fbpx

Spul Magnet AC Mobil


Keberadaan AC mobil dalam kendaraan kita tentu sangat penting. Sebagai pendingin dalam mobil dan juga membuat kenyamanan pengendara lebih maksimal. AC mobil sendiri terdiri dari banyak komponen seperti kompresor, evaporator, filter AC dan lain sebagainya. Meski terlihat sederhana tetapi komponen di bagian dalamnya tetaplah kompleks. Apa saja spare part AC mobil? Bagaimana fungsinya dalam AC mobil?

Komponen dari AC mobil ini perlu diperhatikan bagaimana cara perawatannya. Jika tidak, tentu Anda akan mengalami masalah ketika di perjalanan. Seperti AC mobil yang mengeluarkan bunyi, mengeluarkan bau tidak sedap, tidak dingin dan lainnya. Bahkan spul magnet AC mobil yang bermasalah juga pasti memiliki efek pada kinerja AC. Simak ulasan dibawah ini untuk mengenal apa saja spare part dari AC mobil dan dimana kita bisa mendapatkan toko spare part asli.

Macam-Macam Spare Part AC Mobil

Komponen utama dari AC mobil Anda terdiri dari kompresor AC, kondensor AC dan juga receiver drier. Expansi valve, evaporator dan heater. Masing – masing memiliki peranannya sendiri. Kompresor untuk menghisap gas freon dari evaporator, kondensor untuk mengubah gas freon yang bersuhu dan tekanan tinggi menjadi cair, receive drier yang bisa menyaring jika ada kotoran hingga expansi valve yang merupakan saluran sempit tempat mengalirnya refrigerant cair dengan tekanan tinggi menuju evaporator.

Anda juga tidak akan asing mendengar adanya magnetic clutch yang mana di dalamnya terdapat spul magnet AC mobil. Magnetic clutch sendiri bisa dibilang adalah kopling magnet yang ada di kompresor AC mobil dan fungsinya adalah agar menghubungkan putaran mesin dengan kompresor AC.

Di dalam magnetic clutch sendiri ada pulley yang berputar terus-menerus dan bisa mengikuti putaran mesin agar bisa terhubung melalui tali kipas. Komponen ini ada di bagian sebelah dalam pulley dan ada spul. Jika alat ini nanti dialiri oleh arus listrik maka bisa terbentuk adanya medan magnet. Tentu fungsinya akan menarik center piece yang menghubungkan putaran pulley dengan bidang singgungnya bergesekan serta saling melekat dalam satu unit. Tujuannya untuk memutar kompresor sesuai dengan putaran mesinnya.

Magnetic clutchnya juga terdiri dari 3 bagian yaitu center piece, pulley dan juga spul magnet. Apakah Anda pernah mengalami AC mobil yang awalnya normal namun tiba-tiba panas? Jika hal ini terjadi maka kendalanya ada pada magnetic clutchnya. Ciri – ciri dari magnetic clutch yang bermasalah seperti :

  1. Blower yang ada di dalam kabin tetap hidup namun AC mobil tidak terasa dingin.
  2. Ketika AC mobil menjadi panas kadang RPM mesinnya naik sampai diatas 1000 RPM.
  3. Kebanyakan kasus memang terjadi saat jalanan macet atau jalannya merayap. AC menjadi tidak dingin secara tiba-tiba. Juga terdengar adanya suara gesekan besi yang beradu kemudian AC mobil menjadi tidak dingin disertai dengan bau gosong.

Tahukah Anda bahwa ketika AC dihidupkan maka switch akan mengirim arus pada 4 komponen seperti motor blower, motor fan, idle up dan juga magnetic clutch kompresor. Spare part AC mobil ini memang butuh perawatan khusus. Apabila ada kerusakan dan butuh penggantian, temukan toko spare part AC mobil yang tepat. Hanya di Rotary Bintaro Anda bisa mendapatkan beragam spare part asli dengan jaminan berkualitas.

Lakukan servis rutin dan pastikan komponen di dalamnya memang berfungsi optimal. Rotary Bintaro sendiri merupakan bengkel AC mobil yang juga menyediakan spare parts dengan jaminan asli serta kualitas tinggi. Cek selalu bagaimana AC mobil Anda berfungsi dengan baik setiap akan perjalanan jauh.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Blog

ciri-ciri magnetic clutch bermasalahmacam-macam spare part ac mobilmagnetic clutchmanfaat spul magnet ac mobilSpul Magnet AC Mobil

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?