Kebiasaan Buruk Pemilik Mobil yang Bisa Merusak Selang dan Pipa AC Mobil?
Segera Service Rutin Selang dan Pipa AC Mobil Bermasalah

Hai #SahabatRotary

Sering sekali dijumpai mobil yang terlihat keren dan bersih di semua bagian tapi ketika digunakan, AC mobil tidak berfungsi dengan maksimal atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Jika sudah begini maka terlihat jelas jika AC mobil kurang mendapatkan perhatian sehingga AC mobil menjadi rusak.

Menjaga tampilan mobil agar tetap bersih dan menarik memang sangat penting, namun menjaga bagian mobil yang lain seperti mesin dan AC mobil juga harus dilakukan agar mobil benar-benar memiliki kondisi yang prima.

Kebiasaan Buruk Pemilik Mobil yang Bisa Merusak Selang dan Pipa AC Mobil?

Tak sedikit pengguna atau pemilik mobil yang melakukan kesalahan sepele secara terus menerus sehingga kesalahan tersebut menjadi kebiasaan buruk pemilik mobil yang secara tidak langsung bisa merusak komponen pada AC mobil, termasuk selang dan pipa AC mobil. Kebiasaan tersebut harus segera diatasi agar AC mobil bisa berfungsi dengan normal dan tidak pernah bermasalah lagi hanya karena kebiasaan buruk pemilik mobil.

Salah satu kebiasaan buruk yang sering sekali dijumpai adalah tidak melakukan service pada AC mobil. Kebiasaan buruk tersebut sering kali mengakibatkan AC mobil sudah rusak sangat parah namun baru dibawa ke bengkel AC mobil.

Banyak bagian atau komponen yang bisa bermasalah ketika tidak dilakukan perawatan, salah satunya adalah rusaknya selang dan pipa AC mobil. Ketika salah satu komponen mengalami masalah, AC mobil tidak akan bisa berfungsi dengan normal.

Baca juga : Kerusakan yang Paling Sering Terjadi pada Kondensor AC Mobil

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Selang dan Pipa AC Mobil Karena Kebiasaan Buruk Itu

Seperti pada pipa untuk hal yang lainnya, pipa pada AC mobil juga bisa tersumbat. Pipa AC mobil tersebut bisa tersumbat oleh oli atau serpihan kotoran gram kompressor. Bisa juga penyumbatan disebabkan oleh silika gel yang jebol dari dryer filter yang diakibatkan dari terlalu lama tidak diganti.

Tak hanya itu saja selang dan pipa juga bisa bermasalah yang bisa disebabkan oleh komponen lain, seperti kompressor AC mobil jebol. Masalah dari adanya kompressor yang jebol ini bisa membuat komponen lainnya yang ada di dalam kompressor menjadi tergerus dan termakan oleh freon yang bersirkulasi ke seluruh sistem AC mobil. Akibat dari masalah tersebut membuat kotoran gram menjadi menyebar ke seluruh saluran AC, termasuk juga pipa dan selang AC mobil.

Jika sudah begitu, selain mengganti kompressor yang jebol itu sendiri, komponen utama yang lain juga harus diganti. Komponen utama tersebut seperti, kondensor, dryer filter, expansi valve, dan evaporator serta komponen pendukung seperti pipa dan selang.

Segera Service Rutin Selang dan Pipa AC Mobil Bermasalah

Untuk mencegah adanya kerusakan pada selang dan pipa AC mobil atau komponen yang lainnya, segera lakukan service rutin selang dan pipa AC mobil bermasalah. Melakukan service rutin akan membuat pemilik mobil menjadi tahu tentang kondisi AC mobil atau komponen yang ada di dalamnya. Jika memang terjadi masalah maka dengan melakukan service rutin, masalah tersebut tidak akan merusak bagian AC mobil yang lainnya.

Selain itu, terdapat keuntungan yang lain ketika melakukan service rutin yaitu kerusakan pada komponen tidak bertambah parah dan bisa menekan biaya perbaikan karena masalah kecil yang terjadi bisa segera ditangani.

Itulah sedikit ulasan tentang cara memperbaiki selang dan pipa AC mobil bermasalah.

Semoga bermanfaat.

Senang berbagi.

booking service