fbpx

10 Alasan Bodoh Membeli Mobil Baru

Sumber gambar www.carmudi.co.id


Buat sebagian besar orang Indonesia, khususnya kalangan menengah kebawah. Memiliki mobil dengan keadaan baru merupakan kebangaan bagi sebagian orang dan bahkan bisa membuat tingkat wibawa menjadi lebih tinggi. Berbeda dengan mobil bekas maka kebanyakan orang merasa gengsi dan malu untuk membawa mobil tersebut untuk berjalan-jalan.

Sekarang ini membeli mobil bekas akan menyiratkan tanda sosial bahwa seseorang itu dianggap kurang mampu. Karena jelas kalau punya penghasilan yang cukup akan membeli mobil baru. Meski begitu berbeda halnya kalau membeli mobil tua untuk dikoleksi.

Sumber gambar www.carmudi.co.id

Membeli dan memiliki mobil baru sebenarnya tidak ada salahnya. Anda yang tetap harus bisa mempertimbangan beberapa hal sebelum melakukan dan membeli mobil baru. Sekarang sudah banyak media yang membahas tentang mobil. Kita bisa dapatkan tips dan trik sebelum membeli mobil dan panduan merawat mobil.

Baca juga : 10 Pengusaha yang Kaya Hanya Dari dan Memakai Mobil Bekas

Memiliki mobil bekas pun sebenarnya tidak kalah saing sama yang punya mobil baru. Pada dasarnya tidak ada bedanya mobil  bekas dengan mobil baru. Anda hanya perlu melakukan perawatan dengan benar.

Kalau perawatan tidak baik dan tidak berguna sesuai sama kebutuhan. Maka membeli mobil baru sebenarnya anda sama saja membuat kesalahan besar. Bila dilihat dari segala sisi. Khususnya dari  sisi manfaat dan dari sisi ekonomi. Pengaruh terkadang tidak langsung terasa. Tetapi pada sasatnya juga sangat berpengaruh negatif dalam keuangan.

Kalau masih belum yakin dengan penjelasan singkat diatas. Maka berikut alasan bodoh membeli mobil baru.

Kesalahan Besar Ketika Membeli Mobil Baru

1. Biaya angsuran yang terlalu besar

Bila anda membeli mobil baru dengan menggunakan jalur kredit maka anda akan mendapatkan angsuran yang begitu besar dan bisa membuat kantong anda terkuras. Angsuran besar tidak akan anda dapatkan bila melakukan pembelian mobik bekas.

2. Menambah uang pengeluaran untuk perawatan

Berbeda dengan mobil bekas pada umumnya, mobil baru akan mengalami peningkatan dalam biaya perawatan karena alat yang diperlukan juga berada di harga yang lumayan mahal dan bahkan bisa dikatakan sangat mahal.

3. Pembelian yang sia-sia

Melakukan pembelian mobil baru akan terasa sia-sia bila tetap anda lakukan meskipun mobil anda masih bagus dan tidak terpakai oleh anggota keluarga anda. Sebelum anda membeli mobil baru, sebaiknya anda harus mempertimbangkan dari kegunaan mobil tersebut nantinya.

Selain biaya pembelian mobil baru. Biaya paling utama yang harus dipikirkan adalah service mobil rutin. Ini biaya bulanan yang tidak bisa dihindari.  Jangan sampai sudah beli baru harus dijual karena tidak mampu untuk merawat.

4. Salah satu penyebab pembengkakan pengeluaran keluarga

Pengeluaran dalam kehidupan sehari-hari memang tidak akan bisa dihindari. Meskipun pengeluaran berkaitan erat dengan kehidupan, hal tersebut tetap bisa diminimalisir dengan mempertimbangkan semua tindakan dalam keluarga anda misalnya untuk melakukan pembelian mobil baru.

Satu hal pembengkakan pengeluaran keluarga yang harus dipikirkan adalah service mobil. Karena harus dilakukan rutin setiap bulan. Pengeluaran yang satu ini tidak boleh dilupakan. Kalau mau mobilnya tetap awet.

Sumber gambar www.carmudi.co.id

5. Menghambat kemajuan dalam keluarga

Ketika anda sudah memiliki keluarga maka anda tidak akan bisa menghindari yang namanya perubahan misalnya ingin membuat bangunan rumah menjadi besar lagi, memajukan pendidikan anak anda dan lain sebagainya. Semua tindakan dan perubahan tersebut tidak akan terlaksana jika anda tidak bisa mengontrol pengeluaran misalnya lebih memilih membeli mobil baru dibandingkan untuk keperluan lainnya.

6. Membuat anda menjadi terlilit hutang

Mahalnya harga mobil baru seperti sekarang ini akan membuat anda melakukan pembelian dengan cara kredit dan bukan dengan cara cash bila pemasukan keuangan anda sangat minim.

Melakukan pembelian dengan cara kredit akan membuat anda menjadi banyak pemikiran tertuama dalam segi pelunasan mobil yang mana mungkin anda juga masih memiliki keperluan lainnya yang mengelurkan uang dalam jumlah banyak dan tidak menutup kemungkinan anda akan terlilit hutang dalam kehidupan anda nantinya.

7. Fungsi mobil tidak akan maksimal

Mobil baru biasanya akan kurang dalam manfaatnya. Kurangnya dalam merasakan manfaat biasanya disebabkan terlalu hati-hatinya dalam penggunaan mobil tersebut sehingga tidak bisa dilakukan untuk semua kegiatan dalam keseharian anda. Mobil baru akan sangat jarang anda gunakan misalnya dalam kegiatan bangunan atau untuk mengangkut beban berat dengan alasan terlalu sayang dengan kondisi yang baru.

8. Membuat garasi atau lingkungan anda menjadi penuh

Salah satu tindakan yang jarang diperhatikan yakni untuk mempertimbangan kondisi lingkungan rumah anda. Membeli mobil baru sama saja akan membuat tempat penyimpanan menjadi penuh yang mana seharusnya bisa digunakan untuk menyimpan benda lainnya.

9. Susah untuk melakukan modifikasi

Kondisi original dari suatu barang memang sering dijaga oleh sebagian orang. Hal tersebut tidak akan berlaku untuk sebagian orang yang mana lebih suka dalam melakukan perubahan dari kondisi original. Memiliki mobil yang baru akan menghambat dalam membuat perubahan modifikasi dengan alasan rugi mengganti barang original.

Untuk itu kita juga harus meluangkan waktu untuk belajar tentang mobil. Khususnya memilih bengkel mobil yang bagus.

Sumber gambar aatblog.wordpress,com

10. Menjadi penyebab pertengkaran

Tidak sedikit keluarga yang menjadi bertengkar ketika membeli mobil baru. Alasan yang membuat pertengkaran dikarenakan kedua belah pihak tidak saling sepakat dalam memiliki mobil  baru dengan alasan masih banyak keperluan lainnya dalam rumah tangga.

Sebelum anda memutuskan untuk mempunyai mobil baru, ada baiknya anda juga memperhatikan beberapa penjelasan yang sudah dituliskan diatas agar nantinya anda tidak mendapatkan beberapa masalah.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Blog

Alasan Bodoh Membeli Mobil BaruKesalahan Besar Ketika Membeli Mobil Baru

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?