jual mobil?

Berikut Cara Penjual Mobil Bekas Naikkan Penjualan di Tengah Pandemi Corona

 

Untuk bisa bertahan di tengah pandemi virus Corona bukan perkara udah bagi para pengusaha mobil bekas. Strategi tepat harus benar-benar diterapkan, agar bisa melalui pandemi virus Corona dengan mulus.

“Bicara soal strategi, kita harus lihat terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab turunnya market. Sebenarnya ada 2 hal yang membuat market (penjualan mobil-Red) turun. Satu, karena kesulitan ekonomi yang membuat daya beli jadi berkurang. Kedua, karena ada pembatasan mobilisasi orang, seperti Social Distancing atau PSBB,” kata Presiden Direktur Mobil88 Halomoan Fischer, kepada detik.com.

Salah satu cara yang dilakukan adalah jemput bola ke konsumen. Yakni dengan membawa unit ke rumah calon pembeli.

“Kalau yang pertama, yaitu soal soal ekonomi yang membuat daya beli berkurang. Kita tidak bisa ngomong apa-apa, tapi kalau di mobil88 kami masih mencoba melayani dan berharap dari pembatasan mobilisasi itu atau perihal kedua yang membuat penurunan market mobil bekas,” ucap Fischer.

“Jadi saat masyarakat tidak bisa bergerak, kita coba layani showing di rumah konsumen. Ini tidak pernah ada sebelumnya. Konsumen tinggal menunggu di rumah mobil datang dan diperlihatkan, konsumen pun bisa langsung test drive. Mereka mau mobil apa, tinggal lihat di website kami, akan kami antar tanpa booking fee, lho.”

“Selama alamatnya jelas akan kita perlihatkan unitnya, kalau mereka cocok mereka bisa langsung transfer, mobil akan kita tinggal. Dan selama pandemi virus Corona banyak yang melakukan cara ini, dan hampir semuanya melakukan pembayaran secara cash,” Fischer menambahkan.

Fischer juga memastikan konsumen yang ingin memiliki kendaraan dari Mobil88 di tengah pandemi virus Corona juga bisa melakukan pembelian secara kredit.

“Kalau untuk yang kredit? saat ini sedikit mengalami penurunan atau banyak penurunan. Karena daya beli turun, yang kebanyakan terdampak akan penurunan daya beli itu ada di segmen middle low,” ujarnya.

“Penurunan yang melakukan pembelian secara kredit bisa sampai 20 persen. Tapi kalau ada yang mau pesan ke kami, bisa kami datangkan orang leasing atau orang leasing yang datang terlebih dahulu untuk survei. Baru kita datang membawa mobilnya, karena transaksi bisa lebih cepet dan orang tidak mondar-mandir. Karena memang masyarakat belum boleh banyak melakukan aktivitas,” tutup Fischer.

APA ITU KONDENSOR?

Kondensor merupakan komponen AC mobil yang tak kalah penting dengan komponen lain. Fungsi dari kondensor itu sendiri yakni untuk mempercepat proses pendinginan udara pada AC mobil, kondensor dapat mengubah udara panas menjadi dingin atau biasa disebut dengan kondensasi. Masalah pada kondensor ini sangat sering terjadi dan membuat pengguna mobil resah karena jika kondensor rusak maka suhu didalam kabin akan terasa panas.

Ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada kondensor, diantaranya :

  • Terjadinya kebocoran pada kondensor AC

Sebenarnya, setiap pipa pada AC mobil sangat rentan mengalami kebocoran hal ini disebabkan karena kurangnya perawatan atau pemilihan komponen AC yang kurang berkualitas yang mengakibatkan proses penyaluran yang terjadi di dalam AC tidak opmtial kemudian menjadikan hembusan udara yang di keluarkan menjadi tidak dingin. Kebocoran yang terjadi pada kondensor ini sering terjadi karena kelalaian pengemudia misalnya kurang menjaga kebersihan kabin dan mobil juga kebiasaan membuka kaca mobil ketika AC sedang menyala. Hal ini akan menyebabkan partikel-pertikel debu akan terhisap dan menempel di saluran udara pada AC kemudian terjadi penumpukan kotoran yang menyebabkan kebocoran kendensor  mudah terjadi.besar kecilnya kebocoran yang terjadi pada kondensor tidak berpengaruh pada kerusakan, sekecil apapun kebocoran akan sangat berpengaruh terhadap performa kondensor.

  • Penyumbatan kondensor AC mobil

Penyumbatan yang terjadi di dalam kondensor ini disebabkan kotoran dan debu yang menempel, tidak hanya debu yang menempel tapi bisa juga ada sampah-sampah yang tidak sengaja terhisap masuk. Debu yang menempel walaupun partikelnya kecil tetapi jika sudah menumpuk sangat banyak tentu saja akan berpengaruh terhadap kerja dari kondensor.

  • Kondensor yang terasa panas

Kondensor tidak bekerja sendiri tetapi dibantu oleh komponen lain agar dapat menghisap udara panas kemudian mendinginkannya. Terkadang kerja kondensor untuk mendinginkan suhu udara menjadi tidak stabil dan terjadi overheating yang disebabkan oleh beberapa hal :

  1. Tidak berputasnya fan
  2. Kotoran yang menempel pada kondensor
  3. Jumlah oli pada kompresor yang terlalu banyak
  4. Terlalu banyaknya cairan Freon
  5. Melemahnya putaran pada visco fan

Untuk mengatasi hal-hal tersebut bisa memakai cara melengkapi mobil Anda dengan extra fan, selain dapat mencegah overheating pada kondensor juga bisa mempercepat proses pendinginan pada AC mobil.

  • Umur kondesor yang sudah lama

Umur pada kondensor akan berpengaruh pada kinerja yang dilakukan karena setiap komponen mempunyai batas umur ekonimisnya masing-masing, tentu saja kinerja kondensor yang sudah lama tidak diganti dengan kinerja kondensor yang baru saja diganti jelas jauh berbeda. Lama kelamaan hembusan udara yang dihasilkan oleh kondensor akan melemah.

  • Kondensor AC yang sudah berkarat

Berkaratnya kondensor AC disebabkan oleh menumpuknya kotoran di dalam air, tetesan air pada proses pendinginan pun akan menyebabkan kondensor menjadi cepat berkarat.

CARA KERJA EVAPATOR PADA AC MOBIL

Evapator merupukan bagian dari AC mobil yang bekerja sebagai bagian yang mengeluarkan udara sejuk di dalam kabin. Evapator akan menyerap udara panas yang kemudian akan dikeluarkan dalam bentuk udara dingin. Masalah yang sering timbul pada bagian evapator adalah kebocoran. Kebocoran pada evapator ini akan menimbulkan beberapa masalah, yaitu AC mobil terasa kurang dingin ketika cuaca panas atau pada saat macet, Freon lebih cepat berkurang, blower yang berputar lebih pelan menyebabkan hembusan angina tidak terasa, ketika AC mobil dihidupkan tercium bau oli.

Penyebab bocornya evapator adalah yang pertama sudah pasti kurangnya perawatan yang teratur sehingga evapator mudah bocor, tekanan pada Freon yang berlebihan, tidak memakai filter pada kabin, usia yang sudah melewati batas. Untuk mengetahui kebocoran pada evapator Anda bisa memberikan tekanan udara dengan cara direndam didalam air, jika evapator mengeluarkan gelembung maka evepator tersebut mengalami kebocoran.

Evapator yang jarang dibersihkan pun akan menyebabkan menurunnya kinerja evapator karena blower di dalam evaptor yang bertugas menyedot debu akan bekerja terus menerus sehingga menjadikan blower cepat rusak karena bekerja terlalu berat. Yang paling buruk adalah aliran udara akan terputus sehingga kerja AC menjadi kurang baik.

Langkah awal yang bisa Anda lakukan dalam perawatan evapator ini adalah dengan cara membersihkannya kabin secara rutin dan juga membersihkan bagian evapator agar tidak terjadi penumpukan kotoran yang dapat menimbulkan masalah pada AC mobil.

PENYEBAB LAIN DARI KERUSAKAN EVAPATOR

Penyebab lain dari kerusakan evapator biasanya karena komponen yang bertugas untuk mendinginkan Freon lalu disemprotkan dari expansi valve menjadi kurang berfungsi ketika ada bagian yang bocor pada komponen ini. Freon akan banyak terbuang jika terjadi kebocoran dan kabin mobil tidak terasa dingin seperti biasanya.

Tanpa disadari, ada kebiasaan buruk yang dapat membuat kerja dari evapator menjadi kurang optimal yaitu menyimpan pewangi di dekat AC mobil. Biasanya pengguna mobil menyimpan pewangi berbentuk gel di dekat AC hal ini dimaksudkan agar mobil terasa lebih wangi namun hak ini akan menghambat kerja AC mobil. Jika Anda menggunakan pewangi mobil berbentuk gel maka gel tersebut akan berubah menjadi gas kemudia menguap, ketika uap itu terkena dingin akan kembai lagi menjadi gel dan sangat beresiko menjadi penghambat filter serta evapator pada AC mobil.

SERVICE ATAU GANTI?

Harga service kondensor dan evapator AC mobil ini merupakan patokan berapa biaya yang harus Anda persiapkan mobil. sebelumnya telah di bahas beberapa komponen AC yang bisa di service akan tetapi ada waktunya komponen-komponen tersebut harus diganti entah karena rusak atau karena sudah termakan umur. Anda harus mengenali beberapa tanda kerusakan pada komponen AC mobil.

Seperti yang telah diketahui kondensor berada di depan radiator dan bentuknya mirip seperti radiator tetapi kondensor terlihat lebih tipis. Bagaimana cara untuk mengatahui kerusakan pada kondensor?

  • AC terasa tidak dingin

Sebenarnya AC yang terasa tidak dingin ini disebabkan oleh beberapa faktor. Jika masalahnya terletak pada kondensor maka ada keitannya dengan kebocoran Freon dan terjadinya penyumbatan pada kondensor. Pertama-tama Anda harus mengecek, nyalakan AC mobil Anda dan lihat. Kompresor dan blower tetap akan bekerja meskipun Freon sudah sedikit atau habis.

  • Tidak adanya tanda-tanda kebocoran pada bagian selang AC mobil

Tidak adanya tanda dari bekas kebocoran Freon pada sambungna selang. Jika ini terjadi Anda bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan air sabun, apabila setelah diberi air sabun komponen AC mengeluarkan gelembung makan sudah dapat dipastikan ada kebocoran dan jika tidak mengeluarkan gelembung maka tidak ada kebocoran yang terjadi.

  • Adanya bekas kebocoran yang tertinggal pada kondensor AC

Bekas kebocoran bisa Anda lihat dari celah grill bumpe bagian depanr untuk beberapa tipe mobil. Lihatlah apakah keadaan kondensor itu kering atau ada bekas rembesan yang tertinggal disana. Jika Anda melihat bekas rebesan maka sudah dipastikan bahwa kondensor mengalami kebocoran.

Komponen AC mobil selanjutnya biasa disebut dengan evapator, evapator ini berfungsi untuk menguraikan Freon melalui selang-selang kecil yang kemudian akan di alirkan yang nantinya akan mendinginkan udara mobil. Jika ada kotoran yang menempel pada permukaan evapator makan akan menjadi penghambat laju udara sehingga mengurangi penidungunan suhu udara di dalam AC. Ada beberapa cara agar Anda bisa membersihkan evapator AC sendiri.

  • Menemukan letak evapator pada mobil Anda

Mengatahuin letak evapator pada mobil Anda merupakan langkah awal karena letak evapator pada setiap mobil berbeda-beda tetapi biasanya evepator berada berdeketan dengan filter AC mobil di dalam dashboard. Jika Anda hanya akan membersihkan permukaan evapator tidak perlu membongkar dashboard, Anda dapat memanfaatkan cairan pembersih, semprotkan melalui saluran blower.

  • Membuka laci dashboard lalu melepas filter AC mobil

Biasanya saluran masuk udara blower ini terletak pada bagian filter AC, lepaskan filter AC pada mobil Anda lalu jika Anda menemukan bagian berbentuk persegi panjang buka bagian itu, ambil filter AC tersebut.

  • Menyiapkan cairan pembersih untuk AC mobil

Tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan cairan pembersih boleh memakai merk apa saja tetapi harus berbentuk spray yang mengandung foam.

  • Menghidupkan mesin AC mobil

Setelah itu Anda dapat menghidupkan mesin AC pada mobil kurang lebih sekitar 5 menit, hal ini bertujuan agar evapator mengeluarkan embun untuk membasahi permukaan evapator.

  • Menyemprotkan cairan pembersih melalui lubang filter

Semprotkan Ciaran pembersih melalui lubang filter dalam keadaan blower diputar secara cepat hal ini bertujuan supaya  hembusan angina keluar secara maksimal.

  • Matikan mesin AC lalu tunggu busa keluar dari selang ventialasi pada AC mobil

Langkah selanjutnya Anda harus mematikan mesin lalu lihat selang ventilasi pada AC yang terletak di bawah mobil Anda, kemudian tunggu sampai busa yang keluar sudah habis.

  • Membersihkan selang yang terdapat pada ventilasi

Kebersihan pada selang ventilasi merupakan hal yang penting karena selang ventilasi ini berfungsi untuk membuang embun yang keluar dari evapator AC, jika tersumbat maka embu akan keluar menuju kabin dan membasahi lantai. Cara membersihkan selang veltilasi cukup memakai barang yang memiliki ukuran yang panjang dan kecil seperti lidi, masukkan lidi yang tumpul ke dalam selang hingga tidak ada lagi sumbatan yang tersisa.

  • Menyalakan kembali mesin dan AC lalu bilas

Jika semua tahapan sudah selesai maka langkah terakhir adalah menyalakan mesin dan AC pada udara yang paling dingin, ini dilakukan adar pemukaan evapator bisa terbilas dan tidak ada busa yang masih menempel. Lakukan pembilasan ini sekitar 5 hingga 10 menit hingga busa sudah tidak tersisa. Setelah semua sudah beres maka pasang lagi filter pada posisi semula pastikan filter dalam keadaan bersih saat dipasang.

Jika hanya terjadi penyumbatan atau penumpukan kotoran pada bagian ini Anda cukup membersihkannya tanpa harus melakukan service kecuali jika Anda tidak terlalu faham soal mesin AC pada mobil.

Service Kondensor dan Evapator AC mobil

HARGA SERVICE KONDENSOR DAN EVAPATOR AC

Harga service kondensor dan evapator AC mobil jika dibicarakan sebenarnya dapat diminimalisir, tergantung bagaimana Anda merawat AC mobil. Semakin rutin Anda melakukan perawatn pada komponen AC mobil maka umur dari AC mobil akan bertahan lebih lama dan juga sebaliknya jika perawatan AC kurang optimal atau sering ada beberapa bagian yang terlewatkan makan umur AC mobil akan semakin pendek menyebabkan harga service menjadi lebih mahal.

Perlu Anda ketahui, service AC mobil berdasarkan pengerjaannya terbagi ke dalam 2 tipe yaitu tipe basic service dan advance service. Dalam perbaikan pertama, basic service biasanya dilakukan ketika mobil Anda sudah menempuh jarak 10.000 km hingga 20.000 km atau kira-kira sudah berusia 1 tahun. Jika Anda tinggal dan sering melewati jalan-jalan di perkotaan yang mempunyai tingkal folusi yang lebih tinggi maka setelah mobil Anda menempuh jarak 10.000 km Anda harus melakukan perawatan karena jika Anda memakai mobil di daerah perkotaan makan AC mobil akan bekerja lebih berat, dalam service basic biasanya bengkel akan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel selanjutnya menggangti sparepart sekali pakai seperti receiver dryer dan filter kabin.

Harga service kondensor dan evapator berbeda-beda tergantung tingkat kerusakannya

Harga service kondensor mulai dari Rp. 100.000 – Rp. 600.000

Harga service piston kompresor mulai dari Rp. 200.000 – Rp. 800.000

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?mobil idaman Service Kondensor dan Evapator AC mobil
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Bengkel AC mobil

Harga Evapator AC mobilHarga Service Kondensor

Leave a Reply