fbpx

Nih, Penyebab dan Cara Atasi AC Mobil Kurang Dingin


Hai #SahabatRotary,

Mobil yang nyaman digunakan adalah mobil yang tiap komponen di dalamnya bisa berfungsi dengan baik. Mobil yang tidak mudah macet saat kita gunakan terutama dalam perjalanan jarak jauh. Salah satu komponen sederhana tapi sangat dibutuhkan adalah AC mobil. Karena yang fungsinya sebagai pendingin udara di dalam kendaraan, AC mobil berperan penting dalam menunjang kenyamanan pengendara dan para penumpang lainnya. Kalau AC mobil tidak bisa berfungsi dengan baik, maka konsentrasi berkendara terganggu. Banyak kendalanya? Mulai dari AC mobil kurang dingin, AC mobil yang tidak bisa menyala, hingga AC mobil yang hanya keluar angin saja dan sebagainya. Jika beberapa masalah AC mobil ini #SahabatRotary alami, maka saatnya mengecek dan melakukan servis berkala di bengkel spesialis AC mobil.

AC mobil yang kurang dingin bisa disebabkan banyak hal. Komponen yang rusak dan harus diganti atau bisa juga karna kondisi dalam AC mobil yang butuh dibersihkan. Kita tidak bisa menganalisa begitu saja penyebab masalah ini. Namun, menggunakan jasa service AC mobil adalah pilihan tepat agar bisa diketahui pasti penyebab dan solusi yang bisa dilakukan. Terutama bagi yang tinggal di daerah Jabodetabek bisa segera membawanya ke bengkel spesialis AC mobil Rotary Bintaro.

Perangkat AC mobil menjadi penunjang kenyamanan berkendara. Ketika AC mobil yang mulai kurang dingin tentu bisa mengganggu perjalanan bahkan anggota perjalanan anda merasakan gerah atau panas. Sering kali, AC yang tidak panas yang dituduh biang kerok adalah freon. Alasannya, freon memang sering bocor jika usia mobil sudah lumayan tua.

Seperti yang dikutip dari halaman Suzuki, sistem AC mobil yang berfungsi untuk menyemburkan udara dingin terdiri dari beberapa komponen utama , diantaranya kompresor, kondensor, receiver, dryer, dan evaporator. Nah, dalam evaporator inilah dimana freon AC berada.Semestinya, risiko kebocoran freon ini sangat kecil. Tapi dalam kondisi tertentu, umur freon AC memang bisa menua dan dapat mengurangi kemampuannya dalam mendinginkan ruangan. Hal ini bisa disebabkan karena intensitas penggunaan AC itu sendiri, atau karena usia kendaraannya.

Selain faktor – faktor diatas, kemampuan AC mobil dalam mendinginkan ruangan bisa berkurang karena lubang pada karet seal pada sambungan selang dan pipa yang sudah merenggang. Kondisi ini biasanya terkait dengan usia karet seal atau faktor lainnya. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah, cek dulu seluruh komponen AC secara keseluruhan. Jika terdapat kebocoran, sebaiknya langsung ditambal. Baru setelah itu, anda  bisa mengisi AC mobil dengan freon yang baru.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui kebocoran?

Mengetahui kebocoran AC sebenarnya mudah saja, Anda hanya perlu mengamati kompresor yang terdapat pada AC mobil. Pada saat kompresor AC mobil tidak bergerak saat dinyalakan, kemungkinan besar yang terjadi adalah freon AC sudah habis karena adanya kebocoran.Ada beberapa indikator lainnya yang menandakan freon AC mobil harus segera diganti, seperti diantaranya kipas AC yang tidak berputar, udara yang keluar  mulai tak segar dan dingin lagi, kompresor AC mati dan lainnya. Segera bawa ke dealer resmi terdekat.

AC Mobil Kurang Dingin1. Debu dan Kotoran yang Menumpuk
Jika jarang membersihkan AC mobil, maka bisa jadi penyebab dari kondisi kurang dingin ini adalah debu dan kotoran yang menumpuk. Debu yang bersarang terutama di bagian ventilasi bisa menghalangi adanya penyuplaian udara yang udah dikeluarin AC mobil. Semakin banyak debu yang menempel, maka semakin ga dingin AC mobil kita. Cara cepat untuk mengatasinya adalah membersihkan kotoran tersebut biar udara yang keluar bisa optimal. Jika tidak begitu menguasai cara pembersihan AC mobil bisa membawanya ke bengkel spesialis AC mobil terdekat.

2. Coil yang Rusak
AC mobil kurang dingin bisa juga karna coil yang rusak atau putus. Penyebab lainnya karena bagian spul magnetic clutch yang mati. Agar bisa dilakukan pengecekan kita perlu memperhatikan bagian spul yang saat menghidupkan kendaraan. Kerusakan ato matinya komponen ini bisa ditandai dengan kompresor AC yang tidak berputar saat mobil kita nyalakan. Cara terbaik mengatasinya adalah servis berkala di bengkel spesialis AC mobil. Servis berkala untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada AC.

3. Terjadi Masalah pada Cooling Fan
Putaran pada cooling fan yang lemah dapat membuat AC mobil tidak dingin. Hal ini akan berdampak buruk terutama di bagian kondensor yang sudah ga bisa lagi mengeluarkan suhu panas. Udara sejuk ga bisa dikeluarkan dengan maksimal. Cara mengetahui rusaknya cooling fan dengan memeriksa bagian dalam AC mobil. Terutama kalo tinggal di Bintaro, bisa mengunjungi bengkel AC mobil Rotary Bintaro cabang Veteran.

4. Freon habis atau kurang
Yang memicu sebuah AC menjadi tidak dingin salah satu penyebabnya adalah freon yang habis atau kurang. Pada dasarnya, freon tidak akan habis kalau tidak ada kebocoran pada sistemnya. Penyebab bocornya bisa beragam, bisa karena beberapa komponen karet yang getas karena sudah lama atau ada yang tidak beres pada valve kompresornya.

Untuk sebuah kasus kalau freon akan habis atau berkurang maka bisa terjadi kebocoran pada sambungan pipa atau selang. Sambungan tersebut bocor bisa karena sudah aus atau memang karena usia pakainya sudah tua. Freon bocor disebabkan adanya kerusakan pada bagian relief valve kompresor. semua masalah-masalah tersebut bisa membuat freon atau refrigrant menjadi habis. Lalu yang berakibat pada AC mobil kurang dingin. Nah poin yang ini sepertinya yang paling sering terjadi pada AC mobil. Jadi kalau kita ibaratkan, freon ini fungsinya sama dengan darah yang membuat manusia bisa hidup. Begitu juga dengan freon, kalau ada yang tida beres di freonnya, walaupun AC-nya hidup dia tidak akan mengeluarkan udara yang dingin alias tidak dapat bekerja dengan baik.

5. Filter AC tersumbat
Filter atau saringan AC mempunyai fungsi dalam menyaring segala macam debu dan kotoran. Nah, tentunya kalau kamu malas untuk membersihkan bagian ini, debu atau kotoran-kotaran lain banyak yang menempel dan tertimbun di bagian filter yang membuatnya menjadi tersumbat. Kalau sudah tersumbat, bisa dipastikan sirkulasi udara yang dihasilkan tidak akan optimal. Meskipun kondisinya AC mobil anda dalam keadaan hidup, tapi kalau filternya itu kotor dan tersumbat, maka tetap saja tidak akan ada udara yang keluar melalui blower, dan hal tersebut yang membuat AC mobil kamu seolah tidak berfungsi dan terasa dingin.
Disarankan agar #SahabatRotary sebagai pemilik mobil melakukan secara berkala pengecekan kebersihan filter kabin biar hembusan angin selalu terjaga, dan juga selain itu agar dapat menjaga kerja kompresor supaya tidak berat tidak berat.

6. Motor extra fan mati atau lemah
Selain soal habisnya freon dan tersumbatnya filter AC, maka AC yang kurang dingin juga bisa diakibatkan masalah pada extra fan. Tahukah #SahabatRotary bahwa motor extra fan yang bermasalah bisa membuat proses kondensasi di dalam kondensor menjadi tidak bisa berfungsi secara optimal, yang menimbulkan tidak ada udara dingin yang masuk ke dalam kabin. Soal motor extra fan, masalah intinya adFa dua. Antara mati atau tidak hidup sama sekali, atau masih berjalan tapi putarannya lemah yang membuat hembusan anginnya itu kecil. Kalau bagian motor extra fan pada AC mobil kamu sudah mulai lemah atau bahkan mati, tidak ada jalan lain yang bisa kamu lakukan selain menggantinya dengan motor extra fan yang baru.

7. Evaporator kotor
Musuh terbesar dari evaporator adalah debu. Tentang hal ini, debu menjadi hal utama yang bisa membuat evaporator AC mobil kamu kotor lalu tersumbat yang membuat sirkulasi AC menjadi tidak lancar karena ada yang menghalangi. Jadi debu atau kotoran yang berada pada evaporator yaitu debu-debu yang tidak bisa tersaring oleh filter atau mungkin bahkan saking banyaknya debu atau kotoran yang ada di bagian filter. Kalau Evaporator sih simpel, kalau dia kotor ya pasti gara-gara kebanyakan debu atau kotoran yang hinggap disana. Kalau Evaporator kotor itu sirkulasi udara yang dihembuskan ke dalam kabin yang harusnya udara dingin menjadi kurang dingin. Debu atau kotoran bisa masuk ke evaporator dengan melalui hisapan blower yang terhubung ke evaporator. Filter AC yang seringkali jarang dibersihkan juga bisa mengganggu kinerja evaporator. Kotoran yang terus menempel pada filter akan menghambat aliran udara dingin. Sebaiknya selalu bersihkan evaporator maupun filter AC secara rutin.

8. Kondensor kotor
Kondensor terletak di bagian depan dekat dengan radiator. Kondensor fungsinya adalah membuang panas yang dilepaskan oleh kompresor. Jika pada kondensor terdapat kotoran, akan mengakibatkan AC mobil tidak dingin di siang hari. Kondensor yang tidak rutin dibersihkan akan menyebabkan menumpuknya kotoran atau bisa timbul karat. Sehingga proses pembuangan panas yang dihasilkan kompresor tidak akan sempurna. Kemudian akan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin.

Tanpa disadari, posisinya kerap kali mengundang segala kotoran yang mungkin bisa saja hinggap pada saat kita sedang berkendara. Nah, ternyata hal tersebut akan berdampak pada sistem kerja AC yang bisa menjadi tidak dingin. Sebab, kondensor yang kotor akibat lumpur atau kotoran lainnya bisa membuat proses kondensasi menjadi tidak maksimal. Kondensor ini lebih seperti pengantar yang fungsinya membuang panas yang dihasilkan dari mesin AC. Kalau itu (kondesor) kotor pastinya tak akan maksimal membuang panas, yang dampaknya ke sistem kerja AC. Indikator kalau kompresor mengalami aus atau kerusakan adalah sight glass berwarna hitam. Sight glass yang hitam  mengindikasikan bahwa receiver dryer atau expansion valve terhambat oleh kotoran. Jika anda sudah mengalami AC mobil yang tidak dingin di siang hari atau sight glass berwarna hitam, segeralah ganti kompresor AC mobil anda.

9. Kelebihan Tekanan pada Sistem AC Mobil
Kelebihan tekanan disebabkan oleh pengisian oli kompresor yang melebihi batas. Kapasitas oli kompresor yang berlebihan membuat tekanan pada freon meningkat. Itu akan mengakibatkan kompresor akan sangat panas. Lalu, membuat proses kondensasi akan terhambat. Terganggunya kinerja kompresor maupun kondensor akan mengakibatkan AC mobil tidak dingin saat macet.

10. Fan Belt atau Drive Belt Putus
Penyebab AC mobil menjadi tidak dingin lainnya adalah putusnya fan belt atau drive belt. Fan belt fungsinya untuk menyalurkan putaran mesin menuju kompresor. Sehingga ketika fan belt tersebut  putus menyebabkan kompresor tidak bisa berjalan normal.Akibat kompresor yang tidak bisa bekerja normal, maka aliran freon tidak akan bersikulasi dengan baik, yang akan menyebabkan AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angin.

Lalu, jika permasalahan tersebut masih terus berlanjut, apakah yang bisa dilakukan agar AC mobil anda kembali bisa dengan nyaman digunakan? Tidak ada jalan lain selain harus membawanya ke bengkel resmi untuk dibenahi. Hal ini dikarenakan bagian AC merupakan sektor yang seluruh komponennya berada di dalam, maka harus orang yang memang sudah ahli untuk menanganinya. Jangan sampai karena ditangani orang yang bukan ahlinya, membuat AC mobil kamu menjadi tambah rusak yang akan menjadi lebih sulit untuk memperbaikinya. Ada baiknya sebagai sang empunya kendaraan, kamu selalu mengecek bagian AC secara rutin setiap 3-6 bulan sekali, atau mengikuti jadwal servis berkala mobil kamu. Kalau anda melakukan perawatan secara rutin, maka seharusnya masalah-masalah seperti diatas tidak terjadi. Jadi, jangan sampai menunggu hingga mobilnya ngambek dan muncul masalah-masalah terlebih dahulu baru ke bengkel ya.

Untuk bengkel AC mobil, #SahabatRotary bisa menjadikannya sebagai tempat anda melakukan service mobil secara berkala. Service AC mobil Rotary Bintaro telah hadir agar bisa dijangkau oleh banyak masyarakat setempat. Dengan begitu, #SahabatRotary bisa mempercayakan perbaikan AC mobil. AC mobil kurang dingin ato dikarnakan kendala lainnya bisa konsultasikan kepada mekanik yang terpercaya.

Bengkel AC mobil Rotary Bintaro telah menjadi tempat servis AC mobil yang terpercaya sejak lama. Hasil kerja yang memuaskan dan juga pelayanan yang maksimal bisa  dapatkan. Percayakan mobil #SahabatRotary pada para tenaga ahli yang sudah tersedia. Jangan lupa untuk melakukan servis secara rutin agar AC mobil  tidak mengalami kerusakan yang lebih parah dan membahayakan ketika berkendara.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Senang bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Booking Service

Blog

AC mobil kurang dinginbengkel AC Mobil Bintarobengkel spesialis AC Mobilservice AC mobil bintaro

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?