fbpx

Aki Sudah Soak Meskipun Mobil Jarang Digunakan?

Bengkel AC Mobil Bandung karya ramiro mendes

Hai #SahabatRotary

Berpergian adalah salah satu hal yang wajar untuk dilakukan mengingat banyaknya kegiatan yang dilakukan di luar rumah. Tentunya kita bisa beraktivitas ke luar rumah sendiri ataupun mengajak orang terdekat. kita pun bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum di mana hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Sejatinya banyak orang yang memilih untuk menggunakan mobil karena mobil jauh lebih nyaman untuk digunakan terlebih ketika berpergian dalam jarak jauh. Berbeda dengan motor, menggunakan mobil juga jauh lebih aman baik dari segi privasi ataupun dari kendaraan lain. ketika kita memiliki mobil pun berarti harus bertanggungjawab untuk melakukan service mobil secara rutin untuk menjaga kondisi sparepart tetap berkualitas. kita juga bisa pergi ke bengkel AC mobil Bandung terdekat untuk mengecek kondisi AC dari mobil kesayangan.

Mengecek Komponen Mobil Tidak Boleh Terlupakan Terutama Ketika Mau Pergi Jauh, Inilah Tanda Aki Mulai Soak

Apakah hanya AC mobil saja yang dicek selama dilakukan service? Tentu saja tidak! Masih banyak komponen mobil lainnya yang memiliki peran penting untuk kinerja mobil. Antara satu komponen dengan komponen lainnya memiliki fungsi yang berbeda-beda. apabila ada salah satu komponen mobil yang rusak maka kinerja mobil pun akan terganggu. Dengan kata lain, mobil pun tidak akan bisa digunakan meskipun kita memiliki kepentingan yang mendesak pada hari itu. Terbayang kan betapa merugikannya tidak melakukan service dengan rutin?

Memang apa saja sih komponen mobil yang biasanya dicek selama service mobil dilakukan? Salah satu komponen mobil yang tidak boleh terlupakan adalah aki. Apabila air aki habis pun maka dengan otomatis mobil akan mogok di tengah jalan. Aki juga bisa soak dan tentunya hal ini juga mengganggu kinerja mobil dan oleh sebab itulah service perlu dilakukan dengan berkala. Lalu bagaimana tandanya jika kualitas aki mulai menurun? Nah berikut adalah beberapa tanda aki mulai soak:

  • Mesin mobil yang tidak bisa menyala

Salah satu cara termudah kita mengenali jika mobil segera membutuhkan service adalah ketika terjadi kerusakan pada sparepart-nya. Mobil yang tidak bisa menyala adalah salah satu tanda jika aki tidak berfungsi dengan baik dan sebaiknya Anda segera membawanya ke bengkel mobil terdekat. Aki yang sudah soak akan menyebabkan mobil tidak bisa menyala ataupun bisa mati dengan tiba-tiba apabila aki bocor sehingga mobil kehabisan air aki selama perjalanan.

  • Bau aki yang menyengat

Tanda yang satu ini bisa dibilang mudah dikenali meskipun kita jarang menggunakan mobil sekalipun. bau yang menyengat dari aki rusak ini disebabkan sel komponen aki yang sudah rusak bahkan hancur yang apabila dibiarkan saja akan membahayakan mobil. Selain menimbulkan bau, air aki biasanya juga mendidih dan tentunya Anda perlu segera ke bengkel mobil untuk menggantinya dengan aki yang berkualitas.

  • Berubahnya warna aki

Bagi Anda yang sudah sering mengganti air aki sendiri, pastilah tahu jika warna aki adalah bening. Namun ketika aki mulai bermasalah maka warna aki akan berganti dengan sendirinya. Warna aki akan menjadi keruh dan cenderung menunjukkan adanya kandungan logam yang  berarti air aki sudah tidak layak pakai serta perlu segera diganti.

  • Terjadi konslet pada aki 

Siapa bilang jika konslet hanya biisa terjadi pada berbagai benda elektronik di rumah kita? aki mobil yang tidak terawat pun bisa mengalami konslet dan hal ini bisa membahayakan kita. anda bisa mengetahui jika aki konslet ketika daya aki kurang dari 11 Volt.

  • Timbulnya suara aneh pada mobil

Aki yang sudah rusak pun juga akan menimbulkan gejala aneh lainnya seperti adanya suara mobil yang berbeda dari biasanya. Apabila kita mengendarai mobil dan timbul bunyi tek-tek-tek maka inilah suatu tanda jika mobil segera mendapatkan service mobil yang berkualitas pula. timbulnya suara pada mobil ini biasanya karena daya aki sudah sangat rendah, lebih tepatnya kurang dari 9 volt.

  • Penampilan aki yang menggembung

Cara lainnya yang bisa kita lakukan untuk mengetahui apakah aki mobil bermasalah adalah dengan memperhatikan kondisi fisik dari aki tersebut. aki yang sudah bermasalah pun akan terlihat menggembung dan artinya Anda perlu segera mengganti dengan aki baru agar perjalanan tetap aman.

Bengkel AC Mobil Bandung karya ramiro mendes

Ingin Segera Berkendara dengan Mobil Pribadi Namun Budget Masih Minim?
Yuk Intip Mobil yang Ditawarkan di Bawah Rp 200 Juta Ini!

Nah bagaimana? Pastinya sudah paham kan betapa pentingnya melakukan service mobil agar kondisi aki dan sparepart mobil lainnya tetap terjaga? Namun bagaimana dengan mereka yang ingin punya mobil sendiri namun budget masih terbatas? Apakah mungkin untuk mendapatkan mobil dengan harga murah?

Nah kabar baiknya, seiring dengan tingginya permintaan masyarakat akan mobil membuat para dealer menawarkan mobil dengan harga murah alias terjangkau. Saat ini banyak mobil yang ditawarkan dengan harga di bawah Rp.200 juta bahkan kualitasnya pun tidak kalah dengan mobil premium alias yang di atas Rp.200 juta sekalipun. tentunya kualitas AC mobil dari mobil tersebut juga terjamin sehingga kita bisa berkendara dengan nyaman kapan saja. nah berikut adalah beberapa rekomendasi mobil di bawah Rp.200 juta yang bisa Anda dapatkan:

  • Datsun Crossover

Mobil keluaran Datsun yang ditawarkan seharga Rp.160-juta ini sudah menawarkan berbagai fitur yang dijamin membuat kita puas ketika berkendara. Mobil ini sudah dilengkapi dengan layar sentuh untuk hiburan serta tiga baris kursi yang mampu menampung hingga 8 penumpang. Bukan hanya itu saja, mobil Datsun ini sudah dilengkapi dengan fitur VDC (Vehicle Dynamic Control), dual airbag, serta lampu depan otomatis.

  • Honda Brio

Bagi Anda pengamat mobil, pastilah sudah tidak asing lagi dengan  seri mobil keluaran Honda yang satu ini. kita bisa mendapatkan mobil ini dengan harga sekitar Rp.130 juta saja dan pastinya dengan berbagai fitur yang memuaskan. Fitur yang tersedia antara lain ABS+ABS, Dual SRS Airbag, dan tidak lupa lampu depan yang sudah menggunakan LED.

  • Toyota Etios Valco

Mobil yang bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp.150 juta ini bisa dibilang cukup  istimewa karena dilengkapi dengan berbagai fitur premium alias yang hanya bisa ditemui di mobil dengan harga di atas Rp.200 juta. Kualitas AC mobil dari seri Toyota ini tidak perlu diragukan lagi mengingat mesin mobil yang sudah dilengkapi 4 silinder DOHC dengan 16 katup.

  • Daihatsu Ayla

Berbeda dengan rekomendasi mobil murah yang disebutkan sebelumnya, mobil keluaran Ayla ini bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp.100 juta. Meskipun murah, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang pastinya membuat Anda aman dan nyaman selama berkendara. 

Menarik bukan rekomendasi mobil yang ditawarkan dengan harga bersahabat barusan? Jangan lupa ketika membeli mobil baru pun Anda perlu rutin melakukan service termasuk memperhatikan kondisi AC mobil. Apabila AC bermasalah, tidak perlu ragu untuk pergi ke bengkel AC mobil Bandung terdekat dan katakan masalahnya sehingga bisa segera diperbaiki teknisi ya!

Tinggal di bandung, segera deh ke bengkel AC mobil Bandung buat cek.

senang berbagi.

Pasti bermanfaat

Blog

Bengkel AC Mobil BandungBengkel AC Mobil JambiBengkel AC Mobil SemarangBengkel AC mobil surabaya

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?