Mobil saat ini merupakan alat transportasi yang diidamkan dan diincar oleh sebagian besar orang. Selain untuk menghindari dari panas dan hujan saat berkendara, mobil mampu memberikan kenyamanan saat berkendara. Oleh karena itu, hingga saat ini banyak sekali brand mobil dari berbagai merk yang bermunculan.

Dari banyaknya mobil dari berbagai merk yang bermunculan itu, sebenarnya mobil hanya memiliki 2 jenis. Seperti sepeda motor, jenis mobil yaitu mobil matic dan mobil manual. Mobil matic dan manual memiliki kinerja yang sangat berbeda. Berikut adalah perbedaan mobil matic dan mobil manual yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli mobil.

Udah Tahu Perbedaan Mobil Matic dan Manual?

  1. Cara Pengoperasiannya

Perbedaan yang paling utama antara mobil matic dan mobil manual adalah cara pengoperasiannya. Di dalam mobil manual terdapat berbagai komponen seperti 3 buah pedal yaitu kopling, rem dan gas. Sedangkan didalam mobil matic hanya terdapat 2 buah pedal yaitu rem dan gas. Saat mengoperasikan mobil manual, perpindahan gigi dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan pedal kopling dan tuas kopling. Sedangkan mobil matic, saat melakukan perpindahan gigi kita menggunakan alat yang bernama gearbox tidak perlu lagi menggunakan pedal kopling seperti mobil manual.

  1. Berdasarkan Akselerasinya

Mobil matic memiliki transmisi yang lebih rumit dibandingkan dengan mobil manual. Sehingga kebanyakan mobil manual memiliki transmisi yang lebih responsif diabandingkan dengan mobil matic. Karena transmisi yang lebih responsif inilah menyebabkan akselerasi mobil manual lebih cepat. Tak heran, jika mobil manual dirancang untuk digunakan sebagai mobil balap. Namun karena perkembangan tekhnologi yang pesat, ada beberapa mobil matic yang dirancang dengan transmisi hampir sama dengan mobil manual. Biasanya mobil matic ini menggunakan sistem CVT (Continous Variable Transmission) dengan transmisi yang menggunakan belt sehingga ukuran rasionalnya dapat memendek dan memanjang secara halus.

  1. Dilihat Dari Segi Kenyamanan Saat Berkendara

Dari segi kenyamanan saat berkendara baik mobil matic ataupun manual, kenyamanan bisa dirasakan tergantung dengan tipe mobilnya. Namun kebanyakan orang memilih mobil matic sebagai mobil yang nyaman digunakan saat berkendara. Karena mobil matic ini saat dikendarai tidak terlalu membutuhkan tenaga yang besar seperti mobil manual. Sehingga dengan mengendarai mobil matic kamu tidak akan merasakan kelelahan. Namun, jika kamu menggunakan jasa supir, memilih mobil manual adalah rekomendasi terbaik karena bahan bakar mobil manual lebih irit.

  1. Perawatan Mobil yang Berbeda

Walaupun sama-sama mobil, jenis mobil matic dan manual memiliki perawatan yang berbeda. Saat menggunakan mobil manual, saat merawat AC mobil kamu bisa merawatnya sendiri tanpa harus sering mengunjungi bengkel AC mobil. Namun, jika menggunakan mobil matic saat merawatnya kamu pun harus membutuhkan bantuan teknisi di bengkel spesialis AC mobil. Tidak hanya perawatan AC mobil, untuk menjaga keawetan kopling dan berbagai komponen lainnya untuk mobil matic juga diperlukan bantuan teknisi dari spesialis bengkel AC mobil. Sehingga dari segi perawatan, dana yang dikeluarkan untuk mobil matic lebih besar karena sering mengeluarkan biaya ke bengkel AC mobil khusus.

Perbedaan mobil matic dan mobil manual diatas, bisa dijadikan pertimbangan terutama untuk kamu yang akan membeli mobil. Mobil matic dan mobil manual tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, hal yang paling penting agar mobil awet maka dibutuhkan perawatan secara rutin. Walaupun mobil kamu mobil manual, membawa ke bengkel AC mobil juga sangat penting dilakukan.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.