Hai #SahabatRotary… Hampir setiap pabrikan otomotif berlomba-lomba memproduksi kendaraan yang mampu menghadirkan rasa aman.  Seiring dengan meningkatnya kriminalitas, para pemilik mobil memang berharap terlindungi dari ancaman.  Fasilitas keamanan anti peluru menjadi salah satu topik perbincangan para pemilik mobil di bengkel AC mobil Cempaka Putih. 

bengkel ac mobil cempaka putih

Baca juga: Mobil Matic atau Manual? Hmmmm, Baca Ini Dulu

Berbagai produsen mobil kelas dunia seperti BMW, Mercedes, Jaguar, Chevrolet, dan Maybach selalu berinovasi menghadirkan mobil anti peluru.  Harganya cukup tinggi, sebab fitur keamanan yang disematkan di dalam produknya sangat terjamin.  Detil material dasar dan teknologi yang digunakan juga tidak main-main.  Wajar saja jika mobil anti peluru laku keras di pasaran.

Para milyader Indonesia tak segan merogoh kocek lebih untuk mendapatkan alat transportasi yang aman.  Fitur keamanan tambahan memang layak dicari setelah faktor kenyamanan dalam berkendara terpenuhi.  Contohnya kondisi AC yang harus rutin di cek di bengkel AC mobil Cempaka Putih.  Sayang dong, kalau mobil kite tahan serangan peluru tapi suasana kabin panas karena AC mobil rusak.

7 Jenis Mobil yang Tahan Serangan Peluru dan Bom

Salah satu jenis mobil anti peluru yang kerap menjadi perbincangan adalah mobil yang digunakan oleh para petinggi negara.  Misalnya The Beast, mobil dinas milik Barrack Obama.  Tak hanya anti peluru, mobil yang digunakan untuk pejabat negara biasanya juga tahan terhadap ledakan bom.  Masih ada loh jenis mobil lainnya yang juga tahan dari serangan peluru dan bom.  Yuk simak ulasannya!

  1. Range Rover Sentinel

Mobil berjenis SUV ini diproduksi oleh divisi operasi kendaraan khusus Land Rover di Inggris.  Range Rover Sentinel hadir sebagai mobil mewah yang diberi lapisan baja di seluruh struktur bodinya.  Selain anti peluru, mobil ini juga tahan  dari ledakan granat sebab telah diverifikasi standar Vehicle Resistance (VR) dengan nilai 8.

Kelebihan lain yag ditawarkan oleh mobil ini adalah tingkat kemewahan tak tertandingi dibanding jenis SUV lainnya.  Managing Director Jaguar Land Rover Special Operation, John Edwards menyebutkan bahwa Rang Rover Sentinel merupakan produk luar biasa yang pernah dihasilkan.  Para ahli Special Vehicle Operations telah melakukan rekayasa sempurna sehingga menghasilkan tingkat perlindungan paling aman untuk para penumpang sembari tetap mempertahankan kemewahan dan kemampuan off road.

Mesin yang digunakan pada produk ini adalah mesin supercharged V6 3.0 liter dengan tenaga 340 hp.  Tenaga dihasilkan terdistribusi melalui transmisi otomatis ZF dengan 8 percepatan.  Dua jenis produk Land Rover lainnya yang juga mobil anti peluru adalah Range Rover Popemobile by Ogle yang digunakan oleh Sri Paus Yohanes Paulus II dan Range Rover Vogue.  Meski mengalami pecah ban, mobil Range Rover Vegue diketahui masih dapat berfungsi dengan baik.

  1. Skoda Superb

Mobil ini diproduksi oleh pabrikan otomotif di Republik Ceko.  Meski tampak sama seperti mobil station wagon lainnya, namun Skoda Superb dilengkapi dengan fitur canggih yang biasa ditemukan di kendaraan tank lapis baja. Keseluruhan bodi mobil dilapisi oleh baja berkualitas tinggi.    Sehingga penumpang aman dari ancaman ledakan senjata AK-47, granat M-16, juga bahan peledak seperti halnya TNT bahkan bom balistik.

Selain itu, Skoda Superb dilengkapi dengan ban flat yang memungkinkan mobil tetap berjalan meski terjadi serangan.  Fasilitas lain yang ditambahkan oleh perusahaan adalah sirine, lampu darurat, rem khusus juga suspensi yang mampu menahan beban tubuh mobil berlapis baja.

Kendaraan ini juga dirancang untuk melindungi penumpang dari serangan senjata kimia, berupa ventilasi udara khusus dan pintu keluar darurat.  Skoda Superb telah lolos uji tim spesialis dari Inggris dan memperoleh sertifikasi berstandar internasional.  Jenis mesin yang digunakan adalah mesin diesel 2 liter dengan tenaga yang dihasilkan setara dengan 190 hp.  Kite bisa dapatkan mobil ini dengan harga cukup relevan dengan fasilitas yang ditawarkan, yakni Rp 2 miliar.

  1. Audi A8 L Security

Diperkenalkan sebagai mobil anti bom, Audi 8L Security debut sejak 2015 dalam ajang Frankurt Motor Show.  Hadir dengan desain yang mewah, mobil ini mampu melindungi penumpang dari ancaman senjata dengan tingkat keamanan super tinggi.  Audi 8L Security telah lolos uji balistik VR 7 di German Ballictic Testing Centre.  Untuk menikmati fasilitas yang ditawarkan, kite harus mengeluarkan biaya sebesar 600.000 dolar Amerika.

Mobil dengan julukan Audi teraman ini dilengkapi dengan material kain aramide, ban run flat, alumunium khusus, serta lempeng baja tahan panas.  Juga fitur unggulan berupa pintu keluar dan ventilasi udara darurat, juga sistem pemadam kebakaran.  Penumpang akan merasa lebih aman sebab tersedia kotak komunikasi di kompartemen bagasi yang juga dilapisi baja.  Sistem interkom tersebut berguna untuk melakukan komunikasi saat terjadi kondisi darurat.

Meski telah debut pada 2015, mobil ini mulai diproduksi dan dipasarkan setahun setelahnya.  Proses produksi dan pemasaran dilakukan dengan pengawasan yang cukup ketat dan rahasia.  Terdapat dua jenis mesin yang digunakan yakni mesin biturbo Vb 4.0 liter yang menghasilkan tenaga setara 435 hp serta mesin W12 6.3 liter yang menghasilkan tenaga setara 500 hp.

  1. Mercedes Benz Guard

Produsen otomotif asal Stuttgart, Mercedes turut memproduksi mobil anti peluru yang diberi nama Mercedes Benz Guard.  Perbedaan fitur ban yang ditawarkan oleh mobil ini adalah saat terkena peluru atau pecah, ban akan otomatis kembali terisi angin.  Produk ini hadir dengan Sembilan model yakni E 250 Guard, E 500 Guard, E 350 BlueTEC Guard, ML 500 Guard, ML 350 BlueTEC Guard, S 600 Guard, S 600 Pullman Guard, dan G 500 Guard.

Banyak pejabat tinggi kenegaraan yang melakukan servis di bengkel AC mobil Cempaka Putih memilih menggunakan Mercedes Benz sebagai kendaraan dinas.  Tak heran sebab Mercedes Benz Guard juga menawarkan perlindungan khusus anti peluru dan bom.  Seluruh bagian mobil dilapisi baja dengan ketebalan tertentu yang melindungi penumpang dari serangan ekstrim.  Lapisan baja juga berfungsi untuk memperkuat kompartemen penumpang.

Terdapat lapisan material khusus yang juga diaplikasikan pada tangki bahan bakar.  Mercedes Benz Guard menggunakan mesin 12 silinder bi-turbo yang menghasilkan tenaga setara 517 hp.  Seperti jenis mobil lainnya, mobil ini juga telah lolos uji balistik dan mendapatkan sertifikat berstandar internasional.

  1. Kinght XV

Sebuah perusahaan otomotif di Kanada juga memproduksi mobil anti peluru dan bom, yakni Knight XV.  Harganya mencapai Rp 4,4 miliar.  Mobil yang dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan cangggih ini digerakkan oleh mesin yang menghasilkan tenaga setara dengan 400 hp.

  1. Rezvani Tank

Rezvani Tank adalah mobil jenis gabungan antara tank dan SUV.  Tak heran jika tampilan mobil ini cukup garang seperti kendaraan militer.  Teknologi anti peluru dan anti bom dilengkapi dengan persediaan masker udara.  Selain itu terdapat perlengkapan hipotermia yang dapat digunakan saat terjadi kondisi darurat.  Rezvani Tank dibandrol dengan harga Rp 5 miliar.

  1. Aurus Senat

Berasal dari Rusia, produsen lokal menggarap Aurus Senat untuk digunakan oleh Presiden Vladimir Puttin.  Tak hanya hadir dengan sistem keamanan berlapis, mobil berjenis limosin memiliki desain interior kabin yang mewah.  Bahkan dilengkapi dengan kursi berlapis kulit, meja, dan kulkas.  So, jangan kaget jika harganya juga sangat fantastis.

Dibalik harganya yang cukup fantastis, jenis-jenis mobil diatas pasti memerlukan upaya perawatan khusus.  Salah satunya adalah perawatan sistem pendingin yang sangat mempengaruhi kenyamanan penumpang.  Demikian juga halnya dengan mobil kite, yang perlu melakukan servis rutin di bengkel AC mobil Cempaka Putih. 

Sebenarnya ada juga loh mobil anti peluru yang bisa kite dapatkan dengan harga terjangkau.  Salah satunya adalah Toyota Camry XLE yang dibandrol dengan harga Rp 450 juta an.  Mobil yang diproduksi oleh perusahaan Jepang ini disebut-sebut sebagai mobil anti peluru paling murah di dunia.

Selain fasilitas anti peluru dan bom, saat memutuskan untuk mengganti mobil, fitur keamanan yang paling utama harus dipastikan adalah sistem perlindungan dari resiko kecelakaan.  Seperti misalnya sabuk pengaman, airbag, sensor anti tabrak, dan juga sistem pengereman ABS.  Tentu saja kite juga tidak boleh lalai melakukan perawatan mesin mobil juga AC yang bisa dilakukan di bengkel AC mobil Cempaka Putih.