Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Kompresor AC Mobil?


Share :

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Kompresor AC Mobil?
Cegah Masalah Kompresor AC Mobil dengan Service Rutin

Hai #SahabatRotary

Saat ini banyak sekali yang lebih memilih melakukan perjalanan dengan mobil. Alasannya sangat beragam, selain bisa lebih bersantai dengan menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan, menggunakan mobil juga bisa membawa banyak orang atau barang yang dibutuhkan. Selain itu, menggunakan mobil juga menjadi lebih hemat biaya transportasi.

Sama seperti penggunaan barang lainnya yang membutuhkan perawatan, mobil juga membutuhkan hal tersebut. Jangan hanya menggunakan mobil dan merawat kebersihan bodinya saja, banyak sekali bagian penting yang harus dirawat agar mobil bisa berfungsi dengan baik.

Karya ricardo mancia

Kebiasaan Buruk Apa yang Bisa Berpengaruh Pada Kompresor AC Mobil?

Banyak sekali yang sering lupa bahwa hal-hal kecil yang menjadi kebiasaan akan berpengaruh pada hal lain. Misalnya saja kebiasaan buruk yang dilakukan saat memiliki mobil atau bahkan jika digunakan dengan rutin. Kebiasaan buruk yang sering kali ditemukan adalah tidak melakukan perawatan dengan rutin.

Ketika tidak melakukan perawatan secara rutin pada AC mobil maka kondisi terkini kompresor dan komponen yang lain tidak bisa diketahui sehingga bisa saja kompresor kekurangan oli atau bahkan kondisi kompresor sudah aus. Tak hanya itu saja, kebiasaan buruk juga akan berpengaruh untuk kompresor pada bagian bearing puli kompresor yang rusak.

Baca juga : 10 Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin!!!

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Kompresor AC Mobil?

Ketika kompresor AC mobil tidak berfungsi dengan baik maka bisa dikatakan jika kompresor membutuhkan perhatian lebih dengan cara service  atau sekedar cek untuk memastikan kondisi kompresor baik-baik saja agar tidak ada kerusakan parah jika kerusakan tersebut tidak diketahui dalam waktu yang lama.

Banyak sekali masalah yang bisa terjadi pada kompresor AC mobil, salah satunya adalah kompresor macet yang biasanya disebabkan oleh kekurangan oli. Masalah ini kadang juga disebabkan oleh kompresor yang sudah aus yang ditandai dengan adanya bunyi kasar. Tak hanya itu saja, macetnya kompresor juga bisa disebabkan oleh bearing puli kompresor rusak.

Jika kompresor menggunakan sistem sensor (tanpa magnetic clutch) seperti pada mobil-mobil Eropa di atas tahun 2000, kasus yang biasa terjadi pada kompresor adalah kadang panas kadang dingin. Penyebab dari masalah ini biasanya karena sensor selenoid yang sudah mulai lemah.

Selain macet kompresor juga bisa jebol. Keadaan ini merupakan masalah yang paling parah sehingga kompresor tidak bisa diperbaiki. Cara satu-satunya yang bisa dilakukan agar AC mobil bisa berfungsi dengan baik adalah mengganti kompresor yang jebol.

Karena sudah dalam kondisi terburuk, ketika mengalami kompresor jebol maka yang harus diganti tidak hanya kompresor tapi juga beberapa komponen yang lain. Beberapa komponen tersebut adalah kondensor, dryer, dan expansi.

Baca juga : Mesin panas / overheat, benarkah salah AC ???

Karya mike wilson

Cegah Masalah Kompressor AC Mobil dengan Service Rutin

Saat terjadi masalah yang serius dengan kompresor maka bisa dipastikan jika komponen yang lain juga akan ikut rusak karena memang setiap komponen pada AC mobil memiliki fungsi yang saling berkaitan. Dengan kata lain, rusaknya kompresor yang sudah parah bisa membuat pengeluaran untuk biaya service AC mobil menjadi membengkak.

Untuk menghindari hal tersebut, tidak ada salahnya jika lebih rajin dan rutin melakukan service agar masalah kompresor bisa dicegah. Jika masalah-masalah pada kompresor bisa dicegah maka bukan tidak mungkin jika Anda akan lebih menghemat pengeluaran untuk biaya service.

Itulah sedikit ulasan tentang masalah yang bisa terjadi pada kompressor AC mobil.

Semoga bermanfaat.

Senang berbagi.

booking service

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?