rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Jangan Anda Abaikan! Ini Penyebab dan Akibat Dari AC Bunyi Jangkrik Pada Mobil Anda!

Apakah Anda pernah mendengar suara jangkrik yang berasal dari AC mobil Anda? Jika ya, maka Anda perlu waspada karena AC bunyi jangkrik bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem pendingin mobil Anda. Masalah AC bunyi jangkrik ini tidak boleh Anda abaikan karena berpotensi menimbulkan kerusakan pada komponen AC mobil yang lainnya.

Masalah AC bunyi jangkrik pada mobil yang mengganggu ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, akan tetapi faktor tersebut tidak jauh dengan komponen AC yang aus atau rusak. Sumber masalah atau penyebab dari AC bunyi jangkrik pada mobil ini perlu Anda pahami karena berbeda penyebab tentu akan berbeda cara penanganannya.

Lebih jauh lagi, Anda perlu memahami juga bagaimana akibat yang akan ditimbulkan dari masalah AC bunyi jangkrik ini serta bagaimana cara penanganannya. Seluruh informasi tersebut telah terangkum rapih dalam artikel kali ini. Seperti apa ya kira-kira? Simak terus sampai habis ya!

Pertanyaan Seputar AC Bunyi Jangkrik

Bunyi normal pada AC biasanya bersifat kontinu dan tenang. Jika Anda mendengar suara berderak, berdecit, atau mirip jangkrik, itu bisa menjadi tanda masalah yang perlu diperiksa.
Biaya perbaikan dapat bervariasi tergantung pada sifat masalah dan suku cadang yang diperlukan. Pastikan untuk mendapatkan perkiraan biaya dari teknisi sebelum memulai perbaikan.
Lakukan pemeliharaan rutin dengan membersihkan AC secara teratur, mengganti filter udara, dan memanggil teknisi untuk pemeriksaan berkala dapat membantu mencegah masalah bunyi tersebut.
Jika bunyi tersebut terus berlanjut atau semakin parah, segera panggil teknisi AC untuk pemeriksaan dan perbaikan. Mengabaikan masalah ini dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada sistem AC.

Penyebab AC Bunyi Jangkrik pada Mobil

AC bunyi jangkrik

Seperti yang kita pahami, sistem AC mobil terdiri dari berbagai macam rangkaian komponen di dalamnya. Ketika terjadi masalah, termasuk masalah AC bunyi jangkrik pada mobil, maka penyebabnya dapat berasal dari berbagai faktor. Dalam hal ini, ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab AC bunyi jangkrik, diantaranya adalah :

1. Kompresor AC Mobil Rusak

Penyebab AC bunyi jangkrik pada mobil yang pertama adalah kompresor AC mobil yang rusak. Kompresor AC mobil adalah komponen yang berfungsi untuk menghisap dan memampatkan refrigeran atau freon yang beredar di dalam sistem pendingin mobil. Kompresor AC mobil juga berperan untuk mengatur tekanan dan suhu udara yang keluar dari ac mobil.

Jika kompresor AC mobil rusak, maka freon tidak akan mengalir dengan baik dan AC mobil tidak akan berfungsi secara optimal. Salah satu tanda kerusakan kompresor AC mobil adalah munculnya bunyi jangkrik pada AC mobil saat AC mobil dinyalakan. Suara ini berasal dari gesekan antara piston dan silinder kompresor AC yang aus atau kotor.

2. Bearing Kompresor AC Aus

Penyebab AC mobil bunyi jangkrik yang ke dua adalah bearing kompresor AC yang aus. Bearing kompresor AC adalah komponen yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara poros dan puli kompresor ac.

Bearing kompresor AC juga berperan untuk menstabilkan putaran kompresor ac. Jika bearing kompresor AC aus atau kendor, maka akan terjadi gesekan yang berlebihan antara poros dan puli kompresor ac. Akibatnya, akan terdengar suara jangkrik yang berasal dari kompresor AC saat AC mobil dinyalakan. Suara ini akan semakin keras jika Anda menambah kecepatan mobil Anda.

3. Selang AC Bocor

Selang AC yang bocor juga dapat menjadi penyebab AC bunyi jangkrik pada mobil Anda. Selang AC mobil ini sendiri adalah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan kompresor AC dengan evaporator, kondensor, dan receiver dryer. Selang AC juga berperan untuk mengalirkan refrigeran atau freon yang beredar di dalam sistem pendingin mobil.

Jika selang AC bocor, maka refrigeran akan keluar dari sistem pendingin mobil dan AC mobil tidak akan berfungsi secara optimal. Salah satu tanda kebocoran selang AC adalah adanya suara jangkrik yang terdengar saat AC mobil dinyalakan. Suara ini berasal dari tekanan udara yang keluar dari lubang kecil pada selang AC .

Akibat AC Bunyi Jangkrik pada Mobil

AC bunyi jangkrik

AC bunyi kaya jangkrik pada mobil bukan hanya mengganggu kenyamanan berkendara Anda, tetapi juga bisa menimbulkan beberapa akibat buruk yang cukup serius, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Performa AC Menurun

AC bunyi seperti jangkrik pada mobil menunjukkan adanya kerusakan pada komponen AC mobil yang berpengaruh pada performa AC mobil. Jika kompresor AC rusak, maka AC mobil tidak akan mengeluarkan udara dingin yang sesuai dengan keinginan Anda.

Jika bearing kompresor AC aus, maka AC mobil tidak akan berputar dengan stabil dan bisa menyebabkan overheat. Jika selang AC bocor, maka AC mobil tidak akan mendapatkan pasokan refrigeran yang cukup dan bisa menyebabkan freeze. Semua akibat ini akan membuat Anda merasa panas dan tidak nyaman saat berkendara.

2. Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

AC bunyi jangkrik pada mobil menunjukkan adanya kerusakan pada komponen AC mobil yang berpengaruh pada konsumsi bahan bakar mobil. Jika kompresor AC rusak, maka AC mobil akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan udara dingin dan akan membutuhkan lebih banyak tenaga dari mesin mobil.

Jika bearing kompresor AC mobil aus, maka AC mobil akan mengalami hambatan saat berputar dan akan membutuhkan lebih banyak tenaga dari mesin mobil. Jika selang AC bocor, maka AC mobil akan kehilangan refrigeran dan akan membutuhkan lebih banyak tenaga dari mesin mobil. Semua akibat ini akan membuat mobil Anda boros bahan bakar dan akan membebani kantong Anda.

3. Kerusakan Sistem Pendingin Mobil

AC bunyi jangkrik pada mobil menunjukkan adanya kerusakan pada komponen AC mobil yang berpengaruh pada sistem pendingin mobil. Jika kompresor AC rusak, maka AC mobil akan mengalami kebocoran refrigeran dan akan mengurangi tekanan dan suhu sistem pendingin mobil.

Lalu, jika bearing kompresor AC aus, maka AC mobil akan mengalami getaran dan akan merusak komponen lain yang terhubung dengan kompresor ac. Jika selang AC bocor, maka AC mobil akan mengalami kebocoran refrigeran dan akan mengurangi tekanan dan suhu sistem pendingin mobil. Semua akibat ini akan membuat sistem pendingin mobil Anda tidak berfungsi dengan baik dan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Baca Juga : Ini Dia Fungsi Blower AC Mobil Yang Wajib Anda Tahu!

Cara Merawat AC Mobil Untuk Mencegah Masalah AC Bunyi Jangkrik Pada Mobil Anda

AC bunyi jangkrik

AC bunyi jangkrik pada mobil adalah masalah yang serius dan harus segera ditangani. Namun, Anda juga bisa mencegah masalah ini dengan merawat AC mobil Anda secara rutin dan benar. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat AC mobil Anda agar tidak bunyi jangkrik :

1. Bersihkan Filter AC

Filter AC adalah komponen yang berfungsi untuk menyaring debu, kotoran, dan bakteri yang masuk ke dalam sistem pendingin mobil. Filter AC juga berperan untuk menjaga kualitas udara yang keluar dari AC mobil.

Jadi jika filter AC kotor, maka AC mobil akan mengeluarkan udara yang bau, kotor, dan tidak sehat. Jika filter AC tersumbat, maka AC mobil akan mengalami penurunan tekanan dan suhu udara yang keluar dari AC mobil. Kedua hal ini bisa menyebabkan AC mobil bunyi jangkrik.

2. Periksa Tekanan Freon

Freon adalah zat cair yang berfungsi untuk menyerap panas dari udara yang masuk ke sistem pendingin mobil. Freon juga berperan untuk menghasilkan udara dingin yang keluar dari AC mobil. Jika tekanan freon terlalu rendah atau terlalu tinggi, maka AC mobil tidak akan berfungsi secara optimal.

Salah satu tanda tekanan freon yang tidak normal adalah adanya suara jangkrik yang terdengar saat AC mobil dinyalakan. Suara ini berasal dari perbedaan tekanan antara kompresor AC dan evaporator.

3. Ganti Oli Kompresor AC

Oli kompresor AC adalah zat pelumas yang berfungsi untuk melindungi komponen kompresor AC dari gesekan dan karat. Oli kompresor AC juga berperan untuk menjaga kestabilan tekanan dan suhu sistem pendingin mobil.

Jika oli kompresor AC kotor, habis, atau bercampur dengan air, maka kompresor AC akan mengalami kerusakan dan AC mobil tidak akan berfungsi secara optimal. Salah satu tanda oli kompresor AC yang bermasalah adalah adanya suara jangkrik yang terdengar saat AC mobil dinyalakan. Suara ini berasal dari gesekan antara komponen kompresor AC yang tidak terlumasi dengan baik.

BANNER WEBSITE MOBIL NYAMAN 2 1 2

Rutin Lakukan Service AC Mobil ke Rotary Bintaro Agar Tidak Bunyi Jangkrik

AC bunyi jangkrik

Selain cara yang telah disebutkan di atas, service rutin AC mobil juga tentunya menjadi langkah ampuh dalam merawat sekaligus mencegah masalah AC bunyi jangkrik pada mobil. Bahkan, langkah ini tentu adalah langkah yang paling ampuh. Namun, hal ini tidak boleh Anda lakukan disembarang tempat, lakukanlah di tempat servis AC mobil terdekat yang terpercaya. Jika Anda bingung dimana, maka satu bengkel yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Bintaro.

Rotary Bintaro adalah bengkel AC mobil yang sudah berdiri sejak tahun 2.000 dan sudah melayani ribuan pelanggan dengan hasil yang memuaskan. Rotary Bintaro menawarkan berbagai layanan AC mobil, yang bisa membuat Anda kembali ke performa lebih baik seperti sedia kala. Jangankan masalah AC bunyi jangkrik, seluruh permasalahan AC lainnya seperti AC mobil bau bahkan AC mobil mati sekalipun bisa diatasi di Rotary Bintaro.

Anda juga tidak perlu khawatir terkait lokasi, karena Rotary Bintaro telah menyediakan berbagai cabang diberbagai lokasi mulai dari Jakarta, Depok, Tangerang hingga Bekasi. Tersedianya cabang di berbagai wilayah ini merupakan bentuk pelayanan dan komitmen Rotary Bintaro untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan tinggi para pelanggannya yang memang tersebar diberbagai wilayah tersebut.

Masalah harga? Jangan khawatir! karena Rotary Bintaro menyediakan harga yang sangat transparan lho! Bagaimana bisa? Ini dikarenakan Rotary Bintaro menyediakan layanan konsultasi GRATIS lho! Iya… GRATIS! Sebelum melakukan service, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu untuk menemukan dimana masalahnya, apa solusi terbaik yang dapat diambil serta bagaimana kisaran biaya yang akan Anda bayarkan nantinya.

Ini tentu membuat Anda terhindar dari berbagai macam biaya tidak pasti yang biasa Anda temukan di bengkel umumnya, karena seluruh biaya service tersebut telah dijelaskan diawal sehingga jauh lebih transparan.

Bagaimana? Menarik bukan? Kunjungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan, edukasi dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...