Kenapa Kompresor AC Mobil Bising?

Selamat pagi.

Sebagai pemilik dan pengguna mobil yang baik, sudah semestinya kita juga merawat mobil kita dengan baik. Sudah semestinya pula kita mulai belajar tentang komponen-komponen yang ada dalam mobil. Sebelumnya kita telah mempelajari tentang kondensor ac, yaitu mengenai penyebab kondensor ac mobil bocor. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan memoelajari komponen dari mobil yang lain, yaitu kompresor AC mobil.

Apa itu kompresor AC mobil?

Bagaimana fungsinya?

Kompresor AC mobil merupakan salah satu dari komponen AC mobil yang juga berperan dalam proses pendinginan. Kompresor AC bekerja di awal siklus pendinginan. Kompresor AC mobil berfungsi untuk menghisap freon dalam kondisi tekanan kabin yang rendah. Barulah setelah freon tersebut menjadi gas bertekanan tinggi, ia akan diubah menjadi bentuk cair oleh kondensor AC. Baik kompresor AC, kondensor, dan freon adalah suatu kesatuan yang tak terpisahkan.

Kenapa Kompresor AC Mobil Bising?

Salah satu masalah yang kerap dialami kompresor AC mobil adalah bunyi bising. Bunyi bising ini biasanya muncul ketika AC mulai bekerja dan akan kembali normal ketika AC di off kan kembali. Mengapa kompresor AC berbunyi bising?

Ada beberapa penyebab yang mendasarinya:

1. Oli kompresor habis

Agar tak cepat panas dan juga untuk mengurangi terjadinya gesekan, diperlukan oli kompresor sebagai pelumas kompresor AC mobil. Kondisi kekurangan maupun kehabisan oli kompresor menyebabkan kerja kompresor AC menjadi berat dan gesekan pun menjadi tak terelakkan. Hal ini akan menimbulkan bunyi bising pada kompresor AC ketika AC mobil dinyalakan.

Kondisi kekurangan atau kehabisan oli ini perlu diwaspadai karena adanya kebocoran. Kebocoran oli ini biasa terjadi pada bagian seal atau pipa.

2. Piston atau silinder yang telah aus 

Jika AC mobil anda mulai berbunyi bising karena piston atau silinder yang telah aus, lebih baik anda segera mengganti kompresor AC mobil anda. Hal ini karena kondisi piston atau silinder yang aus disebabkan faktor usia mobil yang menua.

3. Thrust bearing yang longgar

Thrust bearing yang longgar akan menyebabkan putaran mesin menjadi tidak stabil sehingga timbullah bunyi bising ketika AC mobil dinyalakan. Kondisi trush bearing yang longgar biasanya karena posisi pemasangan yang kurang tepat. Kerusakan ini dapat dengan cepat dikembalikan seperti semula.

4. Ketidakpresisian noken as kompresor

Pada tipe AC mobil tertentu seperti tipe ND, memang seringkali dijumpai kondisi noken as kompresor yang tidak presisi. Hal ini membuat tidak ada yang membatasi piston sehingga piston dapat bergerak melebihi batas maksimal. Gerakan piston yang tak terkendali memicu terjadinya benturan valve sehingga timbullah bunyi bising pada kompresor AC.

Menjaga dan merawat mobil bukanlah hal yang susah. Selama kita mau belajar, pasti kita bisa merawatnya dengan baik. Akan tetapi, bila kita tak begitu yakin dengan kemampuan diri sendiri, alangkah lebih baik mempercayakannya pada orang yang lebih berkompetensi. Periksakan mobil anda secara berkala ke bengkel mobil untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara di kemudian hari.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

2 Comments

  1. […] untuk membangun mesin secara keseluruhan. Komponen mekanikal yang utama dari sebuah AC mobil adalah kompresor AC mobil, kondensor, fliter drier, high pressure switch- low pressure switch (HPS-LPS), expansion valve, […]

  2. […] Untuk masalah yang satu ini kita ada bahasan khusus yaitu penyebab kompresor AC mobil bising. […]

Tinggalkan Balasan