Perhatikan Perawatan 5 Spare Parts AC Mobil Ini Biar Tahan Lama - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Apa Saja Spare Parts AC Mobil yang Utama harus Anda Perhatikan Saat Service AC Mobil?

Perhatikan Perawatan dari 5 Spare Parts AC Mobil Ini Biar Tahan Lama

Didalam suatu mesin AC mobil terdapat banyak komponen komponen penting yang saling berkaitan. Beberapa diantaranya ada spare parts utama yang wajib kita ketahui fungsi dan cara kerjanya. Hal ini merupakan poin penting yang wajib kita perhatikan pada saat service AC mobil. Mengingat service AC mobil adalah satu ritual yang wajib di lakukan bagi pengendara mobil.

Terus apa saja spare parts AC mobil yang harus kita perhatikan pada saat service AC mobil?

Berikut ini adalah ulasannya :

1.Kompresor AC Mobil

Kompresor dalam sistem AC mobil berfungsi menghisap gas refrigerant dari evaporator yang memiliki tekanan dan bertemperatur rendah lalu memampatkan gas tersebut menjadi cairan  yang memiliki tekanan dan temperatur yang tinggi. Selain itu kompresor juga berfungsi untuk mengalirkan refrigerant atau freon sebagai media pendingin dalam sebuah sistem AC mobil.

Kompressor ini secara mekanisme digerakkan oleh mesin mobil. Kompresor ada dua jenis yakni jenis rotari dan torak. Agar kinerja kompresor tidak terlalu membebani mesin dan lebih awet masa pemakaiannya maka dipasangi pressure swicth untuk mengatur otomatis jalannya kompresor. Kompresor AC mobil terdiri dari beberapa macam, dan berikut ini tipe dari kompresor yang dapat dibedakan menjadi 2 tipe ;
Tipe gerak bolak-balik:

  • Tipe Crank
  • Tipe Swash plate
  • Tipe Wobble plate

Tipe gerak putar

  • Tipe through vane
  • Tipe scroll

2.Kondensor AC Mobil

Kondesor berfungsi untuk mendinginkan dan membuang suhu panas pada refrigerant atau freon yang bertekanan dan bersuhu tinggi. Cara kerjanya cukup sederhana,yakni menggunakan cooling fan condenser,fan ini lah yang akan merubah gas freon menjadi berbentuk cair. Dilihat dari segi posisi,kondesor pada sistem AC mobil akan selalu berada di bagian depan mobil. Hal ini bertujuan pula agar pada saat mobil melaju udara dapat masuk dan membantu sistem pendinginan.

Seperti yang dapat kita lihat pada gambar diatas,pada mulanya freon memiliki tekanan dan suhu tinggi. Didalam pipa yang disusun secara paralel perlahan gas akan di rubah menjadi cair. Dan pada tahapan akhir gas sepenuhnya berubah menjadi cair dengan suhu sekitar 57 derajat celcius.

3.Filter Dryer AC Mobil

Sesuai namanya yakni dryer, alat ini berfungsi menjaga kelembapan udara yang dihembuskan oleh sistem AC mobil. Didalam dryer ini terdapat dua bagian penting yakni filter kasa dan silica gel (penyerap air).

Filter dryer ini juga berfungsi menyaring udara dari partikel dan kotoran kotoran halus. Selain terdapat filter, receiver dryer juga terdapat desiccant. Desicant berfungsi memisahkan uap air dari freon / refrigerant. Uap air harus dihilangkan dari freon karena nantinya dapat membeku dan menghambat sirkulasi dari freon. Sehingga AC mobil justru menjadi tidak dingin. Sedangkan konstruksi dari filter dryer ini sendiri terdiri dari lima komponen utama yakni : tutup pengaman,saklar pengaman, sight glass, filter penyaring dan silica gel (dessicant).

4.Expansi Valve AC Mobil

Ekspansi valve ini bekerja layaknya katup udara yang mengatur intensitas freon yang dialirkan ke evaporator sesuai kebutuhan. Selain itu ekspansi valve ini juga berfungsi untuk mengabutkan freon menjadi kabut sehingga mudah menguap dan dinginya diserap dalam kisi kisi evaporator yang kemudian akan ditiup angin blower ke dalam kabin. Katup ekspansi memiliki beberapa varian,diantaranya :

-Expansion Valve dengan Kontrol Temperatur

-Expansion Valve dengan Kontrol Tekanan dan Temperatur

-Katup Ekspansi Tipe Blok

5.Evaporator AC Mobil

Dan yang terakhir adalah evaporator,segala proses sistem AC mobil akan selalu melalui evaporator sebelum dihembuskan ke kabin mobil. Ditempat ini dingin dihasilkan oleh cooling coil dan katup ekspansi kemudian diserap melalui kisi kisi evaporator serta sensor thermostat sebagai alat pengatur suhu udara dingin , lalu di tiup oleh udara motor blower ke seluruh ruangan kabin. Evaporator ini bekerja layaknya paru-paru pada organ tubuh manusia yang befungsi menyebarkan udara yang baik bagi tubuh.

Demikian beberapa spare parts yang harus kita perhatikan dan minimal kita paham apa fungsi dari spare parts tersebut. Sehingga suatu saat kita mengalami kejadian yang tidak diinginkan dengan mesin AC Mobil kita dapat segera memperbaiki. Untuk bengkel AC mobil yang menyediakan spare parts berkualitas dan harga spare parts AC mobil murah.

Anda dapat menghubungi bengkel spesialis AC mobil Rotary Bintaro yang berlokasi di Jl. RC Veteran No. 1A, Bintaro Raya, tanah kusir, Jakarta Selatan. Memiliki ruang tunggu yang nyaman,teknisi berpengalaman dan kemudahan bertransaksi.

Tunggu apa lagi,dapatkan penawaran terbaik untuk solusi kenyamanan berkendara Anda!

Semoga tulisan diatas perhatikan perawatan dari 5 spare parts AC mobil ini biar tahan lama membantu khususnya buat pengguna mobil ya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan