rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Tips Mengatasi AC Mobil Bau Gosong Dengan Tepat

Mobil yang tiba-tiba mengalami ac mobil bau gosong itu bukan hal yang biasa. Bau gosong biasanya berasal dari bagian mesin mobil yang overheating. Namun, sebelum menduga-duga, alangkah baiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan apakah mobil anda benar mengalami overheat? Bagaimana cara anda untuk mengeceknya?

Jika anda tidak mengetahui apa saja permasalahan ac mobil, pasti anda akan panik jika mengalami ac mobil bau gosong ini. Wajar saja ya, selaku pengemudi yang awam, Anda perlu mengetahui edukasi tentang masalah masalah ac mobil agar jika hal burul terjadi pada mobil, anda tahu harus bagaimana.

Dengan mengetahui masalah yang terjadi pada mobil, Anda bisa melakukan penanganan yang tepat yaitu dengan membawa mobil ke bengkel service AC mobil untuk segera diperbaiki.

Pertanyaan Seputar AC Mobil Bau Gosong

Jika terdapat bau gosong dari AC mobil, mungkin mesin AC mengalami overheat. Kelebihan panas ini dapat merusak komponen seperti oli kompresor. Jika tidak segera mengganti komponen yang rusak dengan yang baru, maka akan muncul bau gosong.
Aroma terbakar pada AC mobil disebabkan oleh overheat pada mesin AC. Saat overheat terjadi, komponen seperti oli kompresor bisa mengalami kerusakan. Jika tidak segera mengganti oli kompresor yang rusak, akan muncul aroma terbakar.
Salah satu penyebab mobil mengeluarkan asap knalpot beraroma kurang sedap adalah karena oli yang terbakar. Aroma kurang sedap ini disebabkan oleh pembakaran oli di ruang pembakaran, yang biasanya terjadi akibat kebocoran pada mesin. Kebocoran ini menyebabkan oli merembes ke saluran pembakaran.
Aroma gosong yang tercium di dalam mobil dapat berpotensi berbahaya. Ini karena kemungkinan besar terdapat kerusakan mekanis serius pada kendaraan. Jika mencium bau hangus saat mengganti gigi mobil, bisa jadi tanda bahwa kopling mobil mengalami masalah atau bantalan rem mobil mengalami kerusakan.

Masalah Bau Tidak Sedap Pada Mobil

ac mobil bau gosong

Penyebab ac bau yang tidak sedap dari AC mobil dapat menjadi masalah yang mengganggu kenyamanan perjalanan. Ada berbagai aroma kurang sedap, mulai dari bau pesing hingga bau bensin. Namun, untuk mengatasi masalah ini, penting bagi kita untuk memahami penyebab masing-masing aroma dan bagaimana cara mengatasi mereka.

Evaporator Bocor: Penyebab Utama AC Bau

Evaporator yang bocor menjadi salah satu penyebab utama AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap. Evaporator yang penuh dengan kotoran dan lendir dapat mengganggu sistem kerja AC. Semakin banyak jamur dan bakteri di dalamnya, semakin tidak sedap aroma yang dihasilkan. Kebocoran pada evaporator juga dapat memperparah situasi ini.

Filter Kabin Yang Jarang Di Ganti

Filter AC yang kotor merupakan penyebab umum dari bau tak sedap pada AC mobil. Debu dan kotoran yang menumpuk pada filter dapat menyebabkan pertumbuhan jamur, menciptakan aroma tidak sedap saat AC dihidupkan.

Freon AC yang Hampir Habis: Sebab AC Tidak Dingin dan Beraroma

Freon yang hampir habis dapat menyebabkan AC mobil tidak dingin dan mengeluarkan angin biasa, bukan udara dingin. Meskipun freon hampir habis, kompresor tetap bekerja, sehingga bau tidak sedap dapat masuk ke dalam kabin. Selalu mengecek tekanan freon ac mobil anda di bengkel ac mobil agar tidak terjadi situasi seperti ini.

Bangkai Binatang: Penyebab Fatal AC Bau Tidak Sedap

Penyebab paling mengganggu adalah adanya bangkai binatang di dalam komponen AC. Saat binatang mati di dalam mobil seperti cicak, kecoa atau serangga lainnya, mereka menjadi penyebab bau yang sangat tidak sedap. Kebersihan mobil menjadi kunci untuk menghindari masalah ini.

Ventilasi Udara Yang Tertutup

Ventilasi yang buruk dapat menjadi penyebab aroma tak sedap saat berkendara, terutama dalam kondisi lalu lintas padat. Meningkatkan kualitas ventilasi dapat membantu menghindari masalah ini.

Grill Kotor: Pengaruh Debu pada Aroma AC Mobil

Grill yang kotor juga dapat menyebabkan bau tidak sedap di dalam mobil. Membersihkan grill secara teratur dapat membantu menjaga kebersihan udara di dalam kabin. Membersihkan grill ac mobil cukup mudah, bisa menggunakan vacum atau hanya di elap menggunakan kain pembersih.

Asap Rokok: Pengaruh Buruk Merokok di Dalam Mobil

Merokok di dalam mobil, meskipun AC dimatikan, dapat meninggalkan asap rokok yang sulit dihilangkan. Kebersihan interior mobil sangat penting untuk mengatasi masalah ini. Abu yang terbang bisa masuk ke filter ac dan membuat filter ac menjadi kotor.

Asap Knalpot: Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Aroma AC

Asap knalpot dari kendaraan lain dapat masuk ke dalam komponen mobil, menciptakan bau yang tidak sedap pada AC. Hindari berkendara di tengah asap knalpot yang pekat.

Pewangi atau Parfum Mobil Tak Pernah Diganti: Pengaruh Pengharum pada Aroma AC

Pengharum AC yang tidak pernah diganti dapat menyebabkan aroma kurang sedap. Pemilihan pengharum yang berkualitas dan penggantian secara teratur dapat membantu menjaga kesegaran aroma.

AC Mobil Bau Bensin: Akibat Kerusakan Tangki Bensin

Bau bensin dari AC mobil dapat disebabkan oleh kerusakan pada tangki bensin. Pastikan tangki bensin tertutup rapat untuk mencegah bau yang tidak diinginkan.

AC Mobil Bau Gosong Disebabkan Overheat: Tanda Overheat pada AC

AC mobil bau gosong dapat terjadi akibat overheat pada mesin AC. Segera ganti oli kompresor jika terjadi overheat untuk menghindari bau yang tidak sedap. Jika mengalami mobil overheat dijalan, segera menepi sebentar sampai suhu panas pada mesin mobil menurun. Kunjungi bengkel ac mobil terdekat untuk melakukan pengecekan pada kendaraan anda.

Baca Juga : Pentingnya Mengetahui Service AC Terdekat untuk Mencegah Masalah AC Mobil

Cara Mengatasi AC Mobil Bau Gosong

ac mobil bau gosong 1

AC mobil bau gosong biasanya muncul di sektor mesin, terutama pada bagian jantung pacu. Faktor penyebabnya meliputi overheat atau kepanasan, serta masalah pada sistem kelistrikan. Namun, ternyata bau gosong juga dapat berasal dari bagian penyejuk udara atau AC.

Jika masalah terkait ac mobil bau gosong terjadi pada AC, perlu diingat bahwa penanganan ini harus diserahkan pada mekanik handal. Tetapi, menurut situs resmi Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini.

  1. Mengganti Oli Kompresor AC Mobil

Bau gosong pada bagian kabin mobil tidak selalu disebabkan oleh kerusakan pada kompresor, melainkan bisa berasal dari oli kompresor yang perlu diganti. Penggantian oli harus dilakukan sesuai dengan tipe dan standar oli yang digunakan sebelumnya. Penting untuk menghindari oli murah yang dapat berdampak buruk pada kualitas. Penggantian oli kompresor ini bisa dilakukan secara manual atau menggunakan teknik flushing ac mobil.

  1. Membersihkan Evaporator

Evaporator, yang bertanggung jawab untuk menyebarkan udara dingin ke kabin mobil, perlu dibersihkan secara berkala. Proses pembersihan melibatkan melepaskan evaporator dengan hati-hati, mencuci seluruh bagian dari debu, kotoran, jamur, dan lumut, serta memasangnya kembali setelah bersih.

  1. Mengganti Freon Berkualitas

Penggunaan freon berkualitas tinggi sangat penting untuk menjaga kinerja AC mobil. Sebaiknya hindari freon abal-abal yang dijual dengan harga murah, karena dapat berdampak negatif pada kesehatan AC dan kesehatan Anda sendiri. Meskipun freon berkualitas lebih mahal, namun memberikan hasil yang optimal.

Masalah pada AC mobil sebaiknya segera ditangani. Jika Anda memiliki pengetahuan dan peralatan yang cukup, Anda dapat mencoba memperbaikinya sendiri di rumah. Namun, jika kerusakannya cukup parah, sebaiknya dibawa ke bengkel spesialis ac mobil untuk mendapatkan perbaikan yang lebih efektif dan efisien.

Ketika melakukan service ac mobil, penting mengetahui waktu isi freon ac mobil berapa lama agar memprediksi waktu selesai kendaraan anda diservice. Gunakan freon ac mobil yang berkualitas karena freon  mampu bekerja dua kali lipat lebih bagus dan memberikan fungsi optimal.

Hanya saja, freon berkualitas memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan freon abal-abal. Tapi demi ac mobil yang awet, tahan lama, dan tidak berbau gosong, freon berkualitas mungkin jadi pilihan terbaik untuk ac mobil Anda.

Itulah pembahasan mengenai bau tidak sedap yang bisa terjadi pada ac mobil, salah satunya ac mobil bau gosong. Jika ada mengalami salah satu masalah diatas, segera bawa kendaraan anda ke bengkel ac mobil RotaryBintaro untuk melakukan pengecekan penyebab sumber bau tersebut. Reservasikan terlebih dahulu kendaraan anda dengan cara menghubungi customer service kami, klik disini.

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...