Komponen mobil memang harus dijaga dan juga diperhatikan kebersihannya. Sebab jika hal ini dibiarkan bukan tidak mungkin bisa menimbulkan permasalahan bahkan kerusakan pada komponen tersebut. Tidak hanya dari mesin mobil saja tetapi komponen sederhana seperti AC mobil juga harus diperhatikan bagaimana perawatannya. Dari segi kebersihan saja, apabila filter kabin AC mobil ini jarang dibersihkan atau dicek bagaimana kondisinya bisa menimbulkan bau yang menyengat.

Padahal ketika berkendara kita membutuhkan suasana yang mendukung seperti misalnya kondisi mobil yang adem, sejuk dan juga tidak terjadi hambatan dalam mesinnya. Namun, bau menyengat yang timbul dari AC ini bisa Anda atasi dengan beberapa cara.

Ternyata Ini Dia Cara Mencegah AC Mobil Bau Menyengat

Sebelum mengetahui bagaimana cara mencegah AC mobil bau menyengat maka sebaiknya Anda juga mengetahui apa saja penyebab dari kerusakan atau permasalahan tersebut. Biasanya jika performa AC ini sudah tidak maksimal maka akan muncul beberapa keluhan seperti aroma tidak sedap, bau asam hingga AC yang tidak dingin. Nah, penyebab dari bau menyengat ini adalah seperti :

  1. Evaporator yang kotor dan juga dalam kondisi berlendir. Tumbuh jamur serta bakteri yang bisa berkembang biak di dalam evaporator tersebut.
  2. Parfum dengan kadar alkohol yang cukup tinggi dan membuat Ac mengeluarkan bau asam.
  3. Ventilasi jendela mobil terbuka dan menyebabkan adanya bau dari asap knalpot kendaraan.
  4. Kebocoran yang terjadi pada sistem sirkulasi mobil dan biasanya bau akan lebih terasa seperti aroma freon. Bau ini mirip dengan bau gosong.
  5. Adanya hewan kecil yang terjepit dan mati di dalamnya. Misalnya ditemukan adanya bangkai tikus, cicak dan lain sebagainya.

Cara Mencegah AC Mobil Bau Menyengat

  1. Sebaiknya Anda tidak merokok di dalam mobil karena asap rokok yang keluar hanya akan menempel pada evaporator AC mobil Anda.
  2. Apabila ingin membawa makanan maka sebaiknya memilih makanan ringan saja. Bukan makanan dengan bau tajam. Bila perlu bawalah box termos es ukuran kecil yang bisa diletakkan di bagasi dan membuat kondisi mobil juga jauh lebih bersih. Jaga selalu kebersihan dalam mobil dari kotoran seperti tissue, tumpahan air dan lain sebagainya.
  3. Bersihkan selalu kabin mobil agar bakteri dan juga kotoran tidak mudah masuk dalam AC.
  4. Sangat disarankan untuk bisa menggunakan filter kabin terutama jika standar mobil ini sudah dipasang filter. Sebab tidak semua mobil memiliki dudukan filter yang dibutuhkan.
  5. Hindari terlalu sering membuka kaca jendela apabila anda sedang dalam perjalanan.

Merawat dan selalu menjaga kebersihan dalam mobil anda memanglah disarankan. Terutama bagi yang ingin membuat mobil lebih terawat, lebih awet dan prima ketika digunakan. Cek selalu setiap komponen dalam mobil. Bila perlu anda bisa membawanya ke bengkel AC mobil agar bisa mengetahui apakah ada komponen yang rusak atau mengalami masalah.

Dengan pengecekan secara berkala, kita bisa menghindarkan mobil dari kerusakan yang lebih parah. Misalnya saja seperti kondisi mesin, rem, setir, hingga komponen yang menyusun AC dalam mobil. Jangan ragu untuk mengeceknya di bengkel AC mobil agar mendapat penanganan yang lebih maksimal. Pilih penyedia spare part yang aman dan terpercaya jika terjadi kerusakan dan mengharuskan anda untuk mengganti komponen yang rusak.

Kenali apa saja penyebab dari bau menyengat pada AC mobil. Dengan begitu Anda akan mudah mencari cara dalam mencegahnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut sebaiknya menghubungi bengkel yang menangani AC dalam mobil Anda terutama bagi yang tidak seberapa mengerti bagaimana harus mengatasinya.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.