Jangan Pernah Membiarkan Spare Parts AC Mobil Rusak Karena Tidak Diganti

Apakah belakangan ini Anda lagi sering uring-uringan akibat spare part ac mobil gampang rusak? Padahal spare parts tersebut belum lama dilakukan penggantian dengan model yang lebih baru pula. Tapi sekarang harus kembali diganti karena mengalami masalah yang sama. Benar-benar sebuah situasi yang bikin kesal.

Tapi sebelum menyalahkan spare parts AC mobil yang kembali rusak, ada baiknya Anda mencoba mengingat sedikit ke belakang. Bagaimana proses penggantian spare parts AC mobil tersebut?

Di bengkel mana proses penggantian spare parts tersebut dilakukan?

Apakah yakin spare parts ac mobil yang dibeli memang yang berkualitas bagus?

Dan ada banyak pertanyaan lanjutan terkait spare parts ac mobil gampang rusak.

Untuk itu mari kita lihat kira-kira apa saja yang bisa menyebabkan spare parts ac mobil gampang rusak. Ada sejumlah faktor yang memang disebabkan kondisi komponen yang tidak mampu tahan lama. Tapi juga bisa disebabkan karena kelalaian si pemilik mobil sendiri. Apa sajakah itu?

1.Tidak rutin melakukan service

Seperti halnya mesin mobil, ac mobil juga harus menjalani perawatan rutin. Minimal setahun sekali atau ketika sudah mencapai 10.000 km harus dilakukan penggantian oli kompresor dan pembersihan komponen ac mobil lainnya. Kemudian saat mencapai 20.000 km atau dalam tempo dua tahun dilakukan service besar. Sekali saja Anda lupa melakukan service rutin, alamat spare parts ac mobil bakal bermasalah.

Ibarat manusia yang harus mandi sehari dua kali untuk menyegarkan badan, ac mobil pun seperti itu. Harus dilakukan perawatan secara rutin. Hal ini tidak lain untuk menjaga kondisi spare parts agar tetap prima dan lebih segar. Dengan perawatan yang rutin hawa di dalam kabin pun bisa konsisten terjaga kesejukannya.

Ketika jadwal service rutin dianggap tak penting, spare parts ac mobil yang selama ini telah bekerja keras mendinginkan kabin bisa mogok. Ambil contoh karena oli pada kompresor sudah sangat kotor atau bahkan berkurang dari volume yang seharusnya. Sehingga kerja kompresor sebagai jantung ac mobil pun otomatis menjadi lebih berat.

Tanpa volume oli yang sesuai standar pabrik, komponen di dalam kompresor akan lebih cepat rusak dan aus. Akibatnya sudah pasti kerja kompresor tidak akan maksimal karena bagian dalamnya sudah mengalami kerusakan.

Saat kompresor tidak bisa bekerja secara maksimal, secara langsung akan memengaruhi kinerja spare parts yang lain. Pada awalnya mungkin hanya karena oli kompresor yang kurang dari takaran. Tapi efek lanjutannya bisa merembet ke kondensor atau filter dryer menjadi lebih cepat rusak.

Untuk mencegah terjadi kerusakan yang fatal pada spare parts ac mobil pastikan Anda tidak lupa pada jadwal untuk melakukan service rutin. Dan tak ada salahnya untuk melakukan service rutin di bengkel AC mobil Rotary Bintaro. Dengan peralatan lengkap dan mekanik yang andal, AC mobil Anda akan dirawat secara baik dan benar.

Selain bengkel perawatan dan perbaikan ac mobil, Rotary Bintaro juga menyediakan spare parts ac mobil murah. Tentu saja, meski harga yang ditawarkan terbilang murah, tapi spare parts yang dijual di bengkel Rotary Bintaro bisa dijamin kualitasnya. Bengkel ac mobil Rotary Bintaro menawarkan harga spare parts ac mobil murah tapi kualitasnya tidak murahan.

2.Suhu mesin terlalu panas

Sering membawa mobil hingga kondisi mesin sangat panas? Bisa jadi inilah penyebab spare parts ac mobil Anda menjadi gampang rusak. Kondisi mesin yang sangat panas secara otomatis membuat sistem sirkulasi ac mobil menjadi lebih panas. Pasalnya freon yang bersirkulasi tidak berada dalam kondisi dingin ketika keluar menuju ke kompresor.

Saat itu kondisi spare parts ac mobil pun akan ikut mengalami kenaikan suhu. Ketika suhu komponen lebih tinggi dari seharusnya maka kondisi ini akan membuat umur spare parts menjadi lebih pendek. Semakin sering mesin mobil berada dalam kondisi sangat panas, maka akan semakin pendek pula umur komponen ac mobil.

Untuk itu bagi Anda yang sering membawa mobilnya hingga kondisi mesin terlalu panas harus lebih waspada terhadap kondisi ac mobilnya. Bila memang kondisi tersebut sering dialami, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan ac mobil. Supaya kerusakan bisa diminimalisir sejak dini. Ujungnya tentu saja pengeluaran pun bisa lebih hemat karena tidak harus membeli spare parts baru dalam tempo yang cukup dekat.

3.Magnetic Clutch Rusak

Kompresor sebagai jantung dari sistem AC mobil tidak akan bekerja tanpa ada bantuan dari putaran mesin. Untuk mendapatkan putaran mesin itulah ada komponen pelengkap bernama magnetic clutch. Disebut tambahan karena memang komponen ini ada di luar kompresor. Bukan bagian utama dari kompresor.

Namun, tanpa keberadaan magnetic clutch sudah jelas kompresor tidak akan bisa bekerja menyirkulasikan freon. Maka itu ketika magnetic clutch mengalami kerusakan otomatis kompresor tidak bisa bekerja.

Repotnya lagi, karena kompresor tidak bisa menyirkulasikan freon dengan lancar, komponen yang lain juga bakal terkena imbas. Akibat kerusakan pada magnetic clutch suhu pada sistem jaringan ac mobil bakal lebih tinggi. Komponen yang lain juga harus bekerja lebih keras.

Akibatnya sudah jelas, bakal ada gangguan atau masalah yang dialami komponen lain. Kegagalan fungsi dari kompresor akibat kerusakan pada magnetic clutch memang tidak bisa dipandang sepele. Ketika dibiarkan telalu lama, kerusakan ini bisa merembet kepada komponen lain.

Bahkan dampak buruk dari kerusakan pada magnetic clutch bisa berpengaruh terhadap komponen yang sebenarnya belum lama diganti. Tapi karena kerusakan ini berujung suhu dan tekanan pada sistem ac yang terlalu tinggi maka komponen tersebut menjadi cepat rusak.

4.Terjadi kebocoran

Jangan pernah sepelekan kebocoran yang terjadi pada sistem ac mobil. Dampaknya bisa banyak. Spare parts yang langsung merasakan dampak buruk dari kebocoran pada sistem ac mobil adalah kompresor. Si jantung sistem ac mobil ini bisa jadi akan berhenti bekerja ketika ada kebocoran hingga menyebabkan freon hingga habis total.

Ketika kompresor berhenti bekerja maka spare parts yang lain pun tidak bisa bekerja dengan baik. Seperti kondensor yang tidak akan mengkondensasi freon. Begitu pula dengan evaporator yang tak bisa menyebarkan hawa dingin karena memang tekanan freon pada sistem berkurang / habis.

Kalau pun ternyata kompresor tetap bekerja meski ada kebocoran dapat dipastikan akan cepat mengalami kerusakan. Pasalnya, kompresor bekerja menyedot dan menyalurkan freon ke seluruh jaringan ac mobil.

Di sisi lain, freon yang harusnya disirkulasikan jumlahnya tak sesuai dengan kebutuhan. Ada ketimpangan antara proses kerja kompresor dengan jumlah freon yang ada di dalamnya.

Artinya kompresor akan bekerja dengan tidak maksimal. Akibat dari kompresor yang tidak bekerja dengan baik maka akan mengakibatkan kerusakan pada komponen tersebut. Semakin dipaksa bekerja maka akan semakin besar kerusakan yang dialami komponen tersebut.

Buruknya, kerja kompresor yang menurun tersebut punya dampak lanjutan pada spare parts AC mobil lainnya. Kerusakan tidak cuma dialami kompresor, tapi juga berpeluang dijalani spare parts lainnya. Kalau sudah begini, siap-siap saja tabungan bisa terkuras karena harus membeli banyak spare parts agar AC mobil Anda kembali normal.

5.Komponen yang rusak dibiarkan berlarut

Jangan pernah membiarkan spare parts ac mobil yang sudah menunjukkan gejala kerusakan tapi tidak kunjung diganti. Apalagi malah menunggu sampai spare parts tersebut akhirnya tidak berfungsi. Satu saja komponen ac mobil bermasalah maka komponen lain sangat berpeluang untuk ikut mengalami masalah. Tidak mau ‘kan kejadian seperti itu?

Misalnya saja kondisi magnetic clutch yang sudah mulai tidak sinkron dengan putaran mesin akibat ada bagian yang mulai aus. Ketika kondisi ini terus dipaksakan maka kompresor bakal ikut terkena imbas buruk. Akibat putaran magnetic clutch yang tidak stabil langsung memengaruhi putaran silinder di dalam kompresor. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama maka kompresor bakal segera minta diganti oleh yang baru.

Atau kondisi filter dryer yang sudah sangat kotor tapi tak kunjung diganti karena jarang dilakukan pemeriksaan dan perawatan. Akibatnya, kotoran yang harusnya bisa disaring oleh filter dryer ternyata lolos hingga ke expansion valve.

Alhasil proses pengubahan freon menjadi lebih dingin yang masuk ke evaporator pun  tidak bisa maksimal. Jangan heran kalau kondisi kabin menjadi lebih hangat dari biasanya akibat kerusakan pada filter dryer yang dibiarkan berlarut, efek jangka panjang akan menyebabkan kompresor bermasalah.

Dengan melakukan service ac mobil secara rutin, hal-hal seperti di atas bisa diantisipasi lebih cepat. Ingat, perawatan dan pemeliharaan secara rutin bisa menghindarkan Anda dari biaya besar akibat harus melakukan penggantian spare parts yang sering rusak.

6.Komponen yang memang sudah tua

Bingung karena spare parts AC mobil rusak silih berganti?

Bisa jadi umur spare parts tersebut sudah terlalu tua. Coba Anda mengingat-ingat kapan terakhir kali melakukan penggantian spare parts AC mobil. Bisa jadi memang spare parts tersebut sudah saatnya dilakukan penyegaran dengan memasang yang baru.

Bagaimanapun sebuah komponen kendaraan termasuk ac mobil memang ada masa pakainya. Ketika sudah mencapai umur maksimal, komponen tersebut tidak bisa dipaksakan untuk terus dipakai. Ketika sebuah spare parts udzur dipaksakan tetap bekerja malah akan mengakibatkan dampak buruk kepada komponen yang lain.

Spare parts yang lebih muda usianya mau tidak mau akan ikut terimbas jika komponen tua masih terus dipakai. Akibat komponen tua yang sudah tidak bisa bekerja dengan baik, maka komponen yang lebih muda justru akan dipaksa untuk bekerja sampai batas maksimal. Dengan kata lain, proses menuju kerusakan komponen muda ini akan lebih cepat.

Kalau memang ada spare parts yang sudah lama sekali tidak diganti sebaiknya segera diperiksa kembali. Pastikan kondisinya masih layak pakai atau tidak. Jika memang sudah mulai melemah dan menunjukkan gejala kerusakan jangan ragu untuk segera menggantinya. Jangan menunggu sampai ada spare parts lain ikut rusak sebagai imbas dari pemakaian komponen yang sudah tua tersebut.

7.Kualitas komponen yang jelek

Coba cek kembali apakah spare parts AC mobil yang sebelumnya diganti merupakan barang berkualitas bagus atau tidak. Boleh jadi komponen yang terpasang punya kualitas KW tanpa Anda ketahui. Saat membeli spare parts tersebut disebutkan oleh penjaga toko bahwa barangnya berkualitas. Tapi ketika setelah dipasang baru diketahui ternyata Anda mendapat barang KW.

Kualitas spare parts AC mobil yang berkualitas dengan yang biasa tentu saja berbeda. Dari harganya pun biasanya sudah bisa dinilai seberapa bagus komponen tersebut. Jangan sampai mengikuti bujukan toko yang menawarkan spare parts dengan harga murah, tapi belakangan kecewa dengan kualitasnya. Ujungnya dana yang dikeluarkan pun menjadi berlipat karena harus kembali membeli spare parts yang berkualitas.

  1. Ketika Anda akhirnya memilih memasang  spare parts dengan kualitas rendah, jangan kaget kalau dalam waktu dekat akan terjadi kerusakan pada spare parts yang sama. Bisa terjadi dalam hitungan minggu atau bulan, tergantung sering tidaknya mobil digunakan..

Karena itu untuk menghindari toko onderdil yang menawarkan harga spare parts ac mobil murah dan berkualitas rendah, Anda sebaiknya pintar dalam memilih bengkel atau toko spare parts. Salah satu bengkel yang banyak jual spare parts ac mobil murah tapi dengan kualitas yang terjamin adalah bengkel AC Mobil Ciledug.

Bengkel AC Mobil Ciledug merupakan salah satu cabang dari bengkel AC mobil Rotary Bintaro. Bengkel ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang mencari spare parts AC mobil murah tapi tetap berkualitas. Spare parts yang dijual dijamin punya kualitas tinggi dengan harga yang tak bikin kantong bolong.

Itulah beberapa poin yang mungkin tidak disadari Anda ketika spare parts ac mobil gampang  rusak. Intinya, selama rutin melakukan service maka kondisi ac mobil pun bisa lebih terjaga. Terutama komponen-komponen di dalamnya bisa lebih tahan lama. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Nah sekarang Anda sudah punya jawaban kenapa spare parts ac mobil gampang rusak. Tidak perlu uring-uringan ketika ada spare parts ac mobil yang belum lama diganti kembali mengalami kerusakan. Bisa jadi salah satu penyebabnya ada di bagian atas tulisan ini.

Kalau mau tahu tempat yang jual spare parts AC mobil murah boleh lah mengunjungi bengkel ac mobil Rotary Bintaro. Tersedia banyak spare parts AC mobil berkualitas dengan harga yang ramah di kantong. Mau pasang sekalian di bengkel juga bisa kok.

Saat ini bengkel AC mobil Rotary Bintaro sudah punya dua cabang, yaitu bengkel AC mobil Bintaro dan bengkel AC mobil Ciledug. Alamat lengkapnya:

1.Bengkel AC Mobil Bintaro Jl. RC Veteran No.1A, Bintaro Raya, Tanah Kusir, Jakarta Selatan Telp (021) 7342209,73880022  atau 0817870034 (Telp/SMS/WA)

2.Bengkel AC Mobil Ciledug Jl. Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan Telp (021) 73889500 atau 087796009700 (Telp/SMS/WA)

Bagaimana?

Perbincangan kita kali ini pasti ada manfaatnya. Sebarkan tulisan informatif ini melalui sosmed Anda ya. Terutama yang masuk dalam komunitas mobil.

Nah kalau ada yang kurang jelas. Silakan tinggalkan komentar di bawah ya. Ditunggu.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan