Penyebab AC Mobil Bau Apek dan Cara Mengatasinya

AC mobil bau apek/ asem memang dapat muncul tiba-tiba sebanding dengan sering digunakannya kendaraan yang Anda miliki.  Bau apek/ asem/ AC mobil tersebut timbul tidak selalu dikarenakan adanya komponen yang rusak dalam sistem AC mobil. Namun juga dapat disebabkan karena kurang tepatnya memilih pengharum ruangan mobil.

Baca juga : Lakukan 27 Cara Merawat AC Mobil Biar Awet

Video Coming Soon

Harga pengharum yang lebih mahal jika dibandingkan dengan pengharum mobil pada umumnya yang berharga lebih murah, tidak menjamin kualitasnya baik. Sehingga jika dipaksakan pengguna tetap menggunakan pengharum tersebut akan berdampak munculnya bau apek/ asem/ AC mobil dikarenakan terdapatnya pengendapan kadar alkohol di dalam evaporator AC mobil. Di bawah ini ada beberapa cara untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan bau apek/ asem/ AC mobil berdasarkan penyebabnya yang cukup beragam:

  1. Penyebab dari bau apek atau asem pada AC mobil adalah debu dalam kabin dan interior. Adanya debu tersebut yang jarang dibersihkan akan masuk ke dalam system AC pada bagian evaporator akan menumpuk dan berjamur, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Jadi selalu rajin membersihkan, dan bila karpet lembab atau kotor keluarkan jemur agar kering dan bersihkan. Bersihkan pula evaporator dengan disemprotkan air agar kotoran yang terperangkap dapat larut terbawa air. Bila dirasa Anda tidak mampu membersihkannya sendiri dapat membawanya ke bengkel khusus untuk perawatan AC mobil.
  2. Bila dirasa bau apek tersebut memang belum hilang dapat membawa mobil Anda ke tempat yang menyediakan udara segar kemudian nyalakan AC sambil membuka jendela dan pintu selama sepuluh menit agar bau yang tidak sedap tersebut dapat tergantikan dengan udara segar dari alam. Dengan sirkulasi udara dari luar ke dalam mobil tersebut, Anda dapat menjaga kesegaran dalam ruangan mobil Anda.
  3. Jika poin-poin di atas sudah Anda lakukan, untuk pencegahan jangan menggunakan parfum mobil yang murah namun tidak berkualitas. Ini dikarenakan kesegaran ruangan interior mobil Anda yang menjadi taruhannya. Pilih pewangi ruangan yang telah diakui di pasaran dengan kualitas baik, walaupun memang harganya sedikit lebih mahal namun kepuasan adalah yang utama.
  4. Untuk langkah antisipasi agar tidak muncul kembali bau yang tidak sedap tersebut, maka disarankan jangan membiasakan jendela mobil dibuka ketika AC sedang menyala. Ini dikarenakan debu akan mudah masuk dan mengotori kembali system AC mobil Anda.
  5. Selain itu jika makan di dalam mobil tetap selalu bersihkan sisa remah-remah makanannya untuk menghindari bau tidak sedap muncul kembali. Membuang sampah di mobil termasuk dalam 7 kebiasaan buruk yang membuat AC rusak.

Baca juga : Cara Merawat Dan Memasang Filter Udara AC Mobil

Dengan sedikit lebih rajin menjaga kebersihan interior dan menjaga kebersihan evaporator AC mobil. Selain dapat membuat sistem AC mobil Anda tetap awet jangka panjang juga akan tetap membawa kesegaran pada ruangan interior mobil Anda.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan komentar