rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

As Roda Depan Mobil: Fungsi, Kerusakan, dan Perawatan

As roda depan mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari transmisi ke roda-roda penggerak. Tanpa as roda depan, mobil tidak akan bisa bergerak dengan lancar dan aman.

As roda mobil biasanya terdiri dari dua bagian, yaitu inner shaft dan outer shaft. Inner shaft adalah bagian yang terhubung dengan transmisi, sedangkan outer shaft adalah bagian yang terhubung dengan roda. Kedua bagian ini harus kuat dan tahan lama agar dapat menahan beban dan gesekan yang terjadi saat mobil berjalan.

Kedua bagian as roda mobil dihubungkan oleh sebuah joint. Joint ini memungkinkan as roda untuk bergerak sesuai dengan pergerakan suspensi dan kemudi. Fungsi ball joint untuk meredam getaran dan goncangan yang ditimbulkan oleh kondisi jalan yang tidak rata. Ball joint harus selalu dalam kondisi baik dan terawat agar tidak menyebabkan kerusakan pada as roda mobil.

Pertanyaan Seputar As Roda Mobil

AS roda atau poros merupakan pusat atau sumbu dari lingkaran atau roda kendaraan. Pada roda mobil, AS ini dilengkapi dengan bantalan untuk memastikan putaran yang lancar dan perangkat untuk meredam kejutan, yang dikenal sebagai shock absorber atau suspensi.
Front Axle, atau roda depan, adalah komponen yang menghubungkan transmisi dengan roda depan kendaraan. Tugasnya adalah menerima tenaga dari transmisi dan mengirimkannya ke roda depan melalui mekanisme yang disebut constant velocity (CV) joint.
As roda dapat mengalami patah karena berbagai penyebab. Ada tiga faktor yang dapat menjadi penyebabnya, yaitu masalah kurang perawatan, beban berat, dan usia.
Kerusakan pada as roda dapat membuat mobil cenderung tertarik ke kanan atau kiri, menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengemudi. Untuk mencegah terjadinya masalah yang tidak diinginkan, segera lakukan perbaikan pada as roda.

Jenis As Roda Mobil

as roda depan mobil 1

Sebagai salah satu komponen yang menentukan stabilitas dan kontrol mobil, as roda terbagi menjadi dua jenis utama: as roda rigid dan as roda independen. Kedua jenis as roda ini memiliki karakteristik yang berbeda, masing-masing dengan keuntungan dan kekurangan yang perlu dipahami oleh para penggemar otomotif.

1. As Roda Rigid

As roda rigid adalah jenis as roda mobil yang bersifat kaku dan tidak bisa bergerak secara independen. As roda rigid biasanya digunakan pada mobil dengan penggerak roda belakang atau mobil dengan suspensi non-independen.

Dan As roda rigid memiliki keuntungan berupa kekuatan dan ketahanan yang tinggi, namun memiliki kekurangan berupa kurangnya fleksibilitas dan kenyamanan saat melewati jalan yang tidak rata.

2. As Roda Independen

As roda independen adalah jenis as roda yang bisa bergerak secara independen sesuai dengan pergerakan roda masing-masing. As roda independen biasanya digunakan pada mobil dengan penggerak roda depan atau mobil dengan suspensi independen.

Lalu, as roda independen memiliki keuntungan berupa fleksibilitas dan kenyamanan saat melewati jalan yang tidak rata, namun memiliki kekurangan berupa kompleksitas dan biaya perawatan yang lebih tinggi.

Fungsi As Roda Mobil

As roda depan mobil tidak hanya bertanggung jawab untuk menyediakan stabilitas, tetapi juga memiliki fungsi dalam penggerak dan pengendalian kendaraan. Dua fungsi utamanya adalah:

1. Meneruskan Putaran dari Transmisi

Fungsi utama dari as roda depan mobil adalah untuk meneruskan putaran dari transmisi ke roda-roda penggerak. Dengan demikian, as roda mobil berperan dalam menggerakkan mobil. Tanpa as roda, mobil tidak akan bisa berjalan.

2. Menyesuaikan Gerakan dengan Suspensi dan Kemudi

Fungsi lain dari as roda mobil adalah untuk menyesuaikan gerakan dengan suspensi dan kemudi. As roda depan mobil harus bisa bergerak naik turun, maju mundur, dan berbelok sesuai dengan pergerakan suspensi dan kemudi. Hal ini agar roda-roda penggerak tetap berhubungan dengan permukaan jalan dan menghasilkan traksi yang optimal.

Baca Juga : Hati-Hati! Ini Penyebab Setir Mobil Bergetar Yang Penting Untuk Anda Ketahui!

Penyebab Kerusakan pada As Roda Depan Mobil

as roda depan mobil 2

Meski memiliki fungsi sangat penting, namun fungsi tersebut bisa berjalan tidak makasimal. Dan kerusakan pada as roda depan mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Usia pemakaian

As roda depan mobil yang sudah lama dipakai bisa mengalami keausan pada bagian-bagiannya, seperti joint, boot, dan bearing. Keausan ini bisa mengurangi kinerja dan keawetan as roda depan mobil.

2. Kondisi jalan

Kemudian, as roda depan mobil yang sering melewati jalan yang rusak, bergelombang, atau berlubang bisa mengalami benturan atau tekanan yang berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan as roda depan mobil bengkok, patah, atau retak.

3. Kecelakaan

Lalu, as roda depan mobil yang terlibat dalam kecelakaan bisa mengalami kerusakan yang parah, seperti patah, retak, atau lepas dari tempatnya. Kerusakan ini bisa berbahaya bagi keselamatan pengemudi dan penumpang.

Gejala Kerusakan As Roda Depan Mobil

Kerusakan pada as roda depan mobil bisa ditandai oleh beberapa gejala, antara lain:

1. Bunyi berisik

As roda depan mobil yang rusak bisa mengeluarkan bunyi berisik, seperti tek-tek, gredek, atau ngik-ngik. Bunyi ini biasanya muncul saat mobil berjalan, terutama saat berbelok atau menikung.

2. Getaran

Kemudian, as roda depan mobil yang rusak bisa menyebabkan getaran pada roda, kemudi, atau bodi mobil. Getaran ini bisa terasa semakin kuat seiring dengan meningkatnya kecepatan mobil.

3. Tersendat-sendat

Lalu, as roda depan mobil yang rusak bisa menyebabkan mobil terasa tersendat-sendat, terutama saat berbelok atau menikung. Mobil bisa terasa ditarik ke kanan atau ke kiri, sehingga mengganggu kenyamanan dan stabilitas berkendara.

Cara Merawat As Roda Mobil

Untuk mencegah atau mengatasi kerusakan pada as roda mobil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Melakukan spooring

Spooring adalah proses penyetelan sudut kemudi dan roda agar sesuai dengan spesifikasi pabrik. Spooring bisa membantu mengurangi keausan pada as roda mobil, karena bisa mengoptimalkan kontak antara roda dan jalan. Dan spooring sebaiknya dilakukan secara rutin, setidaknya setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali.

2. Mengganti boot

Boot adalah pelindung yang berbentuk karet atau plastik yang melapisi joint as roda mobil. Boot bisa mencegah masuknya kotoran, air, atau debu ke dalam joint, yang bisa menyebabkan keausan atau karat. Dan boot sebaiknya diganti jika sudah sobek, retak, atau bocor, agar joint tetap terlindungi.

3. Mengganti joint

Joint adalah bagian yang menghubungkan inner shaft dan outer shaft as roda mobil. Joint bisa mengalami keausan atau kerusakan akibat usia pemakaian, benturan, atau kebocoran boot
Selain itu, joint sebaiknya diganti jika sudah aus, longgar, atau bocor, agar as roda mobil tetap berfungsi dengan baik.

4. Mengganti bearing

Bearing adalah bantalan yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara as roda mobil dan ban mobil. Bearing bisa mengalami keausan atau kerusakan akibat usia pemakaian, benturan, atau kebocoran boot. Bearing sebaiknya diganti jika sudah aus, longgar, atau bising, agar roda bisa berputar dengan lancar.

Pentingnya Service As Roda Mobil

Service as roda mobil adalah proses pemeriksaan, perbaikan, atau penggantian komponen-komponen as roda mobil yang rusak atau aus. Service as roda mobil sangat penting untuk dilakukan, karena bisa memberikan manfaat, antara lain:

1. Meningkatkan kinerja dan efisiensi mobil

Service as roda mobil bisa membuat mobil berjalan dengan lebih lancar, ringan, dan irit bahan bakar, karena as roda mobil bisa meneruskan putaran dari transmisi ke roda dengan optimal.

2. Meningkatkan kenyamanan dan stabilitas berkendara

Service as roda mobil bisa menghilangkan bunyi berisik, getaran, atau tersendat-sendat yang mengganggu saat berkendara, karena as roda mobil bisa menyesuaikan gerakan dengan suspensi dan kemudi dengan baik.

3. Meningkatkan keselamatan berkendara

Dan service as roda mobil bisa mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah atau fatal pada as roda mobil, seperti patah, retak, atau lepas, yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Rawat Kaki Kaki Mobil Anda dan Reservasi Sekarang Juga!

kaki kaki mobil adalah komponen yang berfungsi untuk menopang beban kendaraan. Macam – macam komponen kaki kaki mobil bisa mengalami kerusakan akibat usia pemakaian, kondisi jalan, atau kecelakaan. Kerusakan ini bisa ditandai oleh bunyi berisik, getaran, atau tersendat-sendat saat mobil berjalan.

Untuk mencegah atau mengatasi kerusakan ini, perlu dilakukan perawatan kaki kaki mobil, seperti spooring, mengganti boot, joint, atau bearing. Service kaki kaki mobil di Rotary Bintaro sangat penting untuk meningkatkan kinerja, kenyamanan, stabilitas, dan keselamatan berkendara.

Jika Anda tertarik untuk melakukan service kaki kaki mobil di Rotary Bintaro , Anda bisa melakukan reservasi dengan cara klik disini. Customer service akan segera menghubungi Anda untuk mengkonfirmasi jadwal dan lokasi service. Terima kasih telah mempercayai kami sebagai mitra perawatan mobil Anda.

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...