AC mobil tiba-tiba panas, apa penyebabnya?


Share :

AC Mobil Tiba-tiba panas, Apa Penyebabnya?

Tentu harus dicek terlebih dulu pada bagian sistem AC mobil yang dimiliki apakah sudah berjalan sesuai dengan fungsinya dari masing-masing komponen tersebut. Secara umum penyebabnya adalah perawatan mobil yang tidak rutin, kalaupun rutin namun tidak menyeluruh misalnya fokus pada bagian mesin saja.

Periksalah ketika mobil dinyalakan terdengarkah suara yang sedikit tidak biasa di bagian sistem AC mobil Anda. Jika ternyata ada, maka kemungkinan ada bagian komponen AC mobil Anda yang sudah Aus atau sudah tidak berfungsi lagi sehingga berjalannya sistem AC tidak normal.

ac-mobil-tiba-tiba-panas-3

Fungsi AC mobil sendiri tidak hanya mendinginkan suhu ruangan dalam mobil saja, namun juga berfungsi mengatur kelembaban, memurnikan udara, hingga mengatur sirkulasi udara dalam mobil Anda.

Baca juga : 10 Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

AC mobil sendiri terdiri dari berbagai komponen di dalamnya yang bekerja dalam sebuah sistem. Sehingga bila hasil kerja dari sistem tersebut tidak sesuai seperti yang diharapkan, maka ada masalah yang terjadi dalam sistem tersebu.

Adapun yang paling mudah dilakukan adalah coba periksa terlebih dahulu bagian motor kipas pendingin masih berfungsi atau tidak. Bagian motor kipas pendingin ini ada masa pakainya, biasanya 2 hingga 3 tahun tergantung pemakaian. Apabila sudah waktunya harus diganti, jangan sampai pemasangannya terbalik karena akan berdampak AC mobil Anda tidak dingin nantinya.

AC mobil tiba-tiba panas, apa penyebabnya?

Komponen yang mendukung berjalan normalnya sistem AC mungkin tidak berfungsi sesuai fungsinya. Komponen-komponen mobil tersebut antara lain, kipas kondensor, Kompresor, kondensor, dryer, blower, evaporator dan sebagainya. Bila terjadinya suhu di dalam mobil tiba-tiba tidak dingin maka perlu diperiksakan apakah kondisi komponen-komponen tersebut masih berjalan fungsinya atau tidak.

Baca Juga :  Sebelum Membeli Kompresor AC Mobil Pengguna Mobil Perhatikan 7 Hal Ini

Pada dasarnya komponen-komponen pendukung sistem tersebut memiliki masa pakai yang bergantung dari seberapa intensifnya pengguna melakukan pengecekan dan perawatan. Masa pakai komponen tersebut akan semakin pendek dan harus diganti bila pengguna tidak rajin melakukan perawatan terhadap komponen-komponen tersebut.

Kabin Filter dan radiator yang kotor akibat debu yang menumpuk juga dapat menjadi penyebab AC mobil menjadi kurang dingin. Oleh karenanya bila mobilitas pengguna kendaraan cukup tinggi, membersihkan kabin filter harus dilakukan minimal satu bulan sekali. Begitupun sebaliknya bila pengguna tidak terlalu sering bepergian menggunakan kendaraan, maka dapat membersihkan filter AC mobil minimal dua bulan sekali.

Jadi dapat dikatakan semakin intensif perawatan AC mobil Anda, maka akan terhindar dari Fenomena AC yang panas secara tiba-tiba tersebut.

Baca juga : AC Mobil Tidak Dingin? Coba Periksa Beberapa Komponen ini

Beberapa penyebab lainnya yang menyebabkan AC mobil menjadi tiba-tiba panas, antara lain :

  • Magnetic Clutch 
    Magnetic clutch yang mulai bermasalah, gejalanya ketika awal jalan masih dingin namun ketika jalanan padat atau macet ac mobil tiba-tiba panas dan tidak jarang juga nanti ketika jalanan sudah mulai lancar ac mobil kembali dingin, pertanyaannya mengapa seperti itu? karena jika Dioda pada magnet sudah mulai lemah dan kena hawa panas yang lebih dari ruang mesin ketika macet akan menyebabkan off sementara waktu, dan kebanyakan jika masih tahap awal kerusakan akan ON kembali ketika mobil sudah jalan lancar karena jika mobil bergerak atau jalan, angin akan lebih banyak bersirkulasi di sekitar ruang mesin.
  • Cooling fan ac / fan radiator mati
    ketika cooling fan atau biasa disebut extra fan mati maka pembuangan panas di kondensor menjadi tidak sempurna dan membuat tekanan pada kondensor menjadi kepanasan / overheat yg berimbas menurunnya kinerja kompresor, biasanya kendala ini akan lebih terasa ketika mobil berhenti / macet.
  • Freon berlebihan Freon berlebihan akan membuat tekanan tinggi (High pressure) menjadi overheat, otomatis akan membuat kompresor menjadi kepanasan dan menurunkan performa dingin nya, bahkan jika terlalu overheat kompresor juga akan cut/off. mengapa freon bisa berlebihan? biasanya faktor human error dari bengkel, karena masih banyak para pengguna mobil yang awam tentang ac, merasa ac kurang dingin sedikit lalu membawa mobilnya ke bengkel sembarang untuk di tambah freon, padahal belum tentu ac kurang dingin itu faktor nya dari kurang freon.
  • Sistem ac Mampet
    mampet pada sistem ac umum nya terjadi pada dryer filter, expansi valve dan kondensor, efek mampet tentu saja akan membuat sirkulasi freon didalam sistem menjadi terhambat dan menyebabkan ac menjadi tidak konstan dinginnya..
  • komponen kompresor Aus
    Ini terjadi umumnya disebabkan karena sudah saatnya untuk diganti, gejala umum yang dapat terlihat dengan adanya bunyi kasar serta pada bagian sight glass akan terlihat hitam. Sehingga menimbulkan dampak lainnya yang terjadi yaitu tersumbatnya bagian dryer filter temasuk juga expansi valve.
  • Evaporator kotor
    Dampak yang terjadi pada aliran udara ke dalam mobil akan tersumbat, sehingga anginnya pun kecil. Penyebabnya bisa dari debu yang menumpuk di bagian evaporator tersebut, Sebaiknya disarankan agar dipasang kabin filter agar debu tidak mudah masuk ke bagian evaporator, agar komponen tersebut lebih awet.
  • Kebocoran Sistem ac
    Ini disebabkan adanya kebocoran yang terjadi pada Sistem AC, misalnya kebocoran pada evaporator atau condenssor, hingga kebocoran yang dapat terjadi pada sambungan Seal O-ring atau komponen lainnya.
  • Elektrik / kelistrikan
    beberapa komponen ac seperti kompresor, fan, blower hidup dengan aliran listrik apabila jalue kelistrikan ada yang terganggu maka akan membuat salah 1 dari komponen tsb tidak jalan dan tentunya akan membuat ac menjadi panas.
  • Temperature mesin overheat
    Radiator mampet, kebocoran air radiator, thermostart radiator rusak, waterpump rusak, bahkan sampai silinder head mesin itu akan membuat Temperature mesin menjadi overheat dan efek nya pasti akan langsung berimbas kepada ac mobil menjadi tidak dingin, karena jika mesin overheat maka tekanan freon pasti akan overheat juga dan membuat kompresor menjadi kepanasan secara berlebihan dan otomatis akan membuat kompresor cut/off sementara waktu. 
  • Fanbelt putus 
    Fanbelt putus bisa membuat puly Compressor tidak terhubung dengan Putaran mesin
Baca Juga :  Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil yang Bagus

Dari uraian tersebut ternyata penyebab AC mobil panas cukup banyak, sehingga para pengguna mobil cukup menganalisa kira-kira apa penyebabnya. Jika bukan karena komponen yang menunjang sistem AC, bisa coba cek temperature mesin nya apakah over heat / tidak.
karena jika mesin over heat juga akan menyebabkan kompresor tidak bekerja.

Temukan solusi permasalahan ac mobil anda di sini

Share :

3 Comments

  • Met siang bos, mau tanya mengenai AC mobil CRV gen 2…
    Sy mau tanya saat awal ac di on terasa dingin setelah 30 menitan ngga dingin…
    Setelah itu dingin lg… Terus ada bau yg ngga enak…
    Apa yaa bos…???
    Bisa di service tidak jenis kompresor tsb.. .
    Terima kasih, mudah2an ada solusinya… (selain ganti baru…)
    salam -rist

    • untuk compressor tidak bisa di reparasi dan ganti baru untuk compressor, dari bau kemungkinan ac ada kotor dan harus service untuk pembersihan.

  • Terima kasih kembali pak bahar..

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?