Setelah melakukan service di bengkel AC mobil. Mungkin di antara Anda ada yang memikirkan tentang seberapa penting freon untuk AC mobil.Β Lalu mendapati bahwa mobil Anda membutuhkan Freon pengganti, yah memang bagi yang kurang paham atau masih awam dalam bidang mobil memikirkan seperti itu.

Ada berberapa pengguna mobil juga dulu yang berpikir seperti itu. Tetapi setelah mencari informasi ternyata Freon ini sangatlah penting bagi AC mobil yang kita gunakan saat ini. Bagi yang belum paham atau tidak tau fungsi dari freon ini adalah apa mari simak informasi berikut ini:

Pengertian Freon

Freon adalah tempat (bisa berbentuk macam macam tetapi yang paling sering adalah tabung seperti kaleng) yang berisikan senyawa senyawa kimia tertentu yang dapat mengubah suhu udara menjadi dingin, freon ini juga berperan dalam menghancurkan ozon di bumi karena menghasilkan unsur yang mendukung pemanasan global yang berdampak buruk pada bumi walau hanya sedikit.

Freon ini biasanya di jual pada bengkel AC mobil atau bengkel mobil biasa, harganya juga cukup terjangkau yaitu di antara puluhan ribu atau yang sudah termasuk mahal hingga ratusan ribu tergantung dari kebutuhan Anda untuk memilih jenis dan harga yang mana. Tetapi menurut saya lebih baik Anda memilih Freon yang lebih mahal ketimbang membeli yang murah tetapi tidak berkualitas. Hindarilah membeli freon murah yang harganya tidak sewajarnya. Agar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Setelah mengetahui bahwa freon tersebut sangatlah berkualitas rendah dan tidak pantas untuk digunakan.

Fungsi dari Freon di AC Mobil

Freon sangatlah penting bagi mobil Anda karena tanpanya mobil Anda tidak akan sedingin AC Mobil pada umumnya, jadi seperti ini cara kerjanya AC Mobil dengan freon:
1. Udara masuk ke Evaporator yang bekerja sebagai penyaring udara pada AC Mobil, fungsinya agar tidak masuk benda asing selain udara yang dapat merusak komponen di dalam AC Mobil.
2. Udara yang sudah di saring Evaporator masuk ke dalam AC Mobil dan mengenai Freon, fungsinya adalah mendinginkan udara panas yang masuk melewati Evaporator atau penyaring udara pada AC Mobil tadi.
3. Kemudian udara yang sudah di dinginkan oleh Freon di dorong keluar oleh Kompresor, fungsinya dari Kompresor adalah seperti kipas yang mendorong dan meghisap udara yang ada di sekitarnya.
4. Setelah udara keluar maka sudah pasti Suhu yang ada di Dekat AC mobil menjadi lebih dingin dari pada yang sebelumnya.
Begitulah cara kerja AC Mobil yang Anda gunakan saat ini, ada pun perbedaannya sedikit jika ada tetapi kebanyakan seperti prosedur di atas.

*Jadi dapat di simpulkan bahwa AC Mobil yang Freon nya tidak berfungsi lagi atau yang tidak di pasang sama sekali ibarat kita menggunakan kipas angin yah tidak ada perubahan suhu udara yang ada hanyalah angin panas yang di dorong saja oleh kipas angin. AC atau yang artinya adalah Air Conditioner fungsinya adalah mengubah udara panas menjadi udara dingin tetapi jika sudah seperti ini maka bukan lagi mengubah udara tetapi hanya mendorong saja apa bedanya dengan kipas angin? maka dari itu jika freon di mobil Anda sudah habis atau rusak silahkan di service ke bengkel AC mobil lalu ganti freon agar tidak mengganggu kinerja AC Mobil.

Nah begitulah informasi tentang Seberapa Penting Freon Untuk AC Mobil, jika Anda merasa terbantu dengan artikel seperti ini maka jangan lupa untuk koment dan juga share ke sosial media yang Anda sukai sekian artikel ini terima kasih.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.