Berkendara dengan kondisi kendaraan nyaman tentu merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi jika jarak tempuh kendaraan cukup lama. Banyak pertimbangan yang harus anda lakukan. Tidak hanya dari segi kesehatan pada pengendara tetapi juga kondisi kendaraan yang prima. Tiap komponen pada mobil sebaiknya dipastikan bisa berfungsi dengan baik. Terbayang kan bagaimana mood kita saat berkendara tetapi kendaraan tiba – tiba mogok ?

Ada banyak faktor atau penyebab mengapa mobil bisa tiba-tiba mogok. Bisa jadi karena mesinnya, karena kehabisan bahan bakar bahkan hanya dari AC mobil. Mesin mobil yang mati mendadak memang harus segera diatasi. AC mobil bisa menjadi salah satu penyebabnya. AC mobil adalah sistem yang ternyata memberi beban cukup besar. Tak heran jika mesin mobil yang sudah memberi beban besar akan membuat mesin mati ketika AC mobil dinyalakan.

Tiba-Tiba Mobil Mogok, Penyebabnya AC Mobil

Tiba-Tiba Mogok?? Penyebabnya AC Mobil???

Sistem yang ada dalam AC memang akan bergantung pada putaran mesin. Apabila ada kesalahan di dalam konfigurasinya maka bukan tidak mungkin mesin malah semakin terbebani. AC yang menyala di mobil akan memberi tambahan beban dan hal ini cukup signifikan. Jika beban mesin sudah cukup berat maka AC yang dinyalakan akan menjadi katalis. Ada 2 penyebab utamanya yakni

  1. Sistem Idle Up yang tidak bisa bekerja maksimal bahkan tidak bisa bekerja sama sekali.
  2. Kompresor AC mobil yang mengalami kemacetan bisa menjadi tidak sinkron karena adanya sistem pada mesin mobil.

Apabila hal ini sudah terjadi pada mobil Anda tentu akan begitu merugikan. Mesin mati, AC tidak bisa menyala dan membuat kita kepanasan ketika di jalan. Sebaiknya tidak menyepelekan setiap komponen pada AC mobil Anda. Jika ada kerusakan maka bisa menghambat perjalanan Anda.

Untuk menghindari kerusakan ini pada mobil Anda, atur sistem idle up yang ada di mobil. Baik mobil yang menggunakan sistem karburator atau juga mobil injeksi. Berikut beberapa caranya :

  1. Mobil Karburator

Mobil dengan sistem karburator, umumnya memang harus menggunakan selenoid valve. Fungsi dari adanya selenoid valve ini adalah menghubungkan antara selang vakum dan berasal dari intake manipol ke mechanical vacuum. Tujuan dari tindakan ini agar bisa mendorong bagian katup gas menjadi tertutup sedikit saja. Nantinya akan terbuka sedikit jika AC dinyalakan. Dengan begitu RPM mesin pada mobil bisa naik, pengendara pun bisa menyalakan AC yang sudah berfungsi seperti sedia kala.

  1. Mobil Injeksi

Beda untuk mobil injeksi. Ada mobil Efi yang ternyata menggunakan sistem ISC atau Idle Speed Control. Biasanya gangguan yang muncul adalah karena ISC ini macet akibat munculnya kerak atau kotoran. Hal ini bisa mencegah rotary untuk berputar. Maka dari itu pembersihan secara berkala memang harus dilakukan. Mobil yang menggunakan ETCS pengaturan bisa dilakukan oleh Motor Control Throttle Valve.

Tiba-Tiba Mobil Mogok, Penyebabnya AC Mobil

Memang lebih disarankan jika Anda tidak begitu mengetahui permasalahan dan penyebab mobil tiba-tiba mogok maka segera bawa ke bengkel AC mobil. Nantinya mobil Anda bisa diperiksa keseluruhan. Baik melakukan tune up serta melakukan pembersihan. Dari sanalah nanti akan bisa terlihat apa penyebab dari masalah mesin mobil yang tiba-tiba mati tidak bisa digunakan.

Cek selalu bagaimana komponen mobil Anda sebelum bepergian. Tentu demi keselamatan dan kenyamanan Anda dalam berkendara. Tak perlu segan untuk selalu mengecek kondisi AC mobil ke bengkel AC mobil terdekat dan terpercaya di tempat Anda. Karena perawatan mobil sangatlah diperlukan jika anda ingin mobil tidak gampang rusak.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.