sejarah ac mobl | Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil

Asal mula orang menggunakan AC pada mobilnya perlu diketahui khususnya untuk para pengguna mobil agar dapat memahami prinsip kerja dan hakikatnya menggunakan AC di mobil. Berawal dari ketika mulai diproduksinya mobil dengan kondisi atap tertutup, saat itu sudah ada terobosan dengan dibuatnya banyak ventilasi udara agar pengendara dan penumpang didalamnya tidak merasa kepanasan. Akan tetapi adanya ventilasi udara tersebut membuat masalah baru yaitu banyaknya debu serta udara panas yang masuk sehingga tidak dapat menyelesaikan masalah suhu udara panas dalam ruangan mobil saat itu.

Melihat dengan adanya ventilasi tersebut tidak memberikan sebuah solusi, maka di buatlah kipas angin di dalam mobil agar kenyamanan pengguna mobil dan penumpangnya tetap menjadi prioritas. Tetapi ternyata ketika kondisi jalanan macet udara panas dalam mobil tidak dapat dihilangkan dengan kipas angin tersebut, apalagi bila ditambah kondisi di luar mobil hujan, maka akan muncul uap air seperti embun di dalam bagian kaca mobil. Dengan begitu maka jendela mobil harus dibuka agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan, namun keamanan pengguna atau pengendara mobil masih tidak terjamin dengan dibukanya jendela tersebut.

Menjelang tahun 1990 pemasangan AC pada mobil memang sudah dilakukan namun menggunakan jenis Freon yang dapat merusak lapisan ozon atau dikenal dengan nama Freon R12. Walaupun semenjak tahun 1990 sudah mulai banyak produsen mobil yang menggalakkan penggunaan Freon jenis R134 yang lebih ramah lingkungan dan tidak akan langsung merusak lapisan ozon, namun masih ada juga yang menggunakan Freon type R12 yang tentunya harus sesuai dengan komponen yang dipasang pada sistem AC mobil tersebut. Beberapa mobil yang menggunakan Komponen sistem AC mobil yang seharusnya menggunakan Freon type R134 namun justru malah menggunakan Freon R12.

Asal mulanya orang menggunakan AC pada mobilnya berawal demi mendapatkan kenyamanan pada saat mengendarai mobil serta penumpang yang ada didalamnya tetap nyaman. Lalu bagaimana dengan mobil yang diproduksi sebelum tahun 1990 yang komponennya menggunakan jenis Freon R12 dan ingin diganti dengan jenis Freon R134? Tentu bisa. Caranya adalah dengan modifikasi system AC mobil yang terdapat dalam mobil yang dimiliki. Awalnya adalah dengan mengganti oli dalam sistem Ac mobil tersebut agar dapat mendukung penggunaan Freon jenis R134. Keunggulan Freon jenis ini adalah tidak memiliki warna dan bau, selain itu tidak akan membuat komponen berkarat atau tidak bersifat korosi. Selain itu yang paling utama adalah juga tidak mudah terbakar, dan masih banyak lagi manfaat lainnya khususnya bagi lingkungan.

Modifikasi mobil klasik atau yang awalnya menggunakan jenis Freon type R12 memang tidak bisa sebagian. Ini dikarenakan penggunaan Freon type R134 harus digunakan pada sistem dengan komponen yang mendukungnya. Apabila tidak disesuaikan dengan komponen yang mendukungnya maka akan tidak fungsi maximal system AC tersebut. Oleh karena itu disarankan bila Anda pengguna mobil klasik yang ingin memodifikasi system AC mobil yang digunakan agar datang ke bengkel specialist ac mobil yang berpengalaman dalam modifikasi mobil tidak hanya pada bagian sistem AC mobilnya saja. Sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dapat minta garansi dan jaminan dari bengkel tempat melakukan modifikasi tersebut.

Dengan mengetahui Asal mula orang menggunakan AC pada mobilnya, maka pemilik mobil yang saat ini masih belum didukung dengan sistem pendingin AC agar dapat segera melengkapinya. Ini dikarenakan hakikat menggunakan AC pada mobil agar dapat menunjang kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Sebagai contoh bila pengendara mobil menghadapi kondisi hujan deras tidak perlu mengalami bagian dalam kaca depan yang berembun yang akan mengganggu pandangan ketika mengendarai mobil. Selain itu Pengguna mobil juga tidak perlu membuka jendela mobil karena akan berdampak masuknya air hujan ke dalam mobil yang akan mengganggu konsentrasi dalam menyetir. Harapannya dengan memahami hal tersebut pengguna mobil yang masih menggunakan sistem AC dengan Freon type R12 agar segera memodifikasinya dan mengganti dengan jenis Freon yang ramah lingkungan tipe R134.

Previous Post Daftar Mobil Yang Menggunakan Filter Cabin Kyoto
Next Post Air Menetes dalam Kabin, Apa Penyebabnya?

Tinggalkan Balasan