Bagaimana Cara Mencegah AC Mobil Panas?


Share :

AC mobil yang panas sering terjadi karena kurang melakukan perawatan. Kalau perawatan sudah berjalan tetapi AC mobil panas berarti sudah ada kerusakan yang terjadi sebelumnya. Adapun penyebabnya sangat beragam tetapi kita sebagai pengguna mobil haruslah tahu dan punya pengetahuan mendasar tentang cara untuk mencegah kerusakan tersebut.

Dari pada memperbaiki lebih baik mencegah. Tetapi jika memang sudah terlanjur rusak, ya, langsung saja kita perbaiki atau jika tidak bisa, maka Anda bisa mencoba service ke bengkel AC Mobil. Maka agar tidak kembali rusak Anda bisa melakukan langkah berikut, menurut teknisi spesialis bengkel AC mobil.

Bagaimana Cara Mencegah AC Mobil Panas?

1. Membersihkan Evaporator

Untuk urusan kebersihan memang bukan hanya di dalam rumah. Dalam mobil juga peraturan juga sama. Dengan rutin kita harus membersihkan Evaporator pada AC mobil kita. Supaya debu tidak menempel dan berimbas pada rusaknya AC dan membuat AC Mobil Panas, kita dapat membersihkan Evaporator setiap 1 bulan sekali. Kita juga wajib membersihkan mobil yang terlihat sudah jorok meski belum 1 bulan.

2. Mengganti Freon dengan yang Bagus dan Berkualitas

Buat yang belum tahu, freon adalah bahan yang membuat suasana dingin biar keluar dari AC mobil. Itulah kenapa freon yang tidak berfungsi dapat mengurangi kinerja AC mobil.

Jika freon sudah tidak bermanfaat sama sekali. Awalnya hanya sedikit dingin hingga yang keluar cuma angin yang tidak dingin. Lalu pada akhirnya AC mobil panas. Untuk itu ganti Freon yang berkualitas dan yang direkomendasikan.

Baca Juga :  Beli Mobil Baru Nggak Cukup Uang? Kredit Aja

Pokoknya kalau sudah merasa kurang dingin. Langsung saja berkunjung ke bengkel spesialis AC mobil untuk dilakukan pemeriksaan, karena bisa saja terjadi kebocoran freon.

3. Mengganti Oli pada Kompresor di AC Mobil

Tidak hanya kompresor yang bermasalah yang menyebabkan AC mobil panas. Oli kompresor juga mempengaruhi kompresor. Jika tidak diganti kompresor akan sulit bekerja hingga tidak dapat mendorong angin lagi. Itu kenapa akhirnya membuat AC mobil menjadi panas.

Gantilah Oli Kompresor jika sudah waktunya. Sesuai dengan kebutuhan dan sesuai saran dari teknisi bengkel AC mobil.

4. Tidak meletakkan barang kecil di dekat AC mobil

Barang kecil seperti serpihan jajanan, potongan kertas, dan lainnya dapat masuk ke dalam AC mobil. Itu kenapa ada saran tidak merokok, tidak makan dan minum di dalam mobil. Jadi bukan sekedar saran tanpa alasan.

Yah, walaupun sangat sulit untuk menahan diri untuk itu ya. Tetapi kemungkinan AC mobil rusak tetap bisa terjadi. Karena itu sebisa mungkin tetap menjaga agar barang atau benda tertentu tidak masuk ke dalam AC Mobil.

5. Tidak membenturkan sesuatu ke AC mobil

Kabel dan komponen di dalam AC sangat sensitif jika ada yang rusak maka kalian harus mencari kesalahannya satu persatu, untuk itu kita harus menjaga AC agar tidak terbentur.

6. Kurangi berkendara Ugal Ugalan

Ugal ugalan juga dapat menjadi faktor AC rusak seperti berkendara kencang walaupun jalan rusak dan lainnya. Ini dapat menyebabkan kabel atau komponen pada AC rusak atau kendor karena banyak benturan.

Tetapi jika sudah terlajur AC Mobil Panas silahkan lakukan perbaikan atau Service ke bengkel AC Mobil, karena tanpa AC mobil maka akan terasa sangat panas ketika kita berkendara.

Baca Juga :  Cara Merawat Dan Memasang Filter Udara AC Mobil

Nah begitulah bagaimana cara mencegah AC mobil panas. Jika kalian merasa senang dan terbantu dengan artikel ini jangan lupa untuk komentar dan berbagi media sosial.

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?